cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jrmm@unikama.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM)
ISSN : 23375655     EISSN : 27157008     DOI : 10.21067
Core Subject : Science,
Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM) terbit 2 (dua) kali dalam setahun (April, Oktober) berisi publikasi hasil-hasil penelitian tugas akhir mahasiswa, karya ilmiah mahasiswa, serta penelitian mahasiswa dan dosen di bidang Manajemen. JRMM diterbitkan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang
Arjuna Subject : -
Articles 135 Documents
PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI TRANSFORMER CENTER KOTA BATU Laura Angelica, Tirza; Nu Graha, Andi; Wilujeng, Sri
Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.078 KB) | DOI: 10.21067/jrmm.v6i1.4469

Abstract

Mempertahankan tingkat kinerja karyawan sangat diperlukan terutama dalam proses pencapainan tujuan sebuah perusahaan, maka dalam penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan di Transformer Center Kota Batu. Penelitian ini mengambil 75 responden sebagai sampel dan menggunakan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Alat analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Pengujian yang dilakukan yaitu dengan uji asumsi klasik, uji F, dan uji t. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa : (1) kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadp kinerja, (2) kecerdasan intelektual berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja, (3) kecerdasan emosional berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja, dan (4) kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja.
PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, INFLASI, DAN SUKU BUNGA TERHADAP UNDERPRICING (Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Melakukan IPO Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 - 2019) Iryma Maygista, Tenry; Indah Mustikowati , Rita; Mardiana Firdaus, Riril
Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.283 KB) | DOI: 10.21067/jrmm.v6i1.4468

Abstract

Penelitian memiliki tujuan yaitu mengetahui apakah secara simultan dan parsial umur perusahaan, inflasi, dan suku bunga berpengaruh pada underpricing pada perusahaan properyn dan realnestatenyang melakukannIPO di BEInperiode 2012 – 2019. Sampel menggunakan kriteria yang telah ditentukan, terdapat 35 sampel perusahaan, dimana pengumpulanndata dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dan dianalisin dengan metode regresi. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil umur perusahaan berpengaruh ke arah negatif terhadap underpricing, sedangkan inflasi dan suku bunga tidak memiliki pengaruh terhadap underpricing. Kesimpulannya secara simultan variabel umur perusahaan, inflasi dan suku bunga berpengaruh signifikan pada underpricing. Untuk secara parsial hanya umur perusahaan yang berpengaruh negatif pada underpricing.
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Sulistyo Rahayu, Vindy; Indah Mustikowati, Rita; Suroso, Adi
Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.211 KB) | DOI: 10.21067/jrmm.v6i1.4467

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia di BEI periode tahun 2015-2018. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 40 sampel dalam kurun waktu 2015-2018 dari laporan keuangan tahunan di Bursa Efek Indonesia yang diakses melalui www.idx.co.id. Analisis penelitian ini menggunakan analisis linier berganda. Hasil analisis menunjukkan secara simultan ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU SNEAKERS MEREK CONVERSE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG Andayani, Hori; Nurdiana Nurfarida, Iva; Rusno , Rusno
Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.964 KB) | DOI: 10.21067/jrmm.v6i1.4465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah citra merek, harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepatu sneakers merek converse pada mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, populasi nya adalah Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang, metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Pengambilan Data diambil menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert, analisisnya menggunakan regresi liner berganda. Hasil ini menunjukan variabel citra merek, harga dan kualitas produk mempengaruhi secara simultan terhadap keputusan pembelian, karena dilihat dari hasil uji F. citra merek mempengaruhi secara parsial keputusan pembelian, karena hasil uji t. sedangkan harga dan kualitas produk juga memepnegaruhi keputusan pembelian dilihat dari hasil uji parsial.
PENGARUH MANAJEMEN TALENTA DAN MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI TRANSFORMER CENTER KABUPATEN BATU Kardo, Kardo; Wilujeng, Sri; Suryaningtyas, Dianawati
Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.746 KB) | DOI: 10.21067/jrmm.v6i1.4466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Menguji pengaruh Manajemen Talenta dan Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja. (2)Menguji pengaruh manajemen Talenta terhadap Kinerja Karyawan di Transfoermer Center. (3)Menguji pengaruh Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja di Transformer Center. Penelitian ini menggunakan teknik analisis yang menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, yaitu penelitian dengan angka yang kemudian di deskripsikan. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis berupa regresi linier berganda. Populasi dan sampel yang peneliti gunakan yakni di Transformer Center Kota Batu dengan sampel sebesar 75 orang karyawan tetap, teknik yang digunakan yakni menggunakan tenik sensus (sampel jenuh). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Manajemen Talenta dan Manajemen Pengatahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja yang ada di Transformer Center Kota Batu. Variabel Manajemen Talenta berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan di Transformer Center Kota Batu, variabel Manajemen Pengetahuan berpengearuh positif dan signifikan searah terhadap Kinerja Karyawan di Transformer Center Kota Batu. Artinya semakin tinggi Manajemen Talenta dan Manajemen Pengetahuan dimiliki Transformer Center Kota Batu maka semakin baik pula kedua variabel mempengaruhi Kinerja yang ada di perusahaan. Bagi penelitian selanjutny: diharapkan melakukan penelitian menggunakan variabel yang berbeda, misalnya dispilin kerja, pelatihan dan pengembangan karyawan, yang termasuk mempengaruhi kinerja yang belum di teliti dalam penelitian.
PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP MINAT BELI GARSKIN YANG DIMEDIASI WORD OF MOUTH Nuvia Ningsih, Dwi; Wahyu Hidayat, Candra; Rusno, Rusno
Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.135 KB) | DOI: 10.21067/jrmm.v6i1.4464

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung strategi promosi dan social media terhadap minat beli garskin dan pengaruh secara tidak langsung strategi promosi dan social media terhadap minat beli garskin yang dimediasi word of mouth. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh dari penyebaran kuisoner kepada 105 responden konsumen produk garskin. Variabel penelitian yang digunakan strategi promosi dan social media terhadap minat beli yang dimediasi word ofmouth. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis path atau analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan secara simultan strategi promosi dan social media yang dimediasi word of mouth menunjukkan berpengarauh positif dan signifikan terhadap minat beli garskin. Secara parsial strategi promosi berpengaruh sebesar 0,001 dan social media berpengaruh sebesar 0,002 terhadap word of mouth, strategi promosi dan social media berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap minat beli garskin.
PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Nur Aulia , Alma; Indah Mustikawati , Rita; Hariyanto, Sugeng
Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.875 KB) | DOI: 10.21067/jrmm.v6i1.4463

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas diukur dengan rasio return on equity (ROE). Ukuran perusahaan diukur dengan Logaritma natural total aset. Intellectual capital diukur dengan rasio value added intellectual efficiency method (VAICâ„¢) dan nilai perusahaan diproksi dengan Price book value (PBV). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang go public di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan purposive sampling. Periode pengamatan dilakukan pada 2014-2018, dengan total sampel 11 perusahaan. Jumlah data observasi adalah 44 pasang data. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas, ukuran perusahaan dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan arah negatif. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Intellectual capital berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan arah positif.
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN REWARD TERHADAP KINERJA KARYAWAN PR. TRUBUS ALAMI Rima Ronia, Aflatul; Nu Graha, Andi; Suryaningtyas , Dianawati
Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen Vol. 6 No. 1 (2020): April
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.591 KB) | DOI: 10.21067/jrmm.v6i1.4462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk menguji pengaruh pengembangan karir dan reward terhadap kinerja karyawan. (2) untuk menguji pengaruh pengembangan karir terhadap kinerja karyawan. (3) untuk menguji pengaruh reward terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu analisis regresi linier berganda. Populasi dan sampel yang peneliti gunakan yakni di PR. Trubus alami dengan sampel sebesar 48 karyawan tetap. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan karir dan reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PR. Trubus Alami. Variabel pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PR. Trubus Alami. Variabel reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PR. Trubus Alami. Artinya, semakin tinggi pengembangan karir dan reward yang ada di PR. Trubus Alami maka, semakin baik pula kedua variabel mempengaruhi kinerja yang ada di perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan faktor – faktor lain yang memengaruhi kinerja diluar faktor yang sudah diteliti misalnya motivasi kerja, lingkungan kerja, disiplin kerja, atau yang lainya yang dapat memberikan kontribusi tinggi dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PR. Trubus Alami.
Pengaruh Financial Leverage, Net Profit Margin, Dividend Payout Ratio Terhadap Praktik Perataan Laba pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia Trisnawati, Sinta; Maulina, Vinus; Firdaus, Riril Mardiana
Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen Vol. 5 No. 2 (2019): OKTOBER
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6590.333 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of Financial Leverage, Net Profit Margin, Dividend Payout Ratio on income smoothing practices in basic and chemical industrial companies on the Indonesia Stock Exchange for the period 2013-2017. This type of research is quantitative research. The sample of this study is the financial statements of 29 companies listed on the Stock Exchange in the 2013-2017 period. The sampling technique used in this study is the purposive sampling method, which is a sampling technique with certain considerations that are based on research interests. The data used is secondary data in the form of company financial statements obtained from www.idx.co.id. The data analysis technique used in this study is binary logistic regression analysis. The results of this study indicate that partially Financial Leverage, Net Profit Margin, significantly influence the practice of income smoothing. Whereas Dividend Payout Ratio does not have a significant effect on income smoothing practices.
Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Kepercayaan Belanja Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Situs Lazada.co.id (Studi Pada Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang) Wona, Rohani; Nurfarida, Iva Nurdiana; Hidayat, Candra Wahyu
Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen Vol. 5 No. 2 (2019): OKTOBER
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4469.27 KB)

Abstract

This study aims to measure the effect of promotion variables, product quality, and trust in purchasing decisions. The object of this research is Malang Kanjuruhan University students who have shopped online for fashion products on lazada.co.id. The type of research used is quantitative research. This research uses rendom sampling technique with a sample size of 112 respondents, where the data used are primary data. The analysis technique used is multiple linear regression analysis and data analysis by conducting validity and reliability testing, classic asumi test, coefficient of determination (R2) and hypothesis testing. Based on statistical data analysis, the items in this study are valid and reliable. In testing classic assumptions, free regression and ultikolonieritas odel, heteroscedasticity does not occur, and normally distributed. The biggest variable is the promotion variable by 0.333, while the smallest variable is the variable, namely the trust variable by 0.290, and the product quality variable by 0.257. Y = 0.453 + 0.333 + 0.257 + 0.290+ e. From the results of multiple regression analysis on alpha 5%, Fcount was 59,756 while Ftable was 1,734 so from the calculation it could be seen that Fcount ≥ Ftable so that H1 was accepted HO was rejected. Promotion variable (x1) shows a significant value of t of 0,000 ≤ 0.05 meaning there is an influence of the promotion variable (x1) on the purchase decision variable (y) thus it can be concluded that H2 received by HO is rejected. The product quality variable (x2) shows a significant value of t of 0.001 ≤ 0.05 meaning there is an influence of the product quality variable (x2) on the purchase decision variable (y) thus it can be concluded that H3 is accepted as HO rejected. The trust variable (x3) shows a significant t of 0,000 ≤ 0.05 meaning there is an influence of the trust variable (x3) on the decision of furniture (y) thus it can be concluded that H4 is received and HO is rejected.

Page 1 of 14 | Total Record : 135