cover
Contact Name
Dewi Widayati
Contact Email
intelektiva.jurnal@gmail.com
Phone
+6281326279377
Journal Mail Official
intelektiva.jurnal@gmail.com
Editorial Address
https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
INTELEKTIVA
ISSN : -     EISSN : 26865661     DOI : -
INTELEKTIVA Jurnal Ekonomi,Sosial dan Humaniora adalah media diseminasi pemikiran dari berbagai disiplin ilmu. Intelektiva menerbitkan artikel yang berbasis pemikiran ( konseptual ) maupun berbasis riset empirik. Redaksi menerima artikel dengan tema ekonomi dan sosial-humaniora, namun tidak terbatas pada tema itu. Tema-tema komunikasi,politik, pendidikan, kesehatan, teknik, komputer dan sebagainya dipersilahkan untuk dikirim. Redaksi akan sangat mempertimbangkan tulisan – tulisan yang diuraikan dengan perspektif sosial atau real impact di dalam masyarakat.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 03 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661" : 8 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN INTERNET MARKETING BAGI PEREMPUAN PADA KOMUNITAS KULINER DI BEJIHARJO TRISTANTI; SUJARWO; FITTA UMMAYA SANTI
JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA Vol 1 No 03 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661
Publisher : KULTURA DIGITAL MEDIA ( Research and Academic Publication Consulting )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan internet marketing bagi perempuan melalui komunitas kuliner merupakan aktifitas untuk menyadarkan kelompok sasaran akan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam membantu dunia usaha. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi kelompok kuliner dalam memanfaatkan internet marketing dalam peningkatan usahanya. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah, diskusi dan learning by project. Hasil dari kegiatan ini adalah kelompok sasaran memiliki pengetahuan pemanfaatan internet marketing. Kelompok sasaran juga memiliki keterampilan dalam pemafaatan internet marketing.
KAMPANYE PILKADA DKI JAKARTA DI HARIAN KOMPAS DAN MEDIA INDONESIA : SEBUAH ANALISIS FRAMING YANUS PURWANSYAH SRIYONO; AHMAD ADIB
JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA Vol 1 No 03 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661
Publisher : KULTURA DIGITAL MEDIA ( Research and Academic Publication Consulting )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konstruksi pemberitaan atau frame yang dilakukan Media Indonesia dan Kompas terhadap kampanye pasangan calon dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta, dalam hal ini adalah pasangan Ahok-Jarot dan Anies-Sandi. Metode yang digunakan adalah deskreptif kualitatif, yang didukung oleh teori media framing. Analisis framing model Entman melihat framing dalam dua dimensi besar yaitu seleksi isu dan penekanan atau penonjolan aspek- aspek tertentu dari realitas/isu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harian Media Indonesia memberikan rubrikasi tersendiri bagi pemberitaan kampanye Ahok-Jarot. Media Indonesia memberikan panggung yang luas bagi komunikasi politik pasangan calon tersebut. Sedangkan harian Kompas berusaha netral menurut versinya, dengan mengengahkan pemberitaan dalam frame yang proporsional antara dua pasangan calon tersebut.
FRAMING BERITA PRESIDEN DONALD TRUMP OLEH MEDIA ASING DAN MEDIA NASIONAL DANI KURNIAWAN; WIDODO MUKTIYO
JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA Vol 1 No 03 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661
Publisher : KULTURA DIGITAL MEDIA ( Research and Academic Publication Consulting )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gedung Putih dibawah komando presiden Donald Trump melahirkan kontroversi. Trump misalnya membatasi imigran muslim, memerintahkan pembangunan tembok diperbatasan AS-Meksiko, memandang pemanasan global bukan isu seksi, hingga keputusan keluar dari UNESCO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pembingkaian berita dalam perspektif penerapan ideologi dan ekonomi politik media. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode analisis framing Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki. Dengan pendekatan itu peneliti akan mencermati media online dalam dan luar negeri. Media dalam negeri yang dipilih adalah Sindonews dan Liputan6. Untuk media asing, penelitian ini akan menjelajahi pembingkaian yang dilakukan Foxnews.com dan Aljazeera.com. Hasil penelitian menunjukkan Liputan6.com melihat Donald Trump sebagai refleksi konspirasi besar dan sekaligus sosok kontroversial, yang perlu diberitakan dihalaman utama. Sedangkan pada Sindonews.com melihat bahwa kontroversi Donald Trump tidak terlalu menonjol, sehingga tak harus menjadi head line. Sedangkan untuk kedua media asing ternama itu, mereka memberitakan dalam bingkai ekonomi politik koroporasinya. Bingkai yang dikenakan adalah kepentingan pemiliknya, yakni Foxnews.com tunduk pada kekuatan taipan media dunia Rupert Murdoch. Aljazeera.com tampak mengabdi kepada kepentingan pemerintah Qatar.
EKSISTENSI DALIHAN NA TOLU SEBAGAI KEARIFAN LOKAL DAN KONSTRIBUSINYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER MUHAMMAD NOVRIANSYAH LUBIS; HERMANU JOEBAGIO
JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA Vol 1 No 03 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661
Publisher : KULTURA DIGITAL MEDIA ( Research and Academic Publication Consulting )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kearifan lokal menjadi solusi dalam penyelesaian permasalahan kelokalan dan bahkan persoalan yang timbul dari bergulirnya era industri 4.0 ini. Dalihan na tolu merupakan bentuk kearifan lokal yang dapat memberikan sesuatu yang bermakna dalam memperbaiki karakter pada siswa di Kabupaten Samosir. Selain itu dalihan na tolu membentuk ikatan organik dan natural dalam persatuan suku batak toba, untuk menghindari perpecahan di antara suku batak toba. Disisi lain, apa yag kita hadapi sekarang adalah era industri 4.0 yang tak terelakkan. Konsekuensinya dalam dunia pendidikan adalah diskursus pertemuan kearifan lokal dengan semangat atau ruh industri 4.0 tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus Kabupaten Samosir. Penelitian ini mengambil sampel SMA Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir. Bagaimana dalihan na tolu mengaktifkan interaksi yang komunikatif sehingga siswa terbentuk kedalam struktur kebudayaan yang menyatu dalam pendidikan, melalui aktifitas siswa dan guru baik itu di dalam pembelajaran dan luar pembelajaran. Dimana kondisi tersebut pada akhirnya dapat memberikan keseimbangan pada realitas industrial 4.0 ini. Observasi, wawancara dan dokumentasi di jadikan sebagai metode pengumpulan data.
KUALITAS KEPEMIMPINAN BEN MBOI DAN PEMBELAJARAN SEJARAH HERIBERTUS KAMANG; AKHMAD ARIF MUSADAD; SUTIYAH
JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA Vol 1 No 03 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661
Publisher : KULTURA DIGITAL MEDIA ( Research and Academic Publication Consulting )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nilai kepemimpinan di negara ini sudah mulai luntur. Pemerintah telah berupaya mengatasi masalah tersebut dengan mengeluarkan kebijakan pendidikan karakter, yang salah satu isinya adalah menanamkan nilai kepemimpinan. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah mengintegrasi nilai kepemimpinan Ben Mboi dalam pembelajaran sejarah di SMA St Arnoldus Mukun. Kepemimpinan yang ideal adalah kepemimpinan yang mengikuti tuntutan revolusi industri 4.0. pemimpin yang mengikuti perkembangan teknologi pemimpin harus memiliki keterampilan dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan, dan menggerakkan orang lain yang ada hubungannya dengan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan dan pengajaran di era revolusi industrI 4.0. Dalam konteks kekinian, maka konsep kepemimpinan Ben Mboi relevan untuk di internalisasi pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa SMA ST Arnoldus Mukun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran sejarah yang mengintegrasikan nilai kepemimpinan Ben Mboi telah dilaksanakan dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan karakter yang dibentuk. Integrasi nilai kepemimpinan Ben mboi dalam pembelajaran sejarah dilkukan oleh guru sejarah dimulai ndari tahap perencanaan yaitu dibuat perangkat pembelajaran serta pelaksanaan dalam kelas.
ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( Studi Kasus Pada Politeknik Negeri Ambon) ABDUL HARIS TAMALENE
JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA Vol 1 No 03 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661
Publisher : KULTURA DIGITAL MEDIA ( Research and Academic Publication Consulting )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study discusses the impact of corporate culture on job performance in Ambon State Polytechnic. The purpose of this study is to analyze whether company culture significantly influences work motivation. In addition, to find out more deeply how the application of organizational culture applied in Ambon State Polytechnic can foster organizational commitment and organizational performance. This research is a research that uses a mixed method. The first is quantitative, which is done with 85 samples. To it, regression analysis is treated using an instrument called the SP SS program, which shows that corporate culture has a significant effect on employee performance. Qualitatively, organizational culture reflects how the style and way of an organization carrying out its operational activities. The results showed that the organizational culture implemented by the Ambon State Polytechnic was able to grow organizational commitment so that it directly improved employee performance.
TINGKAT PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENDEKATAN SAINTIFIK DAN IMBASNYA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MULIA RASYIDI
JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA Vol 1 No 03 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661
Publisher : KULTURA DIGITAL MEDIA ( Research and Academic Publication Consulting )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The implementation of the 2013 Curriculum in Indonesia defines several cores, namely the application of an integrated thematic learning process, using a scientific approach in learning, and authentic assessment. Some of the results of previous research on the application of the 2013 Curriculum, among others, were found that teachers who are less able to utilize resources to learn from the natural surroundings and teachers tend to maintain conventional teaching habits. From that, through this research, the researcher wants to describe how the teacher's understanding of the scientific approach; how teachers make plans for implementing learning; how the teacher applies an approach that uses science in learning, and is there a contribution between understanding the scientific approach to the application of the learning process carried out by the teacher. The research method used is the Mixed Method Research model "Embedded Design". The results of this study can be concluded, namely: (1) In general, the teacher has understood the scientific approach, but has not understood how to implement this approach in learning in; (2) the lesson plan (RPP) made by the teacher has not been described in the implementation of learning activities oriented to a scientific approach; (3) The implementation of the learning carried out by the teacher does not reflect the application of the scientific approach; (4) Understanding the scientific approach contributes 13% to the implementation of learning. Therefore, to be able to apply a scientific approach is not only determined by understanding, but the teacher's efforts are needed to always seek other knowledge that can increase and increase self-efficacy.
ISU LINGKUNGAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS PENGETAHUAN LOKAL FERI SETIAWAN; KUNASIROH; TOPAN SETIAWAN; FANNY HENDRO ARYO PUTRO
JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA Vol 1 No 03 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661
Publisher : KULTURA DIGITAL MEDIA ( Research and Academic Publication Consulting )

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian ini bertujuan menggambarkan bagaimana isu lingkungan sebagai part – part elemeter pembangunan berkelanjutan direspon, lalu ditindaklajuti oleh masyarakat. Diskursus mengenai lingkungan menjadi mendesak dan bahkan elementer mengingat banyaknya tragedi yang dilakukan oleh manusia terhadap basis hidupnya. Tragedi lingkungan yang manifest sebagai bencana, kerusakan hebat lingkungan, dan adanya reduksi daya sensitivitas peduli lingkungan yang hebat. Tulisan ini merupaan hasil amatan terhadap sebuah LSM dalam kiprahnya . Hasil penelitian menunjukkan LSM LPTP menjadikan lingkungan sebagai isu yang menjadi spirit dalam proyek – proyek pemberdayaan masyarakat. Beberapa proyek pemberdayaana berwawasan lingkungan dilakukan sebagai bentuk sensitivitas dan tanggungjawab lembaga.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 2 No 08 (2021): INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA (EDISI - MARET 2021 ) Vol 2 No 07 (2021): INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA (EDISI - FEBRUARI 2021) Vol 2 No 06 (2021): INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA (EDISI - JANUARI 2021 ) Vol 2 No 05 (2020): INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA (EDISI - DESEMBER 2020 ) Vol 2 No 04 (2020): JINTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI,SOSIAL & HUMANIORA (EDISI NOVEMBER 2020) Vol 2 No 03 (2020): INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA (EDISI, OKTOBER 2020 ) Vol 2 No 02 (2020): INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA (EDISI, SEPTEMBER 2020 ) Vol 2 No 01 (2020): INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA (EDISI, VOL 02, N0 01 AGUSTUS Vol 1 No 12 (2020): INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA (EDISI, JULI 2020 ) Vol 1 No 11 (2020): INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA (EDISI, JUNI 2020 ) Vol 1 No 10 (2020): INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA (EDISI, MEI 2020 ) Vol 1 No 09 (2020): INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA E-ISSN : NO 2686-5661 Vol 1 No 08 (2020): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661 Vol 1 No 07 (2020): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661 Vol 1 No 06 (2020): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661 Vol 1 No 05 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661 Vol 1 No 04 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661 Vol 1 No 03 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661 Vol 1 No 02 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661 Vol 1 No 01 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora More Issue