cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 3 Documents clear
CARA BERPIKIR DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL APLIKASI INTEGRAL TERTENTU (VOLUME BENDA PUTAR) Marhamah, Marhamah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 13, No 2 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v13i2.520

Abstract

AbstrakMateri integral sudah dipelajari siswa dari tngkat SMA, bahkan di Perguruan Tinggi(FKIP). Materi integral ini menjadi salah satu materi prasyarat bagi pembelajaran materi yanglain seperti pada mata kuliah kalkulus lanjutan dan persamaan differensial.Berdasarkan pengamatan kami di Program Studi Pendidikan Matematika FKIPUniversitas PGRI Palembang, pemahaman aplikasi integral tertentu tentang menghitung volumebenda putar belum dapat dipahami dengan baik oleh mahasiswa, yang mana kamiberkesimpulan bahwa mahasiswa masih merasa bingung dalam menyelesaikan soal-soal aplikasiintegral tertentu (volume benda putar) dan masih timbul keraguan dibenak mahasiswabagaimana bentuk partisinya, apakah horizontal atau vertikal.Dalam uraian ini kami kemukakan bagaimana cara berpikir dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi integral tertentu (volume benda putar) sehingga mahasiswa mengetahui bagaimanabentuk partisinya sehingga bisa melakukan perhitungannya.Kata Kunci :1. Berpikir dengan Metode Cakram2. Berpikir dengan Metode Cincin3. Berpikir dengan Metode Kulit Tabung
PENGARUH METODE OBSERVASI LANGSUNG DALAM PENULISAN KARANGAN DESKRIPTIF UZER, YUSPAR
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 13, No 2 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v13i2.650

Abstract

Abstrak            Kemampuan menulis bukan monopoli orang berbakat. Semua orang akan mampu menulis jika berlatih secara benar. Untuk itulah penulis meneliti masalah adakah pengaruh metode observasi langsung dalam menulis karangan siswa Negeri 4 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh menulis karangan dengan menggunakan metode observasi langsung di SMP Negeri 4 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Untuk mengetahui data yang diperlukan digunakan teknik tes. Dari analisis data yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas yang diberi perlakuan tes dengan metode observasi langsung yaitu kelas VII.1 dan kelas yang tidak diberikan perlakuan yaitu kelas VII.2. Hal ini dapat terlihat nilai tes akhir dari kedua kelas tersebut, kelas yang diberikan perlakuan mendapatkan nilai rata-rata 73, nilai rata-rata tersebut lebih besar dibandingkan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan yang hanya mendapatkan nilai rata-rata 55. Kata kunci : Metode Observasi, Karangan Deskriptif.
The Influence of Rea-Examine-Decide-Write (REDW) Strategy and Learning Motivation toward Reading Comprehension at Sriguna Junior High School of Palembang Firdaus, Masagus; Noviati, Noviati
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 13, No 2 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v13i2.1683

Abstract

Abstract            This study aimed at finding out whether or not there is significant difference in reading comprehension achievements between high motivation students and low motivation students who are taught by using REDW strategy. The writer choose 30 students as the sample of the study. The sample was selected by using cluster random sampling. The data collected by using tests. The data were analyzed by using match t-test through SPSS 17 Program. The result showed that difference. This the significant difference. This obtained that the significance value was 0.030. It means that there is a significant difference in the effect of REDW strategy on reading comprehension for high or low learning motivation. Then, the significant value of learning motivation was 0.00. Since  it was less than 0.05. it could be interpreted that learning motivation contributed influence on the reading comprehension. It was obtained that significance value was 0.02. There is a significant influence of REDW and learning motivation an students’ reading comprehension achievement. Keywords: REDW Strategy, Learning Motivation, Reading Comprehension

Page 1 of 1 | Total Record : 3