cover
Contact Name
Mulyati
Contact Email
mulyati@raharja.info
Phone
+6281296027517
Journal Mail Official
jmari@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 27232018     EISSN : 27231984     DOI : https://doi.org/10.33050/jmari.v2i1
Core Subject :
JMARI (Jurnal Manajemen Retail Indonesia) diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Retail, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNIVERSITAS RAHARJA. JMARI sebagai media diseminasi perkembangan aplikasi sistematis pada teknis maupun metode dan sarana pemecahan masalah mendasar di bidang Manajemen Retail dan manajemen secara umum. JMARI menerima artikel hasil riset dari para peneliti baik dosen, mahasiswa maupun praktisi dalam bidang manajemen atau manajemen retail yang belum pernah diterbitkan pada jurnal lain. Artikel dapat berupa hasil kajian teoritis maupun hasil penelitian yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris.
Arjuna Subject : -
Articles 28 Documents
PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT BHAKTI KARYA SAWANGAN DEPOK Sunarti, Sunarti; Sunarya, Abas; Aini, Nur
Jurnal Manajemen Retail Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v1i1.1085

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis peranan motivasi dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada PT Bhakti Karya.Metodologi Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melakukan survey serta dan penyebaran kuesioner pada pihak- pihak terkait. Dengan menggunakan analisis regresi linear berganda sehingga diperoleh hasil penelitian yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peranan positif dan signifikan antara motivasi dengan prestasi kerja karyawan, terdapat peranan positif dan signifikan antara disiplin kerja dengan prestasi kerja karyawan, serta terdapat peranan positif dan signifikan antara motivasi serta disiplin kerja secara bersama-sama terhadap prestasi kerja karyawan.
ANALISIS PENGARUH PERILAKU DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBAYARAN ANGSURAN Mulyati, Mulyati; Takismen, Takismen; Hia, Era Era
Jurnal Manajemen Retail Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v1i1.1086

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di PT Sumber Alfaria Trijaya, tbk (Alfamart). Penelitian ini menggunakan 2 variabel independen yaitu perilaku konsumen (X₁), kepercayaan konsumen (X₂) dan keputusan pembayaran angsuran sebagai variabel dependennya (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembayaran angsuran di toko Alfamart. Jumlah sampel pada penelitian ini 100 orang, metode penentuan sampel yang digunakan yaitu metode slovin, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Jenis dan sumber data adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner, sedangkan data sekunder didapat dari buku-buku yang memuat teori, internet, sumber data lainnya yang dapat dipercaya. Data yang diperoleh dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan analisis berupa uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, regresi linear berganda, pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F dengan bantuan program Statistical Package Social Science (SPSS) 17.0. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi Y = 0,417+0,176X₁+0,748X₂+e. Dari hasil analisis statistik diketahui terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial bahwa kedua variabel independen berpengaruh signifikan secara parsial bahwa kedua variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Diperoleh nilai t hitung variabel perilaku konsumen yaitu perilaku konsumen (18,537) dan kepercayaan konsumen (22,366). Maka t hitung > dibandingkan dengan nilai t tabel (1,660).
ANALISIS MINAT MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA DALAM MEMBELI SURAT KABAR HARIAN JOGJA Zebua, Selamat; Saptomo, Chrisentianus Abdi; Sugina, Sugina
Jurnal Manajemen Retail Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v1i1.1087

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Pertama, untuk mengidentifikasi sikap masyarakat Kota Yogyakarta dalam membeli surat kabar Harian Jogja, Kedua, untuk mengidentifikasi pengaruh norma subyektif masyarakat Kota Yogyakarta membeli surat kabar Harian Jogja. Ketiga, untuk mengidentifikasi perilaku lampau masyarakat Kota Yogyakarta membeli surat kabar Harian Jogja. Dan Keempat, untuk mengidentifikasi minat masyarakat Kota Yogyakarta membeli surat kabar Harian Jogja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survey kepada 100 responden. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah metode purposive sampling, dengan bantuan menggunakan SPSS For Windows versi 16. Dari hasil analisis Bentler dan Speckart menunjukkan nilai Sikap (Ab) sebesar 12,5759, Norma Subyektif sebesar 3,5522, Perilaku Lampau (PB) sebesar 7,53 dan Minat (BI) sebesar 8,87. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh Sikap (Ab) lebih besar dari Norma Subyektif (SN) dan Perilaku Lampau (PB) terhadap Minat (BI) Masyarakat Kota Yogyakarta dalam membeli surat kabar Harian Jogja.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT BANK BUKOPIN CABANG S PARMAN Isrial, Isrial; Iqbal, Muhammad; Chakim, M. Heru Riza
Jurnal Manajemen Retail Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v1i1.1088

Abstract

Berbagai faktor yang menyebabkan meningkatnya kepuasan kerja diprediksi dengan Gaya kepemimpinan yang baik akan mempengaruhi Motivasi Kerja. PT. Bank Bukopin belum memiliki kecakapan secara optimal. Output dari penelitian ini adalah mengenai gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Jenis penelitian ini ini kuantitatif dengan survey Explanatory yang populasinya seluruh karyawan tetap dan kontrak PT. Bank Bukopin S.Parman sejumlah 150 orang, teknik pengambilan sample dengan Probality yaitu random sampling. Data dianalisis dengan SPSS version 22 dan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasa Kerja. Secara parsial variabel yang berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan kerja merupakan bagian dari variabel Gaya Kepemimpinan dan Motivasi. Gaya Kepemimpinan merupakan variabel yang paling utama berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja. Disarankan pemimpin harus dapat menciptakan suasana kerja sama yang serasi untuk menumbuhkan loyalitas, agar berhubungan dengan interaksi sosial antar karyawan maupun karyawan dengan atasan lebih baik lagi.
PENGARUH TATA RUANG KANTOR, PEMBERIAN INSENTIF DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR DPRD KABUPATEN PASAMAN BARAT Rahman P, Chientya Annisa; Yanti, Novi; Iskandar, Rhoma
Jurnal Manajemen Retail Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v1i1.1089

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui motivasi tata letak kantor, insentif dan motivasi kerja untuk meningkatkan pekerjaan karyawan di kantor DPRD Kabupaten Pasaman Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel 80 staf DPRD Kab. Pasaman Barat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan angket. Sebelum digunakan sebagai alat pengumpulan data penelitian, kuesioner terlebih dahulu diuji untuk mengukur tingkat validitas dan reliabilitas kuesioner. Validitas adalah ukuran yang menunjukkan tingkat validitas instrumen atau akurasi dan akurasi instrumen dalam mengukur apa yang ingin Anda peroleh. Uji validitas menggunakan Koreksi Total Barang yang Dikoreksi. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach's Alpha. Data yang digunakan adalah analisis jalur.
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT KESEHATAN TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DI PROVINSI SUMATERA BARAT Rista, Nadia; Hanif, Hanif; Ismeirita, Ismeirita
Jurnal Manajemen Retail Indonesia Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v1i1.1090

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui 1). Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Produktivitas tenaga kerja di Sumatera Barat 2). Pengaruh Tingkat Kesehatan terhadap Produktivitas tenaga kerja di Sumatera Barat 3).Pengaruh secara bersama-sama tingkat pendidikan dan tingkat kesehatan terhadap Produktivitas tenaga kerja diSumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pooling atau panel. Teknik analisis data, yaitu analisis deskriptif dan induktif. Analisis induktif mencakup 1) Uji Hausman 2) Chow-Test 3) Analisis Model Regresi Panel, hasil memilih pada REM. Untuk melihat signifikansi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan 1) Uji t dan 2) Uji F dengan taraf nyata 5%.Hasil penelitian adalah (1) Tingkat pendidikan berpengaruh signifikandan positif terhadap Produktivitas tenaga kerja di Sumatera Barat. dengan nilai(prob = 0.0000< α = 0,05), (2) Tingkat kesehatan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Produktivitas tenaga kerja di Sumatera Barat (prob = 0.0000< α = 0,05).
PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, KETEGASAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK Takismen, Takismen; Larasati, Shanti; Rahayu, Sri; Fikri, Raihanka Haekal
Jurnal Manajemen Retail Indonesia Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v1i2.1126

Abstract

Pajak berperan penting dalam perekonomian Indonesia karena pajak merupakan sumber utama untuk mendanai APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Salah satu faktor yang bisa diterapkan dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak adalah melakukan sosialisasi pajak oleh pemerintah melalui penyuluhan dan seruan moral seperti dengan menggunakan media baliho maupun membuka situs peraturan pajak yang bisa diakses setiap saat oleh wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepatuhan wajib pajak terhadap pengaruh pengetahuan pajak, ketegasan sanksi pajak, dan pengampunan pajak. Data yang digunakan adalah data primer dari penyebaran kuesioner untuk 60 responden dan data yang diproses sebanyak 25 kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan sosialisasi perpajakan sebagai variabel (x) serta pengetahuan perpajakan sebagai variabel intervening dan kepatuhan wajib pajak sebagai variabel (y). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik linear dua kali lipat mundur. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan dan ketegasan sanksi pajak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Temuan ini dapat menambah kontribusi kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai metode alternatif untuk meningkatkan pengetahuan perpajakan akan perpajakan serta meningkatkan kepatuhan masyarakat sebagai wajib pajak.
PENGARUH CITRA MEREK DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT MULTI KARYA PERKASA Fadli, Ahmad; Sugina, Sugina; Rahmadona, Tania
Jurnal Manajemen Retail Indonesia Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v1i2.1137

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh citra merek dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Multi Karya Perkasa. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu pelanggan PT. Multi Karya Perkasa yang berjumlah 500 responden sedangkan teknik penentuan dengan sampel menggunakan accidental sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Dimana data primer dari observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta variabel lokasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Kemudian koefisien determinasi (R ) sebesar 0,741 (74,1%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 74,1% variasi variabel terikat yaitu Citra merek dan Lokasi pada model dapat menjelaskan variabel Loyalitas pelanggan PT. Multi Karya Perkasa sedangkan sisanya sebesar 25,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGANPADA PT AYAM PENYET JOKO SOLO MEDAN Sinaga, Anggiat; Zebua, Selamat; Milani, Milani
Jurnal Manajemen Retail Indonesia Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v1i2.1142

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ayam Penyet Joko Medan. Populasi dalam penelitian yaitu Pelanggan PT. Ayam Penyet Joko Solo Medan yang berjumlah 50 responden, sedangkan teknik penentuan dengan sampel purposive sampling. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Dimana data primer dari observasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder dapat dari data yang sudah didokumentasikan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi berganda yaitu Y = 21.533 + 0,284x + e yang menunjukkan Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dimana dapat dilihat nilai t hitung 3,795> t tabel 2,026serta variabel budaya organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dimana dapat dilihat nilai t hitung 2,573> t tabel 2,026. Hasil koefisien determinasi dengan nilai regresi korelasi sebesar 0,841 artinya secara bersama-sama Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Astra Credit Companies Cabang Medan II memiliki kontribusi pada taraf yang erat dan positif. Dimana nilai (R ) sebesar 0,691 (69,1%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 69,1% variasi variabel terikat yaitu gaya kepemimpinan dan budaya organisasi pada model dapat menjelaskan variabel kinerja karyawan Pada PT. Astra Credit Companies Cabang Medan II Sedangkan sisanya sebesar 30,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Adapun variabel lain yang mempengaruhi pengalaman kerja yakni kemampuan dan sebagainya.
PENGARUH MOTIVASI DAN KESEJAHTERAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN Isrial, Isrial; Sunarya, Po Abas; Tarmizi, Rasyid; Sany, Mutiara Triana
Jurnal Manajemen Retail Indonesia Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v1i2.1144

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh-pengaruh motivasi dan kesejahteraan terhadap kinerja karyawan. Populasi sebanyak 388 yang merupakan karyawan tetap (dosen/non-dosen) di Universitas Mercu Buana, kemudian diambil sampel berdasarkan rumus slovin sebanyak 200 responden. Adapun teknik pengambilan sampel adalah purposive random sampling. Kemudian dilakukan analisis penelitian menggunakan metode SEM (structural equation modeling) dengan software LISREL 8.8 untuk menguji validitas dan reliabilitas, serta menguji pengaruh antara variabel. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa motivasi berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan, akan tetapi kesejahteraan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan Universitas Mercu Buana. Dari hasil penelitian ini, peneliti dapat memberikan saran agar penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan evaluasi kinerja karyawan, serta untuk agenda penelitian selanjutnya dapat memperluas objek penelitian dan menghubungkan variabel lain untuk mengetahui pengaruh kesejahteraan terhadap kinerja karyawan.

Page 1 of 3 | Total Record : 28