cover
Contact Name
Sumbara Hambali
Contact Email
jmpo2020stkippasundan@gmail.com
Phone
+6285722363823
Journal Mail Official
jmpo2020stkippasundan@gmail.com
Editorial Address
Jln. Permana 32 B, 40512 Cimahi - West Java
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
JMPO
ISSN : 27215660     EISSN : 27221202     DOI : 10.37742
Core Subject : Health, Education,
Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO) is a forum for publishing various studies that have a study of the scope of the sport, ranging from sports education, sports achievement, recreational sports and health sports in which can cover various fields of science in sports, such as anatomy, physiology, psychology, biomechanics, sports nutrition, health, physical fitness, and also physical education learning. The main focus in this journal is about science and technology that can be applied in the fields of educational sports, sports achievements, and recreational sports including health sports and traditional sports. In addition, this journal also discusses various innovations in physical education learning that are applied to various levels of education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 23 Documents
Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Persepsi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sobarna, Akhmad; Hambali, Sumbara; Koswara, Lala
Jurnal Master Penjas & Olahraga Vol. 1 No. 1, April (2020): Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO)
Publisher : STKIP Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kebugaran jasmani dan persepsi siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmni, yaitu laki-laki 41 siswa dan perempuan 34 siswa jadi sebanyak 75 orang. Instrumen penelitian ini adalah TKJI 16-19 tahun dan angket. Berdasarkan hasil pengolahan data, disimpulakn bahwa: 1). Tidak ada hubungan yang signifikan antara TKJI terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajran pendidikan jasmani yaitu dengan nilai rhitung -0,656 > rtabel 0,514 dengan taraf 5%, karena nilai rsquare sebesar 0,006 atau setara 0,6%, korelasi tersebut sangat lemah sehingga diabaikan, karena nilai sebesar 99,4 % tidak ada hubungan 2). Tidak ada hubungan yang signifikan antara Persepsi siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani yaitu dengan nilai rhitung -0,191 < rtabel 0,849 dengan taraf 5%, sehingga dapat disimpulakan tidak ada hubungan karena nilai rsquare sebesar 0,000 atau setara 0,0%, 3). Tidak ada hubungan yang signifikan antara TKJI dan Persepsi siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasamni yaitu dengan rhitung -0,678 > rtabel 0,500 dan rhitung -0,267 < rtabel 0,790 dengan taraf singnifikan 5%, karena nilai rsquare sebesar 0,007 atau setara 0,7%. Akan tetapi korelasi tersebut sangat lemah sehingga diabaikan, karena nilai sebesar 99,3% tidak ada hubungan.
Pengaruh Model Outdoor Education Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Supriyadi, Andy
Jurnal Master Penjas & Olahraga Vol. 1 No. 1, April (2020): Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO)
Publisher : STKIP Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masa usia dini merupakan “golden age period”, artinya merupakan masa emas untuk seluruh aspek pekembangan manusia, baik fisik, kognisi emosi, maupun sosial. Anak-anak dengan kemampuan bergerak yang dikembangkan dengan baik akan lebih mudah beraktivitas dan lebih mudah untuk mengikuti aktivitas-aktivitas fisik daripada anak-anak yang keterampilan bergeraknya tidak dikembangkan. Sampel penelitian diambil 15 orang anak yang berusia 4-6 tahun, dengan metode pengambilan sampel The Matching-Only Pretest-Postest Control Group Design. Data yang diperoleh dari penelitian ini diolah dengan SPSS for windows menggunakan teknik Paired Sample t Test terhadap data N-Gain pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran model Outdoor Education yang dilakukan di salah satu Preschool dan Kindergarten di Bandung yaitu HighScope dan untuk mengetahui keterampilan motorik kasar anak usia dini sebelum dan setelah diberikan perlakuan Outdoor Education Model, dan juga melihat pengaruhnya dalam peningkatan keterampilan motorik kasar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata keterampilan motorik kasar anak yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen, tidak terdapat perbedaan rata-rata keterampilan motorik kasar anak yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok kontrol, dan juga tidak terdapat perbedaan rata-rata skor N-Gain keterampilan motorik kasar anak yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Pengaruh Latihan Plyometric Box Jump Dan Squat Jump Terhadap Kekuatan Tungkai Syamsudar, Bangbang; Kusmayadi, Dedi; Jaman, Hidayat Nurul
Jurnal Master Penjas & Olahraga Vol. 1 No. 1, April (2020): Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO)
Publisher : STKIP Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Plyometric Box Jump dan Latihan Squat Jump terhadap kekuatan tungkai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi yang digunakan adalah siswa ekstrakurikuler futsal di SMP Pasundan 12 Bandung yang berjumlah 16 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan standing broad jump. Dilakukan sore hari, jam 16.00 sampai dengan selesai bertempat di tempat Gor Pasundan. Hasil Penelitian ini, menunjukan bahwa ada pengaruh perlakuan latihan Plyometric Box Jump terhadap peningkatan power tungkai siswa ekstrakurikuler futsal SMP Pasundan 12 Bandung. Kemudian ada pengaruh perlakuan latihan Squat Jump terhadap peningkatan power tungkai siswa ekstrakurikuler futsal SMP Pasundan 12 Bandung. Latihan Squat Jump lebih efektif untuk meningkatkan power tungkai dari pada latihan Plyometric Box Jump pada siswa ekstrakurikuler futsal SMP Pasundan 12 Bandung.
Hubungan Kekuatan Otot Lengan, Koordinasi Mata Tangan, Dan Rasa Percayadiri Dengan Keterampilan Smash Pada Permainan Bola Voli Sulistiadinata, Heru; Purbangkara, Tedi
Jurnal Master Penjas & Olahraga Vol. 1 No. 1, April (2020): Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO)
Publisher : STKIP Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan kekuatan otot lengan (X1) dengan keterampilan smash (Y), (2) hubungan koordinasi mata-tangan (X2) dengan keterampilan smash (Y), (3) hubungan rasa percaya diri (X3) dengan keterampilan smash (Y), (4) hubungan kekuatan otot lengan (X1) , rasa percaya diri (X3), koordinasi mata-tangan (X2), secara bersama-sama dengan keterampilan smash (Y). Metode yang digunakan adalah metode korelasi yang menggunakan perhitungan product moment. Sample berjumlah 39 orang seluruh siswa yang mengikuti ektrakulikuler bola voli. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) kekuatan otot lengan dengan menggunakan push up, (2) koordinasi mata tangan dengan menggunakan instrument wall past test, (3) rasa percaya diri dengan menggunakan instrument kuesioner, (4) keterampilan smash dengan menggunakan test hasil total dari proses gerakan. Hasil pengujian hipotesis pertama terdapat hubungan yang positif antara kekuatan otot lengan (X1) dengan keterampilan smash (Y), kedua terdapat hubungan yang positif koordinasi matatangwan (X2) dengan keterampilan smash (Y), ketiga terdapat hubungan yang positif rasa percaya diri (X3) dengan keterampilan smash (Y), keempat terdapat hubungan yang positif kekuatan otot lengan (X1) , rasa percaya diri (X3), koordinasi mata-tangan (X2), secara bersama-sama dengan keterampilan smash (Y). Jadi dapat disimpulkan bahwa kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan, dan rasa percaya diri memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan smash bola voli.
Hubungan Motor Ability Dengan Hasil Keterampilan Renang Gaya Punggung Ishak, Muchamad; Hasmarita, Sony; Afandi Harja, Ahmad
Jurnal Master Penjas & Olahraga Vol. 1 No. 1, April (2020): Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO)
Publisher : STKIP Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan motor ability terhadap hasil keterampilan renang gaya punggung pada mahasiswa PJKR STKIP Pasundan Cimahi. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah wawasan ilmu pengetahuan terutama bidang studi pendidikan jasmani dan mengetahui hasil penelitian yang tergambar nyata. Perumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah : “Apakah terdapat hubungan yang baik antara motor ability dengan keterampilan renang gaya punggung pada mahasiswa PJKR STKIP Pasundan Cimahi”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Dengan jumlah populasi 320 orang dan yang dijadikan sampel 30 orang dimana sampel tersebut adalah mahasiswa PJKR STKIP Pasundan Cimahi. Hasil perhitungan antara korelasi hubungan motor ability terhadap keterampilan renang gaya punggung sebesar 0,595 mempunyai hubungan yang sedang r = 0,595 berada diantara 0,40 – 0,599. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa hubungan motor ability dengan keterampilan renang gaya punggung memiliki hubungan.
Identifikasi Minat Siswa Pada Ekstrakurikuler Sepak Bola Ferrari Valentino, Ricky; Iskandar, M
Jurnal Master Penjas & Olahraga Vol. 1 No. 1, April (2020): Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO)
Publisher : STKIP Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa yang ada di sekolah SMAN 7 Kota Cirebon tehadap ekstrakurikuler sepak bola. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 7 Kota Cirebon sebanyak 300 siswa dan sampelnya sebanyak 100 siswa. Data tentang survey minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler sepak bola diambil dengan instrumen angket. Uji validitas instrumen menggunakan SPSS versi 19 dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil analisis data menunjukan bahwa 37% siswa berminat terhadap ekstrakurikuler sepak bola dan sisanya 67% tidak berminat terhadap ekstrakurikuler sepak bola. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa masih kurangnya minat siswa dalam kegiatan non akademik seperti sepak bola. Kurangnya pengembangan atau promosi yang meningkatkan minat siswa untuk mengembangkan bakatnya di bidang olahraga. Maka dapat disimpulkan bahwa di SMAN 7 kota Cirebon Siswa siswinya tidak berminat untuk mengikuti ekstrakurikuler sepak bola.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Forehand Tenis Meja Menggunakan Media Modifikasi M Rizal, Rony; Rusmana, Ruslan; Erwin
Jurnal Master Penjas & Olahraga Vol. 1 No. 1, April (2020): Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO)
Publisher : STKIP Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis forehand siswa menggunakan media modifikasi. Metode penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitiannya adalah siswa kelas VII/A SMPN 2 Kota Cimahi. Penelitian ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan sesuai rencana dan metode pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran servis forehand adalah sebesar 68,06 atau 61,11% siswa lulus, dan 38,89% siswa belum lulus. Pada siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus pertama, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran servis forehand meningkat menjadi 77,78 atau 88,89% siswa lulus dan sisanya 11,11% siswa belum lulus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja menggunakan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar servis forehand siswa kelas VII/A SMPN 2 Kota Cimahi
Penampilan Kondisi Fisik Melalui Latihan Karet (Band) Di UKM Futsal STKIP Pasundan Cimahi Nur Yasin, Syahid
Jurnal Master Penjas & Olahraga Vol. 1 No. 1, April (2020): Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO)
Publisher : STKIP Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kondisi fisik dan penampilan atlet melalui latihan kekuatan menggunakan latihan karet. Latihan karet adalah salah satu peralatan olahraga kebugaran dalam bentuk karet elastis dan kekuatan dan daya tahan otot. Penelitian ini dilakukan pada atlet Futsal UKM STKIP Pasundan Cimahi dengan mengambil sampel sebanyak 11 orang. Metode penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain "Two group pre test dan post test design". Dalam penelitian ini menggunakan 3 tes Instrumen, untuk kekuatan menggunakan squats, untuk kecepatan menggunakan sprint 20 meter, dan untuk daya tahan menggunakan bleep tes. Penelitian ini didasarkan pada hasil tiga komponen pengukuran biomotor sebelum dan sesudah menggunakan latihan karet. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dengan uji-t. Kondisi fisik kekuatan otot lengan sebesar 59% dan untuk kondisi fisik daya tahan adalah 6%. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji-t hasil signifikan untuk daya tahan diperoleh dengan nilai t hitung> dari t tabel (t hitung = 3,09> t tabel = 1,71), maka dapat digambarkan sebagai peningkatan kekuatan setelah diberi perawatan. Untuk Kecepatan diperoleh t hitung> dari t tabel (t hitung = 2,05> t tabel = 1,71), maka dapat dijelaskan bahwa ada peningkatan kecepatan setelah perawatan. Sedangkan untuk daya tahan diperoleh nilai t hitung > dari t table (t hitung = 1.80 > t table = 1,71), maka dapat digambarkan terjadi peningkatan daya tahan setelah dilakukan perlakuan.
Pengaruh Interval Training Terhadap VO2 Max Atlet Bola Basket IKIP PGRI Pontianak Sabransyah, Mohammad; Asmutiar; Pahliwandari, Rovi
Jurnal Master Penjas & Olahraga Vol. 1 No. 1, April (2020): Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO)
Publisher : STKIP Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inerval Training terhadap VO2Max atlet Bola basket di IKIP PGRI Pontianak. Metode penelitian menggunkan metode eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anggota tim Bola Basket IKIP PGRI Pontianak yang berjumlah 18 Orang. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan total sampling, maka untuk sampel penelitian ini adalah seluruh populasi, yaitu seluruh anggota tim Bola Basket IKIP PGRI Pontianak yang berjumlah 18 Orang. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data penelitian adalah dengan menggunakan Bleep test.. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh latihan Interval Training terhadap Vo2max atlet Bola basket IKIP PGRI Pontianak. Saran untuk para pelatih agar dapat menerapkan proses latihan yang tidak keluar dari prinsip-prinsip latihan, dan bagi para peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti dengan program latihan yang lain.
Perbandingan Antara Kekuatan Bahu dan Kekuatan Tungkai Pemain Bola Voli dan Bola Basket Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak Asmutiar; Sabransyah, Mohammad
Jurnal Master Penjas & Olahraga Vol. 1 No. 1, April (2020): Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO)
Publisher : STKIP Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permianan bola basket dan bola voli memiliki pola gerak dan penggunaan bagian tubuh yang hampir sama dari kedua teknik. Tetapi belum diketahui kekuatan bahu dan kekuatan tungkai mana dari kedua cabang olahraga tersebut yang memiliki kekuatan tinggi untuk melakukan teknik lompatan, smass dan shooting. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak perbandingan kekuatan bahu dan tungkai pemain bola basket dan bola voli. Kausal Komparatif (causal comparative research). Hasil tes push and pull Dynamometer pemain basket dan voli, Nilai t hitung adalah -0.187 bulatkan nilai tersebut dan bandingkan dengan t tabel. Nilai t hitung (0.187) < t tabel 0,05;14 = 1.76131 sehingga Ho diterima. Hasil tes Back and Leg Dynamometer pemain basket dan voli, Nilai t hitung adalah -0.604 bulatkan nilai tersebut dan bandingkan dengan t tabel. Nilai t hitung (0.604) < t tabel 0,05;14 = 1.76131sehingga Ho diterima. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan apakah ada perbandingan antara kekuatan bahu dan kekuatan tungkai pemain bola basket dan pemain bola voli mahasiswa IKIP PGRI Pontianak, tidak diterima kebenarannya.

Page 1 of 3 | Total Record : 23