cover
Contact Name
Lie Othman
Contact Email
jip@ejournal.unri.ac.id
Phone
+62818743564
Journal Mail Official
jip@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Jl. Patimurra No. 9 Gobah Pekanbaru, Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JIP (Jurnal Industri dan Perkotaan)
Published by Universitas Riau
ISSN : 14103575     EISSN : -     DOI : -
JIP (Jurnal Industri dan Perkotaan) menerbitkan tulisan penelitian orisinal hasil penelitian eksperimental dan kajian di bidang industri dan Perkotaan yang belum pernah dibahas dalam media komunikasi lainnya dalam bentuk apa pun yang dilakukan secara lengkap dalam Bahasa Indonesia dan / atau Bahasa Inggris. Adapun ruang lingkup kajian yang termasuk dalam JIP (Jurnal Industri dan Perkotaan) diantaranya kajian Tata Ruang dan Wilayah, Perencanaan Wilayah, Pembangunan Ekonomi Daerah, Pembangunan Desa-Kota, Industri Kecil, Menengah dan Besar, Keuangan Daerah, Ilmu Lingkungan, Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia serta berbagai kajian lain yang relevan dengan Ilmu Industri dan Perkotaan.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 19 (2007)" : 1 Documents clear
TIPOLOGI BANGUNAN KAWASAN CAGAR BUDAYA KONSEP ARAHAN PEMBANGUNAN PERKOTAAN BERKELANJUTAN Studi Kasus Kota Siak Sri Indrapura Firzal, Yohannes
JIP ( Jurnal Industri dan Perkotaan ) Vol 11, No 19 (2007)
Publisher : Pusat Studi Industri dan Perkotaan (PSIP) Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penetapan kawasan cagar budaya merupakan salah satu cara untuk mempertahankan karakter ruang kota. Dalam hal ini perubahan fisik (bangunan) merupakan elemen yang paling berpengaruh dalam mempertahankan jati diri ruang kota tersebut. Diperlukan penelitian dan pendekatan yang tepat guna merumuskan kebijakan pembangunan untuk kawasan cagar budaya. Penelitian tipologi bangunan dilakukan pada Kawasan Cagar Budaya di Kota Siak Sri Indrapura. Merupakan rangkaian kegiatan persiapan, survey lapangan, studi literatur, pengumpulan data, analisa dan konsep rumusan awal arahan bangunan. Pengelompokan bangunan (tipology) menjadi beberapa kategori berdasarkan pada fungsi, orientasi, ornamen dan corak ragam hias, kategori ataupun kriteria khusus lainnya. Hasil akhir penelitian tipologi bangunan ini merupakan masukan yang dapat menjadi pijakan teknis untuk menetapkan kebijakan arahan bangunan yang tepat pada Kawasan Cagar Budaya di Kota Siak Sri Indrapura.Kata kunci :kawasan, cagar budaya, tipologi, kebijkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 1