cover
Contact Name
Adi Bejo Suwardi
Contact Email
adibejo@unsam.ac.id
Phone
+6281352421462
Journal Mail Official
adibejo@unsam.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra Jl.Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh,kec. Langsa Lama, Kota Langsa, provinsi Aceh
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Published by Universitas Samudra
ISSN : -     EISSN : 27455297     DOI : -
Ruang Lingkup prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan meliputi bidang Pendidikan Sosial dan Budaya, Pendidikan Kesehatan, Pendidikan Sains dan Teknologi Terapan, Pendidikan Mitigasi Bencana, Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal, Pendidikan Literasi, Bahasa, Sastra dan Seni, Pendidikan Inklusi, Teknologi Pendidikan, Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran, dan Kebijakan Perencanaan dan Pengelolaan Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 181 Documents
Penggunaan Media Kartu Hidrokarbon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Senyawa Karbon Bagi Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang Israyati Israyati
SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan kartu hidrokarbon dapat meningkatkan hasil belajar kimia pada materi senyawa karbon bagi siswa kelas XII IPA.3 SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA.3 pada SMA Negeri 2 Kejuruan Mudayang terdiri dari 22 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Dengan penggunaan kartu hidrokarbon dapat meningkatkan hasil belajar kimia pada materi senyawa karbon bagi siswa kelas XII IPA.3 pada SMA Negeri 2 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang . Pada pra siklus, siswa yang mencapai ketuntasan hanya ada 11 siswa (42,3 %) dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 15 siswa (57,7 %) dan pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 14 siswa (53,9%), dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 12 siswa (46,1%), sedangkan pada akhir siklus II, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 25 siswa (97,3%), dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 1 siswa (2,7%). Nilai rata- rata kelas pada pra siklus adalah 65 sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 68,5 dan nilai rata- rata kelas pada siklus II adalah 84,6. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung.
Ekstrak Daun Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) Sebagai Ovisida Nyamuk Aedes aegypti L. Aben Puspita; Ovi Prasetya Winandari; Agus Jatmiko; Nurhaida Widiani
SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan insektisida kimia dalam pencegahan DBD dapat mencemari lingkungan, keracunan pada manusia dan resistensi vektor. Untuk itu perlunya solusi menggunaka insektisida nabati. Daun kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) memiliki kandungan seperti Flavonoid, Terpenoid dan Saponin yang dapat menghambat daya tetas telur nyamuk Aedes aegypti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) sebagai ovisida nyamuk Aedes aegypti. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengap (RAL) dengan lima perlakuan (konsentrasi 0%, 0,125%, 0,25%, 0,5%, dan 1%) dan lima kali pengulangan/. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak daun kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) berpengaruh sebagai ovisida terhadap nyamuk Aedes aegypti dengan konsentrasi yang paling berpengaruh yaitu pada konsentrasi 1%.
Animasi Super Posisi Gelombang Berbasis VBA Dengan Microsoft Excel Nurmasyitah Nurmasyitah; Nurhayati Nurhayati
SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media animasi dapat digunakan untuk menjelaskan suatu materi yang tidak dapat terlihat oleh mata, dengan cara melakukan visualisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran visualisasi superposisi gelombang berbasis VBA pada microsoft excel sebagai media pembelajaran fisika. Metode Penelitian iniadalah membuat animasi dengan menggunakan metode simulasi berbasis VBA pada microsoft excel . Animasi yang dibuat adalah gelombang sinusoidal dan gelombang superposisi yang sesuai dengan waktu yang diinput, waktu akan diiterasi dari tke0 sampai t maksimum. Bentuk gelombang bergantung pada nilai amplitudo, frekuensi kappa dan nilai y=Asin (kx-ωt). Hasil penelitian ini adalah animasi superposisi gelombang dapat dikatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi ajar gelombang.
Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Nurhayani Nurhayani
SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan perolehan hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket model rating scale. Sampel penelitian adalah 36 siswa kelas XI IPA 3 di MAN Batu Bara. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Berdasarkan analisis regresi, diperoleh hasil bahwa kebiasaan belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui peningkatan kebiasaan belajar siswa yang baik. Artinya semakin baik kebiasaan belajar siswa akan berdampak pada hasil belajar siswa yang semakin baik.
Herbarium Tumbuhan Obat Tradisional Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati Nurfadilah Nurfadilah; Nurhalis Sidabutar; Mira Agustina; Nira Pradina Siregar; Fitri Anita
SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang kami lakukan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media herbarium tumbuhan obat tradisional sebagai media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati. Metode yang kami digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan media herbarium dilakukan dua tahap yaitu pembuatan 50 herbarium dari tumbuhan obat tradisional sebagai media tersebut sehingga layak menjadi media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati. Kelayakan media herbarium ini dapat dilihat dari aspek hebarium nya juga dapat dinilai dari aspek format, isi, bahasa, dan kepraktisan, oleh 10 orang validator, melalui lembar validasi yang tersedia. Adapun dari hasil penilaian validasi dari 30 herbarium pada aspek format sebesar 3,7, aspek isi 3,67, aspek bahasa 3,79, dan aspek kepraktisan 3,73. Dapat disimpulkan herbarium tumbuhan obat tradisional sebagai media pembelajaran layak digunakan pada materi keanekaragaman hayati.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA IT Jabal Noor Nisa Humairah
SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbatuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom di kelas X SMA IT Jabal Noor T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA IT Jabal Noor. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling, terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbatuan macromedia flash dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berbentuk essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji Independent Samples T-test dengan bantuan Software SPSS 22. Berdasarkan hasil pengolahan data post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 86 dan kelas kontrol 79. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis menunjukkan sig. (2-tailed) < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbatuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom di kelas X SMA IT Jabal Noor T.P. 2019/2020. Model kooperatif tipe STAD berbantu macromedia flash sangat baik digunakan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kerjasama siswa dalam kelompok.
Tingkat Minat Mahasiswa Terhadap Penggunaan Tes Bentuk Crossword Puzzle Pada Mata Kuliah Ekologi Hewan Di Universitas Gunung Leuser Aceh Nadia Aldyza; Afkar Afkar
SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan data informasi tentang tingkat minat mahasiswa terhadap tes bentuk Crossword Puzzle pada matakuliah ekologi hewan di program studi Pendidikan Biologi, Universitas Gunung Leuser Aceh. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan desain deksriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Gunung Leuser Aceh yang berjumlah 30 mahasiswa. Instrument yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data mengguanakan rumus frekuensi dalam hasil persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa tingkat minat mahasiswa terhadap tes dalam bentuk Crossword Puzzle pada matakuliah Ekologi Hewan memiliki tingkat minat Sedang yaitu sebesar 53%. Hal ini menunjukkan penggunaan bentuk Crossword Puzzle memberi dampak positif bagi minat belajar dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah ekologi hewan di Universitas Gunung Leuser Aceh.
Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi Pada Materi Stoikiometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Molani Paulina Hasibuan; Ratih Permana Sari
SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan dipengaruhi oleh media dan sumber belajar yang digunakan. Kurangnya kemampuan menganalisis dan penalaran terhadap materi yang diajarkan khususnya perkuliahan kimia dasar menimbulkan rendahnya kemampuan berpikir kritis mereka. Mahasiswa kesulitan dalam menggunakan dan menginterpretasikan berbagai jenis representasi kimia (misalnya, menggambar atau menafsirkan struktur; menetapkan nama berdasarkan rumus struktur, dan menganalisis struktur). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi pada materi kimia dasar yaitu stoikiometri. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di kota Langsa bertempat di Ruang Kelas Belajar Prodi Pendidikan Kimia dari bulan Februari 2019 sampai Agustus 2019. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa tingkat I atau semester II dengan pertimbangan kelas hanya terdiri dari satu unit dan materi stoikiometri hanya ada pada perkuliahan kimia dasar semester II. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis data skala likert. Hasil penelitian ini yaitu nilai kevalidan modul sebesar 90,5% ahli materi, dan ahli media sebesar 91,5%; kepraktisan modul dilihat dari angket respon siswa sebesar 87,17 dan 86,89; serta nilai keefektifan modul dilihat dari nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 80,4%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan telah layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Implementasi Strategi Question Student Have Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Mauliza Mauliza; Nurhafidhah Nurhafidhah; Eni Sumarsih
SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan implementasi strategi question student have berbantuan media kartu. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre-experimental design melalui One Group Pretest Posttest Design yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Langsa. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah implementasi strategi question student have berbantuan media kartu. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Oleh karena itu, uji beda rata-rata terhadap N-gain hasil belajar kognitif menggunakan uji t melalui SPSS versi 21. Uji t memberikan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan. Nilai rata-rata N-gain hasil belajar kognitif sebesar 72,00% termasuk kedalam kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi question student have berbantuan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.
Korelasi Antara Kemampuan Metakognitif Dan Motivasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan Dengan Penerapan Model Pembelajaran Direct Intruction Maulida Maulida; Irma Aryani
SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui korelasi antara kemampuan metakognitif dan motivasi mahasiswa pada mata kuliah morfologi tumbuhan dengan penerapan model pembelajaran direct instruction. Penelitian dilakukan dari bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2019 pada program studi pendidikan Biologi di Universitas Abulyatama. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, hal ini dikarenakan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah morfologi tumbuhan. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan rumus korelasi dan kemudian akan dideskripsikan secara jelas hasil yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan r hitung (0,641) > r tabel (0,552), hal ini membuktikan secara statistik bahwa terdapat korelasi positif antara kemampuan metakognitif dan motivasi mahasiswa dengan penerapan model pembelajaran direct intruction. Hal ini menginterpretasikan mahasiswa yang sudah memiliki kemampuan metakognitif yang baik dalam memecahkan masalah baik secara akademis maupun secara kehidupan sehari-hari akan berpengaruh terhadap motivasi dalam pembelajaran.

Page 1 of 19 | Total Record : 181