cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
ISSN : 14116502     EISSN : 27228649     DOI : -
Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian buku
Arjuna Subject : -
Articles 284 Documents
Tingkat Selektivitas, Faktor Kapasitas, Jumlah Pelat Teoritik dan Waktu Retensi Analisis PAH dengan GC-FID Menggunakan Kolom RTX-5-MS dan Kolom CP-Sil 8 CB Syahrir, Muhammad
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 13, No 2 (2012)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemica.v13i2.628

Abstract

Kromatografi Gas tipe QP 2010 mampu mendeteksi Poliaromatik Hidrokarbon (PAH) skala nanogram permikroliter. Jenis kolom yang dipakai memerlukan suatu ketepatan dan ketersesuaian yang bergantung pada PAH. Beberapa jenis PAH yang dipakai dalam membandingkan jenis kolom dalam penelitian ini adalah naftalena, asenaftene,fenantrena, florantena,pirena, Benzoantrasena dan perilena. Membandingkan dua jenis kolom Kolom Rtx-5-MS dan Kolom CP-Sil 8 CB. Tingkat selektivitas, faktor kapasitas, jumlah pelat teoritis serta waktu retensi menjadi kriteria dalam diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolom Rtx-5-MS pada kondisi kromatografi gas memberikan tingkat selektifitas, faktor kapasitas dan jumlah pelat teoritis memenuhi syarat pemisahan yang baik dan waktu retensi antara 4,60 menit – 30,00 menit, sedangkan kolom CP-Sil 8 CB      (25 m x 0,23 mm) pada waktu retensi antara 4,60 menit – 25,00 menit, sedikit lebih cepat dalam terdeteksi PAH dengan tingkat selektivitas yang lebih tinggi. Kolom Rtx-5-MS memenuhi syarat pemisahan PAH dengan baik tetapi memerlukan waktu kurang lebih 5 menit lebih lama munculnya peak Perylene yang terpisah, menyulitkan menganalisis jenis PAH tersebut dibandingkan dengan pemakaian kolom CP-Sil-8 CB. Kata Kunci: selektivitas, faktor kapasitas,pelat teoritik, GC-FID, PAH ABSTRACT Gas chromatography QP 2010 type is able to detect the polyaromatic hydrocarbons (PAH) on nanogram per microlitre scale. The types of column that was used require a precision and appropriate that depend on PAH. Several types of PAH used in comparing column types on this study is naphtalene, acenaphtene, phenantrene, fluoranthene, pyrene, benzoantracene and perylene. Comparing two types of colums, RTX-5-MS column and CP-Sil 8 CB colum. Degree of selectivity, capacity factors, number of theoretical plates and retention times become criterion were observed. The results showed that RTX-5-MS column on gas chromatography provide degree of selectivity, capacity factors and theoretical plates are qualified for a good separation and retention time of 4.60 min – 30.00 min, while CP-Sil 8 CB (25 m x 0,23 mm) at the retention times of 4.60 min – 25.00 min, slightly faster in PAH detection with higher selectivity. RTX-5-MS column is qualified in PAH separation but it takes about 5 minutes longer to Perylene peak separate, it makes difficult to analyze PAH types compared CP-Sil-CB colum. Keywords: selectivity, capacity factors, theoretical plates, GC-FID, PAH
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Membuat Peta Konsep Dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 8 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga) Dirham HS, Sharnita; Maryono, Maryono; Danial, Muhammad
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14844

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar dan keterampilan membuat peta konsep peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah ”post-test only control group design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling sehingga sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 30 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model discovery learning dan model konvensional sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar dan keterampilan membuat peta konsep. Data hasil belajar dan keterampilan membuat peta konsep yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 69,5 dan 70,33. Nilai rata-rata keterampilan membuat peta konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 67,2 dan 62 tergolong kategori cukup terampil. Hasil pengujian hipotesis untuk hasil belajar menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh Zhitung = 8,91 dan pada taraf signifikan, α = 0.05 diperoleh Ztabel = 1.64. Oleh karena, Zhitung> Ztabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. Sedangkan hasil pengujian hipotesis untuk keterampilan membuat peta konsep menggunakan uji-t diperoleh Thitung = 1.16 dan pada taraf signifikan, α = 0.05 diperoleh Ttabel = 2,003. oleh karena itu, Thitung< Ttabel, maka H1 ditolak dan H0 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh model dicovery learning terhadap keterampilan membuat peta konsep peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. Kata Kunci: Discovery learning, Hasil Belajar, Peta Konsep, Larutan Penyangga ABSTRACT This quasi-experiment research aimed to find the effect of discovery learning model towards students’ learning achievement and skills in making concept map of class XI IPA of SMA Negeri 8 Makassar. The research designed was post-test-only control design. Reasearch population were students of class XI IPA of SMA Negeri 8 Makassar that consist of 6 classes. Class random sampling technique was used to choose the samples, that acquired samples are class XI IPA 2 as experiment group and XI IPA 4 as control group with number of students 30, respectively. Independent variable research was a discovery learning model and convensional model while the dependent variable were students' learning achievement and skills in making concept map. Data of students' learning achievement and skill in making concept map were analyzed with descriptive and inferential statistic. The results of the analysis of students' learning achievement shows that the score average of group experiment and control were 69,5 and 70,33. The avarege of skills in making concept map of experiment and control group were 67,2 and 62 categorized as quite skilled. Hypothesis was analyzed by Mann-Whitney test for learning achievement were Zcounted = 8,91 and in α = 0.05, the Ztable is 1.64. Since, Zcounted> Ztable, so H1 was accepted and H0 was rejected. There was a positive effect of discovery learning model toward students’ learning achievement of class XI IPA SMA Negeri 8 Makassar on buffer solution subject matter. Hypothesis was analyzed by Uji-t for skills in making concept map were Tcounted = 1.16 and in α = 0.05, the Ttable is 2,003. Since, Tcounted< Ttable, so H1 was failed and H0 was accepted. There was not a positive effect of discovery learning model towards skills in making concept map of students’ of class XI IPA of SMA Negeri 8 Makassar on buffer solution subject matter. Keywords: Discovery Learning, Learning Achievement, Concept map, Buffer Solution
Analisis Kandungan Logam Timbal pada Ikan Beronang (Siganus Sp) Asal Pulau Tanakeke Kabupaten Takalar Faika, Sitti; ., Khaerunnisa
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 13, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemica.v13i1.598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar timbal (Pb)  yang terdapat dalam ikan beronang. Ikan Beronang yang dianalisis terbagi atas 2 jenis ikan yaitu ikan beronang angin dan ikan beronang tompel.Kedua jenis ikan tersebut kemudian dibagi atas 2 bagian yaitu daging dan perut. Tahapan penelitian terdiri dari pengambilan sampel, preparasi sampel, dan analisis sampel yang dilakukan di  Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar dengan menggunakan metode  spektrofotometri serapan atom (spektrofotometer Shimadzu AA-6200). Hasil analisis diperoleh kadar timbal  (Pb) pada ikan beronang angin (sampel A) dan ikan beronang tompel (sampel B) adalah konsentrasi timbal tertinggi terdapat pada sampel B1 (daging), yaitu sebesar 0,33 ppm atau 1,65 mg/kg, diikuti konsentrasi timbal pada sampel A2 (perut) yaitu 0,32 ppm atau 1,60 mg/kg, dan konsentrasi timbal pada sampel B2 (perut) yaitu 0,31 ppm atau 1,55 mg/kg sedangkan konsentrasi timbal yang terendah terdapat pada sampel A1 (daging) dengan konsentrasi 0,30 ppm atau 1,50 mg/kg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan logam timbal (Pb) yang terdapat pada pada ikan beronang yang berasal dari Pulau Tanakeke Kabupaten Takalar tidak melebihi ambang batas menurut Ditjen Pengawasan Obat dan Makanan yaitu sebesar 2,0 mg/kg. Kata kunci : Ikan Beronang, Kadar Timbal (Pb) dan Pulau Tanakeke. ABSTRACT This  research  aims  to determine  the  levels of  lead  (Pb) contained in Beronang fish. There are 2 types of Baronang  we were analzed, they are Baronang  angin and beronang tompel. Both of  types of fish are then divided into 2 part  sampels namely meat and stomach. Stages of the research consisted of sampling technique, sample preparation and sample analysis, were analyzed at the Central Health of  Makassar Laboratory  by using atomic absorption spectrophotometry (Shimadzu AA-6200 spectrophotometer). The results obtained of lead in beronang angin (sample A) and beronang tompel (sample B) fish, we founded highest lead concentration in sample B1(meat), which is 0.33 ppm or 1.65 mg/kg, followed by the concentration of  lead in samples A2 (abdomen) is 0.32 ppm or 1.60 mg/kg, and the concentration of lead in sample B2 (abdomen) is 0.31 ppm or 1.55 mg/kg. Meanwhile,  the lowest concentration of lead founded in A1 samples (meat) with a concentration of 0.30 ppm or 1.50 mg/kg. The results showed that the metal content of lead (Pb)  in the fish originating from the Tanakekek islands of  Takalar district  not transcent the threshold is equal to 2.0 mg/kg by the Directorate General of Food and Drug Administration. Key words: beronang fish, Levels of Lead (Pb) and Tanakeke Island
Studi Awal Penggunaan Ekstrak Air Daun Gulma Siam Chromolaena odorata (L.) King and Robinson dalam Mencegah Pembusukan Sayuran ., Sudding
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 13, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemica.v13i1.595

Abstract

Chromolaena odorata (L.) King and Robinson yang dikenal dengan nama Gulma Siam atau kirinyu di Indonesia merupakan anti mikroba yang dapat menghambat pertumbuhan beberapa bakteri dan jamur. Efek anti bakteri inilah yang dijadikan studi awal penggunaan ekstrak air daun C. odorata dalam mencegah pembusukan sayuran wortel dan buah tomat. Dalam penelitian ini terdapat dua perlakuan terhadap sayuran wortel dan buah tomat yang telah dicelup dalam ekstrak yaitu sayuran yang tidak dibungkus dan dibungkus menggunakan plastik bening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak air daun C. odorata mampu mencegah pembusukan baik pada sayuran wortel bungkus maupun buah tomat baik yang dibungkus dan yang tidak dibungkus hingga hari ke-32. Namun, wortel bungkus yang dicelup dalam ekstrak 100% hanya mampu bertahan hingga hari ke-20 sedangkan tomat tidak dibungkus yang dicelup dalam ekstrak 100% hanya mampu bertahan hingga hari ke-24. Berdasarkan hasil tersebut berarti ekstrak C. odorata termasuk pengawet alami untuk sayuran dan buah khususnya wortel dan buah tomat. Kata Kunci: C. odorata, bakteri, mikroorganisme, pengawet, tomat dan wortel. ABSTRACT Chromolaena odorata (L.) King and Robinson (C.odorata) that is known as Gulma Siam or Kirinyu in Indonesia is an anti-microbial that can inhibit the growth of some bacteria and fungi. This anti-bacterial effect is used as initial studies of the use  water extract of C. odorata leaves  in preventing spoilage of vegetables carrots and tomatoes. In this study, there are two treatments on the vegetables carrots and tomatoes that have been dipped in the vegetable extract that is not packaged and wrapped in a transparant plastic. The results of this study showed that water extract of C. odorata leaves able to prevent the decay of both wrap carrot vegetable and tomatos both wrapped and is not wrapped up to the 32nd day. However, carrot wrap that is dipped in the extract 100%  can only last until the 20th day, while tomatos that are not wrapped that are dipped in the extract 100% can only last until the 24th day. Based on these results mean water extract of C. Odorata leaves includes on natural preservatives for vegetables and fruits, especially carrots and tomatoes. Key Words: C. odorata, bacteria, microorganism, prservative, tomato dan carrot.
Pengaruh Blended Learning Berbasis Jejaring Sosial Edmodo pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga) Musdalifa, Musdalifa; Ramdani, Ramdani; Danial, Muhammad
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14839

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning berbasis jejaring sosial edmodo pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Makassar pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Makassar yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelompok eksperimen yaitu kelas XI MIPA 2 dan kelompok kontrol yaitu kelas XI MIPA. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 76,61 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 74,00. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol terdistribusi normal serta berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t. diperoleh thitung > ttabel (3,47 > 2,01) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ada pengaruh blended learning berbasis jejaring sosial edmodo dengan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 15 Makassar pada materi larutan penyangga. Kata kunci: Edmodo, discovery learning, dan hasil belajar. ABSTRACT This study is a quasi-experimental study that aims to determine the effect of blended learning based on edmodo social network at discovery learning models toward learning achievement of students class XI MIPA SMAN 15 Makassar at buffer solution subject matter. The research design is the posttest only control group design. The population in this study are the students of classes XI MIPA SMAN 15 Makassar which consists of five classes. Sampling is done by random sampling. The experimental group is XI MIPA 2 and the control group is XI MIPA 1. Based on the results of descriptive analysis, the average of learning achievement of experimental group is 76.61 that higher than in the control group that is 74.00. The results of inferential statistical analysis toward learning achievement indicate that the data on the experimental group and the control group are normal distribution and homogenous. Hypothesis testing using t-test obtained tcount > ttable (3.47 > 2.01) so that Ho rejected and H1 accepted. There is an effect of blended learning based on edmodo social network at discovery learning models toward learning achievement of students class XI MIPA SMAN 15 Makassar at buffer solution subject matter. Keywords: Edmodo, discovery learning, and learning achievement
Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Mindjet Manager Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Kimia Organik II ., Ramdani; Dini, Iwan
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 12, No 2 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemica.v12i2.500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia organik berbasis minedjetmanager pada materi pokok isomer geometri dan stereoisomer. Metode pengembangan media dilakukan mengacu pada model 4-D Thiagarajan. Pengembangan dimulai dari analisis materi, merancang media sampai diperoleh draft I yang kemudian divalidasi dilanjutkan pada revisi dan uji coba terbatas.  Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa respon mahasiswa terhadap media yang dikembangkan 42,35% menilai sangant baik, 49,26% menilai baik, 8,39% menilai cukup dan tidak ada responden yang menilai buruk.Katakunci: minedjetmanager, e-modul, kimia organikABSTRACT This study aims to develop of  learning module based mindjet manager as on the subject matter geometry isomers and stereoisomers. Media development methods do refer to the model 4-D Thiagarajan. Development starts from the analysis of materials, designing media to obtain a draft which was then validated I continued on the revision and limited testing. The trial results showed that the response of students is limited to the media that was developed to assess sangant 42.35% good, 49.26% good rate, 8.39% rate and not enough of respondents who rate poorly. Keywords: minedjetmanager, e-module, organic chemistry
Formulasi Kombinasi Tepung Sagu dan Jagung pada Pembuatan Mie Auliah, Army
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 13, No 2 (2012)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemica.v13i2.624

Abstract

Telah dilakukan penelitian formulasi bahan baku pembuatan mie sebagai alternatif ketergantungan terhadap tepung terigu sebagai bahan baku pembuatan mie. Bahan baku yang digunakan adalah tepung sagu dikombinasi dengan tepung jagung kuning dengan pertimbangan kedua tepung ini saling melengkapi untuk menyamai kandungan gizi tepung terigu. Mie yang dihasilkan disebut mie sagung yang selanjutnya diuji secara hedonik untuk mengetahui tingkat penerimaan konsumen. Di samping itu, mie sagung yang diterima konsumen juga diuji mutunya. Penelitian ini menghasilkan formula kombinasi tepung sagu dan jagung sebagai bahan baku pembuatan mie adalah 1 : 40 yang diterima konsumen dan memenuhi standar gizi mie.Kata Kunci: formulasi, mie sagung ABSTRACT It has done research of noodle-manufacturing raw material formulation as an alternative dependency on wheat flour as raw material for noodle manufacturing. The raw material was used sago palm combine with yellow corn flour considerate that two of these flour are complementary to match the nutrient content of wheat flour. The noodle result called sagung noodle were further on hedonic test to determine the level of consumer acceptance. In addition, consumers receive sagung noodle also tested quality. This research resulted a combination formula of sago palm and corn flour as a raw material for noodle manufacturing is 1 : 40 that consumers received and comply nutritional standards noodles. Keywords: formulation, sagung noodle
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Kimia SMP Berbasis Kontekstual pada Materi Pokok Bahan Kimia di Rumah ., Darminto; Side, Sumiati
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 13, No 1 (2012)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemica.v13i1.599

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan  mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Kimia SMP berbasis kontekstual  pada  materi pokok bahan kimia di rumah yang layak, praktis dan efisien untuk digunakan. Model pengembangan mengacu pada model Plomp. Hasil validasi menunjukkan bahwa kepraktisan berdasarkan angket persepsi dari empat orang guru IPA SMP memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran  yang dikembangkan dan setuju bahwa perangkat tersebut lebih membuat kelas menjadi termotivasi untuk belajar. Persepsi dari 28 siswa terhadap perangkat dan model pembelajaran pernyataan positif 81,88%  rata-rata  (kategori praktis). Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran maupun model pembelajaran berbasis  kontekstual praktis dan layak untuk digunakan. Uji coba terbatas pada SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa siswa kelas VIIIb dengan pretest dan postest diperoleh jumlah siswa yang tuntas 79,3% dan 20,7% tidak tuntas. Hasil pengujian dengan SPSS for Windows 15,0 dengan uji t ditemukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk digunakan. Kata Kunci: Perangkat  Pembelajaran,  CTL, Bahan Kimia di rumah. ABSTRACT The aimed of this research is developing a Science chemistry learning tools for SMP based on contextual of chemicals topic at home indeed proper, practical, and efficient. Model refers to the Plomp Development model. Validation results contain that the practicality based a perception questionnaire from the four  science teachers of SMP responded positively to the learning tools were developed and agreed that such devices are motivated to learn. The perception of 28 students to the tools and learning models positive statement 81.88% on average (practical class). This shows that the learning tools and the learning model based on practical contextual are feasible to use. The limited trial to SMP 1 Sungguminasa District. Gowa grade students with pretest and posttest VIIIb obtained the number of students who completed 79.3% and 20.7% did not complete. Test with SPSS for Windows 15.0 by t test found that the significant value of 0.000 means the learning tools was developed are affective to use. Keywords: Learning Tools, CTL, Chemicals at home
Skrining Senyawa Bioaktif pada Tumbuhan Mangrove yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Bakteri Penyebab Penyakit Red Spot Disease ,, Darminto,; Ali, Alimuddin; Dini, Iwan
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 12, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemica.v12i1.137

Abstract

ABSTRAKTelah dilakukan penelitian mengenai skrining senyawa bioaktif dari tumbuhan mangrove yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri MAS. Penelitian dilakukan dengan metode skrining senyawa aktif dengan menggunakan kolom kromatografi dan pengujian antibakteri dengan metode difusi agar. Uji IC50 dilakukan dengan menggunakan sel vero yang dilajutkan dengan uji mortalitas ikan uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua komponen bioaktif dari Avicennia sp memiliki nilai IC50 > 200µg/ml, viabilitas ikan uji lebih tinggi dengan konsentrasi senyawa 15-25g/Kg pakan dan berbeda nyata dengan 1-10g/Kg pakan pada Uji BNT1%. Kata kunci: Senyawa Bioaktif, Mangrove, Red Spot Disease ABSTRACT Screening of bioactive compounds from mangrove plants that can inhibit bacterial growth MAS used column chromatography and the antibacterial test by agar diffusion method. IC50 test by vero cells that continued by fish mortality test. The results showed that all the bioactive components of Avicennia sp have IC50 values ​​> 200μg/ml, the viability of fish with higher concentrations of test compound 15-25g/Kg significantly different from the feed on the test 1-10g/Kg BNT1%. Key words: Bioactive compounds, Mangrove, Red Spot Disease
Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Gowa (Studi Materi Pokok Larutan Penyangga) Fadly, Rizal Dzul; Sulastry, Taty; Side, Sumiati
Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 21, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Kimia FMIPA UNM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/chemica.v21i1.14845

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi quizizz pada model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Gowa tahun pelajaran 2018/2019 pada materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasinya adalah peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Gowa yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelompok kontrol. Variabel bebasnya adalah penggunaan aplikasi quizizz pada model pembelajaran teams games tournament dan model pembelajaran teams games tournament tanpa aplikasi quizizz. Variabel terikatnya adalah hasil belajar larutan penyangga. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar larutan penyangga sebanyak 25 soal dengan 5 pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis prasyarat statistik inferensial terhadap tes hasil belajar menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen dan kontrol tidak terdistribusi normal serta memiliki varians yang homogen. Hasil uji non-parametrik Mann-Whitney dengan α= 0,05 dan dk= 1,64 diperoleh zhitung > ztabel (3,69>1,64) maka ada pengaruh penggunaan aplikasi quizizz pada model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Gowa pada materi pokok larutan penyangga. Kata kunci: Aplikasi quizizz, teams games tournament, hasil belajar, larutan penyangga ABSTRACT This research was quasi-experimental research that aimed to know The Effect of Using Quizizz Application on Cooperative Learning Model of Teams Games Tournament Type toward Students achievement in Class XI MIA SMAN 1 Gowa in academic year 2018/2019 on subject matter of buffer solution. The study design used was post-test only control group design. The population were students of class XI MIA SMAN 1 Gowa which was consist eight classes. The sampling technique was random sampling. Classes selected as research samples were class XI MIA 1 as experimental group and XI MIA 3 as control group. The independent variables were using quizizz applications of cooperative learning model of teams games tournament type and cooperative learning model of teams games tournament type without quizizz applications. The dependent variable was achievement of buffer solution. Data collection was done by giving achievement test 25 questions with 5 anwer choices. The data obtained were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The result of inferential statistic prerequisite analysis on achievement test of students showed that the data in the experimental group and control grup wasn’t normally distributed and data had homogeneous variance. The non-parametric test of Mann-Whitney test with α = 0,05 and dk = 1.64 obtained Zcalculated > Ztable (3.69 > 1.64). So that means there was an effect of using quizizz application on cooperative learning model of teams games tournament type toward students achievement in class XI MIA SMAN 1 Gowa with subject matter of buffer solution. Keywords: Quizizz applications, teams games tournament, student achievement, buffer solution

Page 1 of 29 | Total Record : 284