cover
Contact Name
Suparman Mannuhung
Contact Email
jurnal.andidjemma@gmail.com
Phone
+6285343619174
Journal Mail Official
jurnal.andidjemma@gmail.com
Editorial Address
Jl. Samiun Nomor 4 Kota Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Andi Djemma I Jurnal Pendidikan
ISSN : 26226537     EISSN : 26228513     DOI : -
Core Subject : Education,
urnal Andi Djemma adalah jurnal pendidikan untuk berbagai keilmuan yang sesuai meliputi pendidikan agama, pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan kewarganegaraan dan bidang lainnya yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian berkaitan dengan ilmu pendidikan, keguruan dan pembelajaran. Jurnal ini menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik (guru dan dosen), ilmuan dan praktisi pendidikan. Artikel yang dikirim akan direview oleh pakar yang berpengalaman sesuai bidang keahliannya. Jurnal Andi Djemma terbit dengan open akses dimana abstrak dan teks penuh yang telah dipublikasikan di website dapat dibaca dan di download secara gratis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 55 Documents
POLITIK ISLAM SUATU TINJAUAN ATAS PRINSIP-PRINSIP KEADILAN Sukring, Sukring
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 2, No 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islam tidak memberikan batasan sistem pemerintahan, tetapi menyerahkan kepadaumat untuk memilih dengan bebas sistem yang sesuai dengan kultur, lingkungan, dan zaman. Ajakan Islam adalah dakwah universal, cocok untuk segala zamandan tempat.Setiap sistem pemerintahan Islam tidak bisa terlepas dari prinsip-prinsip politik dan perundang-undanganya pada al-Qur’an, karena al-Qur’an merupakan sumber pokok dari perundang-undangan. Sumber pokok kedua adalah Sunnah yang merupakan petunjuk pelaksanaan yangsecara umum melengkapi norma-norma yang ada dalam al-Qur’an. karena itu prinsip-prinsip konstitusional dan politik terikat kepada kedua sumber tersebut.Selain kedua sumber hukum tersebut, dalam sistem politik Islam juga terdapatsumber hukum Qanun, yang bersumber dari lembaga-lembaga pemerintahan. Islam tidak hanya berbicara tentang tauhid, syariah, dan akhlak, tetapi Islam secara konprehensif juga berbicara tentang politik. Konsep politik lahir dalam pikiran (mind) manusia dan bersifat abstrak. pembahasan tentang agama dan politik dalam Islam ini agaknya akan terus berkepanjangan, mengingat sifatnya yangmelibatkan pandangan ideologis berbagai kelompok masyarakat, khususnya kalangan kaum Muslim sendiri. Dan praktek kedua sumber tersebut, diimplemetasikan oleh Nabi Saw. beserta sahabat dalam menegakkan hukum kebenarab dan keadilan di tengah masyarakat yang pluralistik serta egaliterialistik.
APLIKASI MEDIA LAGU YANG BERNILAI DIDAKTIS UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PALOPO Djafar, Chece
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 1, No 1 (2018): Agustus 2018
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jurnal ini membahas tentang Penelitian di SMP Negeri 4 Palopo, bertujuan untuk peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui media lagu yang bernilai didaktis, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII1 yang berjumlah 27 orang. Pada penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dimana pada proses penelitiannya melalui dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, dilakukan dengan tehnik observasi langsung dan kuisioner. Hasil penelitian pada peningkatan keterampilan berbicara dengan media lagu yang bernilai didaktis pada siswa mengalami peningkatan, dari siklus I dengan nilai rata-rata  66,52 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 71,48.
STUDENTS’ PERCEPTION IN USING TASK-BASED INSTRUCTION (TBI) IN TEACHING ENGLISH AT MECHANICAL ENGINEERING STUDENTS OF UKI TORAJA Rachel, Rachel; Bidang, Luspianto
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 3, No 1 (2020): Februari 2020
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this research is to find out the students’ perception in using Task-Based Instruction in Teaching English at Mechanical Engineering Students of UKI Toraja. In analyzing the data of this research, the researcher employed quantitative method. The subjects of this research were the fifth semester students of Mechanical Engineering students of UKI Toraja. To get the respondents, the researcher used incidental sampling. The researcher took 27Students of Mechanical Engineering of UKI Toraja as respondents. The data of this research was collected by questionnaire. It was closed-ended questionnaire. The obtained data were analyzed by using Likert Scale. The questionnaire consists of 10 positive statement and 10 negative statement. The result of the research of Students’ Perception in Using Task-Based Instruction (TBI) in Teaching English at Mechanical Engineering Students of UKI Toraja were positive perception. It could be concluded by mean score of students’ perception. The mean score of students’ perception were 65.19. It was categorised into positive perception because 65.19 ≥ 60.
PENDIDIKAN POLITIK PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM Hasnawati, Hasnawati
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 2, No 1 (2019): Febrauri 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengertian Pendidikan dan Politik, Politik dalam Perspektif Islam, Politik Perempuan dalam Logika Demokrasi dan  Kerancuan Logika Feminisme, serta Peran Politik Perempuan dalam Sistem Islam. Pendidikan adalah proses dalam mana potensi-potensi (kemampuan, kapasita-kapasitas) manusia yang sudah dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan supaya disempurnakan dengan kebiasaan-kebiasaan baik oleh alat-alat yang disusun sedemikian rupa dan dikerjakan oleh manusia untuk menolong orang lain atau dirinya sendiri untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan (yakni kebiasaan yang baik), kemudian politik dalam Islam yaitu politik yang dikembalikan pada aturan-aturan Islam hingga politik kembali kepada maknanya yang mulia, yakni mengatur, memperbaiki, mengurusi, dan memberi petunjuk,sedangkan ide Feminisme merupakan ide yang bertentangan dengan ajaran Islam, sehinggaperempuan harus memiliki pemahaman yang benar, agar tidak terjebak isu-isu paham Feminisme yang akan melupakan kewajiban-kewajibannya yang telah di tetapkan dalam ajaran Islam, oleh karena itu dalam sistem Islam, partisipasi dan peran politik perempuan akan diberikan sesuai dengan norma-norma Islam, serta Islam juga mengharuskan perempuan untuk memiliki kesadaran politik dan membolehkan perempuan berkiprah dalam bidang politik tanpa melupakan tentu saja tanggungjawabnya sebagai ibu sekaligus pengelola rumah tangga.
ANALISIS YURIDIS PERAN POLRI DALAM PENCEGAHAN TINDAK PIDANA HOAKS DI KOTA PALOPO Sulastryani, Sulastryani
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 3, No 2 (2020): Agustus 2020
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, mendorong penggunaan media social menjadi sepakin pesat. Berbagai kegiatan positif dilakukan melalui media sosial. Namun tidak jarang media sosial ini dijadikan sebagai tempat menyebarkan berita yang tidak benar yang oleh zaman milineal ini disebut sebagai hoaks (berita bohong). Hoaks merupakan suatu cara untuk mengakali ataupun menipu para pembaca dan pendengar agar meyakini berita yang disampaikan bawak berita tersebut adalah suatu kebenaran. Adanya penyebaran berita hoaks tentu sangat meresahkan bagi kehidupan masyarakat. Upayah Polri dalam penanganan pemberitaan informasi Hoaks di Kota Palopo dilakukan melalui upayah prefentif (pencegahan) dan upayah refresif (penindakan). Upayah pencegahan dilakukan melalui sosialisasi dan pembetukan tim cyber. Sedangkan hambatan Polri dalam penanganan penyebaran berita Hoaks di Kota Palopo di antaranya : kurangnya pemahaman masyarkat tentang adanya berita hoaks disosial media, kurang responsifnya saksi dalam meberikan keterangan terkait penyebaran berita hoaks yang ada di Kota Palopo, keterbatasan sumber daya manusia penyidik di Polres Palopo dalam penangan pemberitaan berita hoaks di Kota Palopo, serta keterbatasan sarana dan prasaranan untuk menunjang kinerja Polri di Polres Palopo.
PENINGKATAN PROFESIONALISME DOSEN PAI DI UNIVERSITAS ANDI DJEMMA Rahim, Ratna
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 2, No 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian kualitatif deskriptif yakni penelitian yang akan menjelaskan secara menyeluruh aspek-aspek yang diteliti untuk memberikan gejala, fakta dan kejadian secara sistematis dan akurat. Deskriptif dalam penelitian ini adalah peneliti berusaha menggambarkan objek penelitian secara tegas dan sistematis dan eksplorasi berdasarkan data yang diperoleh di lapangan. Penelitian menggunakan beberapa pendekatan, yakni; Pendekatan paedagogis adalah untuk mengetahui kemampuan pendidik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan pemahaman terhadap penilaian pendidikan. Pendekatan Teologis Yuridis yang digunakan sebagai landasan dosen dalam meningkatkan mutu dan SDM pengajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Andi Djemma. Upaya peningkatan proses pembelajaran PAI di UNANDA belum maksimal sepenuhnya karena masih terdapat kendala seperti; belum adanya Lembaga Dakwah kampus, namun Perlengkapan sarana dan prasarana telah tersedia.
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM RANGKA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 5 TAHUNA Febyana, Manumpil Isye
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 3, No 1 (2020): Februari 2020
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah yang melibatkan guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik, diwujudkan dengan adanya interaksi belajar mengajar atau kegiatan pembelajaran. Kurikulum secara berkelanjutan disempurnakan untuk meningkatkan mutu Pendidikan dan berorientasi pada kemajuan sistem Pendidikan Nasional, tampaknya belum direalisasikan secara maksimal. Sejalan dengan itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu dilihat apa saja yang mempengaruhi proses belajar mengajar di SMP negeri 5 Tahuna yaitu metode mengajar, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, pelajaran dan waktu sekolah, metode belajar serta lingkungan masyarakat seperti kegiatan siswa dalam masyarakat, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat. Untuk dapat memecahkan kesulitan yang dialami oleh guru dan siswa ini, maka dibutuhkan suatu model pembelajaran yang pas dan dapat menyediakan alat yang cukup dalam melaksanakan proses belajar mengajar, mengurangi ketertinggalan oleh siswa lain, membantu siswa untuk memecahkan masalah dengan baik dan cepat. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran dimana siswa belajar kelompok-kelompok kecil yang memiliki tingkat yang berbeda, yang secara bersama-sama saling membantu dalam mengerjakan tugas. Berhasil tidaknya suatu Kegiatan Belajar Mengajar tergantung dari cara guru mengajar dan mengolah kelas sebelum KBM dimulai.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI DI UPT-MPK UNVERSITAS SRIWIJAYA INDRALAYA 2017/2018 Gafur, Abdul
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 2, No 1 (2019): Febrauri 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana pelaksanaan dari manajemen pembelajaran pendidikan Agama Islam di UPT MPK Universitas Sriwijaya tahun 2017/2018, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di UPT MPK universitas sriwijaya ini yang dimulai dari merencanakan (Planning), mengorganisasikan (Organizing), menggerakkan (Actuanting) dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran pendidikan agama islam di UPT MPK Universitas Sriwijaya tesebut, serta untuk mengetahui kendala dari pelaksanaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prinsipnya kegiatan ini telah menerapkan prinsip manajemen pembelajaran yang telah baik, walaupun masih mengalami kendala. Hal ini dapat dilihat dari proses perencanaan misalnya bagaimana UPT MPK merecanakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama satu tahun kedepan khususnya pembelajaran pendidikan agama Islam. Kemudian mengorganisasikan dan menggerakkan kegiatan tersebut supaya berjalan sebagaimana mestinya serta mengevaluasi terhadap program tersebut. Adapun kendalanya masalah keuangan bagi dosen LB (Luar Biasa) dalam penggajian, sarana dan prasarana yang masih kurang dan terkadang info yang lambat nyampei ke dosen pendidikan Agama Islam.
PENDIDIKAN ISLAM DI MASA TURKI USMANI Hasnahwati, Hasnahwati
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 3, No 2 (2020): Agustus 2020
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam sejarah umat Islam, Turki memiliki peranan yang sangat penting, terutama dalam pengembangan wilayah (Futuhat) Islam.Turki pernah menjadi negara adikuasa di dunia, yaitu ketika berada dipuncak keemasannya pada masa kerajaan Ottoman. Turki juga membuka kunci sejarah panjang, yakni menaklukkan Constantinopel (Istambul). Mengakhiri kekuasaan kekaisaran Romawi Timur (Byzantium), dan selanjutnya membawa sejarah besar dalam bidang Arsiktektur, Kebudayaan dan Ekonomi. Puncak keemasan Turki Usmani pada masa pemerintahan Sulaiman I yang terkenal dengan sebutan Sulaiman Agung dan Sulaiman Al-Qanuny. Era kepemimpinan Usmani dianggap sebagai era kekhalifaan Usmani yang paling jaya berkat kebangkitan sains yang diikuti penemuan ilmiah dan Geografis Eropa, sementara Khilafah Usmani telah meninggalkan jauh negara-negara Eropa dibidang militer, sains, politik. Adapun Materi pengajaran atau kurikulumnya yang diajarkan di masjid-masjid dan madrasah-madrasah yaitu pendidikan agama seperti ilmu Fiqih, Tafsir, Bahasa Arab dan lain-lain. Sedangkan metode pengajarannya masih bersifat tradisional yakni dengan menghafal matan-matan. Hingga pada masa pergerakan yang terakhir, masa pembaharuan pendidikan Islam di Mesir dan Syria (Tahun 1220 H./1805 M.), telah dimulai diadakan perubahan sistem di sekolah-sekolah (madrasah) dengan memasukkan pelajaran umum, sedangkan di masjid-masjid masih menurut sistem lama. Masa Turki Usmani membagi pendidikan masa ini dalam dua periode, yaitu Zaman Pertengahan dan Zaman Modern. Turki Usmani mengalami masa kejayaan sejak permulaan sampai masa pemerintahan Sulaiman, dan setelah Sulaiman, Usmaniyah mengalami kemunduran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini, deskriptif kualitatif, penulis mengungkapkan fakta sejarah yang terjadi pada masa Turki Usmani, melalui kajian pustaka.
IMPLIKASI PENDIDIKAN ISLAM SEJAK ANAK DALAM KANDUNGAN Hasnahwati, Hasnahwati
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masa anak dalam kandungan sangat membutuhkan perilaku-perilaku fisik maupun psikhis yang sangat diperhatikan atau didasari dengan amalan-amalan Islami, kesemua perilaku itu akan menghasilkan keturunan sehat jasmani dan rohani yang akan dilanjutkan dengan pendidikan di luar kandungan (postnatal). Faktor penentu terhadap keberhasilan pendidikan anak adalah adanya seorang ibu shalihah yang memahami peran dan tugasnya, serta mampu menjalankannya dengan sempurna. Hal ini merupakan pilar utama dalam pendidikan anak. Adapun macam-macam upaya spritual antara lain: a) Melaksanakan sholat lima waktu sehari semalam, b) Memperbanyak membaca kitab suci al-Qur’an, c) Bersadaqah, d) Berdoa setiap akan bertindak. Sedangkan upaya secara fisik yaitu kesehatan ibu dan pengaturan makanan ibu. Dalam ajaran Islam melalui pendidikan tertentu, rasa keagamaan anak dididik dan dikembangkan melalui sekurang-kurangnya dua cara yaitu: langsung dari Tuhan dan melalui si ibu.