cover
Contact Name
Moh Zaenal Abidin Eko Putro
Contact Email
zaenal.abidinekoputro@grafika.pnj.ac.id
Phone
+6281284864929
Journal Mail Official
mitraakademia@pnj.ac.id
Editorial Address
Jl. GA. Siwabessy, Kampus UI, Depok 16425 Telepon (021) 7863534, 7864927, 7864926, 7270042, 7270035 Fax (021) 7270034, (021) 7270036 (hunting)
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 26572109     EISSN : 26848422     DOI : https://doi.org/10.32722/mapnj.v3i2.2801
Hadirnya Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat dengan e-ISSN 2684-8422 yang diterbitkan oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2M), Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) ini dimaksudkan sebagai sarana penyebarluasan (diseminasi) luaran (output) kegiatan pengabdian kepada masyarakat (community engagement/community development) yang dilakukan para dosen, peneliti, guru, mahasiswa dan juga profesi lain. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali setahun, yakni Juni dan Desember. Redaksi menerima artikel jurnal dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, resensi buku dan juga ringkasan disertasi (monograf) terkait tema pengabdian kepada masyarakat. Mitra Akademia is a journal that focuses on community development, as well as community engagement that published by the Research and Community Development Unit of Politeknik Negeri Jakarta. The e-ISSN is 2684-8422. It publishes 2 (two) issues per year, June and December. This journal receives any journal articles, book reviews, dissertation summary, and other similar things both in Bahasa Indonesia and English which are stemmed from community engagement activities conducted by lecturers, teachers, university students, researchers, and other professions alike.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 61 Documents
PERBAIKAN INSTALASI LISTRIK DAN PEMASANGAN SAKLAR OTOMATIS PHOTO CONTROL SENSOR LAMPU PENERANGAN DI MASJID RIYADUS SOLIHIN KAMPUNG KEBON DUREN RT 03 / RW 04 KELURAHAN KALIMULYA KECAMATAN CILODONG KOTA DEPOK yusyama, asep yana
Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3, No 2 (2020): Mitra Akademia
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/mapnj.v3i2.3152

Abstract

The title of Community Service Activities is "Repair of Electrical Installations and Installation of Automatic Switches for Photo Control Light Sensors at the Riyadus Solihin Mosque, Kebon Duren Village RT 03 / RW 04 Kelurahan Kalimulya Cilodong District, Depok City." This activity is based on the aim of improving public facilities and infrastructure, in this case the Riyadus Solihin Mosque in the electricity sector to support religious activities carried out by the surrounding community. This activity will provide education to the surrounding community about the importance of maintaining the safety of lighting electrical installations and the use of energy-efficient lamps through repairing damaged electrical installations and installing energy-saving automatic switches. The expected results with the repair of electrical installations will contribute to the safety and tidiness of electrical installations with maintained continuity. In addition, this activity also carried out the installation of an automatic light switch that functions to turn on and turn off the lighting so that it will save electrical energy in an era where the economic needs of society are increasing today.
PEMBANGUNAN SANITASI TEMPAT MCK KOMUNAL DI DESA URUG, BOGOR, JAWA BARAT Nurwidyaningrum, Dyah; Pradiptiya, Andika; Rinawati, Rinawati
Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2018): Mitra Akademia
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/mapnj.v1i1.1979

Abstract

Desa Urug memiliki potensi sebagai dentinasi wisata budaya (cultural heritage) dan aktif melakukan kegiatan ritual adat setiap tahun yang mengundang banyak turis mancanegara. Saat ini, kondisi tempat mandi, cuci, dan kakus (MCK) komunal di Desa Urug belum mencukupi kebutuhan warganya apalagi untuk turis yang berkunjung. Sanitasi tempat MCK  di Desa Urug sangat dibutuhkan karena mulai terjadi degradasi lingkungan di daerah desa yang padat dan sebagian besar warga tidak memiliki MCK pribadi. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk   menghasilkan bangunan MCK dan sanitasi pelengkap yang mendorong cara hidup sehat dan tidak mencemarkan lingkungan di Desa urug dan sekitarnya. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan ini adalah pembangunan perlengkapan sanitasi dan MCK komunal yang terpadu dengan tempat MCK yang sedang dibangun oleh pemerintah Desa Urug. Hasil dari pengabdian ini adalah tempat MCK yang lengkap dengan sistem sanitasi sehingga warga terhindar dari penyakit dan pencemaran lingkungan. MCK ini ditempatkan berada di tepi sungai dengan pelengkap sanitasi di bawahnya, teras MCK menghadap ke arah permukiman warga, dengan demikian warga dapat langsung mengawasi penggunaannya dan membersihkan dengan cepat. Standar MCK yang dilaksanakan berdasarkan standar SNI. Keberadaan MCK dengan sanitasi ini menjadi bagian prasarana kewisataan Desa Urug. Selain itu hasil dari pengabdian ini sebagai model contoh untuk diterapkan pada tempat MCK lain di Desa Urug tersebut.
Pelatihan Manajemen Konstruksi Sederhana dan Pengelasan Bagi Santri Pondok Pesantren Manarul Huda Desa Pasir Angin, RT 02, RW 04, Cipayung Datar, Kecamatan Mega Mendung, Bogor Amalia, Amalia
Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 2 (2019): Mitra Akademia
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/mapnj.v2i2.2681

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan ketrampilan di bidang manajemen sederhana dan ketrampilan pengelasan kepada kelompok santri pondok pesantren di Desa Pasir Angin,  RT  02,  RW  04,  Cipayung  Datar,  Kecamatan Mega  Mendung,  Bogor.    Dengan  bekal ketrampilan dan pengetahuan tentang manajemen sederhana di bidang bangunan dan pengelasan, diharapkan setelah santri lulus dari pondok pesantren dapat siap memasuki dunia kerja serta membuka peluang usaha di bidang pengelasan atau sebagai mandor bangunan atau pemborong. Adanya ketrampilan ini juga diharapkan, setelah lulus, santri memiliki ketrampilan dan dapat mengurangi pengangguran. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan di atas adalah dengan memberikan pelatihan tentang manajemen sederhana bidang  bangunan dan  ketrampilan pengelasan kepada  kelompok  santri pondok pesantren desa Pasir Angin. Selain memberikan teori di kelas, kegiatan pelatihan juga diberikan praktik pengelasan, praktik membuat railing/pagar, dan praktik menghitung kebutuhan bahan serta praktik merencanakan kebutuhan tenaga kerja dan cara mengelolanya. Praktik diarahkan untuk memperbaiki dan menyediakan prasarana pondok pesantren. Sebelum melaksanakan praktik, peserta pelatihan diarahkan untuk merencanakan kebutuhan bahan praktik dan merencanakan waktu serta mengelola tenaga kerjanya. Dengan demikian, selain menambah pengetahuan dan ketrampilan santri, sekaligus memperbaiki prasarana pondok pesantren. Pelatihan telah dilaksanakan selama 6 hari, mulai hari Ahad, 3 November 2019. Hasil pelatihan, santri dapat membaca gambar, mengukur, memotong, mengelas, dan membuat railing/pagar untuk asrama lantai 2.
Alih Teknologi Perawatan Otomotif Untuk Meningkatkan Life Skill Mekanik Sepeda Motor Di Kampung Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor Ridlwan, Hasvienda M; Muslimin, Muslimin; Y, Asep
Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 2 (2019): Mitra Akademia
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/mapnj.v2i2.2694

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu poin penting Tri Darma Perguruan Tinggi. Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta, tahun 2019 ini mengadakan program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan mengangkat tema “Alih Teknologi Perawatan Otomotif Untuk Meningkatkan Life Skill Mekanik Sepeda Motor di Kampung Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.” Perawatan dasar sepeda motor memang dibutuhkan bagi setiap yang memilki kendaraan. Akan tetapi tidak semua yang memiliki kendaraan bermotor bisa memilki kemampuan memperbaiki sepeda motornya. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membekali para peserta agar memiliki keahlian dalam merawat sepeda motornya, khususnya untuk perawatan dasar. Selain itu, tujuannya agar para peserta memilki pekerjaan yang berkaitan dengan otomotif. Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta memberikan pelatihan sekaligus menghibahkan seperangkat peralatan (toolbox) untuk perawatan sepeda motor dengan memanfaatkan alat dan bahan yang relatif mudah diperoleh. Pertimbangannya, jika para peserta tidak dibekali peralatan perawatan sepeda motor, para peserta akan kesulitan untuk terus menggali mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama pelaksanaan pembejkalan. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah dengan cara: 1) pembekalan teori tentang perawatan dasar sepeda motor. 2) praktik perawatan dasar sepeda motor. 3) bantuan perangkat perawatan dasar sepeda motor. 4) pendampingan. Hasil kegiatan dapat disimpulkan yakni kemampuan peserta tentang perawatan dasar sepeda motor meningkat setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini. Hal tersebut dikarenakan pelatih menggunakan metode teori-praktik, dan peserta dibekali peralatan dan bahan untuk mempraktikkan sendiri sepeda motornya. Sehingga antusiasme peserta untuk mempraktikkan ilmu perawatan dasar sepeda motor juga meningkat.
PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI PRA UJI KOMPETENSI KEJURUAN (UKK) JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF KEPADA SISWA SMK RIGOMASI BONTANG Yani, Ahmad; Anoi, Yano Hurung; Triyatno, Joko
Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3, No 2 (2020): Mitra Akademia
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/mapnj.v3i2.2801

Abstract

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu dari Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen. Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mendukung persiapan siswa SMK Rigomasi pada Ujian Kompetensi Keahlian teknik otomotif yang setiap tahun diadakan dan meningkatkan pencapaian kompetensi siswa SMK Rigomasi. Berdasarkan hasil kegiatan dan pembahasan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan keahlian tune up dan perbaikan engine management system yang cukup signifikan setelah melewati pelatihan yang ditandai dengan hasil perbandingan antara nilai pretest dengan post test. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa nilai ujian post test maksimum sebesar 8,97.
PEMBUATAN ALAT CUTTING HAND PRESS PADA KEMASAN MAKANAN RINGAN PRODUK UKM DI KOTA SERANG Muryeti, Muryeti; Sari, Novi Purnama; Prastiwinarti, Wiwi; Imam, Saeful; Ningtyas, Rina
Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2018): Mitra Akademia
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/mapnj.v1i1.1991

Abstract

Kemasan menjadi faktor penting dalam meningkatkan nilai jual produk, selain itu kemasan berfungsi untuk melindungi produk, media promosi, menjadi identitas suatu produk, memperpanjang umur simpan produk, memudahkan dalam pendistribusian dan pemasaran produk, serta memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Kota Serang merupakan salah satu target tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan saat liburan. Hal ini menunjang perkembangan kuliner dan produk olahan hasil UKM di kota Serang untuk dijadikan produk oleh-oleh. Secara geografis, kota serang berada tidak jauh dari pesisir pantai utara sehingga banyak sumber daya hasil perikanan dan kelautan. Salah satu produk olahan hasil perikanan yang belum dikemas secara menarik adalah bakso goreng (makanan ringan yang berbahan dasar dari ikan). Bakso goreng sudah cukup dikenal oleh warga Serang, sebagai cemilan khas kota Serang. Namun aplikasi kemasan yang masih sangat minimalis menyebabkan produk ini tidak begitu dikenal oleh masyarakat luar daerah. Berdasarkan permasalahan kemasan tersebut, maka diperlukan suatu pengembangan alat kemasan efesien yang dapat diaplikasikan sehingga membantu UKM di daerah Serang untuk membuat kemasan secara mandiri. Program kerjanya mencakup perancangan dan pembuatan mesin produksi cetak alat cutting hand press dan, pelatihan serta pendampingan dalam penggunaan alat tersebut. Dengan adasnya alat cutting hand press sebagai mesin produksi cetak kemasan sekunder ini bisa membantu UKM Bakso Ikan Laksana meningkatkan kualitas dan nilai jual dari bakso goreng tersebut. Metode untuk melakukan program IPTEK bagi masyarakat ini adalah : tahap persiapan dengan melakukan survei ke daerah Serang dan membuat kerjasama  dengan UKM setempat, tahap selanjutnya adalah merancang dan membuat alat cutting handpress sebagai mesin penunjang produksi kemasan yang sesuai dengan kebutuhan UKM dan ketersediaan bahan habis pakai yang bisa dibeli di kota Serang tersebut, setelah itu melakukan pendampingan pengoperasian alat cutting kemasan tersebut hingga UKM bisa melakukannya secara mandiri. Setelah dilakukan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan kemasan, UKM bakso Laksana, telah memiliki dan mampu membuat kemasan secara mandiri.
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENINGKATAN ATAP MUSHOLLA AL KHOIRIYAH Pradiptiya, Andikanoza
Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): MITRA AKADEMIA
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/mapnj.v3i1.2832

Abstract

 Al Khoiriyah Mosque is one of the Muslim prayer facilities in the neighborhood of Rt.05 /Rw.09, Kp.Lio, Bojong Village Pondok Terong, Cipayung Jaya District, Depok. The mosque is used mainly when praying tarawih during Ramadan. DIV Teknik Konstruksi Gedung Community Service Activities for the DIV Teknik Konstruksi gedung Study Program include upgrading and repairing toilet roofs, ablutions, sloof walls, and ceilings. The work of upgrading and repairing is expected to provide adequate mosque infrastructure to increase piety and faith in God Almighty in the location in question. The specific target of this activity is to improve the physical condition of the mosque in Rt.05 / Rw.09, Kp.Lio, Bojong Village Pondok Terong, Cipayung Jaya District, Depok. The method used to achieve the above objectives involves the collaboration of the Community Service Study Team of the DIV Teknik Konstruksi Gedung, Civil Engineering Department, Jakarta State Polytechnic with residents working together to repair the mosque. This activity is completed within 2 months.
PELATIHAN PEMOGRAMAN PLC PADA SMKN 1 DI CILEUNGSI Darwin, Darwin; Syaprudin, Syaprudin; Saepudin, Endang
Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Mitra Akademia
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/mapnj.v1i2.1353

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi ini bertujuan tersedianya perangkat praktik pemograman PLC dan sarana penunjang lainnya di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cileungsi Bogor. Salah satu program keahlian yang terdapat di sekolah ini adalah Program Keahlian Otomasi. Tujuan Kompetensi Keahlian teknik Otomasi secara umum mengacu pada isi undangUndang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa  pendidikan  kejuruan  merupakan  pendidikan  menengah  yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Dengan tersedianya sarana praktik Pemograman PLC di SMK Negeri 1 Cileungsi, banyak manfaat yang dapat diperoleh terutama dalam meningkatkan kompetensi siswa Program Keahlian Teknik Otomasi. Diantara kompetensi dasar adalah Pemograman PLC. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan siswa dapat mempraktikkan merancang bangun teknik Otomasi dengan menggunakan PLC sehingga dapat menjadi warga negara yang kompetitif, produktif, adaptif, selektif, dan kreatif. Human   Machine   Interface   (HMI)   merupakan   perangkat   antarmuka   antar pengguna dengan sistem kendali. Dengan perangkat ini suatu sistem dapat dimonitor, diatur, dan diambil datanya sesuai kebutuhan pengguna.  Pada Pengabdian Masyarakat ini dibuatlah sebuah modul latih PLC  dan HMI yang menggunakan   perangkat   HMI   Touchscreen Weintek MT8070IH5.  HMI Touchscreen berfungsi untuk memonitor, mengoperasikan dan mengontrol mesin atau proses di suatu plant dengan layar sentuh. Pada perangkat tersebut diatur sejalan dengan Proggramable Logic Controller (PLC) sehingga menghasilkan suatu sistem yang dapat dimonitor dan diatur secara baik. Untuk membuat perangkat ini bekerja secara bersama-sama perlu dilakukan pengaturan komunikasi pada alat dan dihubungkan oleh Ethernet.
Perbaikan Ruang Penunjang Kegiatan Mushola Di Kampung Lio, Cipayung, Jawa Barat Nurwidyaningrum, Dyah; Sarito, Sarito; Khairas, Eri Ester
Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 2 (2019): Mitra Akademia
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/mapnj.v2i2.2688

Abstract

Memperbaiki Mushola Al Khoiriyah di Kampung Lio adalah satu kegiatan sehingga keberadaan mushola tersebut lebih layak digunakan sebagai prasarana beribadah umat muslim di lingkungan RT.05/RW.09, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok. Terutama ketika musholla digunakan shalat tarawih pada bulan Ramadhan. Pada kegiatan Pengabdian pada Masyarakat kali ini untuk Prodi Konstruksi Gedung Politeknik Negeri Jakarta memperbaiki ruang penunjang mushola terutama perbaikan tempat wudhu dan toilet. Lingkup pekerjaan pada perbaikan dinding penahan tanah dan lantai tempat wudhu dan toilet. Dengan selesainya pekerjaan perbaikan tersebut, akan tersedia prasarana Mushola yang dapat   meningkatkan ketakwaan serta keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa di lokasi yang dimaksud. Target khusus dari kegiatan ini adalah menyempurnakan fasilitas fisik mushola Al Khoiriyah di Kampung Lio, RT.05/RW.09, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan di atas adalah Tim pengabdian masyarakat Program Studi   Konstruksi Gedung, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta bekerjasama dengan warga secara bergotong royong melakukan perbaikan mushola   tersebut. Kegiatan ini direncanakan selesai dalam waktu 2 bulan.
Pembuatan Sistem Bank Sampah Online pada Kelurahan Serua Maulana, Hata; Sari, Risna; Oktavianti, Euis; Ismail, Iklima Ermis; Oktaviana, Shinta
Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 1 (2019): Mitra Akademia
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/mapnj.v2i1.1990

Abstract

Teknologi Informasi juga dapat didekatkan sebagai solusi permasalahan yang terjadi pada aspek kehidupan sosial masyarakat. Salah satu masalah sosial yang masih memerlukan penanganan serius adalah pengelolaan sampah limbah rumah tangga, secara spesifik adalah pada sampah anorganik. Bank sampah merupakan solusi yang sedang dikembangkan oleh pemerintah untuk menekan peningkatan sampah anorganik. Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Depok merupakan salah satu lembaga pemerintahan di lingkungan Kota Depok menghadapi permasalahan pengelolaan sampah anorganik. Dalam hal ini secara khusus pada wilayah Kelurahan Serua Bojongsari Depok, untuk mendukung program pemerintah Kota Depok menuju cyber city, maka berencana menyelesaikan masalah pengelolaan sampah anorganik dengan pendekatan TI. Sebuah sistem Bank Sampah online diterapkan sebagai alternatif pelayanan pemerintah dalam mengelola sampah anorganik dilingkungan masyarakat sekitar. Sistem Bank Sampah online memiliki fitur yang memudahkan masyarakat dalam menyukseskan program pemerintah ini. Beberapa fiturnya antara lain penukaran saldo ke pulsa listrik atau Handphone, melihat saldo, dan transfer saldo ke sesama pengguna. Sistem juga dirancang dapat dibuka pada browser smartphone. Pembuatan dan implementasi sistem ini dalam program pengabdian masyarakat Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Jakarta. Implementasi sistem ditujukan pada masyarakat setempat dalam bentuk pelatihan di awal serta dilanjutkan dengan monitoring sebagai kontrol pelaksanaan program ini.