cover
Contact Name
Hasrul Rahman
Contact Email
hasrul.rahman@pbsi.uad.ac.id
Phone
+6285725773388
Journal Mail Official
jurnal.genre@pbsi.uad.ac.id
Editorial Address
Jalan Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
ISSN : -     EISSN : 27162613     DOI : https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.3918
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) merupakan jurnal ilmiah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian mahasiswa yang berhubungan dengan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, kajian linguistik dan pengajarannya, serta kajian sastra dan pengajarannya. Jurnal ini terbit 2 kali setahun, Agustus, dan Februari. E-ISSN = 2716-2613. Jurnal ini bertujuan untuk menampung hasil penelitian mahasiswa Prodi PBSI, UAD dan di luar UAD yang memiliki jalinan kerja sama. Ruang lingkup jurnal ini adalah mahasiswa perguruan tinggi pada prodi PBSI yang berkerja sama dengan UAD. Fokus jurnal ini adalah pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, kajian linguistik dan pengajarannya, serta kajian sastra dan pengajarannya.
Articles 38 Documents
ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA SEGMEN TALK SHOW DALAM ACARA INDONESIA MORNING SHOW NET TV DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA Falanta, Amelia Sara; Fakhrudin, Moh.; Purwanto, Joko
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1068

Abstract

This study aims to describe (1) compliance with the language politeness principle, (2) violation of the language politeness principle in the talk show segment in the NET Morning TV Show Indonesia and (3) its relevance to learning Indonesian in class X SMA. In this research, the data collection uses competent and free listening techniques and note taking techniques and the data presentation techniques use informal techniques. Based on the results of data analysis, the 76 principles of politeness maxim that were found in this study consisted of 14 maxims of wisdom maxims, 14 maxims of generosity, 19 maxims of praise, 6 of maxims of humility, 19 of maxims of agreement, and 4 of maxims of sympathy . The violations of the language politeness principle found in this study amounted to 25 consisting of 2 violations of wisdom maxim, 3 violations of generosity maxim, 2 violations of praise maxim, 5 violations of humility maxim, 11 violations of agreement maxims, and 2 violations of sympathy maxim. The results of the analysis in the study are relevant to Indonesian language learning in class X SMA, as stated in the basic competency syllabus (KD) 4.3, which is developing the contents of the exposition text (problems, arguments, knowledge, and recommendations) verbally and on basic competencies (KD) 4.10 namely submitting submission, offer, approval and concluding in the negotiating text verbally.
Kesalahan berbahasa dalam tataran sintaksis pada web magazine magdalene edisi oktober 2019 dan kaitannya dengan pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII SMP Ferdianti, Dini
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 2, No 2 (2020): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v2i2.2859

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk kesalahan sintaksis pada web magazine Magdalene Edisi Oktober 2019, (2) bentuk perbaikan kesalahan sintaksis pada web magazine Magdalene Edisi Oktober 2019, dan (3) kaitan kesalahan berbahasa dalam tataran sintaksis pada Web Magazine Magdalene edisi Oktober 2019 dengan pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dengan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Instrumen pengumpulan data adalah human instrument, dibantu dengan kartu data dan tabulasi data. Analisis data dilakukan dengan metode agih dan teknik lesap serta teknik ganti. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya sembilan kesalahan berbahasa dalam tataran sintaksis dengan persentase masing-masing jenis kesalahan sebagai berikut: (1) diksi yang tidak tepat dalam membentuk kalimat 24,07%; (2) kalimat berstruktur tidak baku 9,25%; (3) kalimat yang tidak jelas 5,5%; (4) logika kalimat 14,81%; (5) kontaminasi kalimat 5,5%; (6) kalimat ambigu 9,25%; (7) koherensi 5,5%; (8) kata serapan yang tidak tepat 3,7%; dan (9) penggunaan bentuk mubazir 22,2%. Kesalahan berbahasa dalam tataran sintaksis yang paling banyak ditemukan pada web magazine Magdalene Edisi Oktober 2019, yaitu penggunaan diksi yang tidak tepat, penggunaan bentuk mubazir, dan logika kalimat. Hasil penelitian ini dapat dikaitkan dengan pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII SMP KD 4.4. dan KD 4.4.
Eksperimentasi Model Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Puisi Kisnanto, Imam; Sholehhudin, Muhamad; Setiyono, Joko
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1058

Abstract

This research aims to determine whether the Quantum Learning model based on the Scientific approach can provide better learning outcomes rather than direct learning model. This research is a quasi experimental research with matching static group comparison design. The research instrument used to obtain data is in the form of documentation and test. The calculation of the hypothesis test the value of tcount > ttable where tcount = 1.83 and ttable = 1.68 at the significant level of 5% with dk=50. The conclusions from the analysis of the hypothesis test is that the Quantum Learning model based on Scientific approach provides better learning outcomes than students who were taught using direct learning models.
Analisis elemen penyebab konflik batin tokoh utama (perspektif psikoanalisis Freud) dan relevansinya sebagai bahan ajar sastra di SMA Wardianto, Bayu Suta; Khomsiyatun, Umi
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 2, No 2 (2020): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v2i2.3918

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan elemen penyebab suatu konflik batin tokoh utama muncul dalam sebuah karya sastra dan relevansinya sebgai bahan ajar di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini diambil dari kumpulan cerpen Ratih Kumala yang berjudul Bastian dan Jamur Ajaibnya. Hasil penelitian ini diperoleh sebuah konstruksi mengenai eleman penyebab konflik batin tokoh utama. Dari sampel yang diteliti diperoleh hasil bahwa adanya penyebab konflik batin pada tokoh utama dipengaruhi dan didominasi akibat adanya faktor ekternal. Hasil penelitian ini dapat dijadikan kontribusi dan digunakan dalam proses pembelajaran khusunya pembelajaran di SMA sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran sastra baik dari aspek bahasa, aspek latar budaya dan aspek psikologis.
KRITIK SOSIAL PADA NOVEL “Dilan : dia adalah Dilanku Tahun 1990” KARYA PIDI BAIQ Pangaribuan, Naomi Natalia; br Ginting, Netti Vera; br Purba, Rini Wulandari; Aritonang, Parsaoran; Annisa, Annisa
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1051

Abstract

This research title is  SocialCriticism in the Novel "Dilan: dia adalah Dilanku Tahun 1990" by Pidi Baiq. The aim of this study is (1) To find out the social criticism contained in the novel, (2 ) To find out the results of the social criticism analysis contained in the novel. This research is included in library techniques and content analysis. The method used is descriptive qualitative research methods. Data sources used in this study is the text of the novel "Dilan: dia adalah Dilanku Tahun 1990" by Pidi Baiq, the second print in 2016 and published by Pastel Books Bandung. The study used a sociological literary approach that considered social aspects to better understand the social symptoms contained in the novel "Dilan: dia adalah Dilanku Tahun 1990" which focused on issues related to social criticism.The results of this study are aimed at the world of education, especially among adolescents who are still educated in schools which cause various  social problems that occur in the midst  the environment of society. As for social criticism found in the novel " Dilan: dia adalah Dilanku Tahun 1990", that is  social criticism of juvenile delinquency in school, criminalization, attitudes and behavior, educators (teachers), power, and injustice and low. 
Bentuk-Bentuk Konstruksi Identitas Postkolonial dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck Yogie Wijaya, Bangbang; Halimatussa’diah, Diyanah Nisa
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 2, No 1 (2020): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v2i1.1410

Abstract

Postcolonial becomes an interesting topic to be discussed when it has changed the custom and cultural order that had existed in the previous community. Postcolonialism received many pros and cons comments, one of which was delivered by HAMKA in its pro-work entitled The Sinking of the Van der Wijck Ship. Through the postcolonial study of Homi K. Bhabha, the author examines the forms of identity construction conveyed by HAMKA in his novel. This research uses descriptive qualitative method to look for characteristics, elements, traits or phenomena.
Pemelajaran Kosakata Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Adaptasi Pesantren Renhoat, Shifa Fauziyah; Faitah, Itah; Yunita, Nina; Fadly, Ahmad
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 2, No 1 (2020): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v2i1.1974

Abstract

This study aims to provide an alternative offer of vocabulary learning models adapted from learning models in pesantren. Observations made during June 2019 and interviews with informants who have woven pesantren education and intruspection methods were applied in this study. In the pesantren environment, especially modern pesantren, vocabulary learning is done in a practical way. Speaking skills in the current context are focused on modern pesantren. In the pesantren tradition, especially traditional pesantren, vocabulary learning takes precedence over the strengthening of scientific terms, especially those contained in classical texts (kitab kuning). In the combination learning model, which is generally applied in semipesantren, the vocabulary learning is carried out on two lines: the classical and practical paths. This study offers the concept of learning on the basis of vocabulary mapping based on the needs and relationships between learners and BIPA teachers.
Kesalahan diksi pada skripsi Mahasiswa Program Studi Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2016 Tibyani, Waesy
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 2, No 2 (2020): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v2i2.3319

Abstract

Skripsi merupakan salah satu karya ilmiah yang harus dituntaskan oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan pada jenjang S-1. Dalam skripsi skripsi mahasiswa Progam Studi Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2016, ditemukan kesalahan penggunaan bahasa Indonesia khususnya dalam bidang diksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsika kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam bidang diksi pada skripsi mahasiswa Progam Studi Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif  dengan metode penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu skripsi mahasiswa Progam Studi Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2016. Objek dalam penelitian ini yaitu kesalahan berbahasa pada bidang diksi. Metode yang digunakan yaitu menerapkan teknik simak dan catat untuk melakukan pengumpulan data. Metode analisis data menggunakan metode padan ekstalingual. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) penggunaan unsur yang berlebihan atau mubadzir, (2) pasangan kata yang tidak tepat (baik...maupun), (3) pasangan kata yang tidak tepat (antara...dan), (4) penambahan kata dengan, dan (5) penjamakan yang ganda.
KESALAHAN BERBAHASA PADA JURNAL KARIMAH PERIODE AGUSTUS 2017 DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN KARYA ILMIAH DI SMA KELAS XI Morizkavenlia, Dhara; Sudarmini, Sudarmini
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 1, No 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1060

Abstract

Jurnal adalah salah satu media yang menggunakan bahasa formal. Namun, ada kalanya penulisan yang terdapat dalam jurnal tidak sesuai dengan ketentuan. Terdapatnya kesalahan-kesalahan menulis dalam sebuah jurnal seolah menjadi bukti bahwa tidak semua orang mampu menulis dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan sintaksis dalam Jurnal Karimah Periode Agustus 2017, kesalahan ejaan dalam Jurnal Karimah Periode Agustus 2017, dan kaitan kesalahan berbahasa pada Jurnal Karimah Periode Agustus 2017 dengan pembelajaran karya ilmiah di SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu Jurnal Karimah Periode Agustus 2017 dan objek berupa kesalahan berbahasa. Metode pengumpulan data yaitu metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Instrumen pengumpulan data adalah human intrument dengan alat bantu kartu data dan tabulasi data. Metode analisis data menggunakan metode padan ortografi dengan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) untuk meneliti kesalahan ejaan dan metode agih dengan teknik lesap serta teknik ganti untuk meneliti kesalahan sintaksis. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah: (1) kesalahan sintaksis terdiri dari kalimat berstruktur tidak baku 8 data, kalimat ambigu 4 data, kalimat yang tidak jelas 26 data, kontaminasi kalimat 16 data, koherensi 1 data, dan penggunaan kata mubazir 79 data; (2) kesalahan ejaan terdiri dari penulisan kapital 46 data, penulisan huruf miring 29 data, penulisan kata 135 data, penulisan unsur serapan 16 data, dan penulisan tanda baca 32 data; serta (3) keterkaitan antara kesalahan berbahasa pada Jurnal Karimah Periode Agustus 2017 dengan pembelajaran teks karya ilmiah terdapat pada KD 3.15 dan 4.15 serta dicantumkan pada RPP dan luaran berupa modul berjudul Memahami Kesalahan Berbahasa melalui Teks Karya Ilmiah.
Analisis kesalahan berbahasa tataran semantik pada berita daring laman sindonews.com Aji, Ananta Bayu; Istikhomah, Elfina; Al Majid, M. Zidane Yusi; Ulya, Chafit
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 2, No 2 (2020): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v2i2.3290

Abstract

Kesalahan berbahasa merupakan peristiwa yang dilakukan secara sengaja maupun tidak dan dilakukan oleh pengguna bahasa. Peristiwa tersebut dapat diketahui melalui sebuah acuan pada kompetensi yang terjadi secara sistematis dan konsisten. Penelitian ini mendeskripsikan kesalahan berbahasa tataran semantik pada berita daring laman sindonews.com. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan dalam tataran semantik dengan objek kajian berupa berita daring pada laman sindonews.com. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik simak dan catat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa tataran semantik pada berita daring laman sindonews.com meliputi kesalahan 1) gejala hiperkorek, 2) gejala pleonasme, 3) pilihan kata atau diksi, dan 4) ambiguitas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berita daring ke depannya harus lebih berhati-hati saat mempublikasikan berita. Media berita daring harus jeli dan mengoreksi penulisan berita yang hendak dipublikasikan. Kesalahan berbahasa pada berita daring dapat berakibat fatal karena perbedaan persepsi dan makna dari setiap pembaca.

Page 1 of 4 | Total Record : 38