cover
Contact Name
Andrie
Contact Email
andrie.dty@uim-makassar.ac.id
Phone
+6285250358721
Journal Mail Official
justme@uim-makassar.ac.id
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan KM.9 No. 29 Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal Industrial Engineering and Management (JUST-ME)
ISSN : 27230341     EISSN : 27457303     DOI : https://doi.org/10.47398/just-me
Core Subject : Engineering,
Journal Industrial Engineering and Management (JUSTME) merupakan jurnal program studi teknik industri yang diterbitkan oleh program studi teknik industri, fakultas teknik, Universitas Islam Makassar. Fokus jurnal ini mengenai keilmuan teknik industri dan manajemen industri. Adapun jurnal ini rencana diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember.
Articles 10 Documents
Pengendalian Kualitas Bahan Baku Pada Produk Kerajinan Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Dengan Menggunakan Metode Taguchi Haslindah, Andi; Andrie, Andrie; Azis, Abdul; Ariyana, Chendani Fajrich
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME) Vol 1, No 2 (2020): Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47398/just-me.v1i2.554

Abstract

Pemanfaatan eceng gondok menjadi bahan baku pembuatan kerajinan tangan berlangsung sejak tahun 2015 oleh kelompok usaha kerajinan tangan di Makassar. Pengendalian kualitas bahan baku sangat diperlukan guna mendapat produk yang cukup efisien dan efektif agar dapat diterima masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengolahan bahan baku mentah dan mengetahui kualitas bahan baku pada produk kerajinan eceng gondok menggunakan metode Taguchi. Hasil dari penelitian ini untuk mengetahui proses apa saja yang berpengaruh terhadap kualitas bahan baku, maka dilakukan rancangan percobaan metode Taguchi. Karakteristik yang digunakan adalah Signal to Ratio (SNR) Small is Better, di mana semakin kecil semakin baik dengan nilai proses perubahan warna (D) pada ranking ke-1 sebesar 2,540, nilai proses pengeringan (C) pada ranking ke-2 sebesar 0,967, nilai proses pengambilan bahan baku (A) pada ranking ke-3 sebesar 0,241, nilai proses pencucian (B) pada ranking ke-4 sebesar 0,149 dan nilai proses penyortiran bahan baku (E) pada ranking ke-5 sebesar 0,059. Faktor yang sangat berpengaruh terhadap kualitas bahan baku yaitu faktor Proses Perubahan Warna (D) dengan level optimal yang dapat digunakan yaitu Level 2 (Cokelat Muda), faktor Proses Pencucian (B) dengan Level 2 (Air bersih + sabun), dan faktor Proses Pengeringan (C) dengan Level 1 (7 hari).
Proses Pengelolaan Limbah Marmer Menjadi Produk Paving Block Haslindah, Andi; Idrus, Ilham; Basuki, Try Agung; Saiful, Sultan
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME) Vol 1, No 1 (2020): Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47398/just-me.v1i1.490

Abstract

Kabupaten Pangkep merupakan salah satu daerah penghasil marmer di Indonesia, pada proses penambangannya marmer digunakan untuk kebutuhan furniture  dan lain sebagainya sehingga pada prosesnya menghasilkan limbah. Pemanfaatan limbah potongan marmer dapat meminimalisir jumlah tumpukan limbah yang dapat mencemari kesuburan tanah dan lingkungan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pembuatan produk paving block dan hasil uji kuat tekan dengan memanfaatkan limbah marmer. Dengan menggunakan rumus uji kuat tekan untuk mengetahui nilai MPanya apakah produk memenuhi standar SNI 03-0691-1996 pada uji kuat tekannya. Hasil dari penelitian ini Paving block yang memanfaatkan limbah marmer dari bentuk fisiknya mempunyai tampilan yang lebih menarik dengan adanya tambahan aksen marmer pada permukaannya dan juga sebagai tulangan, dalam proses pengujian ini paving yang memanfaatkan limbah memiliki nilai tertingginya 30,36 MPa masuk dalam standar SNI 03-0691-1996 mutu B. Kesimpulannya pemanfaatan limbah marmer menjadi produk paving block memiliki pengaruh besar terhadap hasil penguji kuat tekannya dikarenakan limbah marmer yang diletakan pada paving menjadi tulangan, sehingga produk paving block memiliki nilai uji kuat tekan yang tinggi yang dapat digunakan baik, ditaman, trotoar, maupun digarasi kendaraan pribadi.Kata Kunci : Limbah, Marmer, Paving Block. 
PENJADWALAN DISTRIBUSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUTION RESOURCES PLANNING (DRP) (Studi kasus PT.Biota Laut Ganggang) Hanafie, Ahmad; Syarifuddin, Rizal; D, Arisman
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME) Vol 1, No 2 (2020): Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47398/just-me.v1i2.555

Abstract

Perkembangan dunia usaha atau industry mengalami persaingan yang begitu ketat dan peningkatan permintaan. Aktivitas pendistribusian merupakan salah satu factor yang sangat penting dari akhir sebuah proses produksi. Distribusi ini sangat menentukan untuk penjadwalan dan tingkat biaya yang dibutuhkan untuk mendistribusikan sebuah produk. Metode yang digunakan dalam hal ini adalah metode Distribution Resorces Planning (DRP) dan data yang didapatkan berdasar data histori selama 1 tahun dengan tujuan penelitian yaitu, mengoptimalkan penjadwalan aktivitas distribusi dan melakukan distribusi dengan biaya yang efisien. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan pada distribusi ke 3 negara yakni China,USA,dan Australia sesuai distribusi yang dilakukan oleh perusahaan total biaya distribusi sebesar Rp. 91.071.776.880,00 dengan total frekuensi pengiriman sebanyak 12 kali. Berdasarkan metode Distribution Resources Planning (DRP) dengan menggunakan teknik forecasting (peramalan) linear regression, menghitung lot sizing (ukuran lot), dan safety stock (stok pengaman) maka, biaya distribusi yang dihasilkan sebesar Rp. 90.879.778.846,74 dengan total frekuensi pengiriman sebanyak 12 kali. Dengan menggunakan metode Distribution Resources Planning (DRP) ini maka didapatkan penurunan biaya distribusi sebesar 21,08% atau sebanyak Rp.191.998.411,26 dari biaya distribusi yang dilakukan tanpa menggunakan metode Distribution Resources Planning (DRP).
PENGEMBANGAN PRODUK KEMASAN IKAN KERING DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (STUDI KASUS PADA NELAYAN DI KAB. PANGKEP) Hanafie, Ahmad; Haslindah, Andi; Septiani, Ayu; Hidayat, Moh. Firman
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME) Vol 1, No 1 (2020): Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47398/just-me.v1i1.496

Abstract

Kabupaten pangkajene dan kepulauan adalah salah satu kabupaten Sulawesi selatan yang memiliki nilai potensial mengolah hasil tangkapan ikan kering yang berupa ikan asin dan ikan kering tawar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses produksi ikan kering terhadap kemasannya. Dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk mengetahui pengembangan dan kualitas produk kemasan ikan kering. Studi kasus dilakukan pada Nelayan di Kab. Pangkep. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan menyebarkan kuisioner kepada 30 orang responden yang dianggap sebagai konsumen potensial. Analisis data yang dilakukan yaitu tahap pengumpulan Voice Of Customer, SPSS 25, serta penyusunan House Of Quality. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menujukkan bahwa untuk melakukan pengembangan produk kemasan ikan kering, terdapat 14 atribut, atribut yang diprioritaskan adalah jenis ikan dengan nilai 5,1762 dan tingkat keasinan dengan nilai 4,1736. Peningkatan kualitas produk kemasan ikan kering sesuai dengan rumah mutu kualitas (House Of Quality).
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN OPERATOR MESIN ROLL FORMING PADA BAGIAN PERAWATAN MESIN DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) Hanafie, Ahmad; Idrus, Ilham; S, Rahmat; Effendy, Rahmat Ahmad
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME) Vol 1, No 2 (2020): Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47398/just-me.v1i2.558

Abstract

Mesin roll forming terdapat disalah satu perusahaan PT. Sermani Steel yang sering mengalami permasalahan breakdown mesin pada motor gerak, masalah kelistrikan, dan masalah kontrol panel mesin roll forming. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan operator mesin terhadap tindakan perawatan mesin roll forming. Dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk mengetahui prioritas atribut-atribut yang sangat berpengaruh terhadap upaya peningkatan kualitas pemeliharaan. Studi kasus dilakukan pada operator mesin mesin roll forming di PT. Sermani Steel. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan menyebarkan kuisioner kepada 10 orang responden yang dianggap sebagai operator mesin. Analisis data yang dilakukan yaitu tahap pengumpulan data Voice Of Costumer dan penyusunan House Of Quality. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa untuk meningkatkan kualitas atribut pemeliharaan terhadap 11 atribut, atribut yang di prioritaskan adalah K3 dengan nilai 21,000 dan tingkat keahlian teknisi dengan nilai 19,000. Peningkatan kualitas pemeliharaan mesin roll forming sesuai dengan rumah mutu kualitas (House Of Quality).
ANALISIS QUALITY CONTROL TERHADAP RESIKO KERUSAKAN PRODUK AIR MINERAL CLUB PADA PT. TIRTA SUKSES PERKASA TAKALAR Haslindah, Andi; Andrie, Andrie; Yulihasti, Yulihasti; Rismawati, Rismawati
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME) Vol 1, No 1 (2020): Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47398/just-me.v1i1.495

Abstract

Pengendalian kualitas produksi yang dilakukan oleh PT. Tirta Sukses Perkasa-Takalar mulai pengawasan dari awal, proses produksi sampai dengan produk akhir telah dilakukan dengan baik, akan tetapi masih ditemukan banyak produk cacat atau rusak yang dihasilkan perusahaan tiap produksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Quality Control terhadap resiko kerusakan produk Air Mineral Club serta mencari solusi perbaikan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen Taguchi. Hasil dari penelitian ini memperoleh dari hasil analisis rancangan metode Taguchi untuk dapat mengetahui faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi kerusakan produk. Karakteristik yang digunakan adalah signal to noise ratio (SNR) mengunakan SN smaller the better, karena semakin kecil nilai yang didapat maka akan semakin baik. faktor yang paling berpengaruh dan paling berkontribusi besar terhadap kerusakan produk adalah faktor proses labeling 5000 pcs/jam, faktor proses packing 10000 pcs/jam, faktor proses heatering 10000 pcs/jam, faktor coding 5000 pcs/jam, dan faktor air 600 ml.
ANALISA PERBANDINGAN TINGKAT PENJUALAN TANAH KAVLING SECARA TRADISIONAL DAN MODERN DI DESA DAMAI KEC. TANRALILI, KAB MAROS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT Hanafie, Ahmad; Hakim, Hakim; Arlinsyah, Muhammad; s, suherman
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME) Vol 1, No 2 (2020): Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47398/just-me.v1i2.559

Abstract

   Strategi pemasaran merupakan salah satu awal dalam rangka mengenalkan produk pada konsumen dan ini menjadi sangat penting karena berdampak pada keuntungan perusahaan. Dan dengan itu menjadi landasan dalam penelitian yang memiliki tujuan untuk memahami pengaruh strategi pemasaran secara tradisional dan modern serta pengaruh SWOT dalam peningkatan penjualan tanah kavling. Tempat yang dipilih untuk penelitian ini yaitu pada kavling perseorangan di Desa. Damai Kec. Tanralili Kab. Maros. Dengan melakukan penelitian lapangan dengan observasi dan kuisioner menggunakan skala likert. Uji yang digunakan untuk menguji hasil data yaitu uji validitas dan uji realibilitas serta analisis SWOT. Setelah penelitian di dapatkan hasil sebanyak 50 sampel responden dan dari hasil kuisioner pada pemasaran modern rata-rata tertinggi pada indikator pertama yaitu 4,1 dan pemasaran tradisional sebesar 4,3. Hasil dari penelitian di susun kedalam matriks analisis SWOT untuk melihat kekuatan(strength), kelemahan (weakness), peluang(opportunity), serta ancaman(threat) dari masing-masing metode pemasaran. Yang selanjutnya di susun strategi pemasaran guna peningkatan penjualan. Sehingga dapat di simpulkan bahwa strategi pemasaran yang lebih di minati pada lokasi penelitian yaitu metode pemasaran secara tradisional.
PENGARUH KEPUASAAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. TIRTA SUKSES PERKASA DENGAN METODE STRUCTURAL EDUCATION MODELING (SEM) Haslindah, Andi; Syarifuddin, Rizal; Iswandi, Muhammad; Pratiwi, Kartika Amika
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME) Vol 1, No 1 (2020): Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47398/just-me.v1i1.497

Abstract

Kepuasan dan motivasi karyawan sangat penting bagi perusahaan karena dapat meningkatkan kinerja karyawan yang dapat berimbas pada peningkatan produktivitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepuasan karyawan dan motivasi kerja dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden yang ditujukan kepada karyawan PT Tirta Sukses Perkasa.Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah variabel eksogen (motivasi dan kepuasan) dan variabel endogen (produktivitas). Untuk mengukur variabel- variabel tersebut menggunakan skala likert dimana peneliti memberikan lima alternatif jawaban untuk dijawab responden. Metode penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS 24.  Hasil analisis motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan menunjukkan nilai probabilitas 0,962 (p < 0,05) dan nilai C.R -0,048 tidak memenuhi syarat C.R > 1,96. Beda halnya dengan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja menunjukkan nilai probabilitas 0,001 (p < 0,05) dan nilai C.R 3,393 (C.R > 1,96). Kesimpulan dari penelitian ini dimana motivasi kerja tidak berpengaruh positif terhadap produktivitas sedangkan kepuasan berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KARATERISTIK INDIVIDU TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA KARYAWAN CV. AINUN BATARA GURU Haslindah, Andi; Idrus, Ilham; Saldi, Saldi
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME) Vol 1, No 2 (2020): Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47398/just-me.v1i2.560

Abstract

Sumberdaya manusia merupakan satu aset yang paling berharga yang dimiliki oleh suatu instansi, organisasi atau perusahaan, karena keberadaannya sangat menentukan terhadap dinamisasi mobilisasi perusahaan. Bagaimana karakteristik individu mempunyai pengaruh terhadap Motivasi kerja dan kinerja karyawan CV.Ainun Batara Guru dan Bagaimana lingkungan kerja mempunyai pengaruh terhadap Motivasi kerja dan kinerja karyawan CV.Ainun Batara Guru. Dalam  penelitian ini peneliti menyebarkan kuisioner sebanyak 30 responden yang disebarkan secara random ke karyawan/pekerja CV. Ainun Batara Guru. Menggunakan metode Kuantitatif dan didapatkan hasil Terdapat pengaruh Lingkungan Kerja terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan, Terdapat pengaruh karakteristik individu terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan, Terdapat pengaruh secara simultan lingkungan kerja dan karakreristik individu terhadap motivasi kerja dan kinerja. Dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh lingkungan kerja dan karakteristik individu terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan pada CV.Ainun Batara Guru serta Lingkungan kerja dan karakteristik individu memberikan  pengaruh secara bersama terhadap motivasi kerja yaitu sebesar 24,3% dan kinerja sebesar 28,3%.
Penerapan Metode HAZOP Untuk Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Bagian Produksi Air Minum Dalam Kemasan Cup Pada PT. Tirta Sukses Perkasa (CLUB) Haslindah, Andi; Andrie, Andrie; Aryani, Sri; Nur Hidayat, Feisar
Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME) Vol 1, No 1 (2020): Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Islam Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47398/just-me.v1i1.511

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menciptakan suasana bekerja yang aman dan nyaman. Tujuan penelitian mengetahui potensi bahaya.  risiko bahaya, dan tingkat risiko di lingkungan kerja bagian produksi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan metode Hazop (Hazard and Operability). Identifikasi bahaya dengan metode Hazop dilakukan berdasarkan alur proses produksi. Langkah selanjutnya setelah proses identifikasi adalah penilaian risiko pada masing-masing titik kajian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat risiko rendah, sedang, tinggi dan ekstrim. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pembagian kuesioner kepada karyawan. Hasil dari penelitian ini menemukan beberapa risiko dengan tingkat risiko seperti, terpleset (pada saat membersihkan di ruang filling) dengan risiko sedang, terjepit forklift dengan risiko sedang, kesetrum (pada saat pengecekan mesin) dengan risiko tinggi. Kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu: terdapat, 4 sumber bahaya yang tergolong risiko tinggi, 16 sumber bahaya yang tergolong risiko sedang, dan 2 sumber bahaya yang tergolong rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 10