cover
Contact Name
Arif Zainudin
Contact Email
ipi@upstegal.ac.id
Phone
+6287730994000
Journal Mail Official
ipi@upstegal.ac.id
Editorial Address
Jl. Halmahera Km. 1 Kota Tegal, Kampus Universitas Pancasakti Tegal
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 25499300     DOI : https://doi.org/10.24905/cakrawala
Core Subject : Education,
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan (P-ISSN:1858-4497, E-ISSN: 2549-9300) is a scholarly journal aimed to provide a platform for both established and early-career researchers. This journal accepts research-based papers from the fields of Teaching and Learning; Language and Literacy Education; and Applied Human Development in the Context of Schooling with submissions accepted throughout the year. It is published biannually, May and November, by Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia. Papers are all subject to peer review before being accepted for inclusion. Contributions for future editions are welcome. Starting from Vol. 12 No. 1, Cakrawala has been accredited SINTA 3 by the Ministry of Research, Technology and Higher Education (Ristekdikti) of The Republic of Indonesia based on Director Decree No. 23/E/KPT/2019 dated 08 Agustus 2019. The Decree is as an achievement for the Peer-reviewed journal which has excellent quality in management and publication and is effective for 5 years until 2023.
Articles 137 Documents
Pendidikan Karakter di Universitas Pancasakti Tegal Habibi, Beni; Basukiyatno, B.; Budiyono, B.
Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 1 (2017): MAY
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/cakrawala.v11i1.652

Abstract

Penelitian ini berjudul Pendidikan Karakter di Universitas Pancasakti (UPS) Tegal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses dan peranan pendidikan karakter di Universitas Pancasakti Tegal. Penelitian menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan observasi dan wawancara mendalam kepada sejumlah dosen, karyawan, mahasiswa para pelaku pendidikan karakter di UPS Tegal, secara terbatas. Sumber data tersebut tidak dipilih secara acak, namun ditentukan pada orang–orang yang dianggap tahu banyak tentang permasalahan yang diteliti. Pengolahan data berjalan simultan dengan pengumpulan data, sekaligus melalui proses tri anggulasi sehingga diperoleh displai data yang telah teruji. Hasil dari penelitian memberikan gambaran, bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di Universitas Pancasakti Tegal berjalan mel Prodi Pend. Ekonomi UPS Tegalalui berbagai unit, yaitu unit Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian, Unit Kegiatan Mahasiswa dan Unit Kerokhanian, masing-masing telah berjalan baik, namun ketiga unit tersebut perlu disinergikan dan terus ditingkatkan.  Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa, pendidikan karakter di  Universitas Pancasakti Tegal harus ditata secara komprehensif dan ditingkatkan secara berkelanjutan sehingga hasilnya betul-betul dapat bermanfaat.
Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Dan Konsep Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Ahmadi, Ahmadi
Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 1 (2017): MAY
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/cakrawala.v11i1.651

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh kebiasaan bermain game dan konsep diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi dengan dua prediktor. Dari hasil perhitungan diperoleh Freg = 4,88 dan Ftabel = 3,09. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Freg sangat signifikan karena Freg > Ftabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan bermain game dan konsep diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Dari analisis regresi satu prediktor diperoleh thitung kebiasaan bermain game dan konsep diri berturut – turut sebesar 2,29 dan 2,24 serta ttabel sebesar 1,98. Sehingga thitung kebiasaan bermain game dan konsep diri lebih besar dari ttabel. Dari perbandingan antara thitung dan ttabel dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kebiasaan bermain game terhadap kemampuan pemecahan masalah dan ada pengaruh antara konsep diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Efektifitas Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Modul Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik Mahasiswa Kusuma, Adi Candra
Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 11 No 1 (2017): MAY
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/cakrawala.v11i1.649

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Eksperimen (kuantitatif). Berbagai kendala dalam proses pembelajaran matematika telah dialami oleh mahasiswa maupun dosen sendiri dalam proses pembelajaran matematika sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang cocok digunakan.  Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui efektifitas pembelajaran Tutor Sebaya berbantuan modul dapat meningkatkan komunikasi matematik Mahasiswa pada materi Teori Bilangan.  Subyek penelitian ini mahasiswa DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama Tegal Semester I kelas A dan B tahun akademik 2016/2017. Metode Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes soal seperti validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran soal. Hasil penelitian sebagai berikut  (1) ketuntasan individu mememuhi KKM (65), ketuntasan klasikal sebesar 75% dengan proporsi mahasiswa sudah mendapatkan lebih dari 65 sudah melampaui 75%; (2) kemampuan komunikasi matematik mahasiswa pembelajaran Tutor sebaya berbantuan modul sebesar 81,10 lebih tinggi dari pembelajaran ekspositori sebesar 67,90; (3) adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematik mahasiswa sebesar 0,397 kategori sedang.
Pengembangan Modul Geometri Analitik Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal Rokhman, Mohammad Shaefur; Oktaviani, Dian Nataria
Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 9 No 2 (2015): NOVEMBER
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/cakrawala.v9i2.569

Abstract

Kondisi mahasiswa dalam pembelajaran Geometri Analitik cenderung tidak aktif dan mengalami kesulitan dalam memahami materi mata kuliah ini. Mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan cenderung mengikuti langkah-langkah penyelesaian masalah yang dibuat oleh dosen. Hal ini dikarenakan kemampuan representasi matematis mahasiswa yang masih rendah. Salah satu faktor rendahnya kemampuan representasi matematis mahasiswa adalah keterbatasan bahan ajar yang sesuai dengan kemampuan mahasiswa. tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul Geometri Analitik berbasis konstrukstivisme untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal yang valid, praktis dan efektif.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menurut Borg and Gall. Pengumpulan data yang digunakan dengan cara validasi, observasi, angket, wawancara dan tes. Validasi dilakukan untuk mengetahui kevalidan pengembangan modul Geometri Analitik berbasis konstruktivisme. Obvervasi, angket dilakukan untuk mengetahui kepraktisan pengembangan modul Geometri Analitik berbasis konstruktivisme. Tes dilakukan untuk mengetahui pengembangan modul Geometri Analitik berbasis konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal.Proses pengembangan modul menggunakan model pengembangan Borg And Gall dengan melakukan beberapa tahap yaitu: (1) tahap pengumpulan informasi; (2) tahap Perencanaan dilakukan untuk mengembangkan modul berdasarkan informasi yang diperoleh, (3) tahap pengembangan yaitu validasi ahli dan uji coba modul yang dikembangkan sehingga menghasilkan produk final dari modul. Hasil dari pengembangan modul geometri analitik berbasis konstruktivisme di Universitas Pancasakti Tegal adalah valid, praktis serta dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis mahasiswa. Hasil pengembangan modul geometri analitik berbasis konstruktivisme di Universitas Pancaskti Tegal adalah efektif dengan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal dan adanya peningkatan kemampuan representasi matematis mahasiswa.Keywords: pengembangan modul, geometri analitik, konstruktivisme, kemampuan representasi matematis
UPAYA PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK GAMES Herdiani, Renie Tri
Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 9 No 2 (2015): NOVEMBER
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/cakrawala.v9i2.497

Abstract

Kepercayaan diri merupakan salah satu modal utama untuk dapat menjalani kehidupan dengan penuh optimisme. Kepercayaan diri juga merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi kesuksesan hidup seseorang, karena kepercayaan diri yang tinggi akan menimbulkan motivasi dan semangat yang tinggi pada jiwa seseorang. Kurangnya rasa percaya diri di kalangan pelajar sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek salah satunya adalah menurunnya prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dan quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa dan tingkat keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik games dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik games efektif dan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pre test terhadap post test pada skala kepercayaan diri secara umum sebanyak 19,13 poin atau 21,33%.Kata Kunci    : layanan bimbingan kelompok, teknik games
KESANTUNAN BERBAHASA DALAM MEDIA SOSIAL FACEBOOK OLEH REMAJA PESISIR DESA MUNJUNGAGUNG, KECAMATAN KRAMAT, KABUPATEN TEGAL Triana, Leli
Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 9 No 2 (2015): NOVEMBER
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/cakrawala.v9i2.496

Abstract

Bahasa menentukan perilaku budaya manusia. Bahasa yang digunakan oleh seseorang, baik bahasa verbal maupun nonverbal, dapat  mencerminkan kepribadian orang tersebut. Bahasa yang santun yang tampak dari pilihan kata yang digunakan. Demikian juga bahasa yang tidak santun, tampak pula pada pilihan katanya. Remaja pesisir Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal mengungkapkan perasaannya lewat bahasa tulis dalam media  sosial  Facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi kesantunan berbahasa dalam media sosial  Facebook oleh remaja pesisir Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah  kualitatif yang bersifat deskriptif.  Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan remaja pesisir Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal dalam media sosial Facebook  yang terdapat pada grup Adebully. Data berupa penggalan-penggalan tuturan yang melanggar prinsip kesantunan. Penyediaan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis heuristik. Analisis heuristik merupakan proses berpikir seseorang untuk memaknai sebuah tuturan langsung. Teknik analisis heuristik berusaha untuk mengidentifikasi daya pragmatik sebuah tuturan dengan merumuskan hipotesis-hipotesis dan kemudian mengujinya dengan data-data yang tersedia. Tahap yang dilaksanakan seteleh manganalisis data adalah menyajikan hasil analisis data. Hasil analisis data dalam penelitian ini,  disajikan secara informal. yaitu penyajian hasil analisis data dengan menggunakan kata-kata biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan remaja pesisir Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal tidak santun, kareana terjadi pelanggaran-pelanggaran prinsip kesantunan, yaitu pelanggaran maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penerimaan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesetujuan, maksim kesimpatian, dan maksim pertimbangan. Saran dari hasil penelitian ini adalah orang tua hendaknya selalu memperhatikan dan mengawasi bahasa anak-anaknya, tidak hanya bahasa lisan tetapi juga bahasa tulisnya. Guru hendaknya mengontrol penggunaan bahasa siswa, terutama dalam bahasa yang digunakan dalam Facebook. Kaum remaja hendaknya selalu santun berbahasa dan dapat mengendalikan emosi.Kata Kunci: kesantunan, facebook, remaja pesisir
PENGARUH ABILITY AND EFFORT, EMOTIONAL SKILL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI Nafiati, Dewi Amaliah
Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 9 No 2 (2015): NOVEMBER
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/cakrawala.v9i2.407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh  ability and effort (kemampuan dan usaha), Emotional Skill, dan Lingkungan Belajar terhadap penguasaan Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di Perguruan Tinggi Jawa Tengah yang memiliki Jurusan Akuntansi. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa dari perguruan tinggi (universitas) yang telah mengambil Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dari populasi sebanyak 28 universitas baik negeri maupun swasta terpilih 22 universitas sebagai anggota sampel. Data penelitian diperoleh melalui angket dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan Teknik Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa prestasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah pengantar akuntansi dipengaruhi secara signifikan oleh semua variabel penelitian (ability and effort, emotional skill, dan lingkungan belajar). Implikasi dari penelitian ini  adalah Dosen pengampu sebelum memberikan perkuliahan perlu diketahui dan dipertimbangkan potensi-potensi yang dimiliki mahasiswa dengan mengungkapkan faktor-faktor yang berpengaruh positif terhadap penguasaan mata kuliah yang diampu. Selain itu juga hendaknya dapat mensinergikan faktor-faktor yang telah terbukti berpengaruh positif dan signifikan (Ability and Effort, Emotional Skill, dan Lingkungan Belajar) terhadap proses dan hasil belajar dalam perkuliahan. Kata Kunci: Ability and Effort, Emotional Skill, Lingkungan Belajar dan Pengantar Akuntansi
IMPLIKASI BUDAYA ORGANISASI FAKULTAS PADA KINERJA DOSEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI Yulianto, A. Rony
Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 9 No 2 (2015): NOVEMBER
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/cakrawala.v9i2.406

Abstract

Budaya Organisasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Kinerja Dosen Pendidikan Ekonomi secara simultanmemiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan  mahasiswa. Artinya bahwa pengembangan budaya organisasi di FKIP dan peningkatan kinerja dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa selamakuliah di universitas. Konstata koefisien regresi memiliki sebesar 2,870 skor koefisien regresi dari variabel budaya organisasi FKIP adalah 0,157 dan variabel kinerja dosen Pendidikan Ekonomi adalah 0,508. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh implikasi teoritis, implikasi terapan dan implikasi lanjutan.(1)Budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja dosen yang bekerja di lingkungan perguruan tinggi. (2)Kinerja dosen  dalam melakukan pelayanan akademik, penelitian maupun pengabdian masyarakat dapat menentukan kepuasan pengguna jasa pendidikan, khususnya mahasiswa.(3) Di dalam kontek pemasaran jasa pendidikan, tingkat kepuasan pengguna jasa perlu diperhatikan keberadaannya, sehingga eksistensi institusi pendidikan tinggi dapat dipertahankan.(4)Budaya organisasi berpengaruh yang signifikan terhadap kinerja dosen. Keberadaan budaya organisasi fakultas dapat dijadikan sebagai acuan bagi para dosen dalam melaksanakan aktivitas kerja di kampus.(5)Kinerja dosen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Untuk setiap dosen hendaknya mampu menunjukkan kinerja yang terbaik dalam melaksanakan perannya sebagai pengajar sekaligus ilmuwan kepada para pengguna jasa, khususnya mahasiswa. Dengan demikian akan memberi tingkat kepuasan yang tinggi para mahasiswa sebagai pengguna layanan. Kata kunci: Kepuasan Mahasiswa, Budaya Organisasi dan Kinerja Dosen
The Use of Google Drive to Improve Student’s Essay Writing Skill, Faculty of Teacher Training and Education, Pancasakti University of Tegal Aflahatun, Nur; Prihatin, Yoga
Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 12 No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/cakrawala.v12i2.1077

Abstract

Writing an essay requires skill in word choice and good grammar usage. Language, including that in writing, reflects author’s mindset. Therefore, new innovation is necessary in learning model, one of which is made by applying Google Drive based learning media. This experimental research employs true-experimental design with two-group design type (experimental group and control group) and takes 48 fourth-semester English Education students of the academic year 2017/2018 of the Faculty of Teachers Training and Education, Pancasakti University, Tegal as its samples, divided into 2 (two) groups: experiment group with 24 students and control group with 24 students. The research employs t-test for effectiveness test as its data analysis technique. The research results show that the usage of Google Drive based learning model effectively improves students’ essay writing skill. There is significant difference between both groups, that after treatment, the group of students with Google Drive based learning media have better achievement than students with conventional method. The Google Drive based learning media may be applied to academic writing learning process, particularly essay, however, its practice requires intensive interaction between students and lecturer. It is suggested for similar researches to involve larger number of samples
MODEL BIMBINGAN KARIR HOLLAND UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN PILIHAN KARIR SISWA Budisiwi, Hastin
Cakrawala: Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2013): MAY
Publisher : Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/cakrawala.v7i1.404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model bimbingan karir Holland dalam meningkatkan kematangan pilihan karir siswa dan mengetahui tingkat keefektifan model bimbingan karir Holland dalam meningkatkan kematangan pilihan karir siswa SMK YPT Kota Tegal. Kematangan karir merupakan keberhasilan individu untuk menjalankan tugas perkembangan karir sesuai dengan tahap perkembangan yang sedang dijalani, meliputi pembuatan perencanaan, pengumpulan informasi mengenai pekerjaan, dan pengambilan keputusan karir yang tepat berdasarkan pemahaman diri dan pemahaman mengenai karir yang dipilih. Terdapat indikator kematangan karir yang mempengaruhi pengambilan keputusan pilihan karir individu. Pertama faktor genetik, kedua kondisi lingkungan, ketiga faktor belajar, dan yang keempat keterampilan dalam menghadapi tugas. Penelitian ini melibatkan 30 siswa SMK YPT Kota Tegal sebagai sampel dalam penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan skala psikologis, yaitu skala kematangan pilihan karir yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis persentase dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa indikator tertinggi dalam kematangan pilihan karir siswa yaitu faktor kondisi lingkungan mencapai 70%. Faktor berikutnya adalah faktor genetik dan keterampilan dalam menghadapi tugas yaitu mencapai 57% dalam kategori tinggi ke dua. Serta faktor belajar menunjukkan 43% pada kategori rendah. Disarankan kepada guru pembimbing untuk memberikan pelayanan bimbingan karir Holland untuk memaksimalkan mutu dan kualitas pelaksanaan layanan bimbingan karir di sekolah khususnya dalam meningkatkan kematangan pilihan karir siswa. Kata Kunci: Bimbingan Karir Holland, Kematangan Pilihan Karir

Page 1 of 14 | Total Record : 137