cover
Contact Name
Viola Tashya Devana
Contact Email
adimas@adi-journal.org
Phone
+6287804164108
Journal Mail Official
adimas@adi-journal.org
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No.40, RT.002/RW.006, Cikokol, Kec. Tangerang Kota Tangerang, Banten 15117
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
ADIMAS Jurnal
ISSN : 2774597X     EISSN : 27745988     DOI : https://doi.org/10.34306/adimas
Core Subject : Humanities, Social,
ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Jurnal (ADIMAS Jurnal) merupakan bagian dari Pandawan Incorporation adalah jurnal ilmiah dengan akses bebas dan terbuka yang diterbitkan oleh ADI (Asosiasi Dosen Indonesia) Publisher serta didukung oleh Alphabet Incubator, dalam rangka memfasilitasi jurnal ilmiah hasil aktivitas akademika terhadap point penilaian tinggi Sertifikasi Dosen bagian pelaksanaan publikasi karya ilmiah, Jabatan Fungsional Dosen bagian penelitian C1 dan tabel publikasi 6a-6c, dan pada Point 5 dan Point 6 SIMLITABMAS di semua bidang sosial, Creativepreneur, serta Pendidikan Sosial dalam menghadapi era digital di Indonesia. ADIMAS menyediakan media untuk menerbitkan artikel ilmiah dari para sarjana dan pakar di seluruh dunia terkait dengan topik Pengabdian Kepada Masyarakat. Semua URL artikel yang diterbitkan akan memiliki Digital Object Indentifier (DOI).
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): ADI Pengabdian Kepada Masyarakat" : 10 Documents clear
Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru Kis, Kiswanto; Kirana, Chandra; Romadiana, Parlia; Wijaya, Benny; Supardi; Raya, Agustina Mardeka
ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ADI Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/adimas.v1i2.423

Abstract

Perkembangan teknologi semakin pesat dari waktu ke waktu, ditandai dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat. Tersebarnya informasi yang semakin meluas serta informasi dalam berbagai bentuk bervariasi tersaji dalam waktu yang sangat cepat. Penyajian pesan pada era informasi saat ini senantiasa menggunakan media elektronik yaitu video pembelajaran siswa. Kendala siswa belajar dimasa pandemic covid 19 antara lain : 1). Belum meratanya akses jaringan internet, 2). Guru gagap teknologi, 3). Mahalnya biaya kuota, 4). Belum meratanya penguasaan iptek di kalangan pendidik atau guru, 5). Belum siapnya pelaksanaan proses belajar mengajar menggunakan metode pembelajaran daring, 6). Kesulitan orang tua dalam mendampingi anak-anaknya melakukan kegiatan belajar mengajar menjadi kendala yang ditemui selama proses pembelajaran jarak jauh. Untuk itulah kita perlu mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan membuat video pembelajaran untuk guru-guru SMK N 1 Pangkalpinang. Metode yang digunakan : 1). Memberikan teori tentang pengenalan dasar pembuatan video pembelajaran, 2). Metode praktek dalam membuat video pembelajaran, 3). Meberikan soal latihan. Adapun hasil yang didapatkan dari pelatihan video pembelajaran ini adalah : 1). 100 % guru senang mengikuti pelatihan video pembelajaran, 2). 100 % guru lebih suka praktek pembuatan video pembelajaran, 3). 89,3 % guru suka menggunakan aplikasi zoom, bandicam dan camtasia dalam membuat  video pembelajaran, 4). 71,4 % guru bisa membuat video pembelajaran.
Pembuatan Kartu Ujian Online Sebagai Pengabdian Perguruan Tinggi Maharani, Audrey; Aninda, Santi; Millah, Shofiyul
ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ADI Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/adimas.v1i2.424

Abstract

Kartu ujian online pada Perguruan Tinggi Raharja merupakan suatu sistem informasi yang berada dalam komponen pada SIS+, dengan adanya Kartu ujian online ini dapat memudahkan semua kalangan terutama mahasiswa dalam proses pencetakan kartu ujian yang sebelumya pada Perguruan Tinggi Raharja pencetakan kartu ujian dilakukan menggunakan cara konvensional. Cara konvesional ini bisa menghabiskan waktu selama kurang lebih seminggu pada proses pencetakan yang dilakukan oleh bagian staf akademik universitas. Kini sistem SIS+ (Sistem ilearning System) akan menyajikan kartu ujian online yang dapat memudahkan mahasiswa untuk proses melaksanakan ujian tengah semester dan ujian akhir semester sehingga pada proses ini mahasiswa cukup mendownload kartu ujiannya lewat smartphone saja, sehingga mahasiswa tidak lagi mengantri panjang di resepsionis untuk memperoleh jadwal ujian. Sebelum proses pencetakan kartu ujian online ini, maka diperlukan RPU untuk mengumpulkan data mahasiswa penjadwalan kartu ujian online dari  OJRS+ berupa (Nama mahasiswa, Daftar kelas, Mata kuliah, Nama dosen, Waktu dan Ruangan). Selanjutnya proses kartu ujian online ini akan didistribusikan ke bagian Layanan Keuangan Mahasiswa (LKM) untuk didata apakah mahasiswa tersebut sudah melunasi biaya SKS atau belum. Jika mahasiswa yang sudah melunasi biaya SKS maka mahasiswa dapat mendownload kartu ujian serta print langsung di SIS+, namun jika mahasiswa yang belum melunasi biaya SKS maka kartu ujian tidak dapat di download karena tidak terdaftar.
Meningkatkan Kompetensi Sistem Informasi di Era Digital Pada Pondok Pesantren Yatim Al-Hanif Ciputat, Tangerang Selatan Mia Monica, Anastasia; Setiawan, Muhammad Soni; Anindita, Cintya
ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ADI Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/adimas.v1i2.428

Abstract

Sistem informasi merupakan kumpulan informasi yang dapat diakses melalui internet danpenggunaannya pun tidaklah sulit. Dalam sehari-hari sistem informasi digunakan sebagaialat untuk memudahkan kita mempelajari atau membeli sesuatu. Seperti, e-learning danplatform penjualan online. Bahkan sistem informasi memudahkan kita untukberkomunikasi dengan mudah secara global. Tapi baik dan buruknya sistem informasi itutergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Tujuan dari kami adalah untukmemberikan nasihat kepada para santriwati Pondok Pesantren Yatim Al-Hanif sehinggamereka mendapatkan ide-ide dan menjadi pribadi yang berguna untuk masa depan.Kegiatan pelaksanaan dilakukan pada hari Kamis tanggal 18 Maret 2021 dari jam 09.00hingga pukul 11.00. Setelah diberikan materi , para santriwati akan diberikan pertanyaansupaya mereka lebih memahami tentang sistem informasi. Kesimpulan dari kegiatanpengabdian masyarakat ini untuk adanya perubahan pandangan dari para santriwatitentang cara mengaplikasikan sistem informasi yang baik dan benar.
Kolaborasi Integrasi Inkubator Bersama Perguruan Tinggi Sebagai Bentuk Pengabdian Terhadap Masyarakat Dalam Perkembangan Iptek Saraswati, Maria; Lutfiani, Ninda; Ramadhan, Tarisya
ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ADI Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/adimas.v1i2.429

Abstract

Tunjangan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membentuk energi kerjasama keilmuanantara narasumber perguruan tinggi dengan jajaran TNI di Tangerang. Menyinggungpemahaman yang mendalam tentang arti penipuan dan Kampanye Gelap mungkinmerupakan keajaiban asli yang harus diharapkan, sehingga dapat mendukung penggunaanantisipasi dan meminimalkan pengaruh keduanya. Strategi implementasi ditengahpenyelidikan ini adalah dengan melihat-lihat dan pergi ke perguruan tinggi di Tangerangserta mampu menyuplai bahan dan mempersiapkan disana. Bahwa lahirnya PKM inimerupakan pengembangan dari kesadaran hampir energi kooperatif dari latihaninstruksional para guru Perguruan Tinggi dan TNI Tangerang sehubungan dengan artipenipuan dan kampanye gelap serta karena pokok-pokok upaya pengurusan terkait denganini. Karenanya, dalam masyarakat, ia mencipta dan berkreasi dalam masyarakat dan tertipusecara transparan yang tidak langsung tertangkap atau dikenal sebagai yang terjadibelakangan ini di masyarakat atau tanpa bukti yang jelas.
PKM Menjadikan Bumdes Lempong Mandiri Sebagai Lembaga Usaha Desa Yang Berkualitas Ristantiya, Siva; Ardani, Yakob; Hartanto, Tri
ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ADI Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/adimas.v1i2.430

Abstract

Bumdes Lempong Mandiri didirikan belum  genap 2 tahun, memiliki usaha dalam bidang jasa. Rencananya dalam waktu dekat bumdes akan menambahkan usaha dalam bidang produk. Jasa-jasa tersebut, yaitu: Pengelolaan Air Bersih, Pengelolaan Listrik, Pengelolaan Bank Sampah, Pengembangan Desa Wisata (Guo Tlorong). Tujuan pengabdian ini adalah untuk menjadikan Bumdes Lempong Mandiri sebagai lembaga usaha desa yang berkualitas, yang mampu melayani masyarakat untuk mencapai kesejahteraan bersama. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah  metode pendampingan secara daring melalui platform panggilan telepon (offline), whatsapp video call, dan whatsapp chatting. Yang menghasilkan data primer yang bersumber langsung dari sekretaris BUMDes Lempong Mandiri yaitu Ibu Siti. 
Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Revitalisasi BUMDes Sebagai Layanan Sosial Pada Bamuju Bamara Desa Sungai Tabuk NP, Aditama; Edi Winarto, Agus; Firmansyah
ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ADI Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/adimas.v1i2.431

Abstract

Karya tulis ilmiah ini berjudul Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Revitalisasi BUMDes sebagai Layanan Sosial pada Bamaju Bamara Pada Desa Sungai Tabuk Kecamatan Pantai Lunci Kabupaten Sukamara - Kalimantan Tengah. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengelolaan desa wisata, untuk mengetahui kemampuan sumber daya manusia dalam mengelola desa wisata dan untuk mengetahui upaya pengelolaan sarana dan prasarana di lokasi wisata. Metode pendampingan yang dilakukan adalah dengan metode pendampingan secara daring melalui platform panggilan telepon (offline), whatsapp video call, dan whatsapp chatting. Yang menghasilkan data primer yang bersumber langsung dari direktur BUMDes Bamaju Bamara sendiri yaitu Pak Agus Edi Winarto.Kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah perlunya mengadakan penyuluhan, pelatihan dan simulasi serta kunjungan langsung ke lokasi wisata untuk melihat hal-hal yang harus diperhatikan sebagai upaya mewujudkan desa wisata di Desa Sungai Tabuk Kecamatan Pantai Lunci Kabupaten Sukamara - Kalimantan Tengah. Masyarakat perlu dibekali dengan pengetahuan dan informasi bagaimana caranya agar dapat mengelola desa wisata dan memiliki kesadaran untuk memajukan wisata di desanya sehingga terwujud desa wisata.
Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Remaja Di Daerah Cikokol Tangerang Oktalyra, Ratih; Dwi, Cantika; Ananda, Karina
ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ADI Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/adimas.v1i2.432

Abstract

Laju penetrasi media sosial yang terus bermanuver menandakan semakin meluasnya penggunaan platform online ini di masyarakat.  Fakta mengatakan bahwa  sosial media mengalami peningkatan yang kuat karena berhubungan, fleksibilitas, dan menyediakan menu-menu untuk mensuport promosinya sendiri. Sesuai dengan sifat dasarnya, media sosial memungkinkan setiap orang membuat dan mendistribusikan konten buatan pengguna, sehingga pihak manapun selama membutuhkan akun dan terhubung ke web dapat aktif menjadi produsen konten di berbagai platform jejaring sosial. penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan berfikir remaja di wilayah Cikokol Tangerang dalam pemanfaatan media sosial untuk keperluan bisnis atau meningkatkan bisnis. Taktik yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat merupakan brainstorming dan pertemuan. Mekanisme yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat adalah diskusi dengan peserta. Output dari kegiatan pengabdian masyarakat ini berbentuk karya tulis ilmiah yang diterbitkan melalui Jurnal ADIMAS dari Universitas Raharja, juga sebagai penambah pengetahuan, pemahaman dan keterampilan mengenai pemanfaatan media sosial untuk keperluan bisnis atau promosi bisnis.
Pelatihan Software Editing Bagi Mahasiswa Pada Universitas Raharja Eka, Chandra; Puji Lestari Santoso, Nuke; Sindy Amelia; Devana, Viola Tashya
ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ADI Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/adimas.v1i2.442

Abstract

Saat ini teknologi informasi berkembang pesat, terutama pada bidang penguasaan aplikasi komputer. Perkembangan ini terjadi dimulai dari program, fasilitas, hingga perangkat yang terdapat didalamnya. Dalam kehidupan sehari-hari pemanfaatan komputer sudah mulai dirasakan seperti pada bidang kesehatan, manufaktur, bisnis, hiburan, pendidikan. Pemanfaatan dalam bidang pendidikan sudah mulai diimplementasikan di Sekolah ataupun Universitas. Menguasai komputer merupakan sesuatu yang penting, khususnya Mahasiswa di Universitas Raharja. Dalam menyelesaikan tugas perkuliahan, laporan ilmiah, Tugas Akhir hingga praktikum di dunia kerja. Saat ini masih ada Mahasiswa yang belum terlalu paham bagaimana mengoperasikan komputer. Sebagian besar mereka masih awam untuk mengerti tentang edit video dengan menggunakan Adobe Premiere 
Pemanfaatan Platform Sosial Pada Daerah Karawaci Untuk Meningkatkan Daya Jual Pada Pasar Ikan Hias Bahrudin, Endang; Sutomo, Aji; Abraham , Ardi
ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ADI Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/adimas.v1i2.444

Abstract

Dalam dunia komunikasi, kemajuan teknologi 4.0 semakin memudahkan dalam menyebarkan informasi, terutama melalui penggunaan media sosial. Menurut kompas.com, Facebook memiliki 2,4 miliar pengguna, menjadikannya situs media sosial yang multifungsi, salah satunya untuk berwirausaha. Jika menggunakan media komunikasi bisnis online, peran Facebook sebagai media bisnis online, Ikan Hias Predator kawasan Karawaci pun diteliti. Dalam penelitian ini, pendekatan analisis data adalah alat deskriptif yang meliputi menganalisis pengguna secara berkelompok. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa Facebook bertindak lebih dari sekadar alat promosi untuk bisnis online, tetapi juga sebagai cara agar dapat berinteraksi dengan calon customers. Pengusaha juga bisa mendapatkan keuntungan dari pangsa pasar Facebook yang luas. Di wilayah Karawaci hal ini berdampak besar pada penjualan ikan hias predator. 
Program Pelatihan “Hidroponik” Di Kelurahan Paku Jaya kepada Kelompok Ibu-Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Azwar, Zahara; Ramadhani, Nina; Dwi, Novita
ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ADI Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/adimas.v1i2.446

Abstract

Berdasarkan analisis situasi diketahui bahwa sebagian besar ibu-ibu PKK warga Paku Jaya, Tangerang Selatan berprofesi sebagai ibu rumah tangga, sehingga mempunyai waktu yang cukup banyak untuk melakukan kegiatan yang mampu menambah penghasilan. Tujuan dari program ini adalah untuk memberdayakan ibu rumah tangga memberi pelatihan bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Konsep “Hidroponik” merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air/larutan mineral bernutrisi tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi. Sistem bertanam “Hidroponik” merupakan konsep bertanam yang cocok untuk daerah perkotaan dan lahan terbatas. Luaran jangka panjang yang diharapkan dari pengabdian ini adalah meningkatkan penghasilan dan peningkatan kesejahteraan. Guna mencapai target luaran yang telah direncanakan, kegiatan pengabdian dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: (1) pemaparan materi “Hidroponik”; (2) Pelatihan kepada masyarakat dan Praktik Pembuatan “Hidroponik” dan (3) Pendampingan selama dua bulan atau praktik berkebun dengan sistem Hidroponik” serta (4) Evaluasi kegiatan. Hasil dari pengabdian ini adalah terbentuknya kebun hidroponik yang ditempatkan di Kantor Balai Desa Paku Jaya dikelola bersama antara Kelompok Ibu-ibu PKK sangat respon dan antusias serta akan mengembangkannya di rumah masing-masing.

Page 1 of 1 | Total Record : 10