cover
Contact Name
siswanto
Contact Email
siswanto@untidar.ac.id
Phone
+6281219744107
Journal Mail Official
ijnse@untidar.ac.id
Editorial Address
Jl. Kapten Suparman No. 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116
Location
Kota magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Natural Science Education
Published by Universitas Tidar
ISSN : 26218747     EISSN : 26218755     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Indonesian Journal of Natural Science Education is a science and science education journal. The scope of articles published in the Indonesian Journal of Natural Science Education is a study in articles in the fields of Science Education, Biology Education, Physics Education, Chemistry Education, Science Learning Technology, Environmental Sciences, Biology, Physics, and Chemistry.
Articles 63 Documents
PENGEMBANGAN MODUL IPA MATERI SISTEM GERAK PADA MAKHLUK HIDUP BERBASIS KEARIFAN LOKAL Nita, Riska
Indonesian Journal of Natural Science Education Vol 3, No 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/nse.v3i1.877

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi oleh belum adanya modul IPA yang yang digunakan sebagai perantara antara materi pelajaran IPA dengan kearifan lokal Kalimantan Selatan. Modul yang dikembangkan dibatasi  untuk poko bahasan sistem gerak pada makhluk hidup berbasis kearifan lokal Kalimantan Selatan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) validitas modul, (2) kepraktisan modul, dan (3) keefektivan modul. Metode yang digunakan adalah metode 3D. Data didapatkan melalui lembar validasi modul, tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian modul bisa dikatakan valid dengan skor rata-rata 82,84% (valid dengan revisi kecil), praktis dengan skor 3,81 (praktis) dan efektif dengan rata-rata skor N-gain 0,76 (tinggi). Dari hasil yang didapat maka bisa disimpulkan  bahwa modul IPA materi sistem gerak pada makhluk hidup berbasis kearifan lokal layak digunakan pada pembelajaran
REAL VERSUS VIRTUAL EXPERIMENT DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI: UJI BEDA TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA Wartini, Wartini; Aryanti, Dwi; Siswanto, Siswanto; Juliyanto, Eko; Murni, M; Fajarudin, F
Indonesian Journal of Natural Science Education Vol 2, No 1 (2019): JUNI
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/nse.v2i1.492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa yang proses pembelajarannya menggunakan pembelajaran inkuiri berbasis real experiment dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran inkuiri berbasis virtual experiment. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment, dengan desain penelitian nonequivalent control group pretest-posttest.  Populasinya adalah seluruh siswa kelas X pada salah satu SMA negeri di kabupaten Magelang. Sampel sebanyak dua kelas, dipilih secara purposive sampling. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang proses pembelajaran menggunakan pembelajaran inkuiri berbasis virtual eksperimen, dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang proses pembelajarannya menggunakan pembelajaran inkuiri berbasis real eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes esaay untuk mengukur penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep siswa baik yang menerapkan pembelajaran inkuiri berbasis real experiment maupun virtual experiment. Keduanya memiliki kategori peningkatan sedang.
ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN TENTANG PENCEMARAN AIR DI SD PASURUHAN 1 KABUPATEN MAGELANG Widyaningsih, Linda Hayu; Amadea, Cresentia Elian Beatrice
Indonesian Journal of Natural Science Education Vol 1, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/nse.v1i1.72

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa tentang pencemaran air di  SD Pasuruhan 1 Kabupaten Magelang. Jenis penelitian menggunakan metode observasi dan angket dengan sampel siswa SD kelas 5A sejumah 22 siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa tentang pencemaran air di SD Pasuruhan 1 masih rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan pengumpulan data menggunakan observasi dan angket.
IMPLEMENTASI AJARAN KI HADJAR DEWANTARA (NITENI, NIROKKE, NAMBAHI) DALAM LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK sibyan, ahmad lailatus
Indonesian Journal of Natural Science Education Vol 2, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/nse.v2i2.700

Abstract

Niteni, Nirokke, Nambahi merupakan ajaran Ki Hadjar Dewantara yang dapat diaplikasikan dan relevan terhadap pembelajaran di era 4.0. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan media pembelajaran yang membantu siswa untuk memahami konsep materi IPA. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Niteni, Nirokke, Nambahi (Tri N) dengan tema materi dan perubahannya; 2) mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Niteni, Nirokke, Nambahi (Tri N). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D terdiri dari define, design, develop, disseminate yang dibatasi sampai tahap develop. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dengan skala likert berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, ahli ketamansiswaan, peer review, guru IPA dan angket respon peserta didik kelas VII SMP. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Niteni, Nirokke, Nambahi (Tri N) dengan tema materi dan perunahannya layak digunakan dengan penilaian sangat baik (SB) berdasarkan persentase keidealan validasi ahli materi 81,6%, Ahli media 91,6%, ahli ketamansiswaan 90%, peer review 93%, guru IPA 90,4% dan siswa 90,10%.Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Niteni, Nirokke, Nambahi
PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POTENSI LOKAL TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA Dewantari, Nuryunita; Singgih, Suwito
Indonesian Journal of Natural Science Education Vol 3, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/nse.v3i2.1015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis potensi lokal terhadap kemandirian belajar mahasiswa dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis potensi lokal terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data dengan tes tertulis berupa soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskripsi dan inferensial. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat 1 Program Studi Pendidikan IPA Universitas Tidar yang berjumlah 66 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis penilaian validator Lembar Kerja Mahasiswa yang disusun dinyatakan valid dengan rincian skor sebagai berikut, validator 1 yaitu 3, 21 (3,01 ≤ 3,21≤ 4,00) dengan kriteria valid dan validator 2 yaitu 4,12 (4,01 ≤ 4,12≤ 4,00) dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil rekapitulasi pretest, posttest dan gain score pada kelas kontrol diperoleh data yaitu nilai rata-rata pretest 38,78, nilai rata-rata posttest 78,84 dan gain score 0,57 (kategori sedang) sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 46,60, nilai rata-rata posttest 86,67 dan gain score 0, 76 (kategori tinggi). Pada kelas eksperimen skor rata-rata pretest setelah dilakukan perhitungan dengan rumus diatas diperoleh skor rata-rata sebesar  0,72 dan  skor rata-rata posttest sebesar 0,73 sedangkan pada kelas kontrol skor rata-rata pretest adalah 0,71 dan rata-rata skor posttest adalah 0,91.Kata Kunci: Hasil Belajar, Kemandirian Belajar, Potensi Lokal.
PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN GUIDED INQUIRY MODEL MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAP DITINJAU DARI KEMAMPUAN MOTIVASI BELAJAR Trisianawati, Eka
Indonesian Journal of Natural Science Education Vol 1, No 2 (2018): November
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/nse.v1i2.286

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran model Guided Inquiry (GI) menggunakan  Mind Map (MM) perbedaan prestasi belajar antara motivasi tinggi dan rendah, dan  interaksinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling karena hanya terdiri dari satu kelas yaitu kelas A Pagi yang terdiri dari 30 mahasiswa. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar aspek kognitif. Teknik non tes, berupa angket untuk data motivasi dan  aspek afektif dan lembar observasi untuk aspek afektif dan aspek psikomotor. Uji hipotesis penelitian menggunakan bantuan software SPSS 18. Hasil penelitian didapatkan bahwa;(1) ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran model GI menggunakan  MM  pada aspek kognitif dan tidak ada perbedaan pada aspek psikomotor  dan afektif; (2) ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah pada aspek kognitif dan afektif dan tidak ada  perbedaan pada aspek psikomotorik; (3)  ada interaksi antara pembelajaran model GI menggunakan MM dengan motivasi terhadap prestasi belajar kognitif dan tidak ada interaksi pada prestasi belajar afektif dan psikomotor.
MEMBANGKITKAN CRITICAL THINKING MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA INOVATIF BERBASIS PEMECAHAN MASALAH sepdiyanto, tommy
Indonesian Journal of Natural Science Education Vol 2, No 2 (2019): November
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/nse.v2i2.699

Abstract

Keterampilan berpikir kritis penting untuk kesuksesan dan dapat dilatih melalui kegiatan pembelajaran berbasis masalah di kelas. Tujuan dari penelitian ini 1) mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning(PBL) untuk melatih critical thinking 2) Mengetahui kelayakan produk LKPD berbasis PBLyang dikembangkan. Pengembangan LKPD ini menerapkan model pengembangan 4D. Terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. LKPD dibuat untuk kelas VIII SMP pada materi zat adiktif. Proses pengembangan produk melibatkan ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru, dan peserta didik. Kelayakan produk diketahui melalui penilaian oleh stakeholder yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sampai pada tahapdevelop yang mencakup serangkaian proses. Lebih lanjut, LKPD memenuhi kriteria dengan kategori baik jika dilihat dari aspek kesesuaian tujuan, kelayakan isi, kelengkapan materi, komponen LKPD, kesesuaian kegiatan, kejelasan petunjuk, kelayakan bahasa dan kalimat, kejelasan teks, kualitas layout, dan kesesuaian LKPD dengan pendekatan Problem Based Learning. Kualitas LKPD memperoleh kategori sangat baik menurut ahli media (96,1%), peer reviewer (96,95%), guru IPA (87,7%), dan peserta didik (85,92%). Menurut ahli materi kualitas LKPD dalam kategori baik. Persentase penilaian sebesar 80%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, LKPD berbasisPBLuntuk SMP kelas VIII materi zat aditif layak untuk digunakan. Kata Kunci: Lembar Kerja Inovatif,  Critical Thinking
HUBUNGAN TINGKAT PENGUASAAN NAMA ILMIAH DENGAN KEMAMPUAN MENENTUKAN GENUS TUMBUHAN OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN IPA UNTIDAR Arifah, Tutik; Nabil, Muhammad; Juliyanto, Eko
Indonesian Journal of Natural Science Education Vol 2, No 1 (2019): JUNI
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/nse.v2i1.475

Abstract

Penggunaan nama ilmiah tumbuhan maupun hewan dalam kehidupan sehari-hari,baik di lingkungan masyarakat maupun dunia pendidikan sangat jarang sehingga sangat sedikit penguasaan mahasiswa terhadap nama ilmiah tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat penguasaan nama ilmiah tumbuhan yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Tidar Magelang tahun akademik 2017/2018 terhadap kemampuan menentukan genusnya. Penelitian ini menggunakan tes dan diperdalam dengan wawancara. Analisis data penelitian dengan menggunakan analisis statistik korelasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa presentase rata-rata kemampuan mahasiswa dalam penguasaan nama ilmiah yaitu  18,78% , sedangkan  rata-rata kemampuan mahasiswa dalam  menentukan genusnya sebesar 86,36%. Dari data tersebut diperoleh korelasi sebesar 0,2343537 yang menunjukkan angka korelasi rendah antara tingkat penguasaan nama ilmiah tumbuhan dengan kemampuan menentukan genusnya. Simpulan mengungkapkan bahwa tidak ada hubungan antara penguasaan  nama ilmiah dengan kemampuan menentukan genusnya. Mahasiswa dapat mengelompokkan tumbuhan ke dalam genus yang sama dengan melihat kata pertama pada nama ilmiah tumbuhan.
EKSTRAKSI DAUN PEPAYA (Carica papaya L.) SEBAGAI ZAT PEWARNA ALAMI PADA KAIN BATIK Khofya, Arghob; Aji, Mahardika Prasetya
Indonesian Journal of Natural Science Education Vol 1, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/nse.v1i1.204

Abstract

Kegiatan ekstraksi/ mengambil zat pewarna alami telah dilakukan dari daun pepaya (Carica papaya L.) yang akan digunakan sebagai pewarna pada kain batik. Daun pepaya merupakan tanaman yang sering digunakan masyarakat untuk sayuran dan obat tradisional. Namun daun pepaya dapat pula digunakan sebagai zat pewarna alami karena daun pepaya dapat menghasilkan warna hijau yang berasal dari klorofil. Eksperimen dilakukan mengekstraksi daun pepaya dengan melarutkan pada larutan 20 ml HCl 1 M. Variasi yang digunakan adalah variasi massa daun 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram,5 gram dan 6 gram. Hasil ekstraksi daun pepaya dengan variasi massa ini memperlihatkan bahwa semakin besar massa daun didapatkan warna hijau yang semakin pekat. Setelah mendapatkan hasil ekstraksi, pigmen daun pepaya dianalisis menggunakan UV-Vis NIR untuk mengetahui transmitansi dan absorbansi pigmen. Hasil pengolahan data menunjukkan semakin besar nilai massa daun maka semakin kecil nilai transmitansi dan sebaliknya nilai absorbansi semakin absorbansi.  Nilai absorbansi maksimal tampak pada panjang gelombang 400-450 nm. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa daun pepaya berpotensi sebagai pewarna alami yang selanjutnya dapat digunakan sebagai pewarna batik
Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Kearifan Lokal di Lahan Basah dengan Menggunakan Model Guided Inquiry di SMP aida, noor
Indonesian Journal of Natural Science Education Vol 3, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/nse.v3i2.1188

Abstract

This research is motivated by the fact that the learning of natural science in general has not been related to contextual learning resources. One of the learning resources in the form of integrated natural science teaching materials is still not connected to the wetlands or local wisdom of the local community. Therefore, a local wisdom based integrated science teaching material development study was carried out on wetlands using the guided inquiry model. This study aims to determine the validity, practicality, effectiveness of teaching materials, and skills of science process of students. Included in the type of research and development using the Tessmer model. Students of class VII-E of SMP Negeri 15 Banjarmasin as a trial subject. Data is generated through sheets from validators, questionnaire responses from students, learning outcomes, and observation sheets of students' scientific process skills. Data were analyzed by quantitative and qualitative descriptive. The results of the study show that: (1) the validity of teaching materials is valid, (2) the practicality of teaching materials has practical criteria, (3) the effectiveness of teaching materials is effective, and (4) the science process skills of students are very good. Based on the results of the study, it was concluded that the integrated science based learning material based on local wisdom in wetlands using the guided inquiry model in junior high school was appropriate for use during the learning process.