cover
Contact Name
Muh. Arief Maulana
Contact Email
maulgonzalez89@gmail.com
Phone
+6285800002059
Journal Mail Official
maulgonzalez89@gmail.com
Editorial Address
Jalan Letjen Sudjono Humardani, Kampus No.1, Gadingan, Jombor, Kec. Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57521
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling
ISSN : 26859130     EISSN : 26859122     DOI : 10.32585/advice.v2i2.1250
Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling is a scientific journal managed by the Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Veteran Bangun Nusantara. This journal is a vehicle that can be used as a medium to share research results and ideas in the field of guidance and counseling. Which focuses on the following issues: 1. Group Guidance and Counseling 2. Individual Guidance and Counseling 3. Culture-based guidance and counseling 4. Religion-based Guidance and Counseling 5. Technology-based guidance and counseling 6. Media Guidance and Counseling 7. Evaluation and assessment of Guidance and Counseling 8. Research and development of Guidance and Counseling
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020)" : 8 Documents clear
Peran Konseling Client Centered Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Nur Chasanah, Kusuma Ratih; Hidayati, Awik; Radite Nur Maynawati, Aldila Fitri
Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/advice.v2i1.710

Abstract

Di dalam studi kepustakaan ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan tentang peran konseling client centered dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Studi Kepustakaan. Hasil dari studi pustaka ini adalah 1) Keberhasilan penerapan peran konseling client centered dalam meningkatkan kepercayaan diri bahwa pendekatan client centered sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. 2) Pengaplikasian pendekatan client centered dapat dilaksanakan dengan konseling individu dan konseling kelompok serta bimbingan kelompok dengan pemberian tugas tertentu yang bertujuan untuk memudahkan dalam membantu menyelesaikan masalah siswa/klien. 3) Sasaran atau penerapan konseling client centered ialah pada siswa SMP, SMA dan SMK.Bagi guru BK supaya terus mengeksplorasi dirinya dalam menggunakan pendekatan-pendekatan konseling saat melakukan layanan Bimbingan dan Konseling serta mengintensifkan pemberian layanan konseling dengan pendekatan client centered terutama dalam mengatasi masalah kepercayaan diri rendah yang dihadapi klien.
PENERAPAN STRATEGI SELF MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOPOK UNTUK PEANTAPAN PEMILIHAN KARIR SISWA Maulida, Liza
Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/advice.v2i1.684

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan strategi self-management dalam bimbingan kelompok terhadap pemantapan pemilihan karier pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Rancangan penelitian ini adalah one group pre-test post-test design, diberikan kepada 6 orang siswa kelas XI MIPA 4 yang mendapat skor pemantapan pemilihan karier rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah skala pengukuran pemantapan pemilihan karier pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti ini adalah analisis non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil interpretasi menggunakan uji Wilcoxon diketahui bahwa Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,027 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adanya pengaruh signifikan dalam bimbingan kelompok dengan strategi self-management terhadap pemantapan pemilihan karier pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Menganti Gresik.   
PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ( ANAK CACAT) DI KECAMATAN RANO KABUPATEN TANA TORAJA Sura', Handayani Handayani; Mahyuddin, Muhammad Junaedi
Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/advice.v2i1.824

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran peranan orang tua dalam membimbing anak dan cara yang digunakan orang tua dalam membimbing anak yang berkebutuhan khusus (anak catat) di kecamatan Rano Kabupaten Tana Toraja. Bagaimana metode yang digunakan orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak berkebutuhan khusus (anak cacat) di kecamatan Rano Kabupaten Tana Toraja. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa peran orang tua dalam membimbing anak yang memiliki ketidak sempurnaan tubuh atau anak yang berkebutuhan khusus sangat penting, karena adanya bimbingan dari orang tua sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung dapat membuat anak lebih percaya diri, lebih bisa bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan dimana dia bisa bergaul dengan teman sebayahnya yang memiliki anggota tubuh yang lengkap. Sehingga anak tersebut bisa bergaul dengan masyarakat yang ada di lingkungannya.
MODEL RASCH: ANALISIS SKALA RESILIENSI CONNOR-DAVIDSON VERSI BAHASA INDONESIA Wahyudi, Amien
Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/advice.v2i1.701

Abstract

Sebuah skala yang berasal dari luar negeri saat akan digunakan di Indonesia membutuhkan adaptasi agar sesuai dengan karakteristik responden di Indonesia.Studi ini dilakukan untuk mengadaptasi Skala Connor-Davidson (CD-RISC) ke dalam bahasa Indonesia. Responden penelitian ini sebanyak 303 mahasiswa yang berasal dari Universitas yang berada di Propinsi Yogyakarta,Sulawesi Tenggara,Sulawesi Barat,Kalimantan Timur,Sulawesi Utara,Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Timur. Hasil penelitian menunjukan Alfa Cronbach sebesar 0.90.Nilai reliebelitas aitem sebesar 0.92 dan nilai reliabelitas person sebesar 0.88.Berdasarkan perhitungan model rasch, skala adaptasi ini memiliki syarat yang memadai untuk digunakan sebagai intrumen penelitian atau pengukuran.
MENINGKATKAN MINAT BACA PADA BUKU PELAJARAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Maulana, Muhammad Arief; Susanti, Nuri
Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/advice.v2i1.823

Abstract

Rendahnya minat membaca pada buku pelajaran dialami oleh siswa SMP sehingga dapat mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui penyebaran DCM pada siswa SMP N 6 Sukoharjo, didapatkan bahwa dari jumlah siswa sebanyak 32 siswa, terdapat 20 siswa yang jarang membaca buku pelajaran. Mereka hanya membaca buku pelajara bila akan menghaddpi ujian, ulangan, ataupun tugas. Membaca buku pelajaran merupakan hal yang fundamental dalam aktivitas belajar, sarana untuk memahami sesuatu hal yang perlu diketahui oleh siswa dalam rangka mengembangkan kemampuan kognitif akademik. Minat baca merupakan ketertarikan yang tinggi terhadap buku pelajaran yang muncul atas kemauan sendiri. Peneliti ingin mencoba untuk meningkatkan minat baca terhadap buku pelajaran melalui layanan bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok memberikan kesempatan bagi anggota untuk saling beragumentasi dan membahas topik  umum yang penting untuk diketahui oleh anggota, sehingga dapat memberikan pemahaman dan merubah perilaku secara tidak langsung. Uji wilxocon diperoleh nilai Z hitung sebesar -2.80, karena nilai ini dianggap nilai mutlak maka tanda negatif tidak diperhitungkan, jadi nilai Z hitung didapatkan sebesar 2.80. Untuk selanjutnya nilai ini dbandingkan dengan Z tabel dengan taraf kesalahan 0.025, maka didapat nilai Z tabel sebesar 1.96 berdasarkan hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa nilai 2.80 lebih dari 1.96 maka Z hitung lebih besar dari Z tabel. Oleh sebab itu hipotesis diterima. Maka dengan demikian layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat membaca siswa pada buku pelajaran
PROSEDUR KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR DALAM PENANGANAN PELAKU LGBT Riswanto, Dody; Aswar, Aswar
Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/advice.v2i1.682

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari-temukan penyebab penyimpangan seksual yang terjadi pada kaum homoseksual atau LGBT dan prosedur konseling REBT dalam menangani masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi dokumentasi dan informasi audio visual serta analisis deskriptif dilakukan dengan menarik kesimpulan dari makna-makna deskriptif yang bersumber dari data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku LGBT disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah (1) faktor habit atau kebiasaan, (2) pengalaman masa kecil, (3) pengaruh lingkungan, (4) pengaruh teman sebaya, (5) kekerasan fisik, (6) hormon dalam tubuh, dan (7) gaya hidup. Sementara prosedur konseling Rational Emotive Behavior digunakan sebagai treatment penyimpangan seksual kaum LGBT, yaitu: (1) menunjukkan sistem keyakinan irrational belief pada klien, memotivasi klien untuk berubah, (2) membantu klien untuk memodifikasi pikiran dan perasaan mereka menjadi lebih rasional dan masuk akal, (3) mengurangi tingkat frekuensi pemikiran klien yang tidak masuk akal, (4) mengembangkan filosofi hidup klien, (5) menunjukkan konsekuensi negatif apabila klien tetap memelihara keyakinan irasionalnya, (6) komitmen dan rencana dari klien agar mau berubah, (7) intervensi konselor untuk melakukan intervensi spiritual.
PENERAPAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK PEMANTAPAN PEMILIHAN KARIER PADA SISWA SMA Putri, Niken Anisa; Susanto, Bambang; Nugroho, Panggih Wahyu
Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/advice.v2i1.822

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan peran guru BK SMA dalam meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif, maka jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan. Pengumpulan data diperoleh dari buku-buku ilmiah, laporan penelitian, karangan-karangan ilmiah, tesis, disertasi, peraturan-peraturan, buku tahunan, ensiklopedia, dan sumber-sumber tertulis yang lain. Faktor pengaruh minat ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari hasil penelitian minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada peserta didik menunjukkan hasil yang cukup tinggi, dengan alasan pendidikan adalah hal yang penting bagi mereka dalam meraih cita-cita. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui mengenai keberhasilan bahwa peran guru BK SMA dapat meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA Susilo, Tri; Kurniawan, Drajat Edy
Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/advice.v2i1.664

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknikDiskusi efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 123 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian diambil sebanyak6 siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar rendah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan  statistik dengan rumus uji t-tes.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji t-test diperoleh nilai t =  14.556 dengan nilai Sig =  0,000 < 0,05. Oleh karena hipotesis penelitian terbukti kebenarannya maka kesimpulan penelitian ini yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif untuk untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020.Keyword : bimbingan kelompok, teknik diskusi, kemandirian belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 8