cover
Contact Name
Ansar
Contact Email
ansar.fai@umi.ac.id
Phone
+6281354397912
Journal Mail Official
eljour@umi.ac.id
Editorial Address
Jl. Urip Sumoharjo Km. 05 Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Education and Learning Journal
ISSN : -     EISSN : 27209156     DOI : http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i1
Core Subject : Education,
Education and Learning Journal (ELJour) is a Journal published by the departement of Education, Faculty of Islamic Religion, Universitas Muslim Indonesia. ELJour is an open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of education, learning and other matters relating to education such as: Islamic Education, Curriculum and teaching methodology, Contemporary issues in education and learning, Development in education and learning, Education and learning technology, Education and learning research, Educational Psychology, Innovations in education and learning, Management Education, Special Education, and, vocational education. These topics are addressed in full-length academic articles, critical statements on current issues, developmental practice, and reviews of books based education and learning. The journal presents an innovative platform for researchers, students, practitioners and educators to both learn from and contribute to the field. All articles are subject to initial Editor screening and then a rigorous double-blind peer-review process before publication. This journal is published twice a year on January and July and published on online version is free to access and download.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
Revolusi Mental Melalui Pendidikan Islam Berbasis Metode Tazkiyatun Nafs Karim, Bisyri Abdul
Education and Learning Journal Vol 2, No 1 (2021): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v2i1.79

Abstract

Tulisan ini mengulas tentang revolusi mental melalui pendidikan Islam berbasis metode tazkiyatun nafsh. Pembahasannya meliputi; 1) Konsep Revolusi Mental; 2) Konsep Pendidikan Islam mencakup deskripsi tentang Tujuan Pendidikan Islam dan Kurikulum Pendidikan Islam; dan 3) Metode Tazkiyatun Nafs mencakup Landasan Tazkiyatun Nafs dan bagaimana Pelaksanaan Tazkiyatun Nafs.Hasil analisis penulisan ini menyimpulkan bahwa Revolusi mental merupakan peribahan nilai perilaku individu yang mengarah pada kepribadian mental yang positif. Prosesnya senantiasa harus berlangsung secara kontinyu untuk mendorong perkembangan batin dan watak manusia Indonesia. Hal ini menjadi salah satu diskursus baru dalam upaya mengubah struktur mentalitas manusia Indonesia untuk lebih menjadi baik yang meliputi; aspek cara berpikir meliputi pola pikir, aspek cara meyakini meliputi spritual-hati dan aspek cara bersikap yang meliputi polarasa-karsa. Upaya untuk mencapai revolusi mental dapat diimplementasikan melalui pendidikan Islam yang dapat menjadi formula esensial menddik akhlak peserta didik beriman dan bertaqa, teguh pada ajaran Islam serta membina pribadi peserta didik mencapai karakter yang terpuji sebagaimana yang dituntunkan dalam ajaran Islam berbasis tazkiyatun nafs yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan Islam. Tazkiyatun nafs dapat menjadi pendekatan metodik untuk membimbing peserta didik membersihkan jiwa melalui rangkaian kegiatan yang postif dan lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.
Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar Dan Pembelajaran Wakka, Ahmad
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.43

Abstract

Tuntunan agama Islam pada khususnya, sejak awal penyebarannya di dunia ini telah mengajak dan mendorong umat manusia agar bekerja keras mencari kesejahteraan hidup di dunia dan kebahagian di akhirat, Antara etos kerja untuk duniawi dan ukhrawi tidak boleh di pisahkan, melainkan menjadi etos kerja yang terintegrasikan satu sama lain dan saling berkaitan secara kontinyu, termasuk etos ilmiah mendorong ke arah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Serta sumber motivasi dari al-Qur’an. Berfikir tentang fenomena ciptataan Allah swt. dan Pendidikan Islam tugas pokoknya menelaah dan menganalisa serta mengembangkan pemikiran, informasi, dan fakta-fakta kependidikan dibangun dengan nilai- nilai ajaran Islam.
Keefektifan Model Pembelajaran Konstruktivis Berbasis Ugi (Siri ’Na Pesse) untuk Meningkatkan Karakter Siswa Subaedah, Subaedah; Banna, Andi; Abdullah, Nuraeni; Multazam, Ahmad Muladi
Education and Learning Journal Vol 2, No 1 (2021): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v2i1.94

Abstract

Saat ini, Siswa cenderung meniru budaya asing karena mereka hebat dan mereka mempengaruhi hilangnya pengakuan terhadap nilai-nilai budaya lokal mereka. Guru perlu menjadi inovatif dalam menyajikan materi pengajaran dengan cara yang efektif dan memperkenalkan budaya Bugis. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Karakter Siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Konstruktivis Berbasis Ugi (Siri ’Na Pesse) di Sekolah Dasar Negeri Lalabata, Distrik Tanete Rilau, Distrik Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Penelitian ini melibatkan 25 siswa yang berada dalam satu kelas. Penilaian dievaluasi dan diklasifikasikan oleh guru berdasarkan standar kurikulum Indonesia terbaru. Kemudian, analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan mean dan standar deviasi tanda. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran konstruktivis berbasis Ugi melalui siri 'na pesse meningkatkan karakter siswa pendidikan dasar secara efektif. Implementasi model pembelajaran konstruktivis berbasis Ugi melalui siri 'na pesse dan post test menunjukkan bahwa 100% siswa meningkatkan karakter. Uji-t berpasangan menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara tanda rata-rata dari pra dan pasca-tes untuk setiap tahap karena semua hipotesis nol ditolak pada tingkat signifikansi 5%. Dengan demikian, analisis statistik berfungsi sebagai bukti bahwa model pembelajaran konstruktivis berbasis Ugi melalui siri 'na pesse efektif dalam meningkatkan karakter siswa.
Pengembangan Model Pembelajaran Konstruktivistik Ala To Ugi’ (Analisis Kasus di SD Negeri Lalabata Kec.Tanete Rilau Kab. Barru) Subaedah, Subaedah; Banna, Andi
Education and Learning Journal Vol 1, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i2.57

Abstract

Penelitian bertujuan mengembangkan Model Pembelajaran Konstruktivistik Berbasis Ala To Ugi’ (PATU’) di Sekolah Dasar Negeri Lalabata Kecamatan Tanete Rilau kabupaten Barru. Jenis penelitian adalah research and development (R&D). Penelitian dilakukan dengan tahapan: 1) menganalisis tingkat kebutuhan peserta  didik terhadap model pembelajaran konstruktivistik berbasis ala to ugi’ (analisis kasus), 2) mendesain pengembangan model pembelajaran (research and development), 3) menghasilkan produk model pembelajaran konstruktivistik berbasis ala to ugi’ (ditinjau dari segi ke-validan, ke-praktisan, ke-efektifan). Analisis data menggunakan deskrifptif kualitatif kuantitatif dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: 1) analisis tingkat kebutuhan peserta didik terhadap model pembelajaran konstruktivistik ala to ugi’ sangat dibutuhkan dalam memperbaiki karakter peserta didik mengingat pergeseran nilai-nilai moral sangat memprihatinkan, 2) desain pengembangan model pembelajaran terdiri dari: sintak  = 3.77 (sangat valid), teori pendukung  = 3.6 (sangat valid), Sistem Sosial  = 3.68 (sangat valid), Sistem Reaksi (prilaku guru)  = 3.78 (sangat valid), Sistem Pendukung  = 3.35 (valid), Dampak Instruksional dan Dampak Pengiring  = 3.67 (sangat valid), Pelaksanaan Pembelajaran  = 3.6 (sangat valid), Lingkungan Belajar dan Tugas-Tugas pengelolaan  = 3.75 (sangat valid), Evaluasi  = 3.55 (sangat valid). Hasil analisis desain model PATUl nilai ∑ = 3.64 dapat dikatakan model PATU’ memiliki kriteria SANGAT VALID. Hasil analisis uji coba.
Aplikasi Strategi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Subaedah, Subaedah
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.35

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui strategi pembelajaran  yang diterapkan di MAN 03 Daya Makassar, (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto bertujuan untuk mengetahui dan melihat pengaruh yang ditimbulkan dalam aplikasi strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Peneliti tidak melakukan kontrol terhadap variabel karena manifestasinya sudah terjadi, atau dapat dikatakan bahwa variabel-variabel dalam penelitian tidak dapat dimanipulasi. Pengambilan data awal lewat observasi dan survey, variabel terikat ditentukan lebih dulu serta uji validasi lewat triangulasi. Instrumen penelitian: obeservasi, wawancara, angket dan dokumetasi. Analisis data menggunakan kriteria yang diindikatorkan menerima dan menolak H0 Hasil penelitian dengan apabila t hitung lebih kecil atau sama dengan t tabel maka H0 diterima (thit ≤ ttbl = H0 diterima) pada taraf signifikansi α = 0.05 dan derajad bebas (db) = . Hasil penelitian menunjukan pretest kemampuan siswa pada K.E dan K.K hampir sama. Perbedaan ada pada nilai rerata kelas dan nilai maksimum sebesar 0.06.. Nilai rerata pretest pada kelas eksperimen sebesar 9.50 dan pada kelas kontrol sebesar 9.44. Nilai maksimum pada kelas eksperimen sebesar 14 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 15. Perbedaan hanya sebesar 1 angka. Adapun nilai yang sama adalah nilai median sebesar 10, nilai mode sebesar 10, dan nilai minimum sebesar 6. Pada postest terjadi perbedaan rerata, median, mode, minimum, dan maksimum pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen rerata postest sebesar 16.55 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 19.04. Perbedaan rerata sebesar 2.49. Nilai median kelas eksperimen sebesar 17 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 20. Perbedaaan mediannya sebesar 3 angka. Nilai mode pada kelas eksperimen sebesar 18 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 20. Perbedaan modenya sebesar 2 angka. Nilai minimum pada kelas eksperimen sebesar 11 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 13. Perbedaan nilai minimumnya sebesar 2 angka. Nilai maksimum pada kelas eksperimen sebesar 22 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 23. Perbedaan nilai maksimumnya sebesar 1 angka.
Kana Wa Akhwatuha dalam Surah Al-Maidah (Studi Analisis Sintaksis) Majid, Zul Arsil; Lawang, Hasanna; Hamid, Nurfarida
Education and Learning Journal Vol 2, No 1 (2021): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v2i1.80

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain kajian pustaka. Data yang dikaji berupa kana wa akhawatuha dalam Surah Al-Maidah. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa kartu data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian pada kana wa akhawatuha dalam Surah Al-Maidah (1) terdapat 43 kana wa akhawatuha yang terdiri atas 23 kana berupa fi’il madhi (verba perfektum), 6 kana berupa fi’il mudhari’ (verba imperfektum), dan 1 kana berupa fi’il amr (verba imperatif), 4 ashbaha berupa fi’il madhi (verba perfektum) dan 1 ashbaha berupa fi’il mudhari’ (verba imperfektum), 3 laisa berupa fi’il madhi (verba perfektum), 1 ma zala berupa fi’il mudhari’ (verba imperfektum), dan 3 ma dama berupa fi’il madhi (verba perfektum). (2) Ragam kana wa akhawatuha dari segi pengamalannya terdapat 39 fi’il yang mengamalkan tanpa syarat, 1 fi’il yang didahului la nafi, dan 1 fi’il yang beramal dengan syarat didahului ma mashdariyyah dhorfiyyah. Sedangkan dilihat berdasarkan ketashrifannya terdapat 36 fi’il kamilut tashrif, 1 fi’il naqishut tashrif dan 6 fi’il yang tidak dapat ketashrif dan dilihat berdasarkan butuh atau tidaknya pada khabar terdiri atas 42 fi’il naqish dan 1 fi’il tam. (3) Jenis isim kana wa akhawatuha dilihat dari segi makna, terdapat 3 isim zhahir dan 40 isim dhamir, jika dilihat berdasarkan bilangan, terdapat 16 isim mufrad, 1 isim tatsniah  dan 26 isim jama’ dan jika dilihat berdasarkan gender, terdapat 40 isim mudzakkar, 2 isim muannats dan 1 isim musytarak. Jenis khabar kana wa akhawatuha terdapat 17 khabar mufrad, 15 jumlah fi’liyyah, 10 jar majrur dan 1 yang tidak mempunyai khabar karena termasuk kana tam.
Memahami Karakteristik Berliterasi Peserta Didik Di Sekolah Mansyur, Abd Rahim
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.44

Abstract

Pendidikan dibangun dengan pencerahan keaksaraan sebagai pilar dasar kompetensi yang paling dini dibutuhkan peserta didik. Saat ini, upaya pendidikan keaksaraan untuk meningkatkan keterbacaan peserta didik gencar dilakukan melalui literasi yang dicanangkan oleh pemerintah melalui pendidikan formal. Konsep pendidikan literasi berorientasi meningkatkan minat baca peserta didik. Konsep pendidikan ini terkoneksi dengan Gerakan Literasi Sekolah yang dicanangkan oleh pemerintah. Seluruh ekosistem pendidikan harus memiliki pemahaman tentang literasi untuk memaksimalkan pelaksanaannya pada jenjang pendidikan masing-masing. Pelaksanaan pendidikan literasi peserta didik di sekolah mengimplementasikan tiga tahapan untuk menjamin keberlangsungan pendidikan literasi di sekolah, yaitu; melakukan pembiasaan, melakukan pengembangan, dan kesinambungan proses pembelajaran keaksaraan. Tahapan pembiasan, pengembangan, dan pembelajaran dilakukan dengan intensitas pelaksanaan secara berulang ditunjang medium bacaan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pelaksanaan pendidikan literasi di sekolah.
Pola, Prinsip, dan Tugas Supervisi PAI A.Natsir, Andi Fadhilah
Education and Learning Journal Vol 1, No 2 (2020): July
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i2.58

Abstract

Dalam dunia pendidikan dikenal adanya pengawas satuan pendidikan yang memiliki tugas tertentu dalam mengawasi jalannya pendidikan.  Pengawas satuan pendidikan itu disebut sebagai supervisor.  Seorang supervisor bertindak atas dasar ketentuan-ketentuan yang bersifat ilmiah dalam melaksanakan tugasnya agar dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.  Supervisor harus mempunyai suatu kompetensi khusus yang dapat melihat permasalahan dalam pendidikan yang sedang terjadi.  Sebagai seorang supervisor sangat penting untuk mengetahui apa saja pola-pola supervisi yang tepat digunakan seperti supervisi umum, supervisi PBM dan supervisi kolegial atau kelompok.  Selain itu dalam menjalankan tugas sebagai seorang supervisor, prinsip-prinsip supervisi harus diterapkan dengan baik sehingga proses pendidikan dapat berjalan sebagaimana mestinya dan tujuan pendidikan dapat dicapai.  Adapun tugas-tugas supervise PAI adalah dimulai dari menghadiri rapat/pertemuan dengan guru-guru PAI, mendiskusikan masalah dan metode-metode mengajar guru khususnya dalam PAI, memberikan pembinaan, demonstrasi mengajar, mengevaluasi, dan memberikan penilaian.
Penerapan Model PAIKEM dalam Meningkatkan Hasil Belajar Malik, Abdul
Education and Learning Journal Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v1i1.38

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, 1 pertemuan untuk evaluasi. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan pelaksanaan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang penerapan model PAIKEM bidang studi Alqur'an Hadis dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di SMP Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Adapun instrumen penelitian yang dilakukan dilapangan yaitu: observasi langsung, angket tertutup dan tes esay. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII B  Sekolah Menengah Pertama Cokroaminoto Tamalanrea Makassar dengan jumlah siswa 16 orang. Pengumpulan data dilakukan secara bertahap yang diperoleh dari pengamatan pada saat berlangsungnya proses pembelajaran selama penelitian, dan data dari tes hasil belajar pada tiap siklus. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif, yaitu menjelaskan hasil-hasil tindakan selama proses belajar mengajar, dan secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu skor rata-rata, tabel frekuensi, nilai minimum, nilai maksimum, dan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran sesuai dengan hasil observasi selama tindakan kelas berlangsung dan Nilai rata-rata mulai siklus 1 sampai siklus 2, setelah dianalisis dari hasil penelitian yaitu dari pra siklus 62,18%, atau kriteria tingkat keberhasilan siswa dianggap “Gagal”, siklus 1 70,62%,  kriteria tingkat keberhasilan siswa berada pada “Baik”, dan siklus II 82,62%, atau kriteria tingkat keberhasilan siswa berada pada “Sangat Baik”.
Pengaruh Metode Hypnolearning Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTS. Darussalam Impa-Impa Mahendra, Yusril Ihza; Bunyamin, Andi; Nengsi, Ratika
Education and Learning Journal Vol 2, No 1 (2021): January
Publisher : Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/eljour.v2i1.81

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode hypnolearning terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Darussalam Impa-Impa Kabupaten Wajo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darussalam Impa-Impa tahun pelajaran 2019/2020 semester genap sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian dilaksanakan memalui lima tahapan yaitu , Identifikasi Masalah , Tes Diagnostik , klasifikasi kelas, Hypnoterapi/Hypnolearning,, Tes Prestasi, Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,  tes, angket, dan dokumentasi. Menganalisis data dengan analisis kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari analisis kuantatif adalah pengaruh yang signifikan antara metode hypnolearning dengan prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa arab yang ditandai dengan siswa memperhatikan penjelasan pada saat kegiatan belajar mengajar, keatiktifan dalam bertanya, berani menyampaikan pendapat, antusias mengerjakan tugas , serta kemampuan dalam menjawab pentanyaan dengan persentase prestasi belajar 82,6 %. jadi isimpulkan bahwa terpengaruh yang signifikan metode Hynolearning pada prestasi belajar Bahasa Arab siswa MTs Darussalam Impa-Impa Kabupaten Wajo.

Page 1 of 3 | Total Record : 22