cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
rennydwijayanti@unesa.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Gedung G1, lt 2 Ruang Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Jalan Ketintang Surabaya 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)
ISSN : 23376708     EISSN : 27233901     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) E-ISSN: 2723-3901 diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya yang dikelola oleh Program Studi Tata Niaga, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) terbit secara berkala setiap 4 bulan sekali yaitu bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran di bidang pembelajaran pendidikan bisnis/tata niaga serta di bidang ilmu bisnis dan perniagaan yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), lembaga pendidikan tinggi, serta dunia usaha dan dunia industri yang meliputi:
Arjuna Subject : -
Articles 181 Documents
PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP LENOVO DI ACK LENOVO STORE SURABAYA MARTHA HANI ANUGRAH, YOGI
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh variabel citra merek dan harga keputusan pembelian di surabaya. Aneka Cipta Karya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi deskriptif menggunakan 245 accidental sampling. responden terhadap teknik Total sampel adalah 65. responden menggunakan teknik pengumpulan data. survei dan wawancara. Uji klasik menunjukkan residu berdistribusi, normal tidak menemukan korelasi lintas, variabel ada hubungan antar variabel, linier tidak terjadi heterokedastisitas, model fit, partial berpengaruh, hasil fit, uji-f model dan analisis dari regresi linier berganda berpengaruh besar. Simpulan penelitian ini adalah (1) kondisi variabel citra merek, harga dan keputusan pembelian pada Aneka Cipta Karya tergolong kuat. (2) Citra merek secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, citra merek dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian
ANALISIS PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT PADA UKM INTAKO TANGGULANGIN, SIDOARJO TOMMY ARTHA, M
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK UKM INTAKO Tanggulangin Sidoarjo merupakan suatu tempat yang di dirikan oleh pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk pemasaran produk-produk dari para pemilik UKM yang menjual produk Tas dan Koper. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kualitaif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian adalah para Pengelola, Ketua Koperasi INTAKO, dan Disperindag. Teknik analisis yang dilakukan peneliti melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan mengidentifikasi faktor internal meliputi aspek pemasaran, promosi, keuangan, dan operasional serta faktor ekternal yang meliputi aspek ekonomi, demografi, pemerintah, teknologi, dan kekuatan kompetitif. Berdasarkan hasil analisis data dari perhitungan matriks SWOT diperoleh total skor Kekuatan (1,97), Peluang (1,49), Kelemahan (1,31), dan Ancaman (1,54). Dimana menghasilkan posisi strategi ST (Kekuatan dan Ancaman). UKM INTAKO Tanggulangin Sidoarjo harus bekerjasama dengan pihak pemerintah dalam peningkatan pemasaran produk dan memanfaatkan kemajuan teknologi yang sedang berkembang serta meningkatkan pelayanan penjualan. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks SWOT
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN INSTAGRAM MARKETING SEBAGAI SUMBER BELAJAR WIRAUSAHA PEMULA AFIQ LUTHFIL HADI, M.
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berwirausaha salah satu cara bekerja dan meniti karir sesorang untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang. Perkembangan pengguna instagram yang mencapai 2 milliar memberikan peluang untuk berwirausaha. Pengamatan yang dilakukan pada akun bisnis wirausaha pemula terdapat permasalahan yakni akun yang dibuat kurang efektif dan efesien dalam mempromosikan produk, itu terjadi karena kurang pengetahuan dan pengalaman. Sehingga tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku panduan Instagram Marketing sebagai sumber belajar wirausaha pemula yang memenuhi kriteria kelayakan. Penelitian ini merupakan penelitian riset dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model dari Borg dan Gall (2008: 10) yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Variabel yang dikaji adalah unsur kelayakan (feasibility) yaitu kelayakan kegrafikan, kelayakan materi atau isi, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan penyajian. (BSNP, 2007). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa buku panduan instagram marketing sebagai sumber belajar wirausaha pemula memenuhi kriteria kelayakan. Penilaian validator ahli materi menunjukan kriteria penilaian ?layak dengan predikat sangat baik? (85,33%), penilaian validator ahli media menunjukan kriteria penilaian ?layak dengan predikat sangat baik? (96,67%), dan menurut penilaian ahli praktisi menunjukkan kriteria ?layak dengan predikat sangat baik? (85,64%), dengan rata-rata keseluruhan dari validator ahli menunjukkan kriteria penilaian ?layak dengan predikat sangat baik? (89,21%). Adapun hasil penilaian dari uji coba pengguna (wirausaha pemula) menunjukan kriteria penilaian ?layak dengan predikat sangat baik? (88%). Berdasarkan dari penilaian tersebut, maka buku panduan instagram marketing sebagai sumber belajar wirausaha pemula memenuhi kriteria kelayakan dan dapat digunakan. Kata kunci: Pengembangan, buku panduan, instagram marketing, wirausaha pemula
PENGARUH CAFE ATMOSPHERE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN DAPURANE TIA KEDUNGADEM-BOJONEGORO ROHMAWATI, ISNAINI
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Dengan adanya bisnis yang terus berkembang dapat tercipta beberapa industri cafe dan restoran yang ada di Bojonegoro. Persaingan bisnis yang semakin ketat tersebut dapat membuat para pelaku bisnis terus beradu konsep kreatif guna menarik perhatian konsumen untuk berkunjung dan melakukan keputusan pembelian. Dapurane Tia harus bisa melihat peluang dan memanfaatkannya dengan melakukan berbagai strategi serta memahami beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar dapat memberikan pengaruh kepada para konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar bisa mengetahui pengaruh café atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen Dapurane Tia. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dan teknik untuk pengambilan sampelnya menggunakan nonprobability sampling dengan metode pendekatan purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 77 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data melalui uji regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa café atmosphere secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 2,006. Dan harga secara parsial juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 2,484. Hal ini menunjukkan bahwa café atmosphere dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Dapurane Tia Kedungadem-Bojonegoro. Kata Kunci: café atmosphere, harga, dan keputusan pembelian.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANG KELAS XI PEMASARAN SMK NEGERI 1 JOMBANG RAHAYU, SRI
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam mengingat materi SOP Penataan Produk. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Namun penelitian ini hanya sampai tahap implementasi. Istrumen yang digunakan adalah lembar telaah materi, telaah media, validasi ahli materi, validasi ahli media, dan angket respon peserta didik. Uji coba dilakukan di SMK Negeri 1 Jombang kelas XI Pemasaran 2 dengan jumlah 8 peserta didik uji coba kelompok kecil dan 20 uji coba lapangan. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 92,02% dan hasil validasi dari ahli media memperoleh presentase sebesar 89,35% dengan kategori sangat layak. Sadangkan untuk uji coba kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 92,71%. Uji coba lapangan memperoleh rata ? rata presentase 96%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media crossword puzzle yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi SOP Penataan Produk. Kata Kunci : model pengembangan, media pembelajaran, crossword puzzle
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE MATERI BAURAN PEMASARAN KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 10 SURABAYA SAYYIDATUL HAKIMAH, YAYUK
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan berupa permainan edukatif yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini berdasarkan model pengembangan 4D yaitu, tahap Define, tahap Design, tahap Development, dan tahap Desseminate. Namun penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (Development). Instrumen dari penelitian ini diperoleh dari lembar telah dan validasi ahli materi dan media serta lembar angket respon siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 10 surabaya, di uji cobakan kepada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan scrabble layak digunakan sebagai media pembelajaran materi bauran pemasaran, hal ini dibuktikan data presentase validasi kualitas isi dan tujuan sebesar 80%, kualitas instruksional sebesar 68%, dan kualitas teknis sebesar 91.4%. Keseluruhan validasi permainan scrabble memperoleh presentase sebesar 79.8% dengan kriteria layak. Sedangkan hasil respon siswa memperoleh presentase sebesar 89.3% dengan kriteria sangat layak. Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Permainan Scrabble, Perencanaan Bauran Pemasaran.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RUMAH MAKAN BEBEK GORENG H. SLAMET CABANG SIDOARJO SHABRINA HESTUNINGTYAS, NADIA
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen bebek goreng H. Slamet. Jenis ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Mengolah data dengan bantuan aplikasi SPSS 16 menggunakan teknik analisis Regresi Linier Sederhana berdasarkan angket dari responden konsumen bebek goreng H. Slamet. Hasil menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan memiliki pengaruh positif terhadap variabel kepuasan konsumen. Kata kunci :Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PINTAR PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROMOSI PRODUK KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 2 BLITAR ZAHROIL BATUL, RIKA
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Pohon Pintar pada kompetensi dasar Menerapkan Promosi Produk kelas X BDP di SMK Negeri 2 Blitar, mengetahui kelayakan media pembelajaran Pohon Pintar, dan respons peserta didik terhadap media pembelajaran Pohon Pintar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D yang dibatas pada tiga tahap yaitu define, design dan develop. Uji coba dilakukan dua kali, yaitu uji kelompok kecil pada 8 siswa dan uji lapangan pada 20 siswa. Hasil validasi media diperoleh saran perbaikan yaitu dari ahli media berupa perbaikan pada kotak pintar, kartu daun dan buku panduan, sedangkan dari ahli materi berupa melengkapi materi sesuai dengan silabus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata persentase dari validasi ahli media adalah 84,6% dengan kategori sangat layak dan rata-rata persentase dari validasi ahli materi adalah 82,7% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil angket respons peserta didik dari uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata persentase 93,06% dengan kategori sangat layak dan uji coba lapangan memperoleh nilai rata-rata persentase 93,89% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pohon Pintar layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pohon Pintar, Promosi Produk
FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA NIAGA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA MIQDAD, DANIAL
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan Tata Niaga.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan proportional random sampling, dengan sampel yang digunakan 173.Instrumen penelitian ini menggunakan angket dengan jumlah soal 37 item dengan menggunakan 4 skala linkert. Penelitian ini mengunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial faktor internal (X1) berpengaruh sebesar 8,099 sedangkan faktor eksternal (X2) berpengaruh sebesar 6,577 tehadap keputusan mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Sedangkan secara simultan sebesar 252,400 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar0,865yang berarti bahwa faktor internal dan faktor eksternal terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan Tata Niaga berpengaruh sebesar 74,5% dan sisanya sebesar 25,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Keputusan mahasiswa Abstract This research has a purpose to know the factors that influence students decision in choosing Commerce Education program study. The type of research used is descriptive quantitative. The sampling technique used is proportional random sampling, with the sample used 173. This research instrument uses a questionnaire with the 37 items of questions using 4 scale of linkert scale. This research uses multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that partially internal factor (X1) has an effect of 8,099 while external factor (X2) has an effect of 6,577 to students decisions in choosing Commerce Educationprogram study. Besides, simultaneously equal to 252,400 with coefficient of determination (R2) equal to 0,865 which means that internal factor and external factor to students decisions in choosing Commerce Educationprogram study have effect equal to 74,5% and rest 25,5% influenced by other variable which not investigated in this study. Keywords: Internal Factors, External Factors, Students Decisions
PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROMOSI PRODUK DI SMK KETINTANG DILA WIRANI, NENCY
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol 6, No 3 (2018)
Publisher : Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan alat evaluasi berbantu media teka-teki silang pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar menerapkan promosi dasar di SMK Ketintang, untuk mengetahui kelayakan alat evaluasi berbantu media teka-teki silang, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap alat evaluasi berbantu media teka-teki silang.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan, selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi dan diuji cobakan pada 10 siswa untuk uji kelompok kecil dan 24 siswa pada uji lapangan dikelas X PM SMK Ketintang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase dari validasi ahli materi adalah 80% dengan kriteria layak dan rata-rata persentase dari ahli media adalah 92,5% dengan kriteria sanga layak. Sementara hasil angket respon siswa dari uji kelompok kecil menunjukkan rata-rata persentase 91% dengan kriteria sangat layak dan uji lapangan menunjukkan rata-rata persentase 83% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi berbantu media teka-teki silang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Alat evaluasi, Teka-teki silang, Promosi produk.

Page 1 of 19 | Total Record : 181