cover
Contact Name
Zahratul Qalbi
Contact Email
zahratulqalbi@unib.ac.id
Phone
+6282283435057
Journal Mail Official
abdipaud@unib.ac.id
Editorial Address
Jl. WR. Supratman, Kandang Limun Bengkulu 38371 A
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal ABDI PAUD
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 2775569X     EISSN : 27757366     DOI : 10.33369
ABDI PAUD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang Pendidikan Anak Usia Dini adalah jurnal ilmiah multidisiplin diterbitkan pertama kali pada tahun 2020 oleh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember). Artikel yang diterbitkan merupakan artikel hasil pengabdian kepada masyarakat tentang pendidikan Anak Usia Dini yang berkaitan dengan masalah umum atau masalah yang terkait dengan layanan masyarakat. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai dibidang layanan masyarakat yang belum pernah dipublikasikan pada media cetak dan online lainnya. ABDI PAUD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, berisi berbagai kegiatan staf pengajar sebagian besar universitas di Indonesia, dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Implementasi kegiatan layanan juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra. Kegiatan pelayanan diorganisasikan menjadi kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Early Childhood Education Early Childhood Development Early Childhood Education Learning Policy Early Childhood Education Early Chidlhood Problems Health in Early Childhood Education Nutrition for Early Childhood Parenting in Early Childhood Innovation in Early Childhood Education Language adn Literacy in Early Childhood Art and Creativity in Early Childhood Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
PELAKSANAAN ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK DALAM PEMBELAJARAN DARING Fadillah, Siti; Wahyuni, Sri; Putri, Azlin Atika
ABDI PAUD Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/abdipaud.v2i1.16563

Abstract

Asesmen perkembangan anak usia dini adalah sebuah proses penilaian yang komprehensif dan melibatkan anggota tim untuk mengumpulkan dan mengevaluasi informasi mengenai performa anak, sesuai dengan tahap perkembangan yang sedang dilaluinya. Mitra dalam IbM ini adalah Guru dan para orang tua wali murid di TK Dayyinah Kids 2 Rumbai yang mendampingi anak dalam masa belajar dirumah atau daring selama masa pandemi covi – 19. Permasalahan yang ditemukan yaitu Guru dan orang tua belum memahami tentang Pelaksanaan asesmen perkembangan anak dalam pembelajaran daring Adapun solusi yang ditawarkan oleh tim pengusul IbM adalah sosialisai pelaksanaan asesmen perkembangan anak dalam pembelajaran daring. Setelah kegiatan IbM ini diharapkan Guru dan para orang tua mampu melaksanakan asesmen perkembangan anak dengan baik dan tepat. Adapun hasil dari pelaksanaan pengabdian ini yaitu meningkatnya pemahaman orang tua dan guru di TK Dayyinah Kids mengenai pelaksanaan asesmen perkembangan anak selama pembelajaran daring. pemahaman tentang asesmen perkembangan anak dalam pembelajaranb daring bagi guru dan orang tua setelah dilaksanakan kegiatan sosialisai mengalami peningkatan signifikan dengan kenaikan persentase sebesar 33.13%.
SOSIALISASI TOILET TRAINING DI DESA TABA BARU KECAMATAN TABA PENANJUNG KABUPATEN BENGKULU TENGAH Saparahayuningsih, Sri; Qalbi, Zahratul; Indrawati, Indrawati
ABDI PAUD Vol 1, No 1 (2020): DESEMBER
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/abdipaud.v1i1.14037

Abstract

Mitra pada kegiatan pengabdian ini adalah Desa Taba Baru Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah. Permasalahan pada kegiatan ini adalah masih minimnya pengetahuan orang tua tentang Toilet Training pada Anak Usia Dini. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan sosialisasi kepada orang tua tentang pentingnya untuk mengetahui Toilet Training sejak dini agar anak-anak bisa mandiri untuk pergi ke toilet. Sosialisasi ini diberikan kepada orangtua sebanyak 24 orang. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 09 Juli 2019. Metode yang dipakai adalah ceramah dan diskusi. Melalui metode ini diharapkan ada peningkatan pemahaman peserta tentang Toilet Training Pada anak Usia Dini. Hasil dari pengabdian ini peningkatan pengetahuan masyarakat khususnya orang tua tentang pentingnya Toilet Training diajarkan pada anak sejak usia dini.
EDUKASI KEBUTUHAN DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PUMPING PADA IBU PEKERJA Daryati, Melia Eka; Yulidesni, Yulidesni
ABDI PAUD Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/abdipaud.v2i1.16555

Abstract

Pendidikan anak usia dini dimulai dari usia bayi yang baru lahir melalui rangsangan pemberian ASI, tidak mudah menjadi seorang ibu yang selalu memberikan ASI kepada anaknya dikarenakan status pekerjaan ibu yang berkerja di luar rumah sehingga menitipkan anak ke lembaga penitipan anak. Seorang ibu tetap dapat memberikan ASI dengan menggunakan metode pumping. Tujuan terlaksananya pengabdian masyarakat untuk memberikan edukasi kebutuhan dasar PAUD melalui metode pumping pada ibu yang bekerja di luar rumah sebagai alternatif pilihan yang tepat untuk memberikan ASI pada Taman Penitipan Anak PAUD Al-Ikhlas yang berjumlah 14 orang. Metode pengabdian menggunakan model technical assistance berupa edukasi penyuluhan dan pendampingan. Hasil kegiatan ini menunjukkan 1)  Peserta pengabdian telah memiliki pengetahuan metode pumping sebagai alternatif dalam memberikan ASI bagi ibu yang bekerja diluar, 2) Peserta pengabdian telah memahami penerapan metode pumping baik menggunakan pumping manual maupun menggunakan pumping elektrik, dan 3) Peserta pengabdian memahami cara penyimpanan ASI perah selama ibu berkerja. Perlu edukasi agar seorang ibu tetap memberikan ASI kepada anak walaupun status pekerjaan di luar rumah sehingga kebutuhan ASI tetap bisa terpenuhi untuk anak melalui penggunaan metode pumping. 
Gerakan Literasi Matematika Bagi Siswa untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif di SDN Kenari 07 Pagi Manurung, Alberth Supriyanto; Halim, Abdul; Rosyid, Ainur
ABDI PAUD Vol 1, No 1 (2020): DESEMBER
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/abdipaud.v1i1.14038

Abstract

Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran dan konsep berhubungan satu sama lain. Dalam konsepnya selalu berhubungan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Belajar Matematika dalam bentuk Gerakan Literasi siswa bukan hanya sekedar meningkat rasa ingin tahu tapi selalu berkembangnya kemampuan berpikir kreatif, mata pelajaran Matematika adalah ilmu menghitung yang bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan proses hitungan pada guru.Berdasarkan hasil observasi di SDN Kenari 07 Pagi pada proses pembelajaran guru masih menggunakan cara mengajar yang konvensional atau berpusat pada guru sebagai pemberi informasi, dengan adanya gerakan literasi siswa diharapkan meningkatkan kualitas yang baik dari setiap konsep pengerjaan masalah dalam bentuk aplikasi soal.
PENYULUHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PADAGURU-GURU PAUD GUGUS MAWAR MERAH Saparahayuningsih, Sri; Qalbi, Zahratul; Badeni, Badeni
ABDI PAUD Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/abdipaud.v2i1.16556

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberi penyuluhan kepada para guru Pendidikan Anak Usia Dini Gugus Mawar Merah Kotamadya Bengkulu tentang penggunaan media pembelajaran untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Anak yang kurang memiliki keterampilan motorik halusnya, mereka akan mengalami kesulitan menampilkan akademiknya dan tugas-tugas kehidupan sehari-hari. Guru Pendidikan Anak Usia Dini memiliki tugas untuk mengembangkan keterampilan motorik anak melalui pembelajaran. Agar materi pembelajaran pengembangan motorik halus dapat diterima oleh anak dengan baik diperlukan media pembelajaran. Keterbatasan pengalaman dan motivasi belajar anak dapat diatasi dan dirangsang melalui penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan Hasil survey kami terhadap para guru diperoleh informasi bahwa para guru kurang mengetahui penggunaan media untuk pengembangan motorik halus anak. Melihat hal itu kami tim Dosen Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Bengkulu merasa penting untuk memberikan pelatihan kepada mereka tentang penggunaan media dalam mengembangkan motorik halus anak. Selama pelatihan para peserta aktif mengikuti seluruh kegiatan dan antusias dalam mengerjakan latihan-latihan pengembangan media. Sebagai hasil kegiatan pelatihan, rara-rata para guru Gugus Mawar Merah Kotamadya Bengkulu meningkat sangat baik dalam menggunakan media pembelajaran untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Dari hasil pengabdian kepada masyarakat ini disarankan agar kegiatan ini dapat dilanjutkan pada tataran implementasi pada anak usia dini.
PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DI TAMAN KANAK-KANAK AL-JUNDI KOTA BENGKULU Nasirun, M; Yulidesni, Yulidesni; Indrawati, Indrawati; Qalbi, Zahratul
ABDI PAUD Vol 1, No 1 (2020): DESEMBER
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/abdipaud.v1i1.14039

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan guru TK dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru TK Al-Jundi Kota Bengkulu dalam penyusunan proposal penelitian tindakan kelas. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian ini adalah seluruh guru TK Al-Jundi Kota Bengkulu dan guru PAUD di sekitar yang berjumlah 11 orang guru. Metode pada kegiatan pengabdian ini adalah ceramah dan tanya jawab (orientasi), dilanjutkan dengan penugasan (latihan) menyusun proposal penelitian tindakan kelas secara garis besarnya (belum detail dan rinci) di PAUD masing-masing. Hasil pengabdian berupa pengetahuan tentang penelitian tindakan kelas dan bagaimana penyusunan proposal penelitian tindakan kelas yang  kemudian dikonsultasikan secara individu. Diharapkan setelah  kegiatan pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas hendaknya dapat ditindaklanjuti dengan bimbingan dosen PAUD FKIP Universitas Bengkulu, karena sangat membantu  guru dalam rangka kenaikan pangkatnya.
PENGINTEGRASIAN KURIKULUM, PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DAN HAK ANAK MELALUI MEDIA DI MASA PANDEMI Kusuma, Tesya Cahyani; Rifmasari, Yessi; Dahlia, Roza
ABDI PAUD Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/abdipaud.v2i1.16557

Abstract

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan guru dalam memberikan bahan pelajaran kepada siswa khususnya pada masa pandemi covid - 19. Pada masa pandemi, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara online sehingga guru merasa kurang maksimal dalam memberikan materi kepada siswa. Guru memerlukan media pembelajaran yang dapat memenuhi isi kurikulum sebagai upaya dalam penyampaian materi kepada siswa. Kenyataannya, tidak semua guru mampu merancang media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Selain itu, anak berhak memproleh pendidikan dan pengajaran walaupun dimasa pandemi covid. Melalui media audio visual dengan aplikasi kinemaster diharapkan dapat membantu guru dan menjadi solusi dalam pembelajaran saat ini. Hasilnya, media audio visual tersebut dapat membantu guru dalam menyampaikan materi terutama berkenaan dengan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini dengan indikator mengenal agama dan hari besar agama. 
PENYULUHAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN KEPADA GURU-GURU RAUDATUL ATFAL WILAYAH KECAMATAN SELUMA Saparahayuningsih, Sri; Daryanti, Melia Eka; Badeni, Badeni
ABDI PAUD Vol 1, No 1 (2020): DESEMBER
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/abdipaud.v1i1.14040

Abstract

Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberi penyuluhan kepada guru-guru Raudhatul Atfal Kabupaten Seluma  tentang bagaimana menyusun rencana pembelajaran baik rancangan pelaksanaan pembelajaran. Raudhatul Atfal merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan dengan kekhasan agama Islam bagi anak berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun. Salah satu yang perlu disiapkan oleh para guru Raudhatul Atfal adalah penyusunan rencana pembelajaran. Penting bagi seorang guru untuk membuat rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran yang harus dipersiapkan guru RA adalah Program Semester, rencana relaksanaan pembelajaran mingguan, rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, penyuluhan difokuskan pada rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan dan rencana pelaksanaan membelajaran harian. Sebelum kegiatan penyluhan dilakukan, rata-rata  guru (94,1%) belum memahami komponen-komponen perencanaan pembelajaran. Setelah dilakukan penyuluh dan pelatihan tentang rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan dan  rencana pelaksanaan membelajaran harian), rata-rata guru (82,4%) sudah bisa menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Hal yang masih dirasa belum dikuasai dan perlu ditingkatkan lagi adalah pemetaan kompetensi dasar dan pendekatan pembelajaran. Oleh karena itu implikasi dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar untuk pengabdian kepada masyarakat berikutnya dapat difokuskan pada pemetaan kompetensi dasar dan pendekatan pembelajaran.
PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI PAUD RAUDHATUL ALTHFAL MUSLIMAT DESA KUNGKAI BARU KABUPATEN SELUMA Nasirun, M; Yulidesni, Yulidesni; Indrawati, Indrawati; Qalbi, Zahratul
ABDI PAUD Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/abdipaud.v2i1.16560

Abstract

ABSTRAKTujuan melakukan kegiatan pengabdian yaitu untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan program pembelajaran paud kurikulum Paud (Program Tahunan, Smester dan Program Harian) di Paud Raudhatul Althfal Muslimat Desa Kungkai Baru Kec. Air Periukan Kab. Seluma. Pemecahan masalah dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan pemberian konsep berkaitan kurikulum dan program pembelajaran serta pelatihan pengembangan program pembelajaran anak usia dini dengan kurikulum 2013 (Program Tahunan, Smester dan Program Harian) di Paud Raudhatul Althfal Muslimat Desa Kungkai Baru Kec. Air Periukan Kab. Seluma. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah seluruh guru berjumlah 17 orang guru di Paud Raudhatul Althfal Muslimat Desa Kungkai Baru Kec. Air Periukan Kab. Seluma. Setelah dilaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berupa pengembangan program pembelajaran paud kurikulum dan setelah dilakukan penilaian berupa umpan balik dari peserta dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian dapat berjalan dengan baik dan dirasa sangat bermanfaat bagi guru, sesuai dengan harapan dan tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini. Kegiatan pengabdian pada masyarakat tersebut sangat baik dan bermanfaat bagi para guru sebab membantu guru dalam memecahkan masalah yang dihadapi berupa pemahaman kurikulum dan program pembelajaran anak usia dini pada Paud Raudhatul Althfal Muslimat Desa Kungkai Baru Kec. Air Periukan Kab. Seluma.
TANTANGAN PENDIDIKAN DALAM ERA ABAD 21 ( Penyuluhan Pada Guru TK dan SD di Kecamatan Seluma Barat, Kabupaten Seluma, Propinsi Bengkulu ) Suryadi, Didik
ABDI PAUD Vol 1, No 1 (2020): DESEMBER
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/abdipaud.v1i1.14041

Abstract

Guru memiliki  peran sangat strategis dalam menyiapkan peserta didik kehidupan masa depan. Oleh karena itu, pemahaman terhadap kondisi kehidupan masa depan yang didalamnya berisi tantangan yang dihadapi dan peluang yang dapat dimanfaatkan agar peserta didik dapat memuliakan dirinya menjadi penting dimiliki oleh guru sebagai landasan orientasi dalam membuat keputusan instruksional. Pengenalan terhadap tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh abad 21 sangat diperlukan oleh guru TK dan SD agar dapat mempersiapkan masa kehidupan anak sejak usia dini. Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk mensosialisasikan kepada guru mitra tentang tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh era abad 21 serta ketrampilan-ketrampilan perlu dikembangkan sejak usia dini dan juga pendekatan pembelajaran yang hendaknya diimplementasikan. Mitra kegiatan pengabdian adalah guru TK dan SD di lingkungan Kecamatan Seluma Barat, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Metode yang diterapkan adalah penyuluhan yang diisi dengan kegiatan cerama, tanya jawab dan diskusi. Hasil kegiatan berupa peningkatan dan pendalama pemahaman peserta tentang peluan dan tantangan abad 21 serta implikasi bagi pelaksanaan pendidikan di TK dan SD. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10