cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 10 Documents clear
STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS PORTOFOLIO Disurya, Ramanata
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i1.101

Abstract

AbstrakMasalah utama dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ialah penggunaan metode atau model pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran secara tepat, yang memenuhi muatan tatanan nilai, agar dapat diinternalisasikan pada diri siswa serta mengimplementasikan hakekat pendidikan nilai dalam kehidupan sehari-hari-belum memenuhi harapan seperti yang diinginkan. Hal ini berkaitan dengan Metode pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar yang selama ini terkesan sangat kaku, kurang fleksibel, kurang demokratis, dan guru cenderung lebih dominan one way method, untuk itu suatu model pembelajaran yang efektif dan efisien sebagai alternatif, yaitu model pembelajaran berbasis portofolio (porfolio based learning), diharapkan mampu melibatkan siswa dalam keseluruhan proses pembelajaran dan dapat melibatkan seluruh aspek, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, serta secara fisik dan mental melibatkan semua pihak dalam pembelajaran sehingga siswa memiliki suatu kebebasan berpikir, berpendapat, aktif dan kreatif. Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Portofolio
REFLEKSI KRITIS ARAH KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA: SEBUAH KAJIAN IDEOLOGI PENDIDIKAN Riyono, Ahdi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i1.96

Abstract

Abstrak            Arah sebuah kebijakan publik khususnya dalam  pendidikan adalah penentu masa depan sebuah bangsa. Apabila arah ini tidak jelas, maka berakibat pada kekacauan kompetensi dan perilaku apa yang harus diajarkan kepada generasi penerus bangsa agar mampu menghadapi masa depan sesuai dengan arah yang ditetapkan. Kekacauan tersebut menyebabkan muatan materi pengajaran akan berlebihan dan membuat beban belajar anak semakin berat. Padahal subtansi pendidikan itu berawal dari arah dan konsep yang jelas, hal ini juga pernah dikemukakan oleh Budiono dalam artikelnya di Kompas (Senin, 27 Agustus 2012) lalu. Ketidakjelasan konsep disebabkan ketidakjelasan ideologi yang kita terapkan. Ideologi Pancasila masih kekadar nama, tetapi pada kenyataannya Pancasila yang disakralkan ternyata dicampakkan dalam pembuatan setiap kebijakan negara, termasuk kebijakan pendidikan oleh pemerintah. Kata Kunci: Refleksi kritis, Kebijakan Pendidikan, dan Ideologi Pendidikan
PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH : STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMA NEGERI 2 LUBUKLINGGAU Asmara, Yeni
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i1.105

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertolak dari kerisauan penulis terhadap kurangnya penggunaan dan pengelolaan media pembelajaran Sejarah di SMA Negeri Kota Lubuklinggau. Penelitian deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Sejarah dan siswa serta kepala sekolah SMA Negeri 2 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data dengan tiga cara yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil orientasi menunjukkan bahwa Pertama, pengelolaan media pembelajaran guru sejarah di SMA Negeri 2 Lubuklinggau belum dilaksanakan secara optimal.  Kedua, keadaan media pembelajaran Sejarah masih sangat terbatas.  Ketiga, belum adanya perencanaan media pembelajaran yang dibuat oleh guru secara tertulis dan sistematis, melalui tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Keempat, kurangnya kreativitas guru Sejarah dalam mendesain media pembelajaran sendiri. Kelima, dampak yang dihasilkan dari kurangnya penggunaan media pembelajaran sejarah adalah siswa merasa bosan, pembelajaran sejarah tidak menarik dan kering akan makna, serta image pembelajaran sejarah itu sendiri menjadi buruk dan dianggap tidak berarti sama sekali bahkan dianggap menjadi pelajaran pelengkap saja. Kata Kunci: Manajemen, Media Pembelajaran, Guru Sejarah
ANALISIS PROSES PEMBINAAN PUSAT PENDIDIKAN PELATIHAN MAHASISWA (PPLM) CABANG OLAHRAGA ATLETIK DI PROVINSI SUMATERA BARAT Bayu, I Made Andika
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i1.100

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi dan mencari solusi tentang proses pembinaan olahraga (PPLM) Provinsi sumatera Barat. Penelitian dilakukan di PPLM Provinsi Sumatera Barat. Populasi penelitian terdiri dari atlet, pelatih, serta pengurus organisasi PPLM Provinsi Sumatera Barat, yang berjumlah 22 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Atlet PPLM Provinsi Sumatera Barat dikategorikan baik, dilihat dari penelusuran atlet, kondisi fisik serta kemauan atlet berlatih atas kemauan mereka sendiri; (2) Organisasi atau manajemen pembinaan PPLM Provinsi Sumatera Barat dikategorikan cukup baik, memiliki struktur kepengurusan, dan diharapkan dapat mengontrol langsung ke lapangan dan memberi motivasi kepada atlet dan pelatih, sehingga kendala dan kesulitan dapat diatasi; (3) Dukungan keluarga sangat baik dari segi motivasi yang diberikan oleh keluarga maupun dukungan moril yang datang secara positif dari lingkungan sekitarnya. Data yang diperoleh bahwa pembinaan olahraga PPLM Provinsi Sumatera Barat cukup baik. Kata Kunci : Analisis Pembinaan, PPLM, Sumatera  Barat
PENGARUH METODE SIRKUIT TERHADAP KEMAMPUAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA SMA NEGERI 5 KABUPATEN TEBO Sugiharto, Wachid
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i1.104

Abstract

AbstrakMasalah penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan bermain sepakbola siswa ekstrakulikuler SMA Negeri 5 Kabupaten Tebo. Hal ini disebabkan oleh metode latihan teknik dasar yang digunakan belum terencana dengan baik dan belum sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode latihan sirkuit terhadap keterampilan sepakbola siswa ektrakulikuler SMA Negeri 5 Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) yang dilakukan di lapangan sepakbola SMA Negeri 5 Kabupaten Tebo, pada bulan Mei-Juni 2013. Penarikan sampel adalah total sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 22 orang. Hipotesis yang diajukan yaitu, terdapat pengaruh metode sirkuit terhadap keterampilan sepakbola siswa ekstrakulikuler SMA Negeri 5 Kabupaten Tebo. Teknik pengambilan data dengan menggunakan tes keterampilan sepakbola. Dari hasil hipotesis yang menggunakan statistik uji-t dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh metode sirkuit terhadap keterampilan sepakbola siswa ekstrakulikuler SMA Negeri 5 Kabupaten Tebo, karena thitung 8.76 > ttabel 1.72.  Kata Kunci : Metode Sirkuit, Teknik Dasar Sepakbola
PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SUMATERA SELATAN SEJAK DINI: STUDI PERSPEKTIF TERHADAP EKSISTENSI PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN PELAJAR/PPLP SUMATERA SELATAN Jakfar, Jakfar
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i1.99

Abstract

AbstrakImplementasi Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) merupakan pengembangan dari program nasional dalam bingkai pembinaan prestasi usia dini. Harapan besar dari PPLP adalah berjalannya sistem pembinaan prestasi yang berkelanjutan. Atas dasar itu pula, penulis berupaya mengkaji lebih lanjut efektifitas program PPLP di Sumatera Selatan dalam peningkatan dan pencapaian prestasi di tingkat nasional berdasarkan proses dan produk yang dihasilkannya. Penelitian menggunakan pendekatan perspektif melalui analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (K2PA) atau Swot Analysis. Terapan ini mengkaji lebih dalam terkait variabel utama yakni mutu dan orientasi PPLP, kualitas sumber daya manusianya serta mekanisme perekrutan atlet pelatih PPLP Sumatera Selatan. Membangun, menginventarisir, memanfaatkan dan meningkat-kan infrastruktur sesuai cabang olahraga adalah langkah strategis bagi PPLP Sumatera Selatan untuk mencapai hasil optimal. Dengan demikian, harapan bahwa PPLP Sumatera Selatan sebagai pemasok atlet berprestasi tingkat daerah, nasional bahkan internasional dapat terwujud. Kata Kunci: usia dini, PPLP, program pembinaan prestasi, atlet, pelatih
METODE BERMAIN DAN FARTLEK TERHADAP PENINGKATAN DAYATAHAN AEROBIK Afridawati, Afridawati
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i1.103

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode bermain dan fartlek terhadap peningkatan dayatahan aerobik atlet BAAC. Populasi penelitian adalah atlet BAAC yang berjumlah 35 orang, 11 orang  putra dan 24 orang putri. Teknik sampel menggunakan purposive sampling, yaitu dengan menetapkan atlet putri sebagai sampel penelitian. Setelah dilakukan tes awal maka sampel dibagi menjadi dua kelompok. Penentuan kelompok metode bermain dan kelompok fartlek dipilih secara random. Setiap kelompok terdiri dari 12 orang. Perlakuan dilaksanakan 16 kali pertemuan dengan frekuensi latihan 4 kali seminggu. Instrumen yang dipakai untuk mengukur dayatahan aerobik adalah Cooper Test lari 2,4 km. Teknik analisa data digunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode bermain berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan dayatahan aerobik. 2) Metode fartlek berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan dayatahan aerobik. Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara metode bermain dan metode fartlek terhadap peningkatan dayatahan aerobik. Kata kunci: Metode bermain, Fartlek, Daya Tahan Aerobik.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SASTRA Wardiah, Dessy
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i1.98

Abstract

AbstrakDi Indonesia, pendidikan sastra diabaikan dan terabaikan. Sejak era Orde Baru, sastra sengaja diperlakukan sebagai subjek pembelajaran yang tidak signifikan, tidak penting, tidak berguna, dan segala macam ‘tidak’ lainnya. Dunia pendidikan di Indonesia terlena hanya memandang bermakna pembelajaran sains dan matematika. Meskipun tak diungkapkan secara verbal, sastra dipandang lebih rendah derajatnya dibandingkan sains dan matematika. Ambisi untuk memajukan pendidikan sains lalu pincang, lantaran sengaja mengabaikan pendidikan sastra. Sejalan dengan kian besarnya kebutuhan terhadap pendidikan karakter kini, mau tak mau pendidikan dan pembelajaran sastra mutlak direvitalisasi. Sastra diperlakukan sebagai basis pendidikan karakter. Dalam konteks demikian, perlu ada upaya serius dari segenap komponen bangsa untuk membangun “kesadaran kolektif” demi mengembalikan karakter bangsa yang hilang. Dalam konteks demikian, menjadi menarik ketika sebagai seorang pendidik bahasa dan sastra memberikan atau menginjeksikan nilai-nilai berwawasan pendidikan karakter ke dalam pelajarannya yang berlabel sastra dan diupayakan bisa mengajak dan menginternalisasikan pendidikan karakter melalui sastra tersebut. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sastra
PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 SUNGAI LILIN Sunaryani, Lilis; Misdalina, Misdalina; Diba, Farah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i1.102

Abstract

AbstrakKemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan seseorang dalam memecahkan soal-soal yang tidak rutin atau tidak dapat segera diselesaikan. Salah satu Pendekatan yang cocok untuk melatih kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran adalah PMRI. Masalah yang disajikan sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 4 Sungai Lilin. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis yang berbentuk tes essay. Data dianalisis menggunakan statistik ujit. Berdasarkan hasil penelitian, dapat simpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 4 Sungai Lilin. Kata Kunci: PMRI, Kemampuan Pemecahan Masalah
MODEL LATIHAN KETERAMPILAN GERAK PENCAK SILAT ANAK USIA 9-12 TAHUN Iswana, Bayu
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i1.97

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan dari Borg & Gall dengan uji coba skala kecil dan skala besar yang dilakukan kepada anak yang berumur 9-12 tahun. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu,(1) wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi model, (4) pedoman keefektifan model. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah buku pedoman latihan keterampilan gerak pencak silat anak usia 9-12 tahun serta dikemas dalam CD. Isi dari hasil produk terdapat 6 model latihan, (1) kucing dan tikus, (2) bentengan, (3) gobak sodor, (4) jala ikan, (5) berburu burung, (7) elang dan anak ayam. Hasil penilaian materi terhadap produk bahwa model sesuai dengan karakteristik anak usia 9-12 tahun dan kebutuhan dalam olahraga pencak silat serta di dalam model terdapat aspek kognitif, afektif dan psikomotor, sehingga model layak dan efektif untuk digunakan. Kata Kunci: Model, Latihan, Pencak Silat Usia 9-12 th

Page 1 of 1 | Total Record : 10