cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 10 Documents clear
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MEMAHAMI WACANA SISWA KELAS VIII SMP TRIDARMA PALEMBANG Wardiah, Dessy
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i3.55

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran memahami wacana bagi siswa kelas VIII SMP Tridarma Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 orang dengan rincian 40 orang siswa kelas VIII.A sebagai ketas eksperimen dan 38 orang siswa kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan menggunakan teknik tes, teknik angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achivement Division) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvesional dalam memahami wacana siswa kelas VIII SMP Tridarma Palembang, Hal ini terbukti dari adanya perbedaan skor rata-rata pada kelas eksperimen dan kontrol. Setelah dikonsultasikan pada  terdapat perbedaan yang signifikan dari perhitungan uji t yang menujukan bahwa  >  atau 4,547 >1,63, maka tolak Ha dan terima Ha. Kata Kunci: Wacana, Model Pembelajaran, STAD
PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PRAKTEK LAPANGAN MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMA NEGERI KOTA PADANG Suganda, Mikkey Anggara
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i3.59

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa praktek lapangan mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMA Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriftive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pamong mata pelajaran penjasorkes yang ada di SMA Negeri Kota Padang. Sampel yang diambil dengan teknik total sampling, sebanyak 24 orang guru pamong. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa sub variabel kegiatan awal dalam pembelajaran penjasorkes diperoleh tingkat capaian sebesar 81% pada kategori “baik sekali”, dan untuk sub variabel kegiatan inti diperoleh tingkat capaian sebesar 85% berada pada kategori “baik sekali”, sedangkan untuk sub variabel akhir diperoleh tingkat capaian sebesar 83% berada pada kategori “baik sekali”, artinya secara keseluruhan persepsi guru pamong SMA Negeri Kota Padang baik sekali terhadap mahasiswa praktek lapangan dalam pembelajaran penjasorkes. Disarankan kepada guru pamong dan mahasiswa dalam pembelajaran lebih ditingkatkan. Kata Kunci: Persepsi Guru Pamong, Keterampilan Mengajar Mahasiswa PPL
PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLA BASKET RING BALL SISWA SMP SE-KECAMATAN LUBUK RAJA OKU Daryono, Daryono
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i3.54

Abstract

Abstrak        Permasalahan penelitian ini adalah model permainan bola basket Ring Ball sebagai olahraga yang baru diperkenalkan dan disampaikan perlu dikembangkan untuk pembelajaran Penjasorkes. Tujuan penelitian menghasilkan produk permainan bola basket Ring Ball. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D)  model permainan bola basket Ring Ball untuk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Populasi  dan subjek uji coba dalam penelitian ini  adalah siswa SMP se-Kecamatan Lubuk Raja OKU berjumlah 188 Siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil penelitian dan pembahasan ini menunjukan bahwa adanya peningkatan denyut nadi peserta didik sebesar 55,22%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) telah ditemukan model permainan bola basket Ring Ball untuk pembelajaran Penjasorkes bagi siswa SMP (2) mengatasi keterbatasan sarana prasarana, (3) bagi guru Penjasorkes, penelitian ini diharapkan dapat diterapkan di sekolah-sekolah khusunya dalam permainan bola basket. Kata Kunci : Permainan, Ring Ball, Penjasorkes
PENGARUH METODE RANGKAIAN BERMAIN, LATIHAN, DAN AGRESIFITAS INSTRUMENTAL TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA Akhbar, M. Taheri
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i3.58

Abstract

Abstrak            Berdasarkan pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa para pemain SSB Putra Wijaya masih memiliki kemampuan rendah dalam bermain sepak bola, dan belum menguasai teknik dasar bermain sepakbola namun, program latihan selama ini  tidak sistematis dan tidak maksimal dalam mengikuti latihan. Hasil analisis data menunjukan: (1) terdapat perbedaan  keterampilan bermain sepak bola antara kelompok yang menggunakan rangkaian metode bermain dan metode latihan, (2) ada pengaruh yang signifikan dalam keterampilan bermain sepakbola SSB Putra pemain Wijaya antara kelompok yang memiliki tingkat agresivitas tinggi dan agresivitas rendah, (3) ada interaksi antara metode latihan dan tingkat agresivitas dalam meningkatkan keterampilan bermain sepak bola, (4) di tingkat agresivitas tinggi, metode rangkaian bermain lebih efektif daripada metode rangkaian latihan dalam meningkatkan keterampilan bermain sepak bola pemain SSB Putra Wijaya, (5) di agresivitas rendah, metode rangkaian latihan lebih efektif daripada metode rangkaian bermain dalam meningkatkan keterampilan bermain sepak bola pemain SSB Putra Wijaya. Kata Kunci: Metode Rangkaian Bermain, Latihan, Agresifitas Instrumental, Sepakbola
KONTRIBUSI KECEPATAN REAKSI KAKI, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN LARI 100 METER Almy, Muh. Akmal
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i3.53

Abstract

Abstrak             Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi kecepatan reaksi kaki, daya ledak otot tungkai dan keseimbangan terhadap kemampuan lari 100 meter mahasiswa PO Universitas PGRI Palembang. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kecepatan reaksi kaki dengan face validity dan reliabilitas sebesar 0,85, tes daya ledak otot tungkai dengan validitas 0,60 dan reliabilitas 0,96, tes keseimbangan validitas sebesar 0,75 dan reliabilitas sebesar 0,46, tes kecepatan lari 100 meter dengan construct validity dan reliabilitas 0,94. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat kontribusi yang signifikan kecepatan reaksi kaki terhadap kemampuan lari 100 meter mahasiswa PO sebesar 17,98%, (2) terdapat kontribusi yang signifikan daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan lari 100 meter mahasiswa PO sebesar 16,28%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan keseimbangan terhadap kemampuan lari 100 meter mahasiswa PO sebesar 9,49%, (4) terdapat kontribusi yang signifikan secara bersama kecepatan reaksi kaki, daya ledak otot tungkai dan keseimbangan terhadap kemampuan lari 100 meter mahasiswa PO Universitas PGRI Palembang. Kata Kunci:  Kecepatan Reaksi Kaki, Daya Ledak Otot Tungkai, Keseimbangan,          Kemampuan Lari 100 Meter.
PENGARUH LATIHAN FARTLEK TERHADAP KEMAMPUAN LARI 60 METER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG Metra, Yogi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i3.62

Abstract

AbstrakOlahraga merupakan proses pendidikan yang memberikan sumbangan berharga bagi pertumbuhan dan perkembangan siswa. Salah satu materi olahraga atletik, lari jarak pendek. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pengaruh latihan fartlek terhadap kemampuan lari 60 meter pada siswa kelas VII SMP Negeri Sriwijaya Palembang (2) adakah  pengaruh latihan fartlek terhadap kemampuan lari 60 meter pada siswa kelas VII SMP Negeri Sriwijaya Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan  pengaruh latihan fartlek terhadap kemampuan lari 60 meter pada siswa kelas VII SMP Negeri Sriwijaya Palembang. Berdasarkan hasil analisis data mengunakan uji hipotesis diperoleh t hitung sebesar 2,43 sedangkan t tabel pada tabel distribusi t dengan dk = 18 dan taraf kepercayaan 95 % ( x = 0.05 ) yaitu sebesar 1,73, sehingga t hitung = 2,43 > t tabel  = 1.67. Dengan demikian terdapat pengaruh latihan fartlek terhadap kemampuan Lari 60 meter pada siswa kelas VII SMP Negeri Sriwijaya Palembang.  Kata Kunci:  Fartlek, Kemampuan Lari, 60 Meter
MENGAJAR MEMBACA TEKS DESKRIPTIF MELALUI KELOMPOK BELAJAR Herlina, Herlina
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i3.57

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah "apakah efektif mengajar membaca teks deskritif melalui kelompok belajar kepada mahasiswa semester kedua program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas PGRI Palembang?"  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektif atau tidak mengajar membaca teks deskriptif melalui kelompok belajar kepada mahasiswa semester kedua program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan prestasi siswa. Hal ini terlihat dari perbedaan antara pre-test dan post-test. Rata-rata pre-test adalah 59,5 dan rata-rata post-test adalah 73,1 dan skor reabilitas (realibility) adalah 0.72.  Dalam hasil uji t cocok, itu menunjukkan bahwa nilai dari t-test cocok lebih tinggi dari t-tabel.  Hasil perhitungan uji t cocok adalah 11.92 dan t-tabel 1,684 dengan taraf signifikansi 5% dalam pengujian satu sisi.  Kemudian, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa efektif mengajar membaca teks deskriptif melalui kelompok belajar kepada semester kedua program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas PGRI Palembang. Kata Kunci: Mengajar, Membaca, Teks Deskriptif, Kelompok Belajar
PERAN SASTRA DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BANGSA Marta, Redo Andi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i3.61

Abstract

AbstrakDimensi moral erat kaitannya dengan dimensi watak. Setiap individu memiliki penilaian moral yang berbeda-beda. Itu pun tergantung watak dari tiap-tiap individu. Misalnya seseorang dikatakan jujur ketika dirinya mempraktikkan watak kejujurannya disetiap waktu dan tempat. Krisis moral bisa diatasi dengan pembinaan watak (karakter). Dalam lingkup sekolah, pembinaan karakter (watak) dapat diterapkan melalui kajian sastra. Artinya, sastra memiliki nilai-nilai yang berdimensi moral. Nilai-nilai moral seperti, kejujuran, pengorbanan, demokrasi santun, dan sebagainya, banyak ditemukan dalam karya-karya sastra. Baik puisi, cerita pendek, novel, maupun drama. Kajian sastra dapat dilakukan melalui memahami dan mengapresiasi unsur-unsur dalam karya sastra. Pemahaman dan penghayatan karya sastra melalui kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual siswa dapat dilatih dan dikembangkan. Siswa tak hanya terlatih untuk  membaca karya sastra saja mampu mencari makna dan nilai-nilai sebuah karya sastra. Diharapkan sejumlah nilai moral bisa dipahami dalam karya sastra serta diaplikasikan siswa baik di lingkungan sekolah, rumah, maupun masyarakat. Kata Kunci: Sastra, Karakter Anak Bangsa
HIPOTESIS PEMEROLEHAN BAHASA DAN PEMEROLEHAN SINTAKSIS Nufus, Hayatun
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i3.56

Abstract

AbstrakPenguasaan aspek-aspek kebahasaan oleh seseorang dapat berlangsung melalui pemerolehan bahasa (language acquisition),  dapat pula berlangsung melalui pembelajaran bahasa (language learning). Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah (1) apakah yang  dimaksud dengan pemerolehan bahasa? (2) bagaimanakah pemerolehan bahasa menurut hipotesis nurani? (3) bagaimanakah pemerolehan bahasa menurut hipotesis tabularasa?(4) bagaimanakah pemerolehan bahasa menurut hipotesis kesemestaan kognitif? (5) Bagaimanakah cara pemerolehan sintaksis pada anak-anak? Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hipotesis pemerolehan bahasa dan pemerolehan sintaksis. Hipotesis pemerolehan bahasa adalah Hipotesis  nurani, hipotesis ini  dibedakan  menjadi hipotesis nurani bahasa dan hipotesis nurani mekanis, hipotesis teori tabularasa yang berasumsi bahwa otak bayi pada waktu dilahirkan  sama seperti kertas kosong yang nanti  akan ditulis atau diisi dengan pengalaman dan hipotesis kesemestaan kognitif berasumsi bahwa bahasa diperoleh berdasarkan struktur-struktur kognitif deriamotor.  Kata Kunci:  Hipotesis, Pemerolehan, Bahasa, dan Sintaksis
KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANYUASIN II Natalia, Nyayu Devi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 12, No 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v12i3.60

Abstract

Abstrak           Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis deskripsi dapat ditingkatkan melalui model picture and picture pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuasin II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan  menulis deskripsi serta kesan siswa terhadap pemanfaatan model picture and picture siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuasin II. Prosedur penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Siklus yang dilakukan dalam penelitian ini terdapat dua siklus. Berdasarkan analisis data melalui model picture and picture dalam menulis deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuasin II, rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan selama dilakukan penelitian dalam 2 siklus, dari rata-rata 68,54% pada akhir siklus I tindakan pertama, meningkat menjadi 71,19% pada akhir siklus II tindakan kedua. Ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan selama pada siklus II, dari rata-rata 86,29% pada akhir siklus I tindakan pertama, meningkat menjadi 93,54% pada tindakan kedua.               Kata Kunci: Model Picture and Picture, Menulis Deskripsi

Page 1 of 1 | Total Record : 10