cover
Contact Name
Elfrida Desiderata Naihati
Contact Email
elfrida.naihati@gmail.com
Phone
+6282359471090
Journal Mail Official
desmonm23@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.unimor.ac.id/JIE/about/editorialTeam
Location
Kab. timor tengah utara,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen
Published by Universitas Timor
ISSN : -     EISSN : 25033123     DOI : 10.32938
Core Subject : Economy,
Bidang ilmu yang diterbitkan dalam jurnal ini adalah Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional dan Manajemen Pemasaran
Articles 30 Documents
ANALISIS DANA HIBAH PROGRAM DESA/KELURAHAN MANDIRI ANGGUR MERAH DI KECAMATAN FATULEU KABUPATEN KUPANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR (STUDI KASUS PADA DESA NAUNU) Manane, Desmon Dedikson
Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 1 No 02 (2019): iE : Inspirasi Ekonomi
Publisher : Program Studi Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jie.v1i02.157

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran kredit modal kerja, lapangan kerja dan derajat kesehatan dan tingkat kemiskinan anggota kelompok masyarakat peneriman manfaat Program Desa/Kelurahan Mandiri Anggur Merah Desa Naunu? (2) Apakah kredit modal kerja, lapangan kerja dan derajat kesehatan masyarakat berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan anggota kelompok masyarakat peneriman manfaat Program Desa/Kelurahan Mandiri Anggur Merah Desa Naunu? (3) Apakah kredit modal kerja, lapangan kerja, dan derajat kesehatan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan anggota kelompok masyarakat penerima manfaat Program Desa/Kelurahan Mandiri Anggur Merah Desa Naunu? Data dikumpulkan dari 60 responden dengan menggunakan sampel jenuh. Data kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa tingkat kemiskinan masyarakat (60,33%) cukup baik, kredit modal kerja (57,00%) cukup baik, lapangan kerja (57,56%) cukup baik, dan derajat kesehatan (58,44%) cukup baik. Hasil uji t menunjukan bahwa secara parsial, variabel kredit modal kerja, lapangan kerja, dan derajat kesehatan berpengaruh signifikan terhadap penurunan tingkat kemiskinan. Hal ini terlihat dari nilai t pada variabel kredit modal kerja 3,777 pada signifikansi 0,000, lapangan kerja 2,743 pada signifikansi 0,008, derajat kesehatan 3,164 pada signifikansi 0.003. hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel kredit modal kerja, lapangan kerja, dan derajat kesehatan berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan. Hal ini terlihat dari nilai F sebesar 13,840 pada signifikansi 0,000, dan hasil koefisien determinan (R2) menunjukan bahwa kredit modal kerja, lapangan kerja, dan derajat kesehatan memberikan sumbangan sebesar 42,6% terhadap tingkat kemiskinan masyarakat sedangkan sisanya sebesar 57,4% disumbangkan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada anggota kelompok masyarakat agar dapat memanfaatkan kredit modal kerja yang disediakn oleh pemerintah dengan baik dalam peluasan lapangan kerja, serta meningkatkan derajat kesehatan. Sedangkan bagi pemerintah khusunya Pemerintah Desa Naunu agar dapat meningkatkan kredit modal kerja, lapangan kerja, dan derajat kesehatan dengan menambahkan anggaran dari dana desa melalui bidang pemberdayaan masyarakat dalam penurunan tingkat kemiskinan.
Strategi Meningkatkan Daya Saing Bisnis Pada Usaha Jasa Warnet Filistin di Atambua Kabupaten Belu Afoan, Felisisima; Halek, Imaculata Ut
Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 1 No 02 (2019): iE : Inspirasi Ekonomi
Publisher : Program Studi Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jie.v1i02.159

Abstract

ABSTRAK Penyedia jasa internet yang berada di kabupaten Belu, salah satunya merupakan Warnet Filistin. Oleh karena banyaknya usaha lain yang sejenis hadir diantara warnet Filistin, mengakibatkan berkurangnya pengunjung yang datang. Warnet Filistin perlu melakukan pengembangan usaha melalui strategi sebagai pijakan dan petunjuk dalam rangka mencapai tujuan jangka panjang. Tujuan penelitian ini untuk menemukan faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal serta dapat menemukan strategi apa yang dapat digunakan pada jasa warnet Filistin sehingga dapat bertahan dan bersaing dalam usaha yang sejenis. Penelitian yang dilakukan bersifat operasional dan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, kuesioner dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dengan alat analisis SWOT. Kata Kunci: Daya Saing, Usaha Jasa, Analisis SWOT
Pengaruh Keragamaan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di HEPI Swalayan Kefamenanu Korbaffo, Yesus Armiro; Opat, Didimus
Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 1 No 02 (2019): iE : Inspirasi Ekonomi
Publisher : Program Studi Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jie.v1i02.161

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh variabel Keragaman Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada HEPI Swalayan Kefamenanu, Untuk mengetahui pengaruh variabel Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada HEPI Swalayan Kefamenanu,Untuk mengetahui pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada HEPI Swalayan Kefamenanu. Hasil Analisis Inferensial diketahui Hasil analisis menunjukkan pengaruh yang signifikan antara variabel keragaman produk terhadap variabel kepuasan konsumen di Hepi Swalayan Kefamenanu. Untuk itu, penetapan strategi keragaman sebuah produk harus mempertimbangkan kedalaman dan lebar, kualitas produk dan ketersediaan produk, yang dapat berpengaruh pada kepuasan konsumen di Hepi Swalayan Kefamenanu. Hasil analisis menunjukkan pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen di Hepi Swalayan Kefamenanu. Untuk itu dalam mencapai kualitas pelayanan yang baik harus memperhatikan pemenuhan kebutuhan konsumen, pemenuhan keinginan konsumen, ketepatan memberi informasi pelayanan. Yang sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Hepi Swalayan Kefamenanu. Hasil analisis menunjukkan pengaruh yang signifikan antara variabel keragaman produk dan variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen di Hepi Swalayan Kefamenanu. Untuk itu, dalam penetapan strategi keragaman produk dan kualitas pelayanan perlu mempertimbangkan dan meningkatkan ketersediaan produk, kualitas produk, kebutuhan konsumen dan keinginan konsumen agar adanya kepuasan konsumen di Hepi Swalayan Kefamenanu Kata kunci : Kepuasa, Keragaman dan kualitas
Hubungan Antara Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan di Universitas Timor purba, erpina
Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2020): IE: inspirasi Ekonomi
Publisher : Program Studi Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jie.v2i1.168

Abstract

Abstrak Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan timbal balik antara kompensasi dengan disiplin kerja dan hubungan sebab akibat antara kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja baik secara parsial maupun simultan.Jumlah responden 100 orang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada pegawai tenaga kependidikan yang bekerja pada Universitas Timor.Analisis data menggunakan Product Momentdan regresi (regresi linear sederhana dan regresi linear berganda). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi memiliki hubungan negatif dengan disiplin kerja dan kompensasi secara parsial tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja tenaga kependidikan di Universitas Timor. Sementara disiplin kerja secara parsial memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kinerja.Secara simultankompensasi dan disiplin kerja memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kinerja tenaga kependidikan di Universitas Timor. Kata Kunci: Kompensasi, Disiplin Kerja dan Kinerja
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PT. BANK PEMBANGUAN DAERAH NUSA TENGGARA TIMUR TAHUN 2015-2017 dawu, leopold
Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 1 No 02 (2019): iE : Inspirasi Ekonomi
Publisher : Program Studi Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jie.v1i02.170

Abstract

ABSTRAKSI Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara TImur merupakan bank pemerintah yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur.Kinerja keuangan adalah satu aspekpenting dalam pencapaian Good Corporate Governance dalam perbankan Indonesia.Adanya transparansi diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap perbankan nasional.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui kinerja keuangan dari Bank Pembangunan Daerah NTT tahun 2015-2017.Berdasarkan hasil perhitungan rasio, rasio likuiditas menunjukan bahwa PT. Bank NTT memiliki kinerja yang cukup baik, meski menunjukan tren penurunan likuiditas. Berkaitan dengan rasio Solvabilitas selama tiga tahun menunjukan kinerja yang baik juga yang artinya Pihak bank mampu membayar semua kewajibannya, dan untuk rasio Rentabilitas menunjukan bahwa selama tiga tahun PT. Bank NTT sudahbaik dalam melakukan efisiensi usaha dalam menghasilkan labanya.
ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara) Mitang, Berno B; Kiha, Emilia Khristina
Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 1 No 02 (2019): iE : Inspirasi Ekonomi
Publisher : Program Studi Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jie.v1i02.193

Abstract

ABSTRAK Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara, merupakan instansi pemerintah yang mengembang tugas untuk melaksanakan tugas kesehatan dengan tujuan untuk menyediakan data kesehatan yang akurat dalam rangka terwujudnya masyarakat Timor Tengah Utara Sehat yang mandiri, merata, berkeadilan menuju masyarakat dan sejahtera. Untuk itu, penelitian terhadap aspek-aspek yang mempengaruhi kinerja pegawai seperti gaya kepemimpinan demokratis, kompensasi dan kepuasan kerja penting untuk dilakukan. Penelitian ini akan memberikan informasi tentang pengaruh gaya kepemimpinan demokratis dan kompensasi terhadap kepuasan kerja pegawai dan kemudian secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai.Teknik analisis data dilakukan adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Analisis jalur merupakan pengembangan dari Regresi Berganda, sehingga dapat dilakukan estimasi besarnya hubungan kausal antara sejumlah variabel dan hirarki kedudukan masing-masing variabel dalam serangkaian jalur-jalur hubungan kausal, baik hubungan langsung maupun tidak langsung (Hasan, 1992).Besar pengaruh untuk gaya kepemimpinan demokratis,kompensasidankepuasan kerja terhadap kinerja pegawai secara gabungan sebesar 0,816 atau 81,6%. Hasil yang demikian menunjukkan bahwa pegawai Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) memiliki gaya kepemimpinan yang demokartis yang disertai dengan kepuasan kerja yang didukung dengan kompensasi yang diterima para pegawai sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawai. Hasil dari variable gaya kepemimpinan demokratis dan kompensasi yang memberi pengaruh paling besar terhadap kepuasan kerja adalah variabel gaya kepemimpinan demokratis yaitu 0,485 atau 48,5%.Hasil ini menunjukkan bahwa dengan gaya kepemimpinan yang demokratis dalam bekerja di Kantor Dinas Kesehatandapat meningkatkan kepuasan pegawai. Sedangkan untuk kompensasi berpengaruh terhadap kerja karena dari hasil analisis terlihat nilainya 45,0%, Hasil ini menunjukkan bahwa gaji, tunjangan kesejahteraan, promosi jabatan dan penghargaan dapat menambah kepuasan kerja para pegawainya. Pengaruh gaya kepemimpinan demokartis dan kompensasi terhadap kepuasan kerja secara gabungan sebesar 0,746 atau74,6%. Hasil ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokartis dan kompensasi berpengaruh besar terhadap kepuasan kerja. Analisis jalur dapat digunakan untuk melihat pengaruh langsung dan tidak langsung dari satu variabel terhadap variabel lain. Pengaruh langsung antara gaya kepemimpinan demokratis dan kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai telah dijelaskan diatas, sedangkan pengaruh tidak langsung untuk gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja adalah 9,4%. Artinya, diperoleh pengaruh tidak langsung untuk motivasi kerja terhadap produktivitas kerja melalui efektivitas kerja signifikan. Pengaruh tidak langsung untuk kompensasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja adalah 8,7%. Artinya, pengaruh tidak langsung antara untuk kompensasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja.
Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Timor Tengah Utara Manane, Desmon Redikson
Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2020): IE: inspirasi Ekonomi
Publisher : Program Studi Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jie.v2i1.483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan antara variabel motivasi kerja (X1), kompetensi sumber daya manusia (X2), disiplin kerja (X3) terhadap kinerja pegawai pada Dinas P3A Kabupaten TTU, yang berjumlah 34 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan software SPSS versi 21 dengan hasil analisis sebagai berikut: Variabel motivasi kerja (X1) memiliki pengaruh sangat kuat terhadap kinerja pegawai (Y), dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,814; dan nilai R squere sebesar 0,662 artinya; persentase sumbangan sebesar 66,2% sedangkan sisanya sebesar 33,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini. Variabel kompetensi SDM (X2) memiliki pengaruh sangat kuat terhadap kinerja pegawai (Y), dengan nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,849; dan nilai R square sebesar 0,721 artinya; persentase sumbangan sebesar 72,1% sedangkan sisanya sebesar 27,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini. Variabel disiplin kerja (X3) memiliki pengaruh sangat kuat terhadap kinerja pegawai (Y), dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,903; dengan nilai R square sebesar 0,883 artinya; persentase sumbangan sebesar 88,3% sedangkan sisanya sebesar 11,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini. Variabel motivasi kerja (X1), kompetensi SDM (X2), dan disiplin kerja (X3) secara simultan memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai (Y) dengan nilai R sebesar 0,942a, artinya terjadi hubungan yang sangat kuat; sedangkan nilai R Square sebesar 0,876 artinya persentasi sumbangan variabel motivasi kerja (X1), kompetensi SDM (X2), dan disiplin kerja (X3) terhadap kinerja pegawai (Y) sebesar 87,6%, sedangkan sisanya sebesar 12,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN DARI ASPEK LIKUIDITAS DAN AKIVITAS (STUDI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA CENDANA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA). duli, dominikus kopong duli kopong
Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2020): IE: inspirasi Ekonomi
Publisher : Program Studi Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jie.v2i1.546

Abstract

ABSKTRAK Analisis Kinerja Keuangan Dari Aspek Likuiditas Dan Aktivitas (Studi pada Perusahaam Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Timor Tengah Utara. Oleh: Dominikus K. Duli dan Davidson S. E Tusala. Laporan keuangan merupakan suatu alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan. Agar laporan keuangan dapat berarti bagi pihak-pihak yang berkepentingan maka perlu mengadakan analisa hubungan dari pos-pos dalam suatu laporan keuangan. Dalam hal ini analisa rasio dapat dipakai dalam memberikan gambaran keadaan keuangan yang sebenarnya mengenai perusahaan dan sehat tidaknya perusahaan tersebut melakukan usahanya. Permasalahan yang diambil adalah Bagaimana tingkat likuiditas,tingkat aktivitas dan kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Timor Tengah Utara dalam menggunakan dananya. Metode yang digunakan meliputi lokasi penelitian yaitu Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Timor Tengah Utara yang terletak di Jl. A. Yani Kelurahan Kefamenanu Selatan. Objek kajian adalah rasio likuiditas, dan rasio aktivitas dan populasi dalam penelitian ini laporan keuangan dan sampel dalam penelitian ini sama dengan populasi. Metode pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data adalah secara deskriptif kuantitatif yaitu analisis didasarkan pada perhitungan. Hasil dari Tugas Akhir ini menunjukkan bahwa rasio likuiditas yang meliputi Current Ratio menunjukkan pada tahun 2016 sebesar 82,88 , tahun 2017 sebesar 52,44 tahun 2018 sebesar 31,06. Sedangkan quick ratio pada tahun 2016 sebesar 81,99, tahun 2017 sebesar 35,60, tahun 2018 sebesar 21,70. Dari hasil analisis tersebut terlihat bahwa telah terjadi penumpukan aktiva lancar berupa kas atau setara kas sehingga dana segar banyak yang menganggur atau tidak dikelola secara efisien. Rasio aktivitas yang meliputi total assets turnover tahun 2016 sebesar 0,16 kali, tahun 2017 sebesar 0,26 kali, tahun 2018 sebesar 0,37 kali. Working Capital turnover tahun 2016 sebesar 0,23 kali, tahun 2017 sebesar 0,59 kali, tahun 2018 sebesar 0,92 kali. Fixed asset turnover tahun 2016 sebesar 0,66 kali, tahun 2017 sebesar 0,57 kali, tahun 2018 sebesar 0,65 kali.Dari hasil analisis terlihat bahwa tingkat perutaran modal kerja dan aset masih sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis laporan keuangan dapat disimpulkan tingkat likuiditas yang diukur menggunakan current ratio dan quick ratio pada tahun 2016-2018 menunjukan bahwa kinerja keuangan PDAM Tirta Cendana Kabupaten Timor Tengah Utara masih kurang baik. Tingkat aktivitas yang diukur menggunakan total asset turnover, working capital turnover dan fixed asset turnover pada tahun 2016-2018 menunjukan bahwa kinerja keuangan perusahaan dalam pemanfaatan aset dan sumber dananya termasuk dalam kategori kurang efisien. Kata kunci: Kinerja Keuangan, Likuiditas dan Aktivitas.
PENGARUH KUALITAS INFORMASI, RELATIONSHIP MARKETING DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CREAM FAIR DAN LOVELY Korbaffo, Yesus Armiro
Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2020): IE: inspirasi Ekonomi
Publisher : Program Studi Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jie.v2i1.548

Abstract

Abatraksi Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) Cream Fair and Lovely, Untuk mengetahui pengaruh relationship marketing (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) Cream Fair and Lovely, Untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek (X3) terhdap keputusan pembelian (Y) Cream Fair and Lovely dan terakir Untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi (X1), relationship marketing (X2), dan ekuitas merek (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) Cream Fair and Lovely. Sampel yang digunakan dalam penelitioan ini sebanyak 70 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan statistic Inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Jabal Sur. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 9,766 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,798; terdapat pengaruh positif Relationship Marketing kerja terhadap Keputusan Pembelian Responden pada Toko Jabal Sur. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 17,185 dengan nilai signifikansinya 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,914; terdapat pengaruh positif Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Responden pada Toko Jabal Sur. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3,709 dengan nilai signifikansinya 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,438 dan juga Terdapat pengaruh positif Kualitas Informasi dan Relationship Marketing serta Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Responden pada Toko Jabal Sur. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 113,172 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000<0,05. Kata Kunci : Kualitas Informasi, Relationship Marketing, Ekuitas Merek, Keputusan pembelian
LOGOS, ETHOS DAN PATHOS DALAM ILMU MANAJEMEN PEMASARAN Anin, Helidorus F; Manane, Desmon Redikson
Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 1 (2020): IE: inspirasi Ekonomi
Publisher : Program Studi Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jie.v2i1.550

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan dimensi logos, ethos dan pathos dalam ilmu manajemen pemasaran. Ketiga dimensi ini mutlak perlu untuk mengonstruksi teori ilmiah yang tahan uji. Adapun pisau analisis yang digunakan dalam analisis ini adalah filsafat ilmu dengan unsur-unsur metodis, yaitu pada interpretasi, koherensi intern dan deskprisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi logos terkandung dalam evolusi pendefinisian pemasaran sepanjang zaman. Dimensi keilmuan pemasaran akhirnya menemukan modelnya yang tahan uji ketika menjadikan social capital sebagai logos universal sebab bisa digeneralisasi dan didukug oleh fakta yang mengitarinya. Dimensi ethos terdapat dalam upaya untuk menjadikan social capital sebagai core business sehingga memudahkan dalam mengonstruksi skema jaminan kepercayaan dalam jangka panjang dan kekhasan yang menunjukkan citra pelanggan. Dimensi pathos dapat diidentifikasi melaui seni mengidentifikasi nilai, menyediakan nilai dan mengkomunikasikan nilaiyang ditransformasi dari kebutuhan pelanggan.

Page 1 of 3 | Total Record : 30