cover
Contact Name
Muhammad Affan Ramadhana
Contact Email
affanramadhan@atidewantara.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
affanramadhan@atidewantara.ac.id
Editorial Address
Jalan KH Ahmad Razak 2 No 7
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Abdimas Singkerru
ISSN : -     EISSN : 27767477     DOI : -
Abdimas Singkerru adalah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang menerbitkan artikel pengabdian dalam berbagai disiplin ilmu diantaranya teknologi terapan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, kesehatan, sosial humaniora, dan hukum. Tujuan jurnal ini untuk memfasilitasi para akademisi dan praktisi dalam menerbitkan hasil karya-karya inovasi secara luas dalam pengembangan dan penyelesaian permasalahan dalam kehidupan masyarakat.
Articles 20 Documents
Bimbingan dan Penyuluhan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Prinsip Layanan Bimbingan dan Konseling Sutirna, Sutirna; Marlina, Rina Marlina; Prihandani, Kamal
Abdimas Singkerru Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam pengabdian ini melalui Focus Group Discussion dengan tema “Bimbingan dan Penyuluhan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Prinsip Layanan Bimbingan dan Konseling” bagi guru matematika se Wilayah Komisariat Telukjambe Karawang dengan tujuan yang diharapkan adanya perubahan paradigma peserta didik yang negatif terhadap metematika menjadi persepsinya positif, meningkatkan Proses Be;ajar Mengjar Matematika yang menyenangkan, dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik setelah guru matematika mengimplementasikannya. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini digunakan Focus Group Discussion secara langsung untuk memperoleh pengatahuan tentang model pembelajaran tersebut. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat melalui Focus Group Discussion ini adalah (1) Model pembelajaran matematika berbasis prinsip layanan bimbingan dan konseling memiliki kemungkinan besar untuk dapat dilaksanakan di sekolah-sekolah peserta Focus Group Discussion, (2) Model pembelajaran matematika berbasis prinsip layanan bimbingan dan konseling diprediksi akan dapat berdampak dalam meningkatkan prestasi belajarnya, dan (3) Implementasi model pembelajaran matematika berbasis prinsip layanan bimbingan dan konseling dapat dijadikan sebagai bahan untuk penelitian.
Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Era Pandemi COVID-19 Suprapto, Suprapto
Abdimas Singkerru Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan memberikan edukasi dan pendampingan kepada msyarakat untuk menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penularan Covid-19. Tahapan kegiatan ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi identifikasi masalah yang dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi, penyiapan materi oleh fasilitator, dan persiapan media edukasi berupa poster bergambar. Tahapan pelaksanaan meliputi penyampaian materi edukasi tentang PHBS. Hasil bahwa edukasi yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap perilaku hidup bersih dan sehat dalam pencegahan Covid-19. Simpulan pengetahuan peserta 74,48% sebelum diberikan edukasi, setelah dilakukan edukasi meningkat pengetahuanya menjadi 86,49 %.
Pelatihan Pembuatan Analisis Statistik Untuk Peramalan Permintaan Pasar Guna Pemasaran Produk Dengan R Riyono, Joko; Pujiastuti, Christina Eni; Syaifudin, Syaifudin; Puspa, Sofia Debi
Abdimas Singkerru Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemakaian analisis statistika yang tepat akan memberikan kemudahan di dalam melakukan penarikan kesimpulan terutama di dalam melakukan pendugaan atau peramalan tentang terjadinya suatu peristiwa atau trend yang akan berlaku di masa yang akan datang. Peramalan ini sangat bermanfaat di berbagai bidang kehidupan khususnya di dunia kerja. Salah satu manfaat tersebut diantaranya sesuai dengan judul progam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang kami ambil, yaitu dalam pembuatan analisis statistik untuk peramalan permintaan pasar guna strategi pemasaran produk. Sebagai akibat penyebaran penyakit Covid 19 dimana banyak terjadi pemutusan hubungan kerja yang dialami oleh sebagian karyawan swasta, terutama para pemuda khususnya yang bertempat tinggal di sekitar RW IX Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Bekasi maka kepada mereka diberikan bekal pengenalan dan pemberian pemahaman analisis statistika dengan memanfaatkan open source software yaitu Software R agar pengetahuan mereka tentang analisis statistika terutama di peramalan permintaan pasar guna perancangan produk yang berorientasi pasar dapat bertambah terutama bagi yang berkeinginan berwiraswasta. Pada pelaksanaannya kegiatan PKM ini diikuti mitra sebanyak 21 peserta dengan 4 dosen dan 1 mahasiswa sebagai instruktur serta 1 staf tenaga kependidikan sebagai admin, serta karena masih adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagai akibat Covid 19 maka pelaksanaannya dilakukan secara daring. Pelatihan diprogam ini, materi disampaikan dengan metode diskusi, tanya jawab disertai studi kasus serta bagaimana cara menyelesaikannya menggunakan software R. Berdasarkan hasil Pre Tes sebesar 3,429 dan hasil post Tes 10,571 dapat disimpulkan bahwasannya pelatihan ini memberikan kenaikan pengetahuan mitra tentang peramalan dengan R. Melihat hasil kuesioner mitra, didapat Indek nilai sebesar 95 % yang menyatakan bahwa mitra sangat setuju terhadap pernyataan bahwa isi materi bermanfaat dan instruktur pelatihan menguasai materi yang disampaikan. Kata Kunci: Analisis statistik, Peramalan,Pemasaran Produk, Open source software, Software R.
Deteksi Dini Risiko Penyakit Stroke Pada Masyarakat Mamasa Pongantung, Henny; Sampe, Anita; Rosdewi, Rosdewi; Tore, Pricilia
Abdimas Singkerru Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Stroke dapat berdampak perubahan pada kehidupan penderita dan keluarganya serta menimbulkan kematian dan kecacatan. Oleh karena itu, pencegahan stroke sangat penting dilakukan pada kelompok yang berisiko seperti penderita hipertensi, Usia lanjut dan diabetes melitus. Salah cara pencegahan yaitu pemeriksaan Kesehatan yang bertujuan untuk melakukan deteksi dini faktor risiko stroke pada masyarakat di Kabupaten Mamasa. Metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, dan gula darah. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui wawancara dan survey langsung. Hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan dari 41 orang peserta yang mengikuti pemeriksaan, sebanyak 18 orang ditemukan mempunyai tekanan darah diatas 130/90 mmHg, sebanyak 41 orang tidak mengalami peningkatan kadar gula darah, dan sebanyak 18 orang mengalami peningkatan kadar kolesterol. Dengan demikian petugas kesehatan dapat memberikan edukasi kepada mayarakat untuk mengurangi risiko stroke dengan cara mengontrol tekanan darah, gula darah, kolesterol, beraktivitas, rajin berolahraga dan menjaga pola makan.
Pemberdayaan Ekonomi Pedesaan Melalui Penguatan Kapasitas UMKM Dengan Program Bankable Runtunuwu, Prince Charles Heston; Damayanti, Ririn
Abdimas Singkerru Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemberdayaan masyarakat harus dipandang sebagai upaya untuk mempercepat dan memperluas upaya penanggulangan kemiskinan melalui koordinasi berbagai kebijakan, program dan kegiatan pembangunan, baik di tingkat pusat maupun daerah sehingga efektivitasnya memiliki signifikansi yang besar terhadap penanggulangan kemiskinan. Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah sangat besar ketika Indonesia mengalami krisis ekonomi yang berkepanjangan. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan salah satu solusi usaha yang tepat untuk tetap bertahan dalam menghadapi krisis karena sanggup menjangkau lapisan masyarakat dari golongan ekonomi menegah sampai golongan ekonomi lemah dan dapat menciptakan lebih banyak kesempatan kerja. Sampai dengan 2019, di Kota Ternate tercatat memilik 12.795 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang tersebar di 5 kecamatan yang ada di Kota Ternate. Dalam proses perkembangan usahanya dari tahun ketahun usaha yang mereka jalankan juga memiliki kendala yang bersifat eksternal maupun internal. Faktor eksternal biasanya terkait dengan harga bahan baku dan pasokan bahan baku yang tidak kontinu. Sedangkan faktor internalnya terkait dengan modal, kemasan produk yang sederhan dan pengembangan usaha. Adanya keterbatasan tersebut bukan berarti usaha mereka lumpuh atau tidak mampu bertahan dalam persaingan usaha. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah aparatur perangkat desa, tokoh masyarakat desa, pelaku UMKM desa, karang taruna dan anggota masyarakat pelaku UKM. Digunakan beberapa metode antara lain: Metode Ceramah, yaitu metode share Knowledge melalui penyuluhan langsung oleh pelaku UMKM sukses, pihak Bank, Akademisi, Metode Diskusi, yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan setiap permasalahan yang dikemukakan masyarakat, berupa diskusi dan tukar wawasan/pendapat dan Metode Praktek, yaitu simulasi pihak praktisi serta pelatihan dari perbankan. Melalui kegiatan pengabdian ini akan Untuk mengetahui strategi yang sebaiknya diprioritaskan dalam pembangunan ekonomi pedesaan di Pulau Ternate serta untuk mengetahui manfaat yang diperoleh untuk pemberdayaan dalam pembangunan ekonomi pedesaan di Pulau Ternate.
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul Mansir, Firman; Purnomo, Halim
Abdimas Singkerru Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi saat ini terus berkembang, dan penggunanya merasakan manfaat menggunakan teknologi elektronik digital. Salah satunya meliputi kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk menjalankan usaha, khususnya di era pandemi COVID-19. Penggunaan media sosial saat era pandemi sangat dibutuhkan oleh pemilik UMKM untuk menungkatkan usahanya. Penggunaan digital marketing sendiri, sangat berpengaruh bagi pemilik UMKM dimulai interaksi dengan konsumen melaui jejaring sosial maupun untuk mempromosikan barang dagangan tersebut. Secara keseluruhan, tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan konsep penjualan digital marketing bagi peserta UMKM di Desa Panggungharjo. Konsep tentang digital marketing ini, sangat bagus untuk pemilik UMKM baik tentang mendapatkan informasi, berinteraksi langsung bersama konsumen, memperluas produk di pangsa pasar serta meningkatkan produk penjualan.
Optimalisasi Pemanfaatan Sampah Plastik Berpotensi Ekonomis di Kembangan Utara Mahliza, Febrina; Utami, Siska Widia
Abdimas Singkerru Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengolahan sampah plastik melalui kegiatan recycle (daur ulang) menjadi barang yang berpotensi ekonomis dapat menambah wawasan dan keterampilan masyarakat khususnya nasabah bank sampah dalam membuat dan menciptakan produk kreasi berbasis sampah plastik yang bernilai ekonomis dan bernilai jual lebih tinggi. Hal ini dapat menjadi peluang usaha rumah tangga yang berpeluang secara ekonomis. Melihat pentingnya pemanfaatan sampah plastik berpotensi ekonomis ini baik bagi optimalisasi bank sampah maupun bagi masyarakat, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama adalah lecturing. Para peserta menyaksikan dengan serius dan penuh perhatian pada saat sesi pemberian wawasan dan pengetahuan mengenai pemanfaatan sampah plastik di bank sampah RW 07 Kembangan Utara yang masih belum optimal yang dapat dibentuk menjadi produk kreasi gantungan/hanger jilbab yang. Sesi kedua adalah demonstration. Pada sesi demontrasi produk kreasi, peserta menunjukkan ketertarikan yang tinggi terhadap produk gantungan/hanger jilbab berbasis sampah gelas plastik yang disajikan secara langsung. Para peserta menyaksikan dengan penuh perhatian. Mereka juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar pembuatan produk. Sesi ketiga adalah practice. Pada sesi praktek, semua peserta terlibat aktif dalam proses pembuatan produk. Praktek dibagi ke dalam kelompok yang terdiri atas 4-5 orang. Masing-masing peserta saling bekerja sama dan berpartisipasi aktif berperan dalam membuat sebuah produk gantungan/hanger jilbab.
Sosialisasi dan Edukasi Urban Farming System Melalui Pemanfaatan Limbah Organik Slamet, Agus; Nurlaila, Maryam; Achmad, Farid Nur
Abdimas Singkerru Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Limbah organik yang bersumber dari sampah dapur sisa kegiatan memasak jika dibuang begitu saja dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap. Setidaknya, dapat dimanfaatkan dengan mengubahnya menjadi kompos maupun pupuk. Tujuan kegiatan pengabdian kemitraan masyarakat ini adalah memberikan informasi melalui penyuluhan dan edukasi pemanfaatan sisa limbah sayur menjadi kompos, POC, pestisida nabati maupun sumber bibit tanaman, sehingga mampu menunjang kemandirian pangan melalui urban farming system dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Lapandewa Kabupaten Buton Selatan. Metode yang diterapkan pada kegiatan ini adalah menyajikan materi kemudian praktik langsung pembuatan produk. Peserta kegiatan ini berjumlah 20 orang (perwakilan ibu rumah tangga, petani dan wirausaha). Hasil kegiatan menunjukkan peserta dapat membuat POC, kompos, pestisida dan pemilahan benih secara mandiri. Pengabdian masyarakat ini berhasil menumbuhkan kesadaran peserta akan pentingnya memanfaatkan limbah, memotivasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia dan pestisida kimia dan beralih kepada kompos, POC pestisida nabati sehingga urban farming sistem dapat diterapkan di masyarakat Desa Lapandewa.
Analisis RPP Guru Kimia pada Kegiatan Sosialisasi Pengembangan Kompetensi melalui Pengembangan Ranah Afektif Harefa, Nelius; Simanjuntak, Familia Novita; Simatupang, Nova Irawati; Sumiyati, Sumiyati; Sormin, Elferida; Purba, Leony Sanga Lamsari; Azzahra, St Fatimah
Abdimas Singkerru Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan merupakan salah satu unsur penting pada proses pembelajaran. Perencanaan yang baik umumnya berkontribusi positif pada keberlangsungan proses pembelajaran terutama dari sisi keteraturan. RPP merupakan perangkat perencanaan pembelajaran semester yang disusun oleh guru mata pelajaran. Dengan adanya RPP diharapkan pembelajaran dapat berlangsung optimal dan bermakna. Hasil analisis data menunjukkan bahwa RPP guru kimia yang menjadi sampel pada kegiatan tersebut berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 81,25. Data tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar guru kimia sudah memiliki keterampilan yang baik dalam merancang kegiatan pembelajaran yang akan diterapkan di kelas. Dengan adanya keterampilan awal dalam merancang pembelajaran akan membantu guru dalam mengembangkan, merancang, menganalisis proses pembelajaran, mengevaluasi, dan mampu berkreasi menemukan solusi yang tepat apabila pembelajaran tidak berjalan semestinya. Perencanaan pembelajaran berperan penting dalam menunjang kelancaran proses pembelajaran, dengan adanya perencanaan pembelajaran maka siswa dapat mempersiapkan diri sebelum pembelajaran berlangsung. Kendati demikian, proses pembelajaran sejatinya bersifat fleksibel yang dipengaruhi oleh situasi, kondisi, sarana, prasarana, dan stakeholder pendidikan. Perencanaan pembelajaran yang baik tidak menjamin kebermaknaan suatu proses pembelajaran.
Sosialisasi Hand Hygiene Dan Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Daun Sirih (Piper Betle) Juwairiah, Juwairiah; Riana, Meisi; Sitorus, Nurianti
Abdimas Singkerru Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kasus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Sehingga Masyarakat dituntut untuk mematuhi protokol kesehatan, salah satunya menjaga kebersihan tangan, seperti mencuci tangan dengan baik dan benar atau menggunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) ketika beraktivitas di luar ruangan. Hand sanitizer pada umumnya cenderung menggunakan bahan-bahan kimia yang berdampak kurang baik bagi kesehatan dan lingkungan. Efek penggunaan hand sanitizer dari bahan kimia akan membuat kulit kering dan iritasi. Melihat kekurangan tersebut maka dibutuhkan alternatif pembuatan hand sanitizer dari bahan alami yang lebih ramah terhadap kesehatan dan lingkungan. Bahan alami yang dapat digunakan menjadi hand sanitizer salah satunya adalah daun sirih dikarenakan komponen utamanya terdiri dari bethel phenol dimana  bethel phenol ini adalah derivat dari alkohol yang dipercayai dapat mendenaturasi bakteri dan virus, terutama virus yang diselubungi protein seperti virus corona. Tujuan dari pelaksanaan sosialisasi pembuatan Hand sanitizer di SMAN 19 Medan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan siswa-siswi dalam pembuatan hand sanitizer secara mandiri menggunakan bahan alami. Diakhir kegiatan ini diharapkan siswa-siswi dapat mempraktekkan pembuatan hand sanitizer alami secara mandiri.

Page 1 of 2 | Total Record : 20