cover
Contact Name
Qadhli Jafar Adrian
Contact Email
ictee@teknokrat.ac.id
Phone
+62721702022
Journal Mail Official
ictee@teknokrat.ac.id
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
ICTEE (Engineering Journals of Information, control, telecommunication and electrical)
ISSN : -     EISSN : 27467481     DOI : https://doi.org/10.33365/jictee
Core Subject : Engineering,
ICTEE mencakup semua aspek Elektronik dan Instrumentasi termasuk Elektronika dan Teknik Instrumentasi.
Articles 10 Documents
Rancang Bangun Sistem Informasi Tanggap Pendatang Berbasis Web Studi Kasus : Desa Karangagung Kabupaten Tuban Rakhmadani, Diovianto Putra; Setiadjit, Dayal Gustopo; Hidayatullah, Syarif; Adhinata, Faisal Dharma
Journal ICTEE Vol 2, No 1 (2021): Januari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jictee.v2i1.1037

Abstract

Kejahatan kian marak terjadi di lingkungan masyarakat, baik itu kejahatan terencana maupun tidak. Berdasarkan beberapa data, pola kejahatan marak dimulai dari adanya suatu migrasi penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain. Dalam hal ini, kemungkinan para pelaku kejahatan untuk masuk ke dalam suatu wilayah dan membaur dengan warga akan sangat membahayakan bagi warga sekitar, tak terkecuali bagi warga Desa Karangagung Kabupaten Tuban. Selama beberapa tahun ke belakang, mereka kerap kali menemukan adanya beberapa pendatang yang memasuki hingga tinggal di daerah mereka selama suatu kurun waktu tertentu tanpa melalui suatu skema pelaporan yang telah diatur sebelumnya. Hal tersebut mengakibatkan munculnya kekhawatiran bagi warga masyarakat terhadap aktifitas para pendatang dan menimbulkan berbagai pertanyaan mengenai status mereka. Adapun alur pelaporan secara manual yang ada mempunyai beberapa kendala seperti lamanya delay disposisi surat hingga sulitnya para pihak yang berwenang untuk ditemui dalam hal pengurusan surat pelaporan pendatang. Oleh karena itu masyarakat desa Karangagung membutuhkan sebuah sistem terkomputerisasi berbasis web yang mampu menggantikan peran sistem secara manual. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan proyek perangkat lunak model Waterfall dan menghasilkan sebuah sistem informasi tanggap penduduk berbasis web yang mampu diakses oleh warga desa Karangagung Kabupaten Tuban.
RANCANG BANGUN ALAT PEMBERI PAKAN IKAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER Setiawan, Risky
Journal ICTEE Vol 1, No 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jictee.v1i1.698

Abstract

Memelihara ikan merupakan salah satu hobi dan juga dapat menjadi peluang bisnis bagi mereka yang gemar memelihara ikan hias ataupun ikan konsumsi (Elfani, 2013). Namun bagi mereka yang hanya mengisi kekosongan waktu dengan memelihara ikan tentu tidak sepenuhnya waktu diberikan untuk merawat ikan yang telah dipelihara tersebut, pemberian makan pada ikan pun tidak teratur karena sering berpergian meninggalkan ikan peliharaan ataupun malas karena bau dari pakan ikan yang tidak sedap, maka dibuatlah alat pemberi makan ikan secara otomatis.Alat pemberi pakan ikan otomatis ini berguna untuk penjadwalan pakan ikan dimana pakan ikan dijadwalkan atau diatur oleh modul yaitu RTC (real time clock), RTC akan menjadwal 3 kali sehari yaitu pada jam 09.00, 13.00, dan 17.00 WIB. Alat ini mempunyai tempat penampung pakan, penampung sebagai tempat  pakan ikan ini diberi sensor jarak. Cara kerja pada sistem ini adalah ketika program di RTC telah aktif maka dikirim ke mikrokontroler kemudian mengintruksikan pada motor servo untuk membuka katub penutup bagian bawah wadah pakan Jika pakan ikan pada wadah hampir habis maka sensor HC-SR04 akan mendeteksi dan buzzer aktif.  Kata kunci : Arduino Uno, Pakan Ikan Otomatis, Moduke  RTC DS3231.
Pengujian Usability untuk Mengetahui Kepuasan Pengguna pada Website Perpustakaan Institut Teknologi Telkom Purwokerto Pradhana, Jahfal Rizqi Putra; Rikhanah, Metha Khafifah Isty; Injiyani, Renna Nur; Ardiansah, Wildan Hanif; Saputra, Zanuar Rahmat; Adhinata, Faisal Dharma; Rakhmadani, Diovianto Putra
Journal ICTEE Vol 2, No 1 (2021): Januari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jictee.v2i1.1038

Abstract

The coronavirus pandemic makes human activities, in particular work, change. At first, when working face-to-face for discussions or other supporting activities, now everyone requires using an online virtual system that can be accessed from anywhere to prevent the spread of the coronavirus. Website-based information systems are no stranger to society because most have accessed information through certain websites. Institut Teknologi Telkom Purwokerto created a web-based application to support book lending activities or libraries' activities. This website requires testing to determine the level of user satisfaction in accessing the website, whether it is according to user expectations or not. One of the testing techniques to assess the feasibility of a website from user responses is usability testing. We created a questionnaire to look at several aspects of the test: learnability, flexibility, effectiveness, and attitude. The test results from 12 respondents showed that the ITTP library website usability test reached 79.45%, which means that this website is suitable for use.
PENGEMBANGAN KOPER PINTAR BERBASIS ARDUINO Ramdan, Sigit Doni
Journal ICTEE Vol 1, No 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jictee.v1i1.699

Abstract

Faktor keamanan menjadi hal utama yang harus diwaspadai banyaknya jumlah kasus pencurian koper di bagasi penumpang pesawat yang terus meningkat. Node MCU yang digunakan untuk membantu mengetahui keberadaan posisi koper sehingga kepemilikan barang yang bersifat pribadi dapat diketahui status keberadaanya. Penggunaan load cell digunakan sebagai alat utama untuk improvisasi pada pengembangan koper pintar agar menjadi otomatis. Sensor ini bekerja sebagai sensor berat pada sebuah timbangan yang akan digunakan sebagai penimbang berat dari koper yang sedang dalam pengisian pakaian. Penulis menemukan ide untuk membuat Pengembangan Koper Pintar Berbasis Arduino. Alat tersebut menggunakan mikrokontroler Arduino Uno ditambah dengan sensor berat Load Cell 20 Kg dan GPS dengan menggunakan Node MCU V.1.0 ESP8266 sebagai pelacak keberadaan posisi koper dengan komponen pendukung lainnya . Kata Kunci : Arduino Uno, Sensor berat load cell, Node MCU V.1.0 ESP8266, Koper Pintar.
Sistem Keamanan Kap Mobil Menggunakan Fingerprint Berbasis Mikrokontroler Nugroho, Ryan Andre; Gunawan, Rakhmat Dedi; Prasetyawan, Purwono; Wijayanto, Danur
Journal ICTEE Vol 2, No 1 (2021): Januari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jictee.v2i1.1071

Abstract

Tujuan dari pembuatan alat yang berjudul “Sistem Keamanan Kap Mobil Menggunakan Fingerprint Berbasis Mikrokontroler” ini adalah untuk mengamankan kap mobil agar tidak dapat dibuka oleh sembarangan orang yang tidak memiliki hak kepemilikan dari mobil terkait sehingga meminimalisir terjadinya pembukaan kap oleh orang yang meminjam mobil agar tidak terjadi hal–hal yang tidak diinginkan. Sistem yang dirancang terdiri dari beberapa bagian yaitu: catu daya, sistem kontrol, rangkaian mekanika dan program. Catu daya merupakan sumber daya untuk menjalankan seluruh sistem yang terdiri dari tegangan. Sistem kontrol berupa rangkaian elektronik yang didesain sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi sebagai pengolah data dengan mikrokontroler sebagai pusat kendali. Bagian selanjutnya adalah rangkaian mekanika yang berfungsi untuk mengatur buka tutup kap mobil pada sistem keamanan ini. Bagian terakhir adalah program yang berfungsi untuk mengatur mikrokontroler sehingga dapat bekerja sesuai dengan fitur yang dikerjakan. Cara kerjanya adalah dengan menempelkan jari yang telah terdaftar pada sensor sidik jari untuk membuka kap, apabila kap terbuka maka pemilik akan mendapatkan pesan berupa sms yang memberi tahukan bahwa kap mobil terbuka.
PENGEMBANGAN ALAT UKUR BATAS KAPASITAS TAS SEKOLAH ANAK BERBASIS MIKROKONTROLER Trisnawati, Fika
Journal ICTEE Vol 1, No 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jictee.v1i1.697

Abstract

 Tas ransel sering digunakan anak sekolah sebagai sebuah wadah atau tempat untuk membawa bahan dan peralatan sekolah mereka, sehingga tas jenis ransel ini sangat diminati oleh anak sekolah. Banyaknya siswa yang mengenakan tas punggung ke sekolah dapat dibuktikan dari hasil survei yang telah dilakukan di SD N Bumisari, Kecamatan Natar, Lampung Selatan. Dari jumlah subjek sebanyak 456 siswa sekolah dasar, yang membawa tas punggung sebanyak 404 siswa (88,6%), dan yang membawa tas selempang sebanyak 52 siswa (11,4%). Namun meraka jarang memperhatikan berat beban pada tas yang dipikulnya sehari-hari yang ternyata dapat menimbulkan cidera nyeri punggung.Alat yang dibuat berupa wearable device dimana alat berupa sebuah tas punggung yang dapat dibawa kemanapun tanpa harus membutuhkan arus AC sebagai tegangan inputan ke alat, dikarenakan daya menggunakan arus DC dengan tegangan sebesar 5V, alat yang dibuat menggunakan mikrokontroler yang didukung loadcell sensor 10 kg, modul HX711, keypad, ditambah juga dengan komponen indikator berupa buzzer. Jika berat beban tas melebihi batas aman, maka indikator buzzer akan berbunyi.  Kata kunci : Arduino Uno, Tas Punggung, Modul HX711, Loadcell.
Pengujian Blackbox Menggunakan Teknik Equivalence Partitions pada Aplikasi Petgram Mobile Sasongko, Bagus Bayu; Malik, Fajar; Ardiansyah, Febry; Rahmawati, Ajeng Fitria; Adhinata, Faisal Dharma; Rakhmadani, Diovianto Putra
Journal ICTEE Vol 2, No 1 (2021): Januari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jictee.v2i1.1012

Abstract

Software testing aims to evaluate whether an application is functioning correctly or some errors must be fixed so that the quality of the application is said to be good. Some of the testing methods include Blackbox testing and Whitebox testing, which are often used by testers to evaluate the application according to stakeholder needs or not. This article will examine the Blackbox testing method for evaluating the Petgram mobile application. Evaluations are carried out on the Petgram mobile application on the functional register, login, and make posts. One of the Blackbox method techniques is Equivalence Partitions, a test based on input on each form in the Petgram mobile application, where there are expected results and actual results and successful or failed conclusions. The study results show that there are still some functional failures, especially in the functional register and making posts. The hope is that with the results of this test, the developer can improve it so that the Petgram mobile application becomes of good quality.
SEMMUDIK : Selamat Mudik Menggunakan Helm Berbasis Internet of Things (IoT Trisnawati, Fika
Journal ICTEE Vol 1, No 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jictee.v1i1.696

Abstract

AbstrakBerkendara motor merupakan transportasi alternatif yang murah dan lebih cepat sampai tujuan. Alternatif ini sering dipilih oleh pemudik. Keselamatan perjalanan adalah hal yang diutamakan, salah satunya pengendara wajib menggunakan helm. Pada kesempatan ini penulis mengambil tema transportasi: “Selamat mudik menggunakan helm berbasis Internet of Things (IoT)”. Helm ini mempunyai fitur diantaranya adalah mampu berinteraksi antar pengendara satu dengan lainnya dalam cakupan lokasi yang dipresentasikan dengan google maps. Bila helm tidak digunakan dengan benar, maka mesin motor tidak bisa dihidupkan. Fitur lainnya adalah jika pengendara mengantuk helm ini memberikan peringatan untuk istirahat terlebih dahulu dan bila pengendara jatuh helm ini bisa berkomunikasi dengan Posko Mudik terdekat untuk mendapatkan pertolongan segera, serta menunjukkan lokasi kejadian. Sistem IoT dengan objek helm yang saling terkoneksi dengan helm pengendara lainnya melalui media internet dengan interface pada device smartphone Android ini kami beri nama SEMMUDIK, tujuan sistem ini semoga para pemudik dapat selamat sampai tujuan.Kata kunci: Mudik, Pemudik, Posko Mudik, Helm, IoT, Andorid
Rancang Bangun Permainan Edukasi Anak Berbasis Android Dengan Penerapan Metode STM / LTM Rakhmadani, Diovianto Putra; Segara, Alon Jala Tirta; Adhinata, Faisal Dharma
Journal ICTEE Vol 2, No 1 (2021): Januari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jictee.v2i1.1015

Abstract

Anak-anak merupakan generasi penerus masa depan dari suatu bangsa. Oleh karena itu, tumbuh kembangnya seorang anak harus dibentuk sejak dini. Sesuai dengan perkembangan jaman, kini penggunaan aplikasi maupun permainan berbasis android kian digemari oleh anak-anak. Selain sebagai faktor hiburan, kehadiran sebuah permainan yang mampu mengasah ingatan anak diharapkan mampu melatih ingatan mereka. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Game Development Life Cycle (GDLC) yang menggabungkan metode penangkapan pola Long-Term-Memory dan Short-Term-Memory pada anak. Luaran dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi permainan berbasis android yang mampu digunakan oleh anak-anak untuk melatih kemampuan ingatan mereka baik kemampuan ingatan jangka pendek maupun jangka panjang.
RANCANG BANGUN ALAT BANTU PERNAPASAN VENTILATOR BERBASIS WIRELESS SENSOR NETWORK Aryanto, Aryanto
Journal ICTEE Vol 1, No 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jictee.v1i1.692

Abstract

Penelitian ini mengenai sistem pemantau otomasi ventilator secara real time berbasis Wireless Sensor Network. Ventilator memiliki peranan penting dan krusial bagi  dunia kesehatan kritis, dimana perannya sebagai pengganti bagi fungsi pernapasan/ ventilasi bagi pasien dengan gangguan fungsi respiratorik. Ventilator merupakan alat bantu pernafasan bertekanan negatif atau  positif yang menghasilkan udara terkontrol pada jalan nafas sehingga  pasien mampu mempertahankan ventilasi dan pemberian oksigen dalam  jangka waktu lama. Metode penelitiannya dengan menambahkan sensor pernapasan permenit untuk mengukur tekanan udara yang masuk ke alat ventilator, Modul ESP8266 sebagai kontrolernya. Tujuan penelitian adalah menggabungkan  sistem ventilator sederhana, pemantau dengan smartphone dalam satu device (standalone) secara nirkabel yang terhubung tanpa saluran kabel.

Page 1 of 1 | Total Record : 10