cover
Contact Name
Fitri Indra Indikawati
Contact Email
fitri.indikawati@tif.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsarjana@tif.uad.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal)
ISSN : 23385197     EISSN : 23385197     DOI : -
Core Subject : Science,
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) adalah jurnal online ditujukan sebagai sarana publikasi dari makalah yang disarikan dari hasil penelitian mahasiswa Teknik Informatika. Focus and Scope: Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Pengetahuan dan Data Mining (Data Mining) Teknologi Multimedia (Multimedia Technologies) Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligents) Grafika Komputer (Computer Graphics) Sistem Informasi (Information Systems)
Articles 391 Documents
APLIKASI PENTERJEMAH BAHASA INDONESIA KE BAHASA BANJAR DISERTAI ANASLISIS SINTAKSIS Ristiawan, Chaidar; Setiady, Tedy
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) Vol 2, No 2 (2014): Juni
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v2i2.2721

Abstract

Bahasa Banjar merupakan bahasa daerah Kalimantan Selatan yang digunakan masyarakat dalam percakapan kehidupan sehari-hari. Bahasa Banjar adalah sebuah bahasa yang dituturkan oleh orang Banjar di Propinsi Kalimantan, Selatan. Jumlah pendatang di Banjarmasin sangat banyak dan secara langsung mereka akan berkomunikasi dengan penduduk setempat, namun Bahasa Banjar susah dimengerti karena berbeda dengan Bahasa Indonesia. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah kamus untuk menterjemahkan kata dan kalimat Bahasa Indonesia ke Bahasa Banjar yang disertai analisis sintak, agar masyarakat pendatang di Kalimantan Selatan bisa mengerti Bahasa Banjar dengan baik dan benar.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yaitu mengumpulkan data dan informasi dari buku-buku referensi, serta literatur-literatur tugas akhir  yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas. Setelah itu dibuat rancangan program yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem yang meliputi analisis, perancangan yang meliputi perancangan proses, perancangan flowchart, perancangan parser, perancangan kamus, perancangan sistem representasi pengetahuan, perancangan interface, implementasi dan pengujian. Hasil penelitian adalah aplikasi kamus penterjemah bahasa Indonesia ke bahasa Banjar disertai analisis sintaksis. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Delphi 7 dan Microsoft acces 2007. Tahap akhir adalah pengujian sistem dengan Black Box Test dan Alpha Test.Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi terjemahan Bahasa Indonesia ke Bahasa Banjar disertai Analisis sintaksis, yang digunakan untuk membantu para pendatang di Banjar untuk belajar mengerti Bahasa Banjar dengan baik dan benar, dan dalam aplikasi ini sudah terdapat kosakata dalam database sebanyak 1100 kosakata. Berdasarkan hasil pengujian sistem yang dilakukan dengan Black Box Test dan Alpha Test, diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi yang dibangun dapat berjalan dengan baik dan siap untuk diimplementasikan.Kata kunci : Terjemahan, Analisis Sintak, Bahasa Indonesia dan Bahasa Banjar.
PENGEMBANGAN MODUL PENGUSULAN HKI PADA SISTEM INVENTARISASI SENI BUDAYA DAN OLAHRAGA Jerrianto, Ery; Noviyanto, Fiftin
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) Vol 4, No 3 (2016): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v4i3.10791

Abstract

Hak Kekayaan Intelektual, disingkat “HKI” atau akronomi “HaKI”, adalah padanan kata yang biasa digunakan untuk Intellectual Property Rights (IPR), yakni hak yang timbul bagi hasil olah pikir yang menghasilkan suatu suatu produk atau proses yang berberguna untuk manusia pada intinya HKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual. Seni budaya adalah suatu bentuk karya sastra yang diciptakan dengan kecakapan sehingga menjadikan sesuatu yang elok atau indah. Saat ini LSBO sendiri telah memiliki website namun website yang sudah ada berfokus pada seni dan budaya, baik dalam hal penjadwalan, alat musik, statistic serta group seni terbaru. Namun belum adanya fungsi untuk pendaftaran HKI, sehingga masyarakat yang akan mendaftarkan karya seni untuk mendapatkan HKI tidak dapat langsung mendaftarkan karya seni tersebut melalui website seni budaya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan wawancara. Kemudian dianalisis untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Implementasi aplikasi memanfaatkan codeigniter framework. Pengujian sistem dilakukan dengan 2 metode, yaitu Blackbox Test dan Whitebox Test.  Hasil dari penelitian ini adalah sebuah modul pengusulan HKI pada sistem inventarisasi seni budaya dan olahraga. Pengujian sistem dengan metode Black box dan White box test untuk mengetahui fungsi API telah berjalan sesuai dengan fungsinyaKata Kunci: Modul Pengusulan HKI
MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN JENIS - JENIS TUMBUHAN BERBASIS MULTIMEDIA STUDI KASUS (TK TUNAS MELATI YOGYAKARTA) Partimawati, -; Pujiyono, Wahyu
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) Vol 3, No 2 (2015): Juni
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v3i2.3053

Abstract

Pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan masih sulit di pahami serta proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional menyebabkan suasana belajar yang terkesan kaku dan anak-anak sibuk bermain sehingga perlu dibuatkan media pembelajaran yang dapat membantu peran guru dalam proses penyampaian materi. Media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan berbasis multimedia  untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak-anak TK Tunas Melati. Dalam hal ini guru sabagai fasilitator dalam menyampaikan tata cara penggunaan media pembelajaran dan anak-anak berperan aktif dalam menerima materi pembelajaran.                 Dalam penelitian ini  adalah media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan untuk TK Tunas Melati. Analisis dilakukan untuk menentukan spesifikasi kebutuhan pembelajaran untuk media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan agar sesuai kebutuhan. Implementasi sistem memanfaatkan Adobe Flash Professional CS3, Adobe Soundbooth Professional CS3, dan Action Script. Sistem yang dihasilkan diuji dengan 2 metode, yaitu black box test dan alpha test. Diskusi dilakukan kepada guru dan wali murid untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan pemahaman anak-anak terhadap pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan.Hasil dari penelitian adalah terbentuknya aplikasi media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan berbasis multimedia untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman anak-anak terhadap jenis-jenis tumbuhan. Dari hasil uji black box test untuk jawaban “Ya” 100% dan untuk jawaban “Tidak”  0%  dapat disimpulkan keluaran dari media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan telah sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan tidak terdapat error pada saat aplikasi media pembelajaran digunakan dan untuk hasil uji alpha test untuk SS (sangat setuju) 70%, S (setuju) 80%, KS (kurang setuju) 0% dan TS (tidak setuju) 0% dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pengenalan tentang jenis-jenis tumbuhan mampu membantu guru untuk menyampaikan materi tentang jenis-jenis tumbuhan dan mampu meningkatkan minat belajar dan pemahamnan anak-anak terhadap jenis-jenis tumbuhan serta wali murid bisa membantu anak-anak dalam belajar pengenalan jenis-jenis tumbuhan pada saat di rumah. Hasil pengujian menunjukkan 100% media pembelajaran tentang jenis-jenis tumbuhan mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman  pada anak-anak TK Tunas Melati Yogyakarta.Kata Kunci: Multimedia, Pembelajaran, Tumbuh-tumbuhan , Tunas Melati.
Sistem Pendukung Keputusan untuk Seleksi Karyawan Baru dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Berbasis Web Novianto, Enggar; Winiarti, Sri
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) Vol 7, No 2 (2019): Juni
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v7i2.15826

Abstract

Seiring dengan semakin berkembangnya sumber daya manusia baik dalam hal kuantitas maupun kualitas, maka semakin besar pula tuntutan bagi manajemen sumber daya manusia untuk melakukan pengelolaan secara komprehensif dan berkesinambungan. Penerapan tenaga kerja yang tinggi menjadi masalah tersediri ketika posisi yang ditawarkan relatif banyak. Penerimaan karyawan dilakukan melalui sistem ujian tertulis, kemudian dilakukan perhitungan secara manual. Cara penilaian seperti itu memakan waktu 1 bulan dan rentan kesalahan. Oleh sebab itu perlu adanya suatu sistem yang dapat mempermudah bagian HRD dalam menentuakan keputusannya dalam memilih kandidat-kandidat calon karyawan yang sesuai kriteria. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan pengamatan informasi lowongan pekerjaan, tata cara pelamar mengirimkan berkas melalui website, study literature, wawancara dengan bagian HRD. Tahap pengembangan aplikasi ini meliputi perancangan sistem menggunakan DAD,ERD,mapping table, alur keputusan, dan metode yang digunakan adalah metode Simple Additive Weighting dan pengujian menggunakan black box test dan pengujian perhitungan algoritma Simple Additive Weighting. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak sistem pendukung keputusan untuk seleksi karyawan baru dengan metode Simple Additive Weighting berbasis web dengan dapat memberikan informasi hasil penilaian yang dilakukan kepada setiap calon karyawan yang akan di seleksi dan hasil pengujian dari sistem ini bahwa hasil pengujian dengan menggunakan black box test dan hasil pengujian dengan menggunakan perhitungan perhitungan algoritma SAW terdapat kesamaan atau valid 100 %.
SISTEM PAKAR DENGAN INFERENSI FUZZY TSUKAMOTO DALAM MENDIAGNOSA PENYAKIT SALURAN REPRODUKSI MANUSIA Lathifah, Lathifah; Winiarti, Sri
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) Vol 2, No 1 (2014): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v2i1.2612

Abstract

Pada zaman sekarang organ reproduksi memang kurang diperhatikan  didalam budaya kita, orang merasa kurang nyaman membicarakan masalah seksual. Padahal, organ tersebut sangat membutuhkan perhatian, terutama kesehatan dan kebersihannya. Menjaga kesehatan tubuh sepertinya merupakan hal biasa dilakukan. Namun, ada bagian tubuh yang kesehatannya jarang kita perhatikan. Bagian tubuh itu adalah organ reproduksi. Tidak hanya mencakup alat vital saja, yang dimaksud dengan organ reproduksi juga mencakup semua organ genital, termasuk saluran-saluran sperma dan sel telur. Ada beberapa  penyakit yang berpotensi rentan terhadap reproduksi diantaranya: vaginitis dan vulvanis, endometriosis, Herpes kelamin, Hipogonadisme, epididimitis, dan prostatitis.  Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan lebih dini karena rasa malu, takut, atau enggan sehingga tidak memeriksakan penyakitnya kepada para ahli medis serta kurangnya pakar kesehatan atau penyuluhan kesehatan dan keterbatasan pengetahuan pihak penyuluh kesehatan tentang penyakit saluran reproduksi. Sistem ini bertujuan untuk membantu pasien dalam mendiagnosa penyakit pada saluran reproduksi manusia dengan metode sistem pakar.Pengembangan perangkat lunak sistem pakar ini meliputi, analisis kebutuhan perangkat lunak yang terdiri dari analisis kebutuhan user, analisis kebutuhan sistem dan perancangan rekayasa pengetahuan dimana dalam pembuatan rekayasa perangkat lunak ini data yang terkumpul direpresentasikan sebagai basis pengetahuan, basis aturan dan perancangan mesin inferensi dengan metode fuzzy tsukamoto. Selanjutnya perancangan sistem, yang merancang pembuatan pemodelan proses yang terdiri dari konteks diagram dan DFD, pemodelan data yang terdiri dari perancangan ERD, Mapping Table dan perancangan tabel. Pengembangan proses selanjutnya adalah implementasi menggunakan Visual Basic 6.0 dan tahap akhir pengembangan sistem yaitu pengujian dengan Black Box Test dan Alfa Test. Hasil penelitian berupa program aplikasi sistem pakar yang mampu  mendiagnosa Penyakit Reproduksi pada Manusia sebanyak 28 jenis Penyakit Reproduksi. Keluaran sistem berupa hasil penelusuran penyakit yang dilengkapi nilai kepastian yang diperoleh dengan perhitungan menggunakan metode fuzzy tsukamoto, penyebab, pencegahan dan keterangan.Kata kunci : Sistem pakar,  Fuzzy Tsukamoto, Penyakit Reproduksi Manusia
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN ASRAMA MAHASISWA DAERAH DI KOTA YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID Edwarsyah, Robi; Firdausy, Kartika
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) Vol 3, No 3 (2015): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v3i3.3086

Abstract

Yogyakarta sebagai kota pendidikan merupakan salah satu kota di Indonesia yang dijadikan tujuan studi bagi pelajar asal daerah yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Setiap tahunnya kota Yogyakarta didatangi ratusan ribu mahasiswa asal daerah dari seluruh pelosok nusantara. Keterbatasan informasi seperti tempat kos atau tempat-tempat lainnya tentu dialami oleh calon mahasiswa maupun mahasiswa semester awal yang baru menginjakkan kaki di kota Yogyakarta. Padahal asrama mahasiswa daerah yang berada di Kota Yogyakarta bisa dijadikan solusi tempat mencari informasi-informasi terkait seputar kebutuhan calon mahasiswa baru maupun mahasiswa semester awal. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan penelitian untuk menciptakan sistem informasi geografis pencarian asrama mahasiswa daerah. Metode penelitian diawali dengan menganalisis kebutuhan, kemudian dilanjutkan dengan perancangan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi untuk mengetahui letak asrama mahasiswa daerah kemudian mencatat alamat lokasi dan koordinat posisi, metode studi pustaka dengan membandingkan beberapa jurnal terkait, dan metode dokumentasi untuk mendokumentasikan obyek yang dijadikan penelitian. Setelah data terkumpul kemudian melakukan tahapan analisis untuk menentukan spesifikasi sistem pencarian sesuai kebutuhan. Tahapan perancangan pada sistem menggunakan UML dan pada perancangan antarmuka menggunakan Balsamiq Mockups. Implementasi sistem menggunakan bahasa pemrograman android. Sistem yang dihasilkan kemudian diuji dengan metode Black Box Test dan Alpha Test. Hasil penelitian ini adalah “Sistem Informasi Geografis Pencarian Asrama Mahasiswa Daerah Di Yogyakarta Berbasis Android” dengan memanfaatkan GPS yang dapat memberikan informasi asrama yaitu dapat menampilkan peta yang dapat menunjukkan posisi user disertai rute petunjuk arah jalan. Kata kunci : Android, Asrama, Mahasiswa, Yogyakarta 
PEMBUATAN MODEL ENTERPRISE RESOURCE PLANNING PADA XT SQUARE YOGYAKARTA Amanah, Siti; Tarmuji, Ali
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) Vol 3, No 1 (2015): Februari
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v3i1.2927

Abstract

XT SQUARE merupakan wisata belanja dan kuliner baru di Yogyakarta dengan konsep “ONE STOP NIGHT SHOPPING”. XT SQUARE merupakan salah satu tempat perbelanjaan baru di Yogyakarta yang buka mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan malam hari pukul 24.00 WIB.  Permasalahan yang sampai saat ini masih dihadapi adalah teknologi dan infrastruktur yang kurang memadai untuk menunjang keberhasilan proses bisnis dan sistem informasi yang ada, kurangnya SDM dan beberapa sistem informasi yaitu sistem informasi order dan sistem informasi keuangan yang belum terintegrasi dengan baik, serta belum adanya perencanaan pengembangan sistem informasi jangka panjang. Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) mampu membantu permasalahan yang ada di Xt Square Yogyakarta. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah model yang berisi perencanaan pengembangan sumber daya meliputi data, aplikasi, infrastruktur, sumber daya manusia, serta perencanaan implementasi ERP. Hasil uji kelayakan yang diajukan kepada staff XT Square diperoleh prosentase 100% dan menunjukkan bahwa model ini layak diterapkan pada XT Square Yogyakarta. Kata Kunci : Enterprise Resource Planning (ERP),  ERP, Xt Square Yogyakara
Rancang Bangun Aplikasi Pengecekan Kemiripan Judul Skripsi Dengan Metode Cosine Similarity (Studi Kasus : Program Studi Teknik Informatika UAD) Apriyanto, Ibnu Abdullah; Aribowo, Eko
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) Vol 6, No 2 (2018): Juni
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v6i2.15241

Abstract

Pencarian judul skripsi dalam penyelesaian tugas akhir mahasiswa merupakan sesuatu yang tidak dapat dikatakan sulit dan dikatakan mudah. Seperti halnya dalam pengajuan judul di Teknik Informatika UAD, mahasiswa skripsi mengajukan topik TA dengan menemui Dosen koordinator TA atau menemui dosen pembimbing yang diinginkannya. Namun informasi terkait judul yang telah diambil/ digunakan pada tingkat dosen belum terkordinasi. Hal ini dapat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan penerimaan judul skripsi sehingga dibutuhkan validitas terkait penentuan judul skripsi yang akan diambil oleh mahasiswa. Untuk itu dilakukan penelitian dengan merancang bangun suatu aplikasi atau sistem yang dapat memberikan kemudahan dosen ataupun mahasiswa dalam melakukan pengecekan judul skripsi yang diajukan dengan skripsi-skripsi terdahulu di kalangan Program Studi Teknik Informatika UAD Subyek yang akan dibahas pada penelitian ini adalah “Aplikasi Pengecekan Kemiripan Judul Skripsi di Teknik Informatika UAD” menggunakan metodologi pengembangan sistem yaitu waterfall model. Metode waterfall dimulai dengan tahap menentukan system requirement specification, tahap perancangan sistem, tahap implementasi/ coding, dan tahap pengujian sistem. Sistem diuji dengan 2 metode yaitu Blackbox Test dan Usability Test. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan aplikasi pengecekan kemiripan judul skripsi di program studi Teknik Informatika UAD. Pengujian dengan metode Blackbox Test dihasilkan bahwa 100% sistem sudah berjalan dengan baik, layak digunakan dan sesuai kebutuhan. Sedangkan pengujian dengan metode Usability Test 0 % responden menyatakan/memberi penilaian sistem/aplikasi tidak diterima (not acceptable), 20 % responden memberikan penilaian marginal dan 80 % responden menyatakan sistem aplikasi bisa diterima (acceptable).
MANAGEMEN RUANG PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH DENGAN TEKNOLOGI JAVA (Studi Kasus Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta) Somantri, Aji; Pujiyono, Wahyu
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) Vol 1, No 2 (2013): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v1i2.2560

Abstract

Meningkatnya kegiatan yang terjadi pada rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, menyebabkan data operasionalnya mengalami penurunan dalam hal penyampaian informasi kepada  pasien sehingga data tersebut kurang informatif, yang mana data tersebut berhubungan dengan informasi kamar dan informasi pasien yang sedang rawat inap. Penerapan komputer sebagai pengolah data akan sangat membantu kinerja rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.Metode penelitian yang digunakan untuk membangun Aplikasi Managemen Ruang Pasien Rawat Inap pada RS PKU Muhammadiyah dengan Teknologi Java diawali dengan pengumpulan data mengenai ruangan rawat inap, analisis kebutuhan sistem, perancangan, implementasi dan pengujian sistem dengan black box test, dan alpha test.Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi tentang “Managemen Ruang Pasien Rawat Inap pada RS PKU Muhammadiyah dengan Teknologi Java” yang dapat digunakan untuk mengakses informasi ruangan rawat inap dan pasien rawat inap. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini telah diuji coba di rumah sakit. Kata kunci : PKU Muhammadiyah, Managemen, Kelas, Ruangan, Kamar, Pasien.      
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MONITORING KKN POSDAYA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN BERBASIS GOOGLE MAPS API Sumarto, Danang Adi; Setiadi, Tedy
JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal) Vol 2, No 3 (2014): Oktober
Publisher : Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jstie.v2i3.2873

Abstract

Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) adalah lembaga masyarakat yang bertujuan untuk pemberdayaan keluarga. Pemrakarsa Posdaya adalah Yayasan Damandiri dengan pelaksana teknis Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) berbagai perguruan tinggi melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), salah satunya Universitas Ahmad Dahlan. Selama ini hasil KKN Posdaya UAD masih berupa laporan tertulis sehingga menyulitkan LPM dalam melakukan Monitoring dan pencarian lokasi posko.Pemanfaatan teknologi informasi dan Internet serta integrasi dengan sisi geografis dapat menjadi solusi yang memberikan kemudahan pertukaran data serta visualisasi yang dinamis. Penanganan sisi geografis menggunakan Google Maps Api yaitu sebuah jasa penyedia peta dunia secara gratis dan online yang di sediakan oleh google. Sedangkan model proses pembangun perangkat lunak yang dipakai adalah waterfall model.Dari hasil penelitian ini dihasilkan sebuah sistem yang mampu menampilkan informasi lokasi dari KKN Posdaya UAD beserta data yang ada secara periodik. Dengan SIG ini, LPM dapat melihat dan memonitoring perkembangan Posdaya secara keseluruhan, serta dapat membantu mahasiswa KKN apabila kegiatan mulai tidak berjalan. Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis, Posdaya, Google Maps Ap

Page 1 of 40 | Total Record : 391