cover
Contact Name
Agus Tri Darmawanto
Contact Email
tridrm7@gmail.com
Phone
+6282131317173
Journal Mail Official
jurnalekonomikafeubt@gmail.com
Editorial Address
Jl.Amal Lama No.1 Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Jurnal Ekonomika
ISSN : 20863233     EISSN : 26852977     DOI : http://dx.doi.org/10.35334/jek
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomika (P-ISSN: 2086-3233 dan E-ISSN:2685-2977) merupakan jurnal ekonomi yang diterbitkan secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan bulan Juni oleh Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan. Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bagi kalangan akademisi, praktisi dan umum yang mengamati perkembangan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian dan kajian tentang isu-isu berkaitan dengan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi.
Articles 77 Documents
rotasi, mutasi dan promosi di pdam kabupaten tana tidung fajrie, achmad rivaldy; syahran, syahran
Jurnal Ekonomika Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Ekonomika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.454 KB) | DOI: 10.35334/jek.v9i1.773

Abstract

Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti rotasi, mutasi dan promosi di PDAM kabupaten tana tidung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti rotasi, mutasi dan promosi pegawai di pdam kabupaten tana tidung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara direktur dan pegawai PDAM kabupaten tana tidung, serta telaah dokumen di PDAM kabupaten tana tidung. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa rotasi di PDAM Kabupaten Tana Tidung sudah diterapkan dengan baik dan itu terbukti dengan adanya rotasi yang terjadi setiap 1 tahun sekali. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti, mutasi yang terjadi di PDAM Kabupaten Tana Tidung sudah terlaksana dengan baik karena dapat menerima pegawai dari luar daerah. Dari hasil peneltian pegawai yang di promosikan pada tahun 2015 berjumlah 1 orang yang diangkat menjadi Plt. Direktur PDAM Kabupaten Tana Tidung, dikarenakan pangkat pangkat yang sudah dianggap cukup untuk melaksanakan promosi.
ANALISIS DECISION SUPPORT SYSTEM UKM RUMPUT LAUT (USAHA RUMPUT LAUT BAPAK JAKA DI PANTAI AMAL) Usman, Said
Jurnal Ekonomika Vol 8, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v8i2.1534

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana gambaran UKM rumput laut di pantai amal. Hasil penelitian ini adalah dinilai usaha ukm rumput laut milik Pak jaka digolongkan masih kurang layak untuk dijalankan dikarenakan dari aspek-aspek yang dinilai hanya 2 aspek yang cukup atau melebihi setengah dari nilai skor yang diberikan. Kedua aspek tesebut meliputi Aspek Produksi dengan nilai 15 dari skor 28, dan yang kedua yaitu Aspek Lingkungan dengan nilai 12 dari 24.
PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN) Pratama, Yugi; Hasanah, Nurjannatul
Jurnal Ekonomika Vol 8, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v8i2.1540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: Country of Origin dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Universitas Borneo Tarakan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan) Dimana diajukan dua variabel bebas dan satu variabel terikat, yaitu Country of Origin dan Brand Image berperan sebagai variabel bebas dan Keputusan Pembelian sebagai variabel terikat. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Purposive Sampling. Data diperoleh dari hasil penyebaran Kuesioner dengan jumlah Kuesioner 100 buah Kuesioner. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian ini adalah dalam pengujian secara parsial variabel Country of Origin tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian.Varibel Country of Origin t hitung = -1.230 t tabel = 1,661, t hitung lebih rendah dari t tabel. Sedangkan Brand Image t hitung 6,152 t tabel 1,661, berpengarus secara signifikan karena t hitung lebih tinggi dari pada t tabel yang di persyaratkan. Dari hasil pengolahan data secara pasrial dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari ke dua variabel bebas hanya satu variabel bebas yang berpengaruh secara positif dan signifikan yaitu variabel Brand Image terhadap variabel terikat Keputusan pembelian.
DAMPAK STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KEPUTUSAN PENDANAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Suatu Penelitian Eksperimen) Banding, Mappa Panglima; Hasnawati, Hasnawati
Jurnal Ekonomika Vol 8, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v8i2.1539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan memperoleh bukti empiris dari dampak struktur kepemilikan terhadap keputusan pendanaanpada perusahaan manufaktur. Jenis penelitian ini adalah eksperimen laboratorium dengan mengunakan  completely randomized designs (CR- p).  Dimana sampelnya adalah randomized partisipan (partisipan acak) sebanyak 20 orang berdasarkan kategori yang telah ditentukan sebelumnya dan dibagi menjadi dua kelompok yang menjadi pengambil keputusan yang propesional. Partisipan diperhadapkan dengan dua treatment manipulasi. Berdasarkan analisis data ANOVA peneliti memperoleh hasil bahwa data yang diambil adalah efektif. Dari teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Repeated Measures t Test menggunakan sofware SPSS 23,0 dengan data berupa hasil pengisian foam simulasi pembuatan keputusan pendanaan. Dan dari hasil pengujian diperoleh bahwa kinerja keuangan berimplikasi terhadap keputusan pendanaan.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA KOTA TARAKAN Anwar, Syaiful; Ambarsari, Rahayu
Jurnal Ekonomika Vol 8, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v8i2.1538

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan informasi tentang faktorfaktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan pedagang kaki lima Kota Tarakan (Study kasus di THM Plaza). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 97 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah Modal (X1), Jam Kerja (X2), dan Lama Usaha (X3). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan wawancara. Data yang diolah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Uji t, Uji F, serta Uji asumsi klasik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan modal, jam kerja, dan lama usaha berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang kaki lima Kota Tarakan. Hal ini dibuktikan dari nilai F statistik sebesar 3,676 F tabel 2,70 dan nilai signifikan sebesar 0,014. Nilai R2 sebesar 0,106 berarti bahwa 10,6% variabel ini menjelaskan variasi pendapatan pedagang kaki lima di THM Plaza.Sedangkan sisanya sebesar 89,4% diterangkan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model. Selain itu, secara parsial jam kerja berpengaruh terhadap pendapatan pedagang kaki lima di THM Plaza. Karena t statistik dari variabel jam kerja sebesar 3,214 lebih besar daripada t tabel sebesar 1,985 sedangkan modal dan lama usaha secara parsial tidak berpengaruh terhadap pendapatan pedagang kaki lima di THM Plaza. Karena t hitung dari variabel modal dan lama usaha masingmasing sebesar 0,869 dan (-0,395) lebih kecil daripada t tabel sebesar 1,985.
ANALISIS ELASTISITAS PERMINTAAN IKAN DI KOTA TARAKAN Batoran, Tinsi Oktinsi; Yuliawati, Witri
Jurnal Ekonomika Vol 8, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v8i2.1537

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui elastisitas harga terhadap permintaan ikan bandeng, cakalang, layang, selangat, tongkol, mujair, bawal, tuna di Kota Tarakan. Data dalam penelitian ini di peroleh melalui 2 (dua) cara, yaitu wawancara terhadap narasumber dan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis elastisitas permintaan, dengan tujuan untuk mengetahui elastisitas harga terhadap permintaan ikan. Variabel inependen dalam penelitian ini adalah harga, sedangkan permintaan adalah variabel dependen. Berdasarkan hasil perhitungan analisis elastisitas harga maka hasil yang diperoleh adalah jenis ikan bersifat elastis dan inelastis. Ikan bandeng 2,47, layang 1,23, mujair 23,14, bawal 2,89, kakap 6,5, tongkol 8,96, selanget 1,26, dan tuna 1,69 bersifat elastis dan ikan cakalang 0,96 bersifat inelastis.
Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibilty (CSR) Terhadap Reaksi Investor Pada Perusahaan Go Publik Di Bursa Efek Indonesia Juned, Sudarto
Ekonomika Vol 1, No 1 (2010): Volume I No. 1 Januari 2010
Publisher : Ekonomika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aim to see the effects of the application of CSR with investors reaction in Indonesia Stock Exchange (BEI). CSR benefits untils 1990s was a warm debate. The counter party states that CSR is seen as a cost and something that is not useful. This research uses dependent variables of individual daily stock returns (Rit) and the individual daily market return (RMT), abnormal return (AR), average abnormal return (AAR). The independent variables approachable with PROPER issued by the ministry of Environment (KLH). This study also used the intervening variables using Tobins Q. Implementation of CSR has a positive impact and significant market reaction(with β2 = 0,356 P= 0,004). Implementation of CSR has a positive influence on performance and significant (β1 = 0,871 with p=0.000). Mediating the companys performance positively  and significantly influence the market reaction CSR (CSR indirect effect to the AR through the TQ for 0.465>0,08).Key Words: Corporate Social Responsibilty (CSR), the individual daily market return (RMT), abnormal return (AR), average abnormal return (AAR), Tobins Q, PROPER, Ministry of Environment (KLH).
Dampak Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Usaha Kecil Kota Tarakan Syahran, Syahran
Ekonomika Vol 1, No 1 (2010): Volume I No. 1 Januari 2010
Publisher : Ekonomika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to determine the impact of the use of information technology on the performance of existing SMEs in the Town Of Tarakan. Results of research by using multiple linear regression analysis found that decision rationalization variable (X1), solving the problem (X2), vertical integration (X3), horizontal integration (X4), customer service (X5), customer service (X6) affect changes in the performance of SMEs Tarakan. Calculation showed that the results obtained have been made that horizontal integration factor is the higest factor affecting the performance of SMEs. Horizontal integration affect the performance of SMEs is 22,70% with the assumption that other variables constant.  Key Words: Performance, Information Technology, Horizontal Integration
Analisis Pergeseran Sektor Ekonomi Kota Tarakan Jabarsyah, Abdul
Ekonomika Vol 1, No 1 (2010): Volume I No. 1 Januari 2010
Publisher : Ekonomika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research to determine which economic sectors are experiencing a shift in economic structure. Followed by studying and formulating the base sector and non base in the city of Tarakan Period 2002-2007. Then find out where the economic sectors that experienced rapid growth and have strong competitiveness in The City Of Tarakan Period 2002-2007. Analysis tool used is the Shift Share Analysis and analysis of Location Quotient (LQ). Based on the analysis, sector of electricity, gas and watersupply, service sector, construction sector, transportation and communications sector,the agricultural sector, and construction sector because it has a value of more than one LQ (LQ>1). While mining and quarrying sector , as well as the manufacturing industry is the non-base in Tarakan City because it has a smaller RI values than one (LQ<1). Key Words: Economic Structure Shift, Sector Base, Non Base
Pengaruh Privasi, Keamanan, Kepercayaan dan Pengalaman Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Secara Online Palungan, Pither
Ekonomika Vol 1, No 1 (2010): Volume I No. 1 Januari 2010
Publisher : Ekonomika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of the study are: (1) examine the influence of confiedence in the attitude of consumers to transact on line. Test the influence of risk perseption on consumer attitudes to online transaction; (2) examine the influence of consumer attitudes on intentions to transact on line; (3) examine the influence of trust in risk perseption, (4) examine the influence of perseptions of privacy risks; (5) test influence of risk perseption on intention to transact online; (6) test the effects of behavioral control on intention to transact online; (7) test the influence of subjective norm on intention to transact on line; (8) examine the influence of perseptions of security risks; (9) To test the influence of experience using the intenet for online purchase intentions. Analysis tools using Partial Least Square (PLS). The research found that the trust provides a positive influence on attitudes are not significant, security providing a positive influence and significance of risk perseption; belief that positive impact is not significant to the perception of risk to transact online; privacy positive impact and significant risk perception; perceptions of risk provides a positive impact and significant manner, attitude a positive impact and significant to intention to transact online; perseptions of risk provides a positive impact and significant intentions, experience using the Internet to effect positive and significant impact on the intention; norm subjective negative impact is not significant; control behavior gives a significant positive affect on intentions.  Key Words: Risk Perception, Online Transactions, Privacy, Security trust