cover
Contact Name
Indrawan
Contact Email
indrawan.up@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
indrawan.up@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. karimun,
Kepulauan riau
INDONESIA
JPB
Published by Universitas Karimun
ISSN : 27161390     EISSN : 27161390     DOI : https://doi.org/10.51742/ilkom
Jurnal Purnama Berazam adalah jurnal yang mewadahi para dosen dan peneliti di bidang ilmu komunikasi.
Articles 25 Documents
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA BARU PADA UNIVERSITAS KARIMUN TAHUN AJARAN 2017 - 2018 Kasirul, Kasirul Fadhli
JURNAL PURNAMA BERAZAM Vol 1 No 1 (2019): OKTOBER 2019
Publisher : PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Universitas Karimun adalah universitas di bawah naungan Yayasan Tujuh Juli Karimun. Promosi oleh Universitas Karimun dalam berbagai cara, seperti membuat brosur. Baliho, facebook, dan kegiatan lainnya dengan berbagai cara, seperti membuat brosur, baliho, facebook, dan kegiatan lainnya ke berbagai media dan secara maksimal menggunakan media sosial dalam mempromosikan ke masyarakat terutama untuk mengakses situs langsung dari universitas Karimun itu sendiri, membuatnya sulit untuk masyarakat dan calon mahasiswa baru untuk mengaksesnya, kurangnya memanfaatkan media eksternal yang berisi kegiatan tentang kampus dan kelebihan masing-masing fakultas. Pemasaran selalu selalu tidak benar pada target ini terbukti melihat dari minat tahun sebelumnya pada siswa baru memasuki universitas karimun turun. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang akan digunakan oleh authos adalah penelitian kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di universitas karimun jalan canggai putri. Populasi 40 orang dan semua mahasiswa universitas karimun. Dalam menentukan sampel / informan dalam penelitian, peneliti menggunakan teknik sampel sederhana (simple random sampling). Informan peneliti adalah 10 informan. Berdasarkan hasil penelitian analisis data yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa strategi promosi yang dilakukan Universitas Karimun dalam hal menarik minat mahasiswa baru hampir mencapai target, terlihat dari antusias calon mahasiswa baru yang mendaftar juga tidak dapat ditafsirkan dari hasil kerjasama dengan universitas karimun yang mana pemerintah kabupaten karimun dalam kegiatan sosialisasi universitas karimun itu sendiri.
STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KARIMUN DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA MAHASISWA DI UNIVERSITAS KARIMUN Yuyun, Said Nuwrun Thasimmim
JURNAL PURNAMA BERAZAM Vol 1 No 1 (2019): OKTOBER 2019
Publisher : PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk mengembangkan minat membaca siswa di Universitas Karimun strategi komunikasi yang sangat diperlukan dalam menerapkan kepala perpustakaan tentang pentingnya minat baca di kalangan siswa, setelah mempelajari beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan komunikasi karena perubahan minat baca menjadi minat dalam membaca. bacaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupaya memberikan gambaran tentang situasi yang terjadi, yang dikenal sebagai penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang memberikan gambaran sistematis tentang fakta atau karakteristik populasi tertentu yang faktual dan akurat (Rachmat, 2004: 25). Secara definitif, Kirk dan Miler mendefinisikan bahwa penelitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia baik di wilayah tersebut maupun dalam terminologinya (dalam Moleong, 2004: 4). Populasi adalah objek pengamatan yang karakteristiknya diketahui. Populasi dalam penelitian ini total 27 anggota, yaitu kepala perpustakaan sebagai petugas dalam administrasi layanan perpustakaan. Kurangnya kesadaran siswa terhadap perpustakaan. Kelembagaan / kepemimpinan kegiatan perpustakaan undervaluasi karena dianggap kegiatan pelengkap dari lembaga pendidikan. Kurangnya dukungan dalam administrasi perpustakaan Universitas Karimun. Dimana perpustakaan masih perlu menambah jumlah fasilitas seperti koleksi buku dan komputer serta mendukung siswa dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan. Dan juga kondisi kamar yang tidak memadai membuat banyak siswa yang tidak dapat dilayani pada satu waktu.
ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP MAKNA ETOS KERJA DALAM ISLAM PADA FILM KETIKA CINTA BERTASBIH Yati, Haryati
JURNAL PURNAMA BERAZAM Vol 1 No 1 (2019): OKTOBER 2019
Publisher : PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui makna-makna apa yang terkandung dalam lambang-lambang komunikasi pada film Ketika Cinta Bertasbih serta penulis juga memperoleh penjelasan, bagaimana pesan-pesan yang disampaikan melalui film Ketika Cinta Bertasbih. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisa semiotika komunikasi. Sebagai penelitian deskriptif, penelitian ini hanya memaparkan situasi. Tidak mencari hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif (data yang bersifat tanpa angka-angka) sehingga data bersifat kategori substansif yang kemudian diinterpretasikan dengan rujukan, acuan, dan referensi-referensi ilmiah. Dalam analisis data penulis menggunakan sistim signifer (penanda) adalah bunyi atau coretan bermakna, dan signified adalah gambar mental atau konsep sesuatu dari signifer (penanda) yang dikemukakan oleh saussure. Hubungan antara keberadaan fisik tanda atau konsep mental tanda tersebut dinamakan signification. Dengan kata lain signification ada upaya memberi makna terhadap dunia. Dari analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan makna pesan dari film Ketika Cinta Bertasbih adalah memberi kesan kepada masyarakat ada unsur pesan etos kerja sebagaimana yang senantiasa juga dianjurkan dalam Islam.
POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM BERINTERAKSI DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS Yati, Haryati; Fadhli, Kasirul
JURNAL PURNAMA BERAZAM Vol 1 No 1 (2019): OKTOBER 2019
Publisher : PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi, berbeda dengan anak normal yang mampu berkomunikasi dan menempatkan diri dengan lingkungannya. Autis merupakan gangguan perkembangan yang mempengauhi sulitnya untuk berinteraksional, dan berkomunikasi. Dengan keterbatasan anak yang berkubutuhan khusus dalam berkomunikasi dan berinteraksi , maka diperlukan pola komunikasi yang baik antara orang tua dengan anak yang menderita autis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi interpersonal orang tua dalam berkomunikasi dengan anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dan sampel adalah orang tua dari anak-anak yang berkebutuhan khusus di sekolah SLB sehati Kelurahan Sungai Lakam Kabupaten Karimun berjumlah 22 orang. Teknik penarikan sampel dengan menggunakan purposive sampling dimana memilih sampel berdasarkan tujuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara pengamatan (observasi), wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisa data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang akan menguraikan, menggambarkan dan menerangkan pola komunikasi antara orang tua dengan anak yang berkebutuhan khusus. Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini maka dapat diambil suatu kesimpulan yaitu ; Orang tua dapat memahami dan mengerti dengan gangguan yang dialami oleh anak yang berkebutuhan khusus dalam hal ini penderita autis dalam aspek bersosialisasi dan berinteraksi karena keterbatasan dalam berkomunikasi. Sehingga anak akan mengalami kesulitan atau keterlambatan dalam melakukan hubungan dengan orang lain. Penanganan anak yang berkebutuhan khusus ini oleh orang tua dirumah sangat membutuhkan tingkat kepekaan dan perhatian yang khusus.
STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI GOLKAR DALAM MEMENANGKAN PEMLU LEGISLATIF DPRD KABUPATEN KARIMUN PERIODE 2019-2024 Yati, Haryati; Nuwrun Thasimmim, Said
JURNAL PURNAMA BERAZAM Vol 1 No 1 (2019): OKTOBER 2019
Publisher : PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan mengingat tingkat partisipasi dan kepercayaan masyarakat untuk memilih wakil-wakil rakyat melalui partai politik sudah memudar. Sikap apatis rakyat terhadap pemilu yang banyak menyatakan sikap GOLPUT, namun kenyataan usai pesta demokrasi pemilu legislatif yang dilakukan secara serentak pada 14 April 2019 yang lalu, Partai Golkar berhasil memenangkan kursi di DPRD Kabupaten Karimun dengan memperoleh 30,955 suara atau 26,6% dengan meraih kursi 8 dari 30 kursi yang tersedia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Politik Partai Golkar dalam memenangkan pemilu Legislatif periode 2019-2024 serta langkah-langkah apa yang dilakukan dalam strategi komunikasi politik Partai Golkar dalam pemenangan Pemilu di Kabupaten Karimun untuk periode 2019-2024. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Karimun. Sebagai informan atau responden dalam penelitian ini adalah pengurus DPD Partai Golkar , Badan Pemenangan Pemilu (BAPILU) Partai Golkar dan Calon Legislatif Partai Golkar yang terpilih. Teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi Harold D Laswell yang menyatakan bahwa cara yang terbaik untuk menerangkan kegiatan komunikasi atau cara untuk menggambarkan dengan tepat sebuah tindakan komunikasi ialah menjawab pertanyaan “Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect (siapa mengatakan apa dengan cara apa kepada siapa dengan efek bagaimana) Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penilitian kualittif deskriptif, dimana data-data yang diperoleh dilapangan dianalisa dengan merujuk pada teori-teori yang relevan dengan penelitian ini yang selanjunya diinterpretasikan dan dipaparkan dalam hasil penelitian. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa strategi Komunikasi Politik Partai Golkar Kabupaten Karimun dalam pemilu legislatif periode 2019-2024 dengan strategi yang digunakan membentuk lembaga kaderisasi dengan memberikan pelatihan pendidikan politik, penyampaian program-program partai dengan melakukan pertemuan tatap muka dengan melakukan komunikasi dua arah, serta melaksanakan kegiatan yang menyentuh masyarakat dan memperkuat konsolidasi internal maupun eksternal partai. Melakukan kampanye dengan media cetak, sosial media, dengan mengadakan kampanye dialogis terbuka dengan pendekatan tokoh-tokoh lokal, mengangkat isu-isu ekonomi kerakyatan.
KOMUNIKASI INTER PERSONAL ANTARA PIMPINAN DAN STAF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA UPTD PENDIDINDIKAN KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN Ayu, Ayu Ruzana; Haryati, Haryati
JURNAL PURNAMA BERAZAM Vol 1 No 1 (2019): OKTOBER 2019
Publisher : PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai komunikasi Interpersonal antara pimpinan dan staf, dan upaya meningkatkan kinerja pegawai UPTD Pendidikan Kecamatan Karimun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik purposive sampling dengan pengumpulan data berupa wawawancara dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pegawai UPTD Pendidikan Kecamatan Karimun berjumlah 15 orang dan informan berjumlah 10 orang. Untuk mewujudkan pemerintahan daerah yang transparansi, efektivitas, efisinsi,akuntabilitas agar tercapainya good govermance. Oleh sebab itu Komunikasi Interpersonal yang efektif antara pimpinan dan staf mampu menciptakan dan mendorong staf untuk melaksanakan tanggung jawabnya dan menyelesaikan sejumlah pekerjaan yang menjadi tugas pokok dan fungsinya dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai UPTD Pendidikan Kecamatan Karimun dan penggunaan seluruh media komunikasi
FRAMING PIDATO PRESIDEN JOKO WIDODO PADA PEMBUKAAN IMF 2018 DI KOMPAS.COM DAN SUARA.COM Manalu, Irma Yuni Arti; Abidin, Sholihul
JURNAL PURNAMA BERAZAM Vol 1 No 2 (2020): APRIL 2020
Publisher : PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Game of Throne analogy of the opening speech of the 2018 IMF by President Joko Widodo raises the pros and cons of political opponents. Many mass media reported how the contents of the speech delivered by President Joko Widodo were both from the pros and the cons. Every mass media has a certain point of view in every news that is done for an issue. The mass media that functions to oversee the government and spread information and become control of power. The research method used is interpretative qualitative with Robert N. Entman's framing analysis technique models that define problems, diagnose causes, make moral judgment, and treatment recommendations. Kompas.com and Suara.com placed the opening speech of IMF President Joko Widodo, appreciation from various groups and criticism from political opponents as important events in the news. However, from each of these events, the value of the moral message contained in President Joko Widodo's speech was more important as an event by the two media so that the value was continuously conveyed in the news. In reporting the opening speech of President Joko Widodo's IMF in 2018, the reality of the media constructed by kompas.com and Suara.com showed the partiality of the two media to President Joko Widodo rather than the counter parties to the opening speech.
PENERAPAN KOMUNIKASI VERTIKAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA PEGAWAI DINAS PERTAMBANGAN KABUPATEN KARIMUN Yati, Haryati
JURNAL PURNAMA BERAZAM Vol 1 No 2 (2020): APRIL 2020
Publisher : PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In an organization the success of communication is determined by the understanding of each individual involved in communication activities. Understanding is influenced by the clarity of the message, the way it is delivered, the situation and communication behavior. Vertical communication between superiors and subordinates in an organization is expected to establish good cooperation, so that it can lead to effective communication within an organization. The purpose of this study was to determine how the Application of Vertical Communication in Improving the Quality of Employee Performance in the Department of Mining of Karimun Regency. This study used descriptive qualitative method. The data obtained are interpreted and analyzed with theories that are relevant to this study which will then be described descriptively. Data collection techniques by distributing questionnaires, and observations. Data analysis uses statistic analysis. The population in this study were employees and honorary staff at the Karimun Regency Mining Service, which was divided into two categories consisting of staff and superiors (Head of Section, Head of Office, Secretary, and Head of Office). The sampling technique used is probability sampling. From the results of the presentation of data obtained in analyzing the discussion data, it can be seen that the application of vertical communication in improving the quality of performance of the Karimun Regency mining service employees results in the application of good vertical communication
PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI DAN KUALITAS PELAYANAN UNIT TELLER TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BNI TANJUNG BALAI KARIMUN KCP SEI LAKAM Kasirul, Kasirul Fadhli; Haryati, Haryati
JURNAL PURNAMA BERAZAM Vol 1 No 2 (2020): APRIL 2020
Publisher : PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tanjung Balai Karimun branch is a state-owned company engaged in services and banking. This study aims to reveal: (1) The influence of PT BNI Branch Tanjung Teller Karimun KCP Sei Lakam communication strategy on customer satisfaction; (2) The Effect of PT BNI Tanjung Balai Karimun KCP Sei Lakam Teller Service Quality on customer satisfaction. The population in this study are deposit customers and cash withdrawals, from this population a sample of 30 people can be obtained in one week's collection. The technique used in this sample is Simple Random Sampling. Data collection instruments using a questionnaire that has been tested and has met the requirements of validity and reliability. The results of quantitative analysis using the equation of Multiple Linear Regression Analysis, with the design of hypothesis testing using the t test (Partial) and Test f (Simultaneous) with a significant level used is equal to 0.050 or 5%. The t test results showed that there was an influence between the communication strategy variable (X1) with t count (4,300)> t table (2,051) and Sig 0,000 <0.050 and the service quality variable (X2) with t count (2,300)> t table (2,051) and Sig 0.029 <0.050 to customer satisfaction at PT BNI Tanjung Balai Karimun KCP Sei Lakam. The results of the F test show that the Communication Strategy (X1) and Service Quality (X2) simultaneously influence the Customer Satisfaction (Y) of PT BNI Tanjung Karimun KCP Sei Lakam with a calculated F value (33,808)> F table (3,35) and sig 0,000 <0.050. Thus it can be concluded that in general the communication strategy and quality of Teller services significantly influence customer satisfaction of PT BNI Tanjung Karimun KCP Sei Lakam.
STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN SYAMSUAR DAN ALFEDRI DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN SIAK PERIODE 2015 - 2020 maulana, harijummaulana
JURNAL PURNAMA BERAZAM Vol 1 No 2 (2020): APRIL 2020
Publisher : PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Regencial general election was a political event occurred in entire Indonesia’s territories. The restriction of time availability provided by General Election Commission (KPU) drove the candidates along with their compaign team to construct effective strategy for political communication due to embrace whole community stratum on electoral areas. Siak Regency was one of Riau provincialregion, which established general election on December 9th, 2015 for which two prominent candidates eagerly participated, namely; Suhartono-Syahrul partner or (BERKAH) and Syamsuar-Alfedri partner or (SUARA) as incumbent candidates. The research purpose primarily addressed to decribe the strategy of political communication by Syamsuar-Alfedri partner or (SUARA) to gain winning at Regencial General Election for Head and Vice Regency of Siak for 2015 to 2020 services. The research methodology was descriptive qualitative. Data collection technique comprised consecutively of interview, observation and documentation. Its primary data composed of a depth interview with reliable sourcers. The research variable was the strategy of political communication with the indicators as of followed: (a) politic communicators; (b) political massages; (c) political media; (d) political targetting; and (e) political communication effects. Based on the research findings through qualitative analysis, it was eventually found that: (a) the political communicators for Syamsuar-Alfedri partner consisted of Syamsuar, Alfedri, Bappedal, Head of District, head of adminsitrative depertements and chiefs of sommunities; (b) political massages by Syamsuar-Alfedri partner were “suara”, “lanjutkan” and “suai” (voice, move on and matching); (c) political media by Syamsuar-Alfedri partner were offline media, printed media, social media and social networking; (d) political targettings by Syamsuar-Alfedri partner were entire communities stratum and youth of initial voters; and (e) political communication effects by Syamsuar-Alfedri partner were massive amount of communities actively joined voting and Syamsuar-Alfedri partner evidently won significantly voting account in Siak regencial general Election.

Page 1 of 3 | Total Record : 25