cover
Contact Name
Heri Cahyono
Contact Email
omcahyo899@gmail.com
Phone
+6281231248214
Journal Mail Official
cvjendelaedukasiindonesia@gmail.com
Editorial Address
RT 01 RW 02, Punen, Hargomulyo ngrambe, Ngawi, Jawa Timur 63263
Location
Kab. ngawi,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Jendela Pendidikan
ISSN : 2776267X     EISSN : 27756181     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Jendela Pendidikan (e-ISSN: 2775-6181 p-ISSN: 2776-267X) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan di Indonesia.
Articles 22 Documents
KEEFEKTIFAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA Zahrotin, Anis; Anfa, Qurrotul; Agnafia, Desi Nuzul
JURNAL JENDELA PENDIDIKAN Vol. 1 No. 02 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Mei 2021
Publisher : CV. Jendela Edukasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model Inkuiri Terbimbing adalah model pembelajaran yang merangsang siswa untuk menemukan permasalahan atau pertanyaan, dimana topik atau materi pembelajarannya telah ditentukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan keterampilan Proses Sains siswa SMA. Penelitian ini adalah Pre-eksperimen dengan desain penelitian menggunakan pre-test and post-test design yang diujicobakan kepada  30 siswa SMA, yang dibagi dalam dua kelompok. Sebelum dilakukan pembelajaran dengan Model Inkuiri Terbimbing siswa diberi  tes keterampilan Proses Sains dan setelah dilakukan pembelajaran siswa kembali diberikan tes yang sama. Data  dikumpulkan menggunakan  paired t-test, n-gain, dan  uji kesamaan dua rata-rata.  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa: ada peningkatan keterampilan berikir kitis siswa secara signifikan pada a = 5%, rata-rata n-gain sebesar 0.72% berkategori Tinggi dan tidak berbeda pada kedua kelompok. Dengan demikian, model Inkuiri Terbimbing efektif dapat meningkatkan keterampilan Proses Sains siswa SMA.
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA PRESTASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Ribut, Oki
JURNAL JENDELA PENDIDIKAN Vol. 1 No. 02 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Mei 2021
Publisher : CV. Jendela Edukasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan pembelajaran konvensional pada siswa SMP materi aljabar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan pretest-posttest. Penelitian ini membandingkan Jigsaw dengan konvensional yang biasanya menggunakan pembelajaran langsung. Uji ANOVA digunakan untuk menganalisis efektifitas kedua pembelajaran tersebut. Hasil uji ANOVA pada posttest menunjukkan bahwa Jigsaw memberikan pengaruh yang berbeda dengan pembelajaran konvensional. Pembelajaran Jigsaw dapat mengubah siswa menjadi aktif dan kreatif dalam pembelajaran matematika. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa. Kedepannya, pembelajaran ini bisa menjadi solusi oleh para guru di seluruh dunia dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya masing-masing.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN EKSPOSITORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA Nurvita, Novia
JURNAL JENDELA PENDIDIKAN Vol. 1 No. 02 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Mei 2021
Publisher : CV. Jendela Edukasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) metode yang lebih efektif antara Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Ekspositori terhadap prestasi belajar matematika, (2). motivasi yang lebih baik antara motivasi tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar matematika, (3) metode yang lebih baik antara metode pembelajaran Mind Mapping dengan Ekspositori terhadap prestasi belajar matematika pada siswa yang mempunyai motivasi tinggi, sedang maupun rendah. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Magetan. Sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Kelas yang terpilih yaitu kelas VII E dan VII Fdengan jumlah siswa 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika dan metode angket untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan sel tak sama. Kesimpulan dari  hasil penelitian ini adalah (1) Metode pembelajaran Mind Mapping dan Ekspositori mempunyai keefektifan yang sama terhadap prestasi belajar matematika siswa. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi tinggi tidak berbeda secara signifikan dengan motivasi sedang, siswa yang mempunyai motivasi sedang tidak berbeda secara signifikan dengan motivasi rendah dan siswa yang mempunyai motivasi rendah tidak berbeda secara signifikan dengan kecemasan tinggi. (3) Metode pembelajaran Mind Mapping sama baiknya dengan metode pembelajaran Ekspositori terhadap prestasi belajar matematika pada siswa yang mempunyai motivasi tinggi, sedang maupun rendah.
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 Fadilla, Annisa Nurul; Relawati, Ayu Suci; Ratnaningsih, Nani
JURNAL JENDELA PENDIDIKAN Vol. 1 No. 02 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Mei 2021
Publisher : CV. Jendela Edukasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di tingkat SMA dan SMK Kota Tasikmalaya yang melakukan proses pembelajaran daring dalam kegiatan belajar mengajarnya dengan tujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran daring pada pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA dan SMK di Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang terjadi yaitu diantaranya peserta didik merasa sulit untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, siswa tidak merasa termotivasi untuk belajar, siswa tidak meguasai pembelajaran dengan baik. Upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu guru harus bisa mencari metode pembelajaran yang lain supaya siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga peserta  didik dapat menguasai materi pembelajaran yang dilaksanakan dengan baik dan peserta didik juga dapat termotivasi untuk belajar walaupun pembelajaran dilakukan dengan cara daring.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TRANSFORMASI DENGAN BERBANTUAN I-SPRING DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS ANDROID Nani Ratnaningsih; Meti Nuradriani; Icha Sofi Nurazizah
JURNAL JENDELA PENDIDIKAN Vol. 1 No. 02 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Mei 2021
Publisher : CV. Jendela Edukasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SMP/MTs dengan melibatkan pakar pada proses pengembangan dan penilaian produknya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan menggunakan model 4D, yaitu: define (analisis pengguna, kurikulum, dan bahan ajar), design (merancang produk dengan alat dan bahan), develop (penilaian dan revisi), dan disseminate (uji coba pada calon pengguna). Instrumenpenelitian ini adalah angket. Tim penilai produk terdiri: ahli media,ahli materi dan respon siswa kelas 9 SMP/Mts.Hasil penelitiannya menunjukan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android melalui pendekatan etnomatematika memperoleh penilaian dari validator rata-rata menyebutkan sangat sesuai dan sesuai,dan respon atau tanggapan siswa SMP kelas 9 terhadap media pembelajaran matematika berbasis android melalui pendekatan etnomatematika memberikan respon penilaian yang sangat baik. Dengan demikian sesuai hasil penilaian dari ahli media,ahli materi dan respon siswa terhadap produk pengembangan media pembelajaran pada materi transformasi dengan menggunakan iSpring melalui pendekatan Etnomatematika berbasis android dalam penelitian ini dapat digunakan oleh siswa SMP/MTs.
Efektivitas Model Penemuan Terbimbing Dan Model Pemecahan Masalah Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Magetan nurvita, Novia
JURNAL JENDELA PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Februari 2021
Publisher : CV. Jendela Edukasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 1 Magetan yang mendapat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pemecahan masalah, (2) Apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri 1 Magetan yang memiliki kreativias tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki kreativitas rendah, (3) Apakah terdapat interaksi antara model (penemuan terbimbing dan pemecahan masalah) dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Magetan tahun pelajaran 2018/2019, sejumlah 6 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen menggunakan model penemuan terbimbing dan kelas kontrol menggunakan model pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data untuk Prestasi belajar menggunakan metode tes, sedangkan untuk kreativitas pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan sel tak sama dan dilakukan uji lanjut anava menggunakan uji Scheffe. Dari hasil analisis data didapatkan: 1) Prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik daripada model pembelajaran pemecahan masalah. 2) Prestasi belajar matematika antara siswa yang mempunyai kreativitas tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas rendah. 3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Perbandingan Model Cooperative Learning Tipe STAD Dengan Model Cooperative Learning Tipe Mind Mapping Menggunakan QAIT Terhadap Prestasi Belajar Matematika mashuri, anwas
JURNAL JENDELA PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Februari 2021
Publisher : CV. Jendela Edukasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran coperative Learning STAD dengan Model Coperative Learning Mind Mapping menggunakan ”QAIT” terhadap prestasi belajar matematuka siswa. Penelitian ini menggunakan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas dan uji keseimbangan), dan untuk uji hipotesis menggunakan uji t. Dari analisis data dengan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh thitung = 1,8050 dan ttabel = 1,6736. Karena thitung lebih besar dar ttabel maka H1 yang menyatakan Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan cooperative learning tipe Mind Mapping menggunakan QAIT lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan cooperative learning tipe STAD, dapat diterima. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan cooperative learning tipe Mind Mapping menggunakan QAIT lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan cooperative learning tipe STAD.
Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa IV di SDN Gentong 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 Rias Wana, Prima; Siti Zulaihah
JURNAL JENDELA PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Februari 2021
Publisher : CV. Jendela Edukasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa kelas IV di SDN Gentong 1 Tahun pelajaran 2018/2019. (2) Sejauh mana pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siawa kelas IV di SDN Gentong 1 Tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gentong I dengan jumlah siswa 28 anak. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji homogenitas menggunakan rumus varians (Uji F) dan dilakukan uji normalitas dengan uji Lillifors. Data dianalisis secara univariat dengan taraf signifikan 5% (0,05) untuk pengujian. Pengujian hipotesis menggunakan uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Berdasarkan uji regresi linier sederhana yang dilakukan, diperoleh r hitung sebesar 0,481 nilai ini lebih besar dari r tabel yaitu 0,374 (r hitung > r tabel) maka Ha diterima, Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh positif antara pola asuh terhadap kemandirian siswa. (2) Dari hasil perhitungan dengan menggunakan tehnik analisis regresi linier sederhan diperoleh nilai R sebesar 0,481 yang menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang rendah antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa.
Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemfaktoran cahyono, heri
JURNAL JENDELA PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Februari 2021
Publisher : CV. Jendela Edukasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa yang mempunyai kemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam pemecahan masalah pemfaktoran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah memiliki perbedaan dan persamaan dalam memecahkan masalah matematika. Perbedaan tersebut, yaitu: (1) Siswa dengan tingkat kecerdasan tinggi mampu melihat dan mengamati soal dengan baik, bisa mengerjakan soal secara urut sesuai dengan prosedur dan teliti membaca soal. (2) Siswa dengan tingkat kecerdasan sedang kurang teliti dalam mengamati dan membaca soal, perlu sedikit arahan, kurang teliti dalam mengerjakan soal, akan tetapi masih bisa mengerjakan soal dengan caranya sendiri. (3) Siswa dengan tingkat kecerdasan rendah tidak teliti dalam mengamati dan membaca soal, kurang keinginan untuk mengarahkan diri mengerjakan soal dan tidak bisa membayangkan rumus apa yang akan dipakai dalam mengerjakan soal. Persamaannya yaitu: siswa masih berminat untuk mengerjakan soal pemfaktoran. Dari hasil tes tulis dan wawancara dapat disimpulkan bahwa dengan menganalisis kemampuan siswa memecahkan masalah matematika berdasarkan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah maka dapat mengetahui tingkat kemampuan siswa saat mengerjakan soal pemfaktoran pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Ngrambe Ngawi tahun pelajaran 2019/2020.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Ribut, Oki
JURNAL JENDELA PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Februari 2021
Publisher : CV. Jendela Edukasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share pada siswa SMP materi aljabar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan pretest-posttest 1, 2, dan 3. Penelitian ini membandingkan Think Pair Share dengan pembelajaran konvensional yang biasanya menggunakan pembelajaran langsung. Uji ANOVA digunakan untuk menganalisis keefektifan kedua pembelajaran tersebut. Hasil uji ANOVA setiap posttest menunjukkan bahwa Think Pair Share memberikan pengaruh yang berbeda dengan pembelajaran konvensional. Think Pair Share dapat mengubah siswa dan guru menjadi inovatif dan kreatif dalam pembelajaran matematika. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa. Kedepannya, pembelajaran ini bisa menjadi solusi oleh para guru di seluruh dunia dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Page 1 of 3 | Total Record : 22