cover
Contact Name
Gatut Setiadi
Contact Email
gatutxxx@gmail.com
Phone
+6281232252015
Journal Mail Official
iaiskjmalang.jurnal@gmail.com
Editorial Address
INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN KALIJOGO MALANG Jl. Keramat Sukolilo Kec. Jabung Kab. Malang Kode Pos 65155 Website : www.iaiskjmalang.ac.id, Email : iaiskjmalang@gmail.com Tel / fax : (0341) 792669 /
Location
Kab. malang,
Jawa timur
INDONESIA
An-Nisbah : Jurnal Perbankan Syariah
ISSN : 27219615     EISSN : 27219623     DOI : https://doi.org/10.51339/nisbah
Core Subject : Economy,
An-Nisbah merupakan jurnal khusus yang dibuat guna memberikan berbagai pengetahuan ilmiah berkaitan dengan perbankan syariah. Dengan adanya jural An-Nisbah ini diharapkan akan dapat memberikan berbagai pengetahuan dalam bentuk artikel ilmiah mencakup berbagai permasalahan dan solusi tentang perbankan syariah. Jurnal An-Nisbah dinaungi oleh lembaga perguruan tinggi Institut Agama Islam (IAI) Sunan Kalijogo Malang.
Articles 22 Documents
IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA BANK UMUM SYARI’AH (STUDI KASUS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2014-2018) Sri Mulyani
An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2020): An-Nisbah Jurnal Perbankan Syariah (Edisi Januari)
Publisher : PRODI PERBANKAN SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) SUNAN KALIJOGO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Good Corporate Governance (GCG) pada Bank Syariah yang ada di Indonesia. Good Corporate Governance (GCG) merupakan faktor yang sangat penting bagi bank syariah karena bank syariah merupakan lembaga bisnis yang mempunyai resiko tinggi. Oleh karena itu bank syariah perlu melaksanakan prinsip kehati-hatian, salah satunya adalah dengan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dengan benar dan tepat sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan data sekunder secara time series mulai tahun 2014-2018. Hasil dari penelitian menjunjukkan bahwa bank BCA Syariah telah melakukan GCG dengan self asessment dengan predikat sangat baik. Sedangkan bank syariah lainnya yang meliputi Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Panin Syariah, Bank Mega Syariah, dan Bank Bukopin Syariah telah melaksanakan prinsip-prinsip GCG dengan predikat baik.
ANALISIS NIAT BELI ONLINE Rudhy Dwi Chrysnaputra
An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2020): An-Nisbah Jurnal Perbankan Syariah (Edisi Januari)
Publisher : PRODI PERBANKAN SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) SUNAN KALIJOGO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan bisnis online mendorong tumbuhnya produk-produk islam masuk dalam bisnis online yang memicu calon-calon konsumen produk-produk islami memiliki niat beli pada perusahaan yang berlabel islam, sehingga perlu dikaji kemungkinan mereka memiliki niat beli yang dapat berdampak pada keputusan membeli. Penelitian dilakukan pada 100 mahasiswa yang mewakili 10 perguruan tinggi di Malang, variabel penelitian adalah niat beli, brand image dan trust dengan alat analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan brand image dan trust berpengaruh terhadap niat beli komnsumen, sedangkan variabel yang berpengaruh pada niat beli adalah brand image.
ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT AL-HIJRAH KAN JABUNG SYARIAH JATIM Saiful Muslim
An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2020): An-Nisbah Jurnal Perbankan Syariah (Edisi Januari)
Publisher : PRODI PERBANKAN SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) SUNAN KALIJOGO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jatim Jabung Malang merupakan BMT yang mengalami kenaikan jumlah nasabah setiap tahunnya. Produk yang paling diminati nasabah adalah produk pembiayaan murabahah hal ini mengakibatkan pembiayaan murabahah memiliki potensi yang cukup tinggi dalam terjadinya pembiayaan bermasalah, untuk mencegah terjadinya pembiayaan bermasalah atau kegagalan yang dapat merugikan pihak BMT maka dibutuhkan sistem pengendalian internal yang baik. Melihat NPF pada pembiayaan murabahah cukup tinggi, maka penulis ingin menganalisis pengendalian internal pembiayaan murabahah di BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jatim Jabung Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui analisis pengendalian internal pembiayaan murabahah di BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jatim. Penulis mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pengendalian yang diterapkan terhadap pembiayaan di BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syariah Jatim sudah cukup baik. Namun, untuk analisa pencairan pembiayaan masih kurang kuat karena hanya menggunakan unsur karakter, kemampuan dan jaminan.
STRATEGI PENINGKATAN USAHA NASABAH PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO MELALUI PENGUATAN CAPACITY BUILDING Zahida I’tisoma Billah; Nailin Nikmatul Maulidiyah
An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2020): An-Nisbah Jurnal Perbankan Syariah (Edisi Januari)
Publisher : PRODI PERBANKAN SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) SUNAN KALIJOGO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karena tidak dapat mengakses pelayanan bank (bankable), golongan miskin cenderung memanfaatkan layanan tabungan melalui lembaga informal (kelompok arisan) atau menyimpan dalam bentuk ternak atau hasil panen. Hal ini mengindikasikan bahwa potensi tabungan di kalangan golongan miskin sebenarnya cukup besar, hanya pelayanannya yang belum menjangkau mereka. Dengan demikian, kalau kita ingin menjadikan keuangan mikro sebagai salah satu strategi penting dalam penanggulangan kemiskinan, maka kedua permasalahan tersebut - baik dari sisi penawaran maupun permintaan- harus dibenahi secara serius. Untuk itu saat ini banyak bermunculan lembaga-lembaga permodalan (modal ventura) salah satunya PNM (Permodalan Nasional Madani). PNM yang memiliki program pengembangan kapasitas usaha (PKU) yaitu PNM Mekaar (membina ekonomi keluarga sejahtera) merupakan program yang dijalankan PNM dari tahun 2015. Peneliti memilih obyek di PNM Mekaar kantor cabang Sidoarjo tepatnya di desa Macan Mati, Kecamatan Krembung permasalahan yang dihadapi para ibu-ibu anggota kelompok Mekaar di desa tersebut, yaitu : mereka banyak berkeluh kesah jika mengikuti kegiatan membayar angsuran mingguan, dikarenakan usaha jualan mereka sepi pembeli. Mereka juga mengaku jika tidak pernah mendapatkan pendampingan usaha dan Penguasaan materi di bidang perkembang bisnis Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, serta tehnik pengumpulan data menggunakan data primer dengan melakukan wawancara kepada ibu-ibu anggota kelompok usaha serta kepada staff PNM Mekaar. Hasil penelitian diperoleh bahwasannya PNM Mekaar untuk menjalankan fungsinya memandirikan masyarakat kelas menengah kebawah, maka diperlukan suatu kegiatan yang mendukung pembelajaran dan pelatihan para nasabah dan agar meningkatkan fungsi kelembagaan keuangan mikro dengan melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten dibidang kewirausahaan dan pelatihan skill individu. Capacity building difasilitasi melalui penetapan kegiatan bantuan teknik, meliputi pendidikan dan pelatihan, bantuan teknik khusus (specific technical assitance) dan penguatan jaringan.
KONSEP RIBA DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA BAGI PEREKONOMIAN Lailatul Istiqomah
An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2020): An-Nisbah Jurnal Perbankan Syariah (Edisi Januari)
Publisher : PRODI PERBANKAN SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) SUNAN KALIJOGO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari beberapa aspek pembuktian, dinyatakan bahwa riba dengan segala macam bentuknya termasuk bunga dalam sistem perbankan modern adalah haram. Allah jelas telah membedakan antara jual beli dan riba, yang dianggap oleh para kaum kafir adalah sebuah kesamaan transaksi. Praktik riba dalam kehidupan masyarakat, terselubung dalam berbagai macam bentuk yang secara garis besar dibedakan menjadi dua macam yaitu riba utang piutang dan jual beli. Dan dampak buruk praktik riba ini telah dirasakan oleh masyarakat luas dari berbagai aspek, baik dari aspek moral, sosial maupun ekonomi. Oleh karenanya perlu dilakukan pemerangan terhadap praktik-praktik yang mengandung unsur ribawi. Dan pada ketentuan yang telah termaktub dalam Al-qur’an perlu dianalisis sebagai dasar kerangka pemikiran para ulama dan ekonom muslim dengan corak kajian tematik linguistik.
ANALISIS MANAJEMEN PEMBIAYAAN PADA BANK SYARIAH Sri Mulyani
An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah Vol 1 No 2 (2020): An-Nisbah Jurnal Perbankan Syariah
Publisher : PRODI PERBANKAN SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) SUNAN KALIJOGO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51339/nisbah.v1i2.167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen pembiayaan pada PT.Bank Syariah Mandiri, Tbk. Manajemen pembiayaan merupakan hal yang sangat penting bagi bank syariah karena dengan manajemen pembiayaan yang bagus, bank syariah akan bisa menjaga kinerja keuangannya tetap sehat dan mengurangi resiko pembiayaan macet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan dengan menganalisis rasio NPF (Non Performance Financing), FDR (Financing to Deposit Ratio) dan Aset Produktif Bermasalah pada PT.Bank Syariah Mandiri, Tbk. Penelitian ini menggunakan data sekunder secara time series mulai tahun 2014-2018. Hasil dari penelitian menemukan bahwa rasio keuangan Bank Syariah Mandiri termasuk dalam kategori yang sehat yaitu rata-rata rasio NPF Bank Syariah Mandiri adalah sebesar 2,75%, rata-rata rasio FDR Bank Syariah sebesar 85,41% dan rata-rata rasio Aset Produktif Bermasalah sebesar 4,23%. Penelitian ini juga menghasilkan manajemen pembiayaan yang dilakukan oleh Bank Syariah diantaranya adalah dengan menerapkan sistem manajemen resiko pembiayaan dengan baik yaitu pemberian pembiayaan sesuai prosedur dan prinsip kehati-hatian, penetapan limit resiko, serta menerapkan analisis 5C (Character, Capacity, Capital, Condition dan Collateral) dan analisis 7A (aspek yuridis, aspek manajemen, aspek teknik/ teknologi, aspek pemasaran, aspek keuangan, aspek ekonomi dan aspek agunan) dalam pemberian pembiayaan.
PENGARUH GREEN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH GREEN SATISFACTION Rudhy Dwi Chrysnaputra; Diana Titik Windayati
An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah Vol 1 No 2 (2020): An-Nisbah Jurnal Perbankan Syariah
Publisher : PRODI PERBANKAN SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) SUNAN KALIJOGO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Brand loyalty sangatlah dibutuhkan bagi sebuah perusahan dalam tujuan membangun konsumen yang loyal, sehingga setiap perusahaan selalu berusaha untuk memberikan produk yang terbaik bagi konsumen. Brand loyalty salah satunya dapat dibentuk dengan adanya Green brand image dimana dengan adanya Green brand image yang kuat maka akan terbentuklah Brand loyalty. Pada masa sekarang konsep ramah lingkungan berkembang dan menjadi kebutuhan masyarakat dimana dengan adanya kesadaran masyarakat untuk semakin hidup lebih sehat terbentuklah Green brand image terhadap produk yang digunakan akan mewujudkan Brand loyalty. Penelitian ini akan menguji dan menganalisis pengaruh Green brand image terhadap Brand loyalty melalui Green satisfaction pada konsumen konsumen produk AC Panasonic pada 100 responden di 5 Kecamatan di Batam. Analisis data menggunakan Path dan hasilnya menyatakan bahwa Green brand image berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap Brand loyalty melalui Green satisfaction. Kata kunci: Green brand image, Brand loyalty, dan Green satisfaction
AKSELERASI PENGEMBANGAN SEKTOR KEUANGAN SYARI’AH MELALUI PEMBERDAYAAN PONDOK PESANTREN BERBASIS KOPERASI Tyasmaning, Endang
An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah Vol 1 No 2 (2020): An-Nisbah Jurnal Perbankan Syariah
Publisher : PRODI PERBANKAN SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) SUNAN KALIJOGO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang strategi pengembangan sektor keuangan syariah melalui pemberdayaan pondok pesantren berbasis koperasi. Penelitian ini adalah penelitian kualititatif dengan pendekatan kepustakaan. Data yang diambul adalah data sekunder dan teknik pengambilan data dengan menggunakan dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan sektor keuangan syariah melalui pondok pesantrean diantaranya bisa dilakukan dengan: (1) Membentuk lembaga koperasi di Pondok Pesantren sebagai inkubator ekonomi syari’ah dan pondasi perputaran keuangan Pondok Pesantren (2) Peran koperasi sebagai intermediasi dan pendorong ekonomi Pondok Pesantren dengan mekanisme pembiayaan berbasis bagi hasil (mudhorobah, musyarokah), ijaroh, maupun murobahah (3) Membentuk mata rantai kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi secara terpadu dan tersistem dalam Pondok Pesantren dan antar Pondok Pesantren (4) Melakukan sinergitas antara Koperasi Pondok Pesantren, Perbankan Syari’ah dan lembaga keuangan syari’ah lainnya (5) Menciptakan produk unggulan dari masing-masing Pondok Pesantren berbasis kearifan lokal (6) Mengadakan penyuluhan, seminar, pelatihan berbasis skill, pendampingan dan pengawasan kepada para santri secara terpadu, bertahap dan berkelanjutan sehingga terbentuk santripreneur (7) Diperlukan kebijakan pemerintah dalam mendorong kemandirian ekonomi Pondok Pesantren secara masif.
ANALISIS APLIKASI MULTI AKAD PRODUK GADAI EMAS PADA PERBANKAN DAN PEGADAIAN SYARI’AH DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM Istiqomah, Laila
An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah Vol 1 No 2 (2020): An-Nisbah Jurnal Perbankan Syariah
Publisher : PRODI PERBANKAN SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) SUNAN KALIJOGO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

. Implementasi produk di Lembaga Keuangan Syariah (LKS) sejauh ini mengundang banyak perhatian khusus, perhatian tersebut lebih condong pada penerapan akad. Karena perbedaan mendasar antara LKS dengan lembaga keuangan konvensional adalah pada akad/perjanjian sebelum melakukan transaksi keuangan. Sehingga, peneliti disini bertujuan melakukan penelitian pada penerapan dari salah satu akadnya yang masih menjadi kontroversi yaitu akad produk gadai emas. Pemberlakuan multi akad dalam transaksasi modern adalah sebuah keniscayaan yang tujuannya untuk mengamalkan nilai-nilai syariat yang ada di balik akad tersebut. Ketentuan Sunnah terkait multi akad merupakan sebuah pengecualian yang tidak berlaku secara umum. Multi akad hasil modifikasi tidak dilarang selama dalam pemberlakuan akad tidak melanggar prinsip Sunnah terkait penggabungan akad. solusi yang ditawarkan dan dipaparkan untuk penyelesaian permasalahan produk “Gadai Emas’ dalam lembaga keuangan syari’ah adalah pembebanan besarnya biaya pada rahin disesuai dengan besarnya pengeluaran yang dikeluarkan untuk pemeliharaan barang yang digadaikan, biaya sewa atas tempat dan penjagaan barang yang ditetapkan di awal. Bukan dari besarnya pinjaman yang diberikan kepada nasabah.
IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN GADAI EMAS SYARI’AH DALAM AKAD RAHN Aslikhah
An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah Vol 1 No 2 (2020): An-Nisbah Jurnal Perbankan Syariah
Publisher : PRODI PERBANKAN SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) SUNAN KALIJOGO MALANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bank Syariah Mandiri KCP Pasuruan menawarkan berbagai produk jasa, baik itu produk penghimpunan dana maupun pembiayaan. Salah satu produk pembiayaan yang banyak diminati nasabah pada BSM KCP Pasuruan adalah produk pembiayaan gadai emas syariah dengan menggunakan akad Rahn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembiayaan gadai emas dengan menggunakan akad Rahn di PT Bank Syari’ah Mandiri KCP Pasuruan. Metode penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Cara pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Gadai Emas Syari’ah di BSM KCP Pasuruan merupakan produk pembiayaan atas dasar jaminan berupa emas sebagai salah satu alternatif memperoleh uang tunai secara cepat. Produk pembiayaan gadai emas syari’ah yang ada di Bank Syari’ah Mandiri KCP Pasuruan ini dapat digunakan untuk pembiayaan konsumtif, seperti untuk biaya pendidikan, biaya pengobatan, dan penyelenggaraan hajatan maupun pembiayaan produktif, seperti untuk modal usaha.

Page 1 of 3 | Total Record : 22