cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
OIKONOMIA - Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 296 Documents
PENGARUHFASILITAS DAN MEDIA BELAJAR TERHADAPPRESTASI BELAJAR PADAMATA PELAJARAN EKONOMIKELAS XI DI SMA ISLAM SUDIRMAN BRUNO PURWOREJO Laksono, Dwi Yuni
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.921 KB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  ada tidaknya  pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan media pembelajaran secara sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Islam Sudirman Bruno tahun pelajaran 2013/2014. Penentuan sampel dengan tabel krejciedengan taraf kesalahan 5% dari populasi 95 siswa diambil sampel 75 siswa, menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakanangket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif.Berdasarkan analisis deskriptif penggunaan fasilitas belajar tergolong cukup (52%), media pembelajaran tergolong cukup (65,34%), dan prestasi belajar tergolong rendah (54,70%). Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa:(1) fasilitas belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 16% (thitung = 3,705; sig. <0,05). (2) media pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 37,80% (thitung = 6,611; sig. <0,05). (3) penggunaan fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 96,90% (R=0,984; F=1127,015; sig. <0,05) sedangkan 3,1% dipengaruhi faktor lain.   Kata kunci : fasilitas, media pembelajaran, prestasi
PENGARUH ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 10 PURWOREJO Astuti, Rizki Nugrahing
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.212 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa. (2) Ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 10 Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 170 siswa diambil sampel 114 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berada pada kategori rendah dengan persentase 42,10%, sedangkan untuk minat belajar tergolong rendah dengan persentase 42,98%, dan nilai mata pelajaran ekonomi berada pada kategori cukup 89,47%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar sebesar 21,90%; (thitung =  5,572; sig < 0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara minat dengan prestasi belajar sebesar 5,47%.; (thitung = 2,532; sig < 0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan minat secara bersama-sama terhadap prestasi belajar dengan persamaan regresi . Kata kunci : Lingkungan keluarga, minat belajar, prestasi belajar
HUBUNGAN PENGGUNAAN IPTEK DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP N 1 PONCOWARNO KEBUMEN Nugroho, Arif
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.994 KB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  ada tidaknya  hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan iptek dan lingkungan belajar secara sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas 8 di SMP N 1 Poncowarno Kebumen tahun pelajaran 2013 / 2014. Penentuan sampel dengan tabel krejcie dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 240 siswa diambil sampel 142 siswa, menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif penggunaan iptek yang tergolong rendah dengan presentasenya (52%), lingkungan belajar yang tergolong rendah dengan presentasenya (82,60%), dan prestasi belajar tergolong rendah (42,70%). Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara Penggunaan IPTEK dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar, R sebesar 0,976 (F=1382,530; sig <0,05) koefisien determinasi (R2) sebesar 0,952 yang berarti bahwa Penggunaan IPTEK dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama memberikan hubungan sebesar 95,20% sedangkan 4,80% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Persamaan Regresi Y= 32,679 + 0,952X1 + 1,368X2 ; ada hubungan yang positif dan signifikan antara Penggunaan IPTEK terhadap prestasi belajar rx1y = 0,280;  t hitung = 3,436; sig <0,05 sumbang efektifitasya = 7,84% ; ada hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar rx2y = 0,709;  t hitung = 11,866 ; sig <0,05 sumbang efektifitasya = 50,27% . Kata kunci : Penggunaan IPTEK, Lingkungan Belajar, Prestasi
PENGARUH GANJARAN DAN HUKUMAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KEBUMEN Khilwa, Sabda Maulidatul
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.924 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara ganjaran terhadap motivasibel ajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen. (2) ada tidak nya pengaruh positif dan signifikan antara hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen. (3)Ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara ganjaran dan hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen.Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 250 siswa diambil sampel 146 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa ganjaran berada pada kategori kurang baik sebesar 41,09%, hukuman beradap ada kategori kurang baik sebesar 39,04% dan motivasi belajar berada pada kategori kurang baik sebesar 41,78%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara ganjara ndengan motivasi belajar, (thitung12,035; sig. < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara hukuman dengan motivasi belajar, (thitung 5,578; sig. < 0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara ganjaran dan hukuman  secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen denganFhitung 1455,264; sig. < 0,05. Kata kunci : Ganjaran, Hukuman, Motivasi Belajar
PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, KELELAHAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI Apriyanti, Dwi Arini
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.828 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1)ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar, kelelahan dan kreativitas siswa baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen.(2)besarnya pengaruh lingkungan belajar, kelelahan dan kreativitas siswa baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi.Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan belajar berada pada kategori cukup sebesar 37,72%, kelelahan pada kategori cukup sebesar 34,21%, kreativitas pada kategori kurang sebesar 37,72%, dan prestasi belajar pada kategori baik sebesar 80,70%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukan bahwa (1)variabel lingkungan belajar secara parsial memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhahap prestasi belajar sebesar 10,89%(thitung=3,664; sig 0,000<0,05), (2)variabel kelelahan secara parsial memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhahap prestasi belajar sebesar 10,96%(thitung=3,679; sig 0,000<0,05), (3)variabel kreativitas siswa memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhahap prestasi belajar sebesar 11,29%(thitung=3,736; sig 0,000<0,05). (3)pengaruh semua variabel bebas secara bersama-sama memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat sebesar 63,9% (Fhitung=64.952; sig 0,000<0,05; R=0,799; Rsquare=0,639)dan sisanya 36,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.   Kata kunci : lingkungan, kelelahan, kreativitas, prestasi
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 3 PURWOREJO Wulandari, Ria Nur Cahya
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.432 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri 3 Purworejo,(2) Mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru SMA Negeri 3 Purworejo, (3) Mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja guru SMA Negeri 3 Purworejo, (4) Mengetahui variabel mana yang dominan mempengaruhi kinerja guru SMA Negeri 3 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMA Negeri 3 Purworejo sebanyak 52 orang. Berdasarkan tabel Krecjie diperoleh sampel 44 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptip dengan menyajikan data berupa klasifikasi katagori tanggapan responden terhadap variabel kinerja guru, kepemimpinan dan motivasi. Penyajian dengan tabel dan diagram. Selain analisis kualitatif juga dianalisis kuantitatif dengan rumus regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif maka hasil pengujian hipotesis 1, hipotesis 2 dan hipotesis 3 dapat diambil kesimpulan bahwa kepemimpinan dan motivasi baik secara bersamaan maupun secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 3 Purworejo (Sig < 0,05). Hipotesis 4 juga diterima karena ternyata koefisien regresi untuk variabel motivasi kerja (0.559) lebih besar dari pada koefisien regresi variabel kepemimpinan (0.388). Dengan demikian hipotesis 1, 2, 3 dan 4 diterima. Kata Kunci : Kinerja Guru, Kepemimpinan, Motivasi Kerja
PENGARUH MODAL TERHADAP PENINGKATAN SHU PADA KP-RI “UTAMA” WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO Kurniawan, Kurniawan
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.647 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara modal terhadap peningkatan SHU pada KP-RI ?UTAMA? Wadaslintang Kabupaten Wonosobo 2009-2012. (2) Seberapa besar pengaruh modal terhadap peningkatan SHU pada KP-RI ?UTAMA? Wadaslintang Kabupaten Wonosobo 2009-2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan yang berisi tentang laporan neraca dan laporan rugi laba/laporan SHU yang dikeluarkan koperasi setiap tahunnya. Sampel penelitian diambil data empat tahun terakhir yaitu tahun 2009-2012 yang beisi tentang modal dan SHU anggota yang selalu mengalami peningkatan selama tahun 2009-2012. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel Peningkatan SHU (Y) memiliki rata-rata sebesar 2.8431E6 dengan standar deviasi sebesar 7.06807E5. Variabel Modal (X) memiliki rata-rata sebesar Rp. 2.1215E8 dengan standar deviasi sebesar 5.52014E7. Berdasarkan analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa: Y = 147624.204 + 0,013X. Hasil korelasi parsial menunjukkan: (1) modal memberikan sumbangan efektif sebesar 98.40% (thitung = 11,340; 0.008 < 0.05, maka signifikan) terhadap peningkatan SHU, sedangkan 1,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.   Kata kunci : Modal, SHU, KPRI
PENGARUH LOYALITAS MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRODUK HANDPONE NOKIA Yunitati, Yunitati
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.77 KB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara loyalitas merek dan citra merek secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap ekuitas merek pada produk handpone merek  nokia. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel krejcie dengan tingkat kesalahan 5% dari populasi 96 mahasiswa diambil sampel 76 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.Berdasarkan analisi deskriptif menunjukan bahwa loyalitas merek berada pada kategori tinggi dengan persentase 64,47%, citra merek dinyatakan cukup dengan persentase 42,11%, dan ekuitas merek dinyatakan cukup dengan persentase 43,42%.Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa: (1) variabel loyalitas merek memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ekuitas merek sebesar 8,94% ( = 0,299; thitung = 2,676; sig = 0,009 <0,05); (2) variabel citra merek memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ekuitas merek pengaruh sebesar 83,72% ( = 0,873; thitung = 19,333; sig = 0,000 <0,05); dan (3) variabel loyalitas merek dan citra merek secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ekuitas merek sebesar 91,0% (R = 0,910; F = 367,615; sig = 0,000 <0,05). Persamaan Regresi Y= 0,475+ 0,091X1+ 0,604X2. Dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci: loyalitas merek, citra merek dan ekuitas merek
PENGARUH TINGKAT UPAH TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN GENTENG INTAN SOKKA DI KABUPATEN KEBUMEN Marlia, Ani
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.551 KB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini untuk dapat mengetahui apakah ada pengaruh yang positif tingkat upah terhadap produktivitas kerja karyawan pada Perusahaan Genteng Intan Sokka di Kabupaten Kebumen. Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif antara tingkat upah dengan produktivitas kerja karyawan pada perusahaan genteng Intan Sokka di Kabupaten Kebumen. Populasi dari penelitian sebanyak  15 orang karyawan semua diteliti. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara langsung dan analisis dokumen yang berupa data produktivitas kerja dan upah karyawan serta metode linteratur yang berupa buku-buku pustaka, metode analisis mengunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis deskrptif menunjukkan bahwa tingkat upah Perusahaan Genteng Intan sokka di Kabupaten Kebumen termasuk kategori tinggi (46,67%), Produktivitas Kerja pada kategori tinggi (66,67%). Berdasarkan hasil analisis diperoleh  = 0,724 artinya tingkat upah terhadap produktivitas memberikan pengaruh positif. Besarnya pengaruh 72,40% dan 27,60% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian hipotesis diatas dapat diterima yang berbunyi ada pengaruh yang positif antara tingkat upah dengan produktivitas kerja karyawan pada perusahaan genteng Intan Sokka di Kabupaten Kebumen.   Kata Kunci : Pengaruh Tingkat Upah dan Produktivitas Kerja Karyawan
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SOSIAL EKONOMI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK BATIK PURWOREJO Zahidi, Zahidi
OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Ekonomi
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.33 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh motivasi belajar dan sosial ekonomi keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMK Batik Purworejo, (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa SMK Batik Purworejo, (3) Mengetahui pengaruh sosial ekonomi keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMK Batik Purworejo, (4) Untuk mengetahui variabel mana yang dominan mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK Batik Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMK Batik Purworejo sebanyak 45 orang. Berdasarkan tabel Krecjie diperoleh sampel 40 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptip dengan menyajikan data berupa klasifikasi katagori tanggapan responden terhadap variabel kesiapan kerja, motivasi belajar dan sosial ekonomi keluarga. Penyajian dengan tabel dan diagram. Selain analisis kualitatif juga dianalisis kuantitatif dengan rumus regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif maka hasil pengujian hipotesis 1, hipotesis 2 dan hipotesis 3 dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi belajar dan sosial ekonomi keluargabaik secara bersamaan maupun secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK BatikPurworejo (Sig < 0,05). Hipotesis 4 tidak diterima karena ternyata koefisien regresi untuk variabel sosial ekonomi keluarga (0.556) lebih besar dari pada koefisien regresi variabel motivasi belajar (0.391). Dengan demikian hipotesis 1, 2, 3diterima, sedangkan hipotesis 4 ditolak.   Kata Kunci : Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Keluarga, Kesiapan Kerja.

Page 1 of 30 | Total Record : 296