cover
Contact Name
Herna Hirza
Contact Email
hirzaherna0@gmail.com
Phone
+6281397728339
Journal Mail Official
hirzaherna0@gmail.com
Editorial Address
JL. Willem Iskandar Pasar v Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Grenek: Jurnal Seni Musik
ISSN : 23015349     EISSN : 25798200     DOI : https://doi.org/10.24114/grenek.v10i1
Grenek : Jurnal Seni Musik merupakan jurnal yang dikelola oleh prodi pendidikan musik jurusan sendratasik FBS Unimed. Grenek: Jurnal Seni Musik menyajikan persoalan dan isu-isu terkini tentang musik di Indonesia terkhusus di Sumatera utara. Grenek : Jurnal Seni Musik secara khusus membahas tentang pendidikan musik, penyajian musik, pengelolaan musik, penciptaan musik, serta pengkajian musik.
Articles 136 Documents
TINJAUAN BENTUK REPERTOAR PERTUNJUKAN SENI ANSAMBEL MUSIK PADA KOMUNITAS TUJUH KELILING TANJUNG MORAWA MEDAN Saragih, Rado Niko
Grenek Music Journal Vol 2, No 3 (2013): Grenek Music Journal
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/grenek.v2i3.3884

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan data - data kualitatif. Data – data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah Komunitas Tujuh keliling Tanjung Morawa Medan di Jln. Perintis Kemerdekaan Tanjung Morawa B gang buntu Deli Serdang. Setelah analisis dilakukan, ditemukan hasil bahwa bentuk repertoar pertunjukan seni ansambel musik komunitas tujuh keliling membuat suatu konsep musik yang berasal dari unsur musik tradisi yang digabungkan dengan musik pop, hal ini dapat dilihat dari apresiasi masyarakat yang sangat mendukung karier dan prestasi komunitas tujuh keliling dalam menampilkan pertunjukan seni.
MAKNA DAN NILAI LAGU YANG TERKANDUNG DALAM SYAIR LAGU HAHOLONGI MA SIDOLI KARYA DOMPAK SINAGA SERTA PROSES PENCIPTAANNYA Siregar, Nasriani
Grenek Music Journal Vol 6, No 2 (2017): Grenek : Jurnal Seni Musik
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/grenek.v6i2.10968

Abstract

This study aims to determine the meaning of the valuecontained in the song lyrics haholongi ma Sidoli worksDompak sinaga. The theory used is the meaning, value, Songand Poetry. The meaning is the meaning or intent of a wordthat summed. Values mean something that has a quality angle,song is a composition of the tone or voice. The researchmethod used is descriptive qualitative. This research wasconducted in Humbang Hasundutan and research was startedin December 2015 to February 2016. The study populationwas not there. While the sample is Haholongi Song Ma SidoliDompak Sinaga work as much as one song and DompakSinaga. The results of this study indicate that the meaning ofthe song lyric Haholongi Ma Sidoli were lovers who are notdestined for a brotherly relationship (match). The values onthe song lyric Haholongi Ma Sidoli is: enjoyment value, thevalue of patience, the value of love, psychiatric tilapia, thevalue of life.
ORGANOLOGI INSTRUMEN TIUP SARUNE Arista Sitepu, Yobel Arista Sitepu Yobel
Grenek Music Journal Vol 1, No 1 (2012): Grenek E-Jurnal
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/grenek.v1i1.850

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan Sarune, cara memproduksi bunyi Sarune, dan sistem pelarasan bunyi Sarune. Dimana alat musik ini merupakan salah satu peninggalan leluhur dari nenek moyang masyarakat Karo, yang sampai sekarang masih digunakan pada acara adat masyarakat karo. Dalam penelitian ini didukung oleh teori-teori yang bertujuan, agar hasil dari suatu studi kepustakaan yang saling berhubungan (relevan) terhadap pokok permasalahan yang hendak diteliti. Adapun teori yang digunakan yaitu,  Organologi, Instrumen, Sarune, Proses, Memproduksi, Bunyi, Sistem, dan Pelarasan. Dalam tulisan ini menjelaskan  sampai kepada hal sekecil-kecilnya tentang pembuatan Sarune. Secara umum tulisan ini menunjukkan bahwa adanya keberadaan pembuat Sarune pada masyarakat Karo di desa Seberaya Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo. Pembuatan alat musik Sarune Karo tersebut, dikerjakan sepenuhnya secara tradisional dibantu dengan peralatan tukang pada umumnya dan dengan bahan seperti Kayu Selantam, Sisik baning/tanduk kerbau, daun kelapa, dan Timah. Adapun  hasil dari pengerjaan itu terbagi menjadi lima bagian yaitu Batang Sarune, Gundal Sarune, ampang-ampang sarune, Tongkeh Sarune, dan Anak-anak Sarune.
INOVASI INSTRUMEN BIOLA BERFRET DI MTS NURHASANAH KABUPATEN BATUBARA Fauzi, Ade; Widiastuti, Uyuni
Grenek Music Journal Vol 9, No 1 (2020): Grenek: Jurnal Seni Musik
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/grenek.v9i1.23292

Abstract

The purpose of this study 1) To determine the learning process of the violin using the innovation of the fret violin instrument at MTs Nurhasanah Batubara Regency, 2) To determine the process of making the violin instrument innovation. The theories used are innovation theory, learning theory, violin theory, and fret (tone barrier). Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate 1) The learning process of the violin includes an explanation of the parts of the violin and their functions followed by reading music notation with tabulated numbers and teaching material from the Suzuki method manual. 2) The production of the stringed violin instrument consists of several stages, including: (1) the manufacturing process, (2) the manufacturing steps, (3) the materials used, and (4) the advantages and disadvantages of the stringed violin instrument. The manufacturing process is quite simple, just adding a fret that is planted on the fingerboard and then measured by a cromatic tuner measuring instrument.
KEBERADAAN MUSIK BEATBOX KOMUNITAS GENDANG MULUT JALAN GAGAK HTAM RINGROAD MEDAN Marpaung, Dwi Debby
Grenek Music Journal Vol 2, No 1 (2013): Grenek Music Journal
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/grenek.v2i1.3729

Abstract

Musik beatbox adalah seni menriru bunyi. Musik beatbox merupakan salah satu bentuk seni yang memfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi seperti ketukan drum, instrumen musik maupun tiruan bunyi lainnya. Musik yang dihasilkan berasal dari alat ucap manusia yaitu mulut, lidah, bibir, dan rongga ucap lainnya. Orang-orang yang mahir dan menguasai musik beatbox disebut beatboxer.  Komunitas Gendang Mulut terdiri dari para beatboxer yang aktif dalam mengembangkan musik beatbox khususnya di kota Medan. Mengenalkan serta memopulerkan musik beatbox dengan menampilkan musik beatbox diberbagai acara. Mempopulerkan musik beatbox melalui sosial media dilakukan komunitas Gendang Mulut untuk memopulerkan musik beatbox serta memperkenalkankan komunitas Gendang Mulut sehingga keberadaan komunitas Gendang Mulut diketahui masyarakat.
IMPLEMENTASI TEKNIK VOKAL NASAL PADA PADUAN SUARA MAHASISWA SOLFEGGIO CHOIR UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Siregar, Siska Magdalena
Grenek Music Journal Vol 7, No 2 (2018): Grenek : Jurnal Seni Musik
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/grenek.v7i2.10898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi teknik vokal nasalpada Paduan Suara Mahasiswa Solfeggio Choir Universitas Negeri Medan. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik teknik vokal Nasal padaPaduan Suara Mahasiswa Solfeggio Choir Universitas Negeri Medan, untukmengetahui fungsi implementasi teknik vokal Nasal pada Paduan Suara MahasiswaSolfeggio Choir Universitas Negeri Medan, untuk mengetahui hasil yang diperolehsetelah mengimplementasikan teknik vokal Nasal pada Paduan Suara MahasiswaSolfeggio Choir Universitas Negeri Medan.Teori yang digunakan adalah teori implementasi, teknik vokal, teknik vokal nasal,paduan suara. Implementasi adalah perluasan aktivitas yang saling menyesuaikan.Teknik vokal adalah suatu cara memproduksi suara yang baik dan benar, sehinggasuara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring. Teknik vokal nasaladalah vokal yang diartikulasikan dengan udara yang keluar dari hidung yangmenghasilkan bunyi suara yang sengau. Paduan suara atau koor merupakan istilahyang merujuk kepada ensambel musik yang terdiri atas penyanyi-penyanyi maupunmusik yang dibawakan oleh ensambel tersebut.Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampeldalam penelitian ini adalah anggota Paduan Suara Mahasiswa Solfeggio ChoirUniversitas Negeri Medan, partitur dan audio visual dari lagu Tandai Ma Au.Pengumpulan data ini dilakukan dengan metode observasi atau pengamatan,wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini di ambil diSekretariat Paduan Suara Mahasiswa Solfeggio Choir Universitas Negeri Medan,dan penelitian ini dilaksanakan dari bulan Oktober 2017.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi teknik vokal nasal padaPaduan Suara Mahasiswa Solfeggio Choir Universitas Negeri Medan harus diawalidengan pemanasan, olah vokal serta berlatih pernafasan terlebih dahulu karena haltersebut sangat penting dan berpengaruh pada saat bernyanyi agar tidak terjadicedera pada pita suara. setelah melakukan pemanasan lalu terapkanlah teknik nasaltersebut dengan menyanyikan sebuah lagu. Contoh lagu yang diambil adalah lagu2Tandai Ma Au. Hasil yang diperoleh pada saat bernyanyi menggunakan tekniknasal tersebut adalah suara yang dikeluarkan terdengar lebih jernih dan liris berbedaketika bernyanyi dengan teknik biasa.
PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA TEKNOLOGI MUSIK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN SOFTWARE DIGITAL AUDIO WORKSTATION Andriyanto, R.M Aditya
Grenek Music Journal Vol 9, No 2 (2020): Grenek: Jurnal Seni Musik
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/grenek.v9i2.19392

Abstract

This study aims to determine the process of implementing Digital Audio Workstation learning media software in the Music Technology course in the Study Program of Music Education Music UNJ. In addition, this research is expected to broaden the insight of educators and students (students) about DAW software as a digital literacy of 21st century music education. This research method uses qualitative methods with a participatory action research approach. This study utilizes open interviews to examine and understand the attitudes, views, feelings and behavior of individuals and study groups. Assessing the effectiveness and efficiency of applying DAW software in the production of music. The results showed that music technology courses were arranged to have an important role in integrating technology in education. In addition, the use of technology in learning activities is carried out in an effort to improve the quality of education. Technology is able to provide broad, fast, effective, and efficient access to the dissemination of information to various parts of the world. 
From Editor Sudrajat, S.Pd, Ridho
Grenek Music Journal Vol 2, No 1 (2013): Grenek Music Journal
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/grenek.v2i1.3710

Abstract

Grenek Music Journal merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Musik Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Jurnal elektronik maupun cetak ini  yang pada awalnya bernama Grenek E-Jurnal kini telah berganti nama menjadi Grenek Music Journal. pergantian nama jurnal ini dilakukan setelah  sempat terhentinya terbitan jurnal ini akibat kendala-kendala teknis yang dialami. Grenek Music Journal kini kembali menyajikan persoalan-persoalan dan isu-isu terkini tentang musik di Indonesia terkhusus di Sumatera Utara. Grenek Music Journal membahas tentang pendidikan, penyajian, pengelolaan, penciptaan, serta pengkajian musik. Pembahasan musik yang akan disajikan dalam jurnal ini meliputi pendidikan dan pembelajaran musik, musik nusantara, musik industri dan populer, musik serius, serta musik fungsional.
PEMBELAJARAN ANSAMBEL GESEK EKSTRAKURIKULER DI SMK METHODIST CHARLES WESLEY MEDAN Simanjuntak, Kevin Justinus Elwadi
Grenek Music Journal Vol 7, No 1 (2018): Grenek : Jurnal Seni Musik
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/grenek.v7i1.8787

Abstract

This study is about the String Ensemble Learning in Extracurricular at SMK MethodistCharles Wesley Medan. The purpose of learning is to know the learning process of stringensemble extracurricular, knowing in teaching methods and materials string ensemble, knowingthe learning ability of ensembles extracurricular participant, and to identify constraints stringensemble extracurricular teaching at SMK Methodist Charles Wesley Medan.The study is based on theoretical foundation to explain the theory of learning, thelearning component, understanding ability, sense of ensemble, string ensemble understanding, andextracurricular activities.This study will take a place in Jalan Padang Golf (In), Central Business District BlockCC-DD Polonia, Medan Polonia. This study uses descriptive qualitative research, observation,interviews, documentation and literature review. The samples are part of the population that isabout to be investigated, which in this study were teachers and all students who take the stringensemble extracurricular activities are 15 students and 1 teacher.Once the entire data has been collected, then analyzed to answer all the questions ofthe study. The learning process is carried out for 60 minutes, the time used to explain the theory isa 15-minute and 45-minute practice. The implementation stage string ensemble learning studentswho take these activities are all students in both the junior high school students Methodist CharlesWesley, the high school students of Charles Wesley Methodist School, and SMK Methodist CharlesWesley were merged into a single string ensemble group.In the ensemble learning process swipe at SMK Methodist Charles Wesley Medanmaterial used is a script of classical music such as Baroque and Rokoko, Romantic, Classical andContemporary Classical. The obstacles in the form of incomplete facilities, differences in levels ofstudent proficiency, and student attendance in a regular schedule that already exists. Students canbe said to be capable of if the students can play an instrument properly, in accordance with goodtechnique, mastering the material well, and can play with a harmonious ensemble.
ANALYSIS OF SONG STRUCTURE A SING SING SO ARRANGEMENT OF BIAN LIUNIAN Sianturi, Ruth Vicky; Hirza, Herna
Grenek Music Journal Vol 8, No 2 (2019): Grenek : Jurnal Seni Musik
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/grenek.v8i2.14289

Abstract

The research aims to determine the structure and arrangement of the song A Sing sing So arrangement Bian Liunian. The theories used in this study include the understanding of analysis, the understanding of structures, the notion of music, the understanding of interpretation, the understanding of songs, the definition of A Sing Sing So. This research uses a qualitative method of descriptive research that is a research method aimed to describe in detail and clearly about a phenomenon that is the focus of research. This study is a qualitative descriptive study, therefore, this research was conducted in the laboratory of Sendratasik department which was carried out in February 2019 – June 2019. The results of this study show that the song of A Sing Sing So of Bian Liunian arranger has 13 motifs along with its supporting motif, has 6 phrases consisting of phrase questions and answers, this song is also a two-part song consisting of part A and B. Arrangement of this song can be seen from the melody, rhythm and harmonization of Mandarin nuance but the interpretation of the song does not correspond to the meaning of the actual song.

Page 1 of 14 | Total Record : 136