cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL RISET TEKNOLOGI KELAUTAN
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2016): Jurnal Riset Teknologi Kelautan (JRTK)" : 15 Documents clear
PERANCANGAN SIMULASI KONTROL OTOMATIS DISTRIBUSI BAHAN BAKAR TANGKI HARIAN PADA KM. MADANI NUSANTARA ., Baharuddin
Jurnal Riset Teknologi Kelautan Vol. 14 No. 1 (2016): Jurnal Riset Teknologi Kelautan (JRTK)
Publisher : Jurnal Riset Teknologi Kelautan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1119.28 KB)

Abstract

Ruang utama sistem kendali (Central Control Room) yang terdapat di dalam kamar mesin suatu kapal, pada hakikatnya berfungsi untuk mengontrol dan mengawasi seluruh komponen yang mendukung kinerja kapal. Salah satu bentuk pengawasannya terdapat pada KM. Madani Nusantara, untuk distribusi bahan bakar, mulai dari tangki harian hingga suplai ke mesin utama dan generator selama kapal berlayar. Namun, bentuk pengawasan distibusinya, tergolong manual. Terdapat operator yang keluar dari CCR untuk meninjau bandul ukur dan melihat kondisi tangki, lalu kembali untuk menghidupkan pompa. Untuk itu, dilakukan penelitian menggunakan LabView, tentang estimasi waktu tangki harian terkuras dan pengisian kembali, sebagai simulasi pengawasan agar lebih memudahkan kinerja operator. Pemodelan berdasarkan karakteristik mesin utama, generator, tangki harian, dan pompa sebagai input parameter dalam menjalankan simulasi. Hasil penelitian menggunakan LabView dapat lebih meringankan proses pengawasan yang memperlihatkan estimasi waktu yang diperoleh hingga tangki harian terkuras ke titik terendahnya (± 1000 liter), dari 4 macam putaran mesin utama, menghasilkan serapan spesifik komsumsi bahan bakar (SFOC) untuk 100 %, 75 %, 50 % dan 25 % ditambah serapan generator, maka waktu tangki harian terkuras yakni selama 6,9 jam, 8,6 jam, 11,6 jam dan 17,4 jam. Sedangkan untuk estimasi waktu lamanya pengisian kembali berdasarkan kapasitas pompa, yakni selama 0,22 jam.
PEMANFAATAN GAS BUANG MESIN DIESEL SEBAGAI ENERGI LISTRIK Klara, Syerly; ., Sutrisno
Jurnal Riset Teknologi Kelautan Vol. 14 No. 1 (2016): Jurnal Riset Teknologi Kelautan (JRTK)
Publisher : Jurnal Riset Teknologi Kelautan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.55 KB)

Abstract

Pemanfaatan energi alternatif yang ramah lingkungan dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi saat ini mulai ramai dikembangkan. Salah satunya adalah termoelektrik generator. Termoelektrik generator memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan tidak menimbulkan polusi sehingga sangat ramah lingkungan. Prinsip dasar dari termoelektrik generator adalah memanfaatkan perbedaan suhu yang terjadi di lingkungan menjadi energi listrik. Pada penelitian ini digunakan beberapa peltier yang disusun secara seri maupun parallel pada kondisi putaran mesin variasi mulai dari 1000 RPM sampai 2500 RPM yang bertujuan untuk mengetahui besar energi listrik yang dapat dihasilkan dari perbedaan temperatur pada panas mesin utama kapal hasil pembakaran yang terbuang dengan suhu kamar mesin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebuah peltier mampu menghasilkan maksimal daya pada kondisi putaran mesin 2500 RPM dengan perbedaan suhu 39 ºC sebesar 0,84 Watt, dan susunan 6 buah peltier dirangkai seri memiliki daya yang lebih besar dibandingkan susunan peltier secara parallel pada kondisi putaran mesin yang sama yaitu sebesar 68.88 Watt. Ini menunjukkan sinkronisasi antara perbedaan suhu yang terjadi pada kedua sisi peltier dengan daya listrik yang dihasilkan pada peltier.
ANALISA KENERJA DERMAGA PELABUHAN RAKYAT PAOTERE SULAWESI SELATAN Bochary, Lukman; Idrus, Misliah
Jurnal Riset Teknologi Kelautan Vol. 14 No. 1 (2016): Jurnal Riset Teknologi Kelautan (JRTK)
Publisher : Jurnal Riset Teknologi Kelautan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.022 KB)

Abstract

Pembangunan ekonomi sebuah daerah sangat ditentukan oleh sistem transportasi atau jasa angkutan yang memadai, baik angkutan darat, laut, maupun udara. Transportasi pada dasarnya adalah kegiatan mengangkut penumpang atau barang dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan. Pelabuhan berperan dan berfungsi sangat penting dalam perdagangan dan pembangunan nasional dan internasional, yaitu sebagai pintu gerbang keluar masuk barang dan penumpang ke dan dari suatu daerah, dimana pelabuhan itu berada. Pelabuhan Paotere adalah pelabuhan rakyat yang terletak di bagian Utara Kota Makassar. Pelabuhan ini sebagai salah satu pintu gerbang pembangunan kota Makassar yang melayani tidak hanya pelayaran nasional tetapi juga internasional akan tetapi utilitas pelabuhan yang terbatas sehingga permasalahan yang muncul beberapa tahun yang akan datang adalah bagaimana dermaga pelabuhan Paotere dalam menangani pelayanan kapal pada tahun 2025. Tujuannya adalah memberikan gambaran sejauh mana dermaga Pelabuhan Paotere menangani pelayanan kapal hingga tahun 2025. Sehingga diperoleh Manfaat yaitu sebagai bahan rujukan bagi perencanaan Pelabuhan Paotere dalam pengembangannya, khususnya kinerja dermaganya. Dari penelitian ini dapat disimpulkan pada tahun 2025 jumlah Call kapal di Pelabuhan Paotere menurun. Penurunan jumlah Call kapal tersebut disebabkan oleh banyak faktor diantaranya, kecelakaan kapal tidak mendapat penggantian asuransi, proses pembuatan kapal yang relatif lama dan kapal yang berkunjung ke pelabuhan tidak terus menerus. Persentase BOR di Pelabuhan Paotere pada tahun 2025 sebesar 8.50%. Nilai ini berada jauh di bawah standar yang ditetapkan oleh UNCTAD untuk 6-10 dermaga yang identik nilai maksimal BOR yang diijinkan adalah 70 %. Sehingga nilai ini tidak mengharuskan Pelabuhan Paotere untuk menambah panjang dermaganya.
RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE DALAM PERAWATAN F.O. SERVICE PUMP SISTEM BAHAN BAKAR KAPAL IKAN Alwi, Rusydi
Jurnal Riset Teknologi Kelautan Vol. 14 No. 1 (2016): Jurnal Riset Teknologi Kelautan (JRTK)
Publisher : Jurnal Riset Teknologi Kelautan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.574 KB)

Abstract

Kapal ikan yang beroperasi pada saat ini dituntut untuk meningkatkan availability-nya. Salah satu cara untuk meningkatkan availability kapal adalah dengan meningkatkan keandalannya melalui usaha perawatan terutama pada sistem yang kritis dalam sistem pendukung mesin induk diantaranya sistem bahan bakar. Apabila sistem bahan bakar mengalami kerusakan maka akan mengurangi availability motor induk. Reliability Centered Maintenance (RCM) merupakan sebuah manajemen perawatan yang terencana dan lebih bersifat proaktif dalam mencegah terjadinya kegagalan fungsional sistem. Sehingga diharapkan dengan menggunakan metode RCM dapat diperoleh kegiatan perawatan sistem bahan bakar mesin induk kapal yang optimum ditinjau dari segi keandalan system. Direkomendasikan untuk melakukan perawatan di saat nilai indeks keandalan komponen F.O Service Pump di atas R(t)= 0,5.
ANALISA PERAWATAN BERBASIS RESIKO PADA SISTEM PELUMAS KM. LAMBELU Yusuf, Zulkifli
Jurnal Riset Teknologi Kelautan Vol. 14 No. 1 (2016): Jurnal Riset Teknologi Kelautan (JRTK)
Publisher : Jurnal Riset Teknologi Kelautan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1017.996 KB)

Abstract

Pada kapal KM Lambelu yang dibuat pada tahun 04 september 1997 memiliki sistem penunjang operasional kapal. Salah satunya adalah sistem pelumas penunjang operasional mesin utama. Kerusakan sering terjadi pada komponen system pelumas KM. Lambelu seperti kerusakan pada filter yang diakibatkan umur komponen yang sudah tua dan perawatan yang tidak terencana sehingga mengganggu kinerja operasional mesin utama dan menyebabkan menurunnya kinerja komponen yang mengakibatkan terjadinya sebuah kegagalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat resiko yang terjadi pada setiap komponen dan nilai Mean Time to Failure (MTTF). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif meliputi FTA dan FMEA dan analisis Kuantitatif menggunakan model Distribusi Weibull untuk mengetahui nilai MTTF. Metode Risk Based Inspection and maintenance digunakan untuk mengetahui nilai resiko peralatan dan model penjadwalan perawatan. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan distribusi Weibull nilai MTTF tangki harian 3120 jam, pompa transfer 1096 jam, filter duplex 103 jam, strainer 94 jam, dan cooler 674 jam. Pompa transfer memiliki tingkat resiko paling tinggi dan tangki harian, filter duplex, strainer dan cooler memiliki tingkat resiko menengah. Metode inspeksi yang digunakan berupa visual check.
STUDI PENGARUH PERUBAHAN SARAT TERHADAP OLAH GERAK KAPAL DI ATAS GELOMBANG ., Rosmani; Bochary, Lukman
Jurnal Riset Teknologi Kelautan Vol. 14 No. 1 (2016): Jurnal Riset Teknologi Kelautan (JRTK)
Publisher : Jurnal Riset Teknologi Kelautan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.332 KB)

Abstract

Pada performa kapal, interaksi antara kapal dengan gelombang sangat dipengaruhi oleh bentuk kapal dan kondisi perairan, sehingga kapal yang dirancang perlu untuk dikaji dan diteliti performanya khususnya mengenai Seakeep. ing., khususnya kapal perintis 750 DWT sebagai objek penelitian Pada proses disain kapal, aspek ship respon di gelombang sangat penting untuk diprediksi. Tujuan penelitian ini adalah menentukan karakter performa kapal di atas gelombang berdasarkan gerak heaving dan pitching. Metode yang digunakan dalam analisis adalah simulasi numerik dengan bantuan software Maxsurf, dimana hasil simulasi menunjukkan bahwa respon gerak kapal tiap perubahan sarat akan meningkat seiring dengan pertambahan panjang gelombang, dimana RAO heaving tertinggi berada pada sarat 3,5 meter dengan panjang gelombang 1.6L yaitu 1,626 untuk tinggi gelombang 1 meter dan 1,600 untuk tinggi gelombang 4 meter. RAO heaving mulai menurun pada panjang gelombang 1.7L sampai 2L. Sedangkan RAO pitching pada tinggi gelombang 1 m tendensi kurva RAO pitching tiap perubahan sarat menunjukkan pola yang hampir sama, dan RAO pitching tertinggi berada pada sarat 2,75 meter dipanjang gelombang 2L yaitu 1,137 pada tinggi gelombang 1 meter dan 4 meter. Nilai tertinggi Amplitudo Heaving pada sarat 3,5 m. yakni untuk tinggi gelombang 1 meter adalah 0.813 meter pada panjang gelombang 1.6L dan untuk tinggi gelombang 4 meter adalah 3,2 meter pada panjang gelombang 1.6L. Sedangkan untuk Amplitudo Pitching tertinggi pada sarat 2,75 m. dimana untuk tinggi gelombang 1 meter adalah 4.8380 pada panjang gelombang 1.5L dan untuk tinggi gelombang 4 meter adalah 19,8140 pada panjang gelombang 1.5L.
PERFORMA DESIGN STRIPSHIELD SEA CHEST KAPAL BASARNAS TIPE FRP36 BERDASARKAN WATER INTAKE DAN TAHANAN TAMBAHAN Sitepu, Husni; Baso, Suandar
Jurnal Riset Teknologi Kelautan Vol. 14 No. 1 (2016): Jurnal Riset Teknologi Kelautan (JRTK)
Publisher : Jurnal Riset Teknologi Kelautan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1498.866 KB)

Abstract

Kapal Basarnas tipe FRP merupakan kategori kapal cepat yang digunakan untuk memberikan pertolongan bila terjadi kecelakaan / musibah, di alur pantai, sungai, danau dan laut, dengan kemampuan olah gerak yang baik, kapal berbahan Fiberglass ini memiliki bobot yang relatif ringan dengan daya mesin yang besar sehingga menghasilkan kecepatan diatas 20 Knot. Daya mesin yang besar tersebut membutuhkan supply air pendingin dari sea chest yang besar pula, sedangkan seiring bertambahnya kecepatan kapal volume air yang masuk kedalam sea chest cenderung menurun sehingga dibutuhkan design stripped shield yang mampu menyuplai kebutuhan air pendingin dari mesin.Dengan menggunakan Software Maxsurf Hull Speed maka dapat dianalisa tahanan tambahan, water intake, dan pola aliran pada striped shield sea chest. Agar dapat menganalisa pola aliran yang lebih detail di setiap kenaikan kecepatan kapal pada striped shield sea chest juga digunakan bantuan Software Ansys .Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan penambahan striped shield pada seachest kapal memberikan damakan nilai tahanan kapal. Jumlah water intake yang ditimbulkan akibat adanya Striped Shield relatif bervariasi seiring perubahan kenaikan kecepatan kapal.
MODA ALTERNATIF PADA PENDISTRIBUSIAN ANGKUTAN PETIKEMAS DI PELABUHAN SUKARNO HATTA Dewa, Syarifuddin
Jurnal Riset Teknologi Kelautan Vol. 14 No. 1 (2016): Jurnal Riset Teknologi Kelautan (JRTK)
Publisher : Jurnal Riset Teknologi Kelautan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.833 KB)

Abstract

Muatan dan kunjungan kapal petikemas di terminal petikemas Sukarno Hatta tiap tahun mengalami peningkatan, sementara terbatasnya jumlah fasilitas tambatan, kedalaman kolam pelabuhan, lapangan penumpukan, dan pendistribusian muatan ke wilayah hinterland dengan jarak cukup jauh melalui angkutan darat yang dapat berdampak pada pemeliharaan fisik jalan raya, dapat membuat kemacetan lalu lintas, pengangkutan memerlukan waktu lama sampai ke pemilik, sehingga kurang efisien. Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan moda alternatif yang diminati pengguna jasa angkutan. Metode penelitian yang digunakan adalah model logit biner, pengambilan data wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus permintaan kunjungan kapal pertumbuhan rata-rata sebesar (5,66%) per tahun dan arus B/M rata-rata sebesar (9,44%) per tahun. Kecenderungan pengguna jasa transportasi pengangkutan petikemas memilih moda truk dengan probabilitas (58%) dan moda kapal laut (42%).
ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR “TANK DECK” KAPAL LCT AT 117 M TNI AL Sitepu, Ganding; ., Hamzah
Jurnal Riset Teknologi Kelautan Vol. 14 No. 1 (2016): Jurnal Riset Teknologi Kelautan (JRTK)
Publisher : Jurnal Riset Teknologi Kelautan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (884.728 KB)

Abstract

Kekuatan struktur konstruksi sangat berpengaruh pada tingkat keselamatan kapal baik pada kondisi laut yang tenang, bergelombang bahkan di atas dok . LCT (landing craft tank) adalah jenis kapal laut yang dirancang untuk mengangkut tank dan unit konstruksi berbobot ekstrim per unitnya. Konstruksi geladak tank menerima beban baik statis dan dinamis yang dipengaruhi oleh percepatan akibat dinamika kapal. Penelitian ini bertujuan mengetahui beban yang bekerja pada tank deck, menganalisis respon struktur geladak terhadap beban serta mengetahui umur struktur geladak tersebut. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan AnsysTM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tegangan izin tercapai pada percepatan 17,6 m/s2 yang terletak di ujung pelat yang merupakan kontak antara pelat dek dengan pelat sekat melintang dengan panjang 600 mm. Pada percepatan 17,6 m/s2, struktur geladak akan mengalami kelelahan pada umur 7,882 tahun.
THEORETICAL APPROACH OF UNIFORM FLOW VELOCITY THROUGH GROIN PILES Umar, Hasdinar
Jurnal Riset Teknologi Kelautan Vol. 14 No. 1 (2016): Jurnal Riset Teknologi Kelautan (JRTK)
Publisher : Jurnal Riset Teknologi Kelautan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.878 KB)

Abstract

Research of uniform flow velocity through groin piles was developed on hydraulic laboratory, which differs from previous research because model of structure is groin piles. Uniform flow is influenced by two shear stress namely bottom shear stress and shear stress due to the piles of groin. Theory of uniform flow velocity is obtained by equating the shear stress due to waves and shear stress due to permeable groins. Theoretical approach verified by research in the laboratory using eight models of piles with density ranging between 18.4% - 31.4%. The verification results show that the measurement data of uniform flow velocity in the laboratory close to the results of calculations using the theory.

Page 1 of 2 | Total Record : 15