cover
Contact Name
Saifullah Hidayat
Contact Email
hidayatsaifullah@walisongo.ac.id
Phone
+6281223591990
Journal Mail Official
bioeduca@walisongo.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Jl. Prof. Dr. Hamka Km. 02 Semarang, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Bioeduca : Journal of Biology Education
ISSN : 27148009     EISSN : 27157490     DOI : 10.21580/bioeduca.xxxx.xxxx
Core Subject : Education,
Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and educational practitioners are welcome to disseminate their writings through this journal. This journal is published twice a year. Scope of writings published in this journal include: Research, Development, and Application of Biological Learning and Teaching Technology Application on Biological Education Research and Development of Biological Learning Based on Local Wisdom Study and research based on integrated science and islam of biological education Laboratory management in science
Articles 21 Documents
KAJIAN ETNOSAINS TRADISI MAAUWO DI DANAU BAKUOK SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN BIOLOGI Ilhami, Aldeva; Syahvira, Revi; Maisarah, Ukhti; Diniya, Diniya
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 2 (2020): Vol 2, Nomor 2, BIOEDUCA: Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i2.6326

Abstract

Pembelajaran biologi tidak dapat dipisahkan dengan konteks lingkungan termasuk kearifan lokal. Tradisi maauwo merupakan kegiatan penangkapan ikan hanya boleh dilakukan sekali dalam 1 tahun di kabupaten kampar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan merekonstruksi pengetahuan sains ilmiah (scientific knowledge) dari tradisi maauwo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis etnosains dengan metode wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles-Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi maauwo sebagai salah bagian dalam sistem pengelolaan sumber daya perairan di danau bakuok. Masyarakat dilarang mengambil ikan dalam periode tertentu, dilarang untuk menyentrum maupun meracuni ikan serta menanami sawit di tepi danau bakuok. Penerapan aturan tersebut memiliki nilai konservasi lingkungan untuk menjaga keseimbangan ekologi di danau bakuok. Kearifan lokal maauwo di danau bakuok memiliki potensi sebagai sumber belajar biologi pada materi pelestarian ekosistem dan pencemaran lingkungan. 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERCERITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DI MA HIDAYATUL MUBTADI’IN Solekhah, Inayatus
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 1 (2020): BIOEDUCA : Journal of Biologi Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i1.5998

Abstract

Proses pembelajaran biologi diharapankan mampu memenuhi peraturan pemerintah yang tertuang dalam “Standar Nasional Pendidikan” (SNP) serta mampu mencapai “Standar Kompetensi Lulusan” (SKL). Cara yang dapat dilakukan dalam menciptakan proses pembelajaran sesuai peraturan yang berlaku adalah menggunakan media ular tangga bercerita materi ekosistem yang diharaoakn mampu meningkatkan kemamouan berpikir kritis dan pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakterisik, tingkat kelayakan, dan efektivitas dari media yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara tidak terstruktrur, angket, dan tes soal uraian kemampun berpikir kritis. Sampel ujicoba produk skala besar produk ini diujikan secara kuasi eksperimen yakni pada kelas X MIA 1 (eksperimen) dan  X MIA 2 (kontrol). Spesifikasi media yang dikembangkan diantaranya: papan ular tangga bercerita, kartu soal, kartu kunci, petunjuk permainan, buku pegangan, dan kotak penyimpanan. Media dilengkapi penanaman nilai karakter serta pertanyaan yang memicu kemampuan berpikir kritis. Hasil kelayakan produk dari ahli materi, ahli media, dan praktisi menunjukkan produk tergolong dalam kategori sangat layak digunakan. Hasil respon siswa juga menunjukkan bahwa media termasuk kategori sangat menarik. Keefektivan media pembelajaran ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter diperoleh rata-rata kelas ekperimen 74.2 sedangkan rata-rata kelas kontrol 66.07 dengan nilai thitung= 3.891 dan ttabel=2.0154, sehingga thitung ttabel dan Ha diterima dan Ho di tolak, disimpulkan terdapat perbedaan hasil post-test kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Uji N-gain didapatkan nilai rata-rata kelas kontrol 35.32 yang berarti sedang dan nilai rata-rata kelas eksperimen 43.48 yang berarti sedang, sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi ekosistem MA Hidayatul Mubtadi’in
EFEKTIVITAS BAHAN AJAR BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATERI PISCES TERHADAP HASIL BELAJAR Destiara, Meyninda
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 2 (2020): Vol 2, Nomor 2, BIOEDUCA: Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i2.6074

Abstract

Potensi lokal merupakan kekayaan suatu daerah yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan belajar mandiri bagi siswa. Salah satu bentuk potensi lokal yang dapat dijadikan rujukan belajar mandiri adalah jenis-jenis ikan pada materi pisces. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas bahan ajar berbasis potensi lokal. Metode yang digunakan yaitu deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahan ajar yang digunakan efektif ketika digunakan dalam menunjang pembelajaran, dilihat dari nilai n-gain rata-rata sebesar 0,75 dengan katagori tinggi.
UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) Septiana, Reni; Listyono, Listyono; Ismail, Ismail
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 1 (2020): BIOEDUCA : Journal of Biologi Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i1.5988

Abstract

Sistem Kredit Semester diselenggarakan melalui pengorganisasian pembelajaran variatif dan pengelolaan waktu belajar yang fleksibel. Pengorganisasian pembelajaran variatif melalui penyediaan unit-unit pembelajaran utuh setiap mata pelajaran dikenal dengan Unit Kegiatan Belajar Mandiri atau UKBM. UKBM merupakan hal yang baru, sehingga penerapan UKBM memberikan perubahan dalam proses belajar mengajar serta pola pikir peserta didik dan pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri mata pelajaran biologi kelas X lintas minat SMA N 1 Kendal tahun pelajaran 2018/2019 berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dan analisis SWOT. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data menggunakan Standar Nasional Pendidikan dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri mata pelajaran biologi kelas X lintas minat SMA N 1 Kendal tahun pelajaran 2018/2019 dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi sudah sesuai dan memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Kekuatan dari penerapan UKBM lebih banyak dibandingkan dengan kelemahannya yaitu perencanaan pembelajaran yang baik sesuai dan memenuhi SNP serta UKMB dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kelemahan UKMB adalah peserta didik dengan kecepatan belajar lambat merasa waktu terlalu singkat. Peluang dari penerapan UKBM juga lebih banyak dibandingkan dengan ancaman sehingga keberadaan UKMB dapat terus dikembangkan untuk membantu peserta didik belajar.
PENGETAHUAN MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI TENTANG TEORI ASAL USUL MANUSIA Ferry, Dharma; Santosa, Tomi; Kamil, Dairabi
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 1, No 1 (2019): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v1i1.4945

Abstract

Evolusi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mengkaji tentang perubahan struktur dari makhluk hidup. Evolusi dipopulerkan pertama kali oleh ilmuwan Inggris, Charles Darwin. Ada beberapa kontroversi dalam beberapa teori evolusi ini, salah satunya adalah teori asal-usul manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa jurusan Biologi dan Pendidikan Agama Islam tentang asal usul manusia. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomena. Informan penelitian ini adalah mahasiswa jurusan biologi dan Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa biologi dan mahasiswa Pendidikan Agama mengetahui asal usul manusia secara sains dan agama. Pengetahuan mahasiswa biologi dari segi sains menyatakan bahwa (1) asal usul manusia berasal dari nenek moyang yang sama dengan kera, (2) asal usul manusia dari makhluk hidup sebelumnya, sedangkan dari segi agama menyatakan bahwa asal usul manusia dari tanah. Pengetahuan mahasiswa Pendidikan Agama dari segi sains menyatakan bahwa (1) Asal usul menusia itu berasal dari nenek moyang yang sama dengan kera, (2) asal usul manusia itu berasal makhluk hidup sebelumnya, (3) Asal usul manusia berasal dari manusia sebelumnya, sedangkan dari segi agama menyatakan bahwa (1) Asal usul manusia itu berasal dari tanah, (2) Asal usul manusia itu berasal dari Nabi Adam dan Hawa
PENGEMBANGAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENDETEKSI PEMAHAMAN KONSEP KOGNITIF MATERI KATABOLISME PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA / MA Salamah, Umi; Khasanah, Nur; Hayati, Nur
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 1 (2020): BIOEDUCA : Journal of Biologi Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i1.5997

Abstract

Penelitian ini mengembangkan Four-tier multiple choice diagnostic test (tes diagnostik pilihan ganda empat tingkat) pada materi katabolisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik butir soal instumen tes diagnostik empat tingkat, dan mendeteksi pemahaman konsep kognitif yang dialami peserta didik pada materi katabolisme. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R D). Subjek uji coba adalah peserta didik kelas XII IPA MAN 2 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, tes, pengisian angket, dan dokumentasi. Tes diagnostik terdiri dari empat tingkat, yaitu tingkat pertama terdiri dari pertanyaan dengan satu kunci jawaban dan empat pengecoh, tingkat kedua terdiri dari tingkat keyakinan jawaban, tingkat ketiga terdiri dari pilihan alasan, dan tingkat keempat terdiri dari tingkat keyakinan alasan. Instrumen yang dihasilkan berupa kisi-kisi, petunjuk pengerjaan soal, soal tes, kunci jawaban, petunjuk pengisian lembar jawaban, lembar jawaban, pedoman penskoran, dan pedoman interpretasi hasil. Instrumen soal ini layak digunakan berdasarkan uji validasi oleh empat dosen yakni dua dosen ahli materi dan dua dosen ahli evaluasi. Instrumen yang dikembangkan sebanyak 40 butir soal. Hasil validasi menunjukkan 37 butir soal valid, dan 3 butir soal tidak valid dan semua reliabel. Reliabilitas butir soal yang dikembangkan masuk kategori tinggi yaitu sebesar 0,894. Produk akhir butir soal yang dihasilkan mempunyai jumlah 37 butir soal terdiri dari 4 butir soal mudah, 24 butir soal sedang, dan 9 butir soal susah. Butir soal yang dikembangkan juga memiliki daya beda dengan kategori  4 butir soal cukup baik dan 33 butir soal baik. sebanyak 18 indikator soal ditemukan mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi tertinggi ditemukan pada konsep analisis peran enzim. Miskonsepsi terendah ditemukan pada konsep analisis peran ATP dan perubahan molekul saat transpor elektron dan fosforilasi oksidatif
MODEL PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS LINGKUNGAN KELOMPOK DIFABEL DI KOTA CIREBON Novianty, Fifi
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 2 (2020): Vol 2, Nomor 2, BIOEDUCA: Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i2.6286

Abstract

Penyandang disabilitas di Kota Cirebon sering kali mengalami kesulitan dalam mencari lapangan pekerjaan sehingga  membentuk warga peduli ekonomi difabel. Kelompok difabel “Kula Eksis” dibentuk untuk memberdayakan kaum difabel. Penelitian ini untuk meneliti model pengembangan usaha berbasis lingkungan kelompok difabel Kota Cirebon. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis menggunakan analisis grounded dan analisis domain. Hasil penelitian menunjukkan model pengembangan usaha berbasis lingkungan kelompok warga peduli ekonomi difabel “Kula Eksis” Kota Cirebon terdapat empat model pengembangan usaha yang berbasis pada kebutuhan difabel yaitu (1) kerajinan dari barang bekas dan sampah plastik, (2) produk anyaman dari bambu, (3) produk makanan, (4) pertamini. Terdapat dua kendala yaitu kendala internal dan kendala eksternal. Model Pengembangan usaha mampu memberikan perubahan bagi kemajuan perekonomian kelompok difabel di Kota Cirebon. Dampak model pengembangan usaha berbasis lingkungan yaitu perekonomian difabel meningkat dan limpahan sampah plastik menurun.
PEMANFAATAN RAGAM MEDIA BELAJAR PADA MATERI SAINS DI SEKOLAH DASAR Karsono, Karsono; Alimah, Siti; Bintari, Siti Harnia
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 1, No 1 (2019): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v1i1.4955

Abstract

Proses belajar mengajar pada tingkat sekolah dasar mata pelajaran sains memerlukan pembelajaran konkret yang mampu menciptakan kondisi belajar peserta didik lebih menarik, dan menyenangkan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan ragam media belajar terhadap hasil belajar, aktivitas belajar dan tanggapan peserta didik terhadap pemanfaatan ragam media belajar pada materi organ tubuh manusia dan hewan di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimental design nonequivalent pre-test and post-test control-group design. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode tes, metode observasi, dan angket. Hasil penelitian meliputi ketuntasan hasil belajar dianalisis dengan one sample t test, peningkatan hasil belajar dianalisis dengan uji N-gain, uji perbedaan rata-rata dua kelompok dianalisis dengan independent sample test, aktivitas peserta didik, aktivitas guru dan tanggapan peserta didik dianalisis dengan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan control. Aktivitas peserta didik dan guru menjadi sangat aktif dan kategori sangat baik. Tanggapan peserta didik terhadap ragam media tergolong kategori tinggi.
INOVASI MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING DILENGKAPI DENGAN TES DIAGNOSTIK MULTIPLE CHOICE TWO TIER PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMP Mardiani, Retma; Khoiri, Nur; norra, bunga ihda
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 2, No 2 (2020): Vol 2, Nomor 2, BIOEDUCA: Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v2i2.6496

Abstract

Kurangnya bahan ajar menyebabkan pemahaman peserta didik pada materi biologi khususnya sistem ekskresi manusia termasuk dalam kategori kurang. Sehingga peneliti mengembangkan bahan ajar mandiri yang berupa modul pembelajaran biologi terintegrasi problem based learning dilengkapi dengan tes diagnostik multiple choice two tier pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas VIII SMP N 1 Boja. Jenis penelitian research and development (R D) mengacu pada model pengembangan Sugiyono (2015) yang dimodifikasi oleh peneliti. Tahapan model pengembangan meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Penilaian hasil validasi modul oleh dosen ahli dan guru IPA biologi memperoleh kriteria sangat layak, dengan presentase ahli materi 96%, ahli media 83%, ahli instrumen 89% dan guru IPA biologi 97%. Apabila dirata-rata maka hasilnya 91,25%. Kelayakan modul juga dapat dinilai dari hasil tanggapan siswa kelas kecil 93,33%. Sedangkan untuk kelas besar, uji kelayakan modul dengan cara perbandingan hasil pre-test dan post-test. Hasil pre-test 68% sedangkan hasil post-test 88% mengalami peningkatan. Sehingga dapat dikatakan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak. Pre-test dan post-test juga dapat digunakan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi. Hasil tingkat miskonsepsi pre-test memperoleh pemahaman 72%, miskonsepsi 4%, menebak 2% dan tidak paham 22%. Sedangkan hasil miskonsepsi post-test pemahaman 91%, miskonsepsi 3%, menebak 1% dan ketidak pahaman 5%.
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN FASILITAS LABORATORIUM IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2018/2019 Fadhilah, Nila; Kusrinah, Kusrinah; Rizqianti, Anif
BIOEDUCA : Journal of Biology Education Vol 1, No 1 (2019): Bioeduca : Journal of Biology Education
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/bioeduca.v1i1.4944

Abstract

Salah satu fasilitas yang dapat mendukung proses pembelajaran IPA adalah laboratorium IPA. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendreskripsikan pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan pemanfataan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi kelas VIII MTs Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Asosiatif. Metode pengambilan sampel yang adalah Simple Random Sampling dengan jumlah resonden 30. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linier ganda dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  sebesar 1,81955321 sedangkan  taraf signifikan 5% adalah 3,28. Karena nilai  hal ini berarti Ho diterima. Artinya tidak ada pengaruh ketersediaan dan pemanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi. Nilai kontribusi pengaruh persepsi siswa tentang ketersediaan dan permanfaatan fasilitas laboratorium IPA terhadap motivasi belajar IPA-Biologi sebesar 11,87% Sedangkan 88,12 % ditentukan oleh faktor lain yang ada kalanya berupa faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya yaitu kebutuhan belajar, harapan dan cita-cita, minat sedangkan faktor eksternalnya berupa dorongan keluarga, lingkungan, imbalan.Kata kunci: Persepsi, ketersediaan, pemanfaatan, fasilitas, laboratorium, motivasi belajar

Page 1 of 3 | Total Record : 21