cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 12 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA PAPERCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG Nuzulia, Dian
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i1.564

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh Media Diorama Papercraft terhadap kemampuan menulias cerpen siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.3 SMA Negeri 10 Palembang yang berjumlah 34 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis diperoleh simpulan ada pengaruh yang signifikan media Diorama Papercraft  terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Hal ini ditunjukkaan setelah dilakukan pengujian mean tes awal dan tes akhir dengan harga thitung lebih besar dari pada ttabel, yaitu 6,36>1,70. Hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan bukti media Diorama Papercraft lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 10  Palembang. Dari jumlah tersebut terdapat 30 orang siswa atau 88,2% yang nilainya melebihi KKM dan untuk siswa yang nilainya sesuai dengan KKM terdapat 4 orang siswa atau 11,8%. Kata Kunci: Media Diorama Papercraft, Menulis Cerpen.
PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MAHASISWA Murniviyanti, Liza
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i1.568

Abstract

AbstrakPembelajaran apresiasi drama dengan model project based learning dimana proyek yang dihasilkan oleh mahasiswa berupa pentas drama, dan belajar secara mandiri. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk mental dan kepribadian mahasiswa yang mandiri, bertanggung jawab, kreatif, dan percaya diri. Mahasiswa tidak belajar secara teoritis dengan model project based learning ini mahasiswa diajak untuk langsung mengapresiasi drama dalam wujud pementasan. Naskah drama berjudul “Jamila dan Sang Presiden” dan media audio visual yaitu pentas kelas pada pembelajaran sebelumnya yang berjudul “Anting”. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan model project based learning meliputi banyak hal, antara lain sarana dan prasarana yang dimiliki universitas dan 6 komponen pembelajaran.  Kata Kunci: Apresiasi Drama, Model Project Based Learning
PENGARUH LATIHAN PERMAINAN TRADISIONAL BENTENGAN TERHADAP SPRINT 50 METER PADA SISWA PUTRA KELAS IV SD N 2 INDRALAYA UTARA OGAN ILIR Hermansah, Bambang
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i1.563

Abstract

AbstrakPermasalahan yang dilihat pengaruh perlakuan permainan tradisional bentengan, Tujuan penelitian mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan Permainan Tradisional Bentengan. Metode penelitian adalah (true-eksperimental research). Hipotesis penelitian “Latihan Permainan Tradisional Bentengan berpengaruh terhadap sprint 50 m”. Populasi Penelitian siswa putra kelas IV SD Negeri 2 Indralaya Utara, berjumlah 50 siswa. Penelitian dengan cara ordinal pairing, 25 siswa kelompok eksperimen diberi perlakuan dan 25 siswa kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Setelah diberikan perlakuan selama 6 minggu dengan frekuensi latihan 3 kali seminggu, intensitas 40–60% kelompok eksperimen mengalami kenaikan. Berdasarkan analisis data uji t  taraf signifikan α = 0, 05., t hitung = 3 dan t tabel = 1.676. Dengan demikian hipotesis diterima kebenarannya, bahwa Latihan Permainan tradisional Bentengan berpengaruh terhadap Sprint 50 m pada Siswa Putra Kelas IV SD Negeri 2 Indralaya Utara. Kata Kunci: Latihan Permainan Tradisional Bentengan dan Sprint 50 meter.
KEEFEKTIFAN STRATEGI PUSAKA DAN KEMAMPUAN BERNALAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 OGAN KOMERING ULU Sariasih, Yanti
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i1.572

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan strategi pusaka dan kemampuan bernalar terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 5 OKU. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan rancangan pretes and postest control group. Sampel penelitian ini adalah kelas X.1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan menulis karangan argumentasi siswa yang belajar dengan strategi pusaka lebih baik dan signifikan dibandingkan dengan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa yang belajar dengan strategi konvensional dengan perbandingan  nilai rata-rata 73,00 dan 67,88. Siswa dengan kemampuan bernalar tinggi yang belajar dengan strategi pusaka memberikan hasil menulis karangan argumentasi lebih baik daripada siswa dengan kemampuan bernalar tinggi yang belajar dengan strategi konvensional dengan perbandingan nilai rata-rata 87,00 dan 80,81. Hal ini membuktikan dengan adanya pengaruh antara strategi pusaka dan kemampuan bernalar terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa. Kata Kunci: Strategi Pusaka, Bernalar, Karangan Argumentasi
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN AWALAN 28 METER DAN 40 METER TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH Bayu, I Made Andika
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i1.567

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilandasi oleh observasi yang dilakukan oleh peneliti tentang hasil lompat jauh siswa SMA Negeri 1 Koto Besar Dharmasraya yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1) pengaruh latihan awal lompat jauh 28 meter dan 40 meter siswa SMA Negeri 1 Koto Besar Dharmasraya, 3) keefektifan antara penggunaan latihan awal lompat jauh pada 28 meter dan 40 meter siswa SMA Negeri 1 Koto Besar Dharmasraya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh latihan awal lompat jauh 28 meter siswa SMA Negeri 1 Koto Besar Dharmasraya karena thitung 3,825 > ttable 1,761; ada pengaruh latihan awal lompat jauh 40 meter siswa SMA Negeri 1 Koto Besar Dharmasraya karena thitung 3,741 > ttable 1,761;, ada pengaruh latihan awal lompat jauh  28 meter dan 40 meter siswa SMA Negeri 1 Koto Besar Dharmasraya karena thitung 2,099 > ttable 1,701. Dan latihan awal lompat jauh 28 meter lebih efektif dibandingkan dengan 40 meter bagi siswa  SMA Negeri 1 Koto Besar Dharmasraya. Kata Kunci: Latihan Awalan 28 Meter, 40 Meter, Lompat Jauh
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBUAH DEKONSTRUKSI PENDIDIKAN DI TENGAH KEMAJEMUKAN Suardi, Suardi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i1.562

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah pendidikan multikultural yang merupakan dekonstruksi atas kemajemukan. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) konteks program yang tidak didukung oleh pemerintah. Ini nampaknya bahwa pemerintah tidak memberikan bimbingan atas penerapan program oleh hukum; (2) aspek input menunjukkan bahwa input terkategori cukup baik dalam penerapan pembelajaran multikultural di samping dukungan masyarakat yang berpartisipasi dalam perencanaan pendidikan sekolah; (3) aspek proses dari program yang terkategori cukup baik dimana guru mengintegrasikan pembelajaran multikultural dalam instruksi pembelajaran, dan (4) aspek luaran menunjukkan bahwa kompetensi siswa dalam multikultural dinilai cukup baik dimana mereka mereka menerima budaya orang lain di sekitar. Kata Kunci: Pembelajaran Multikultural, Dekonstruksi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 06 OGAN KOMERING ULU Supiah, Supiah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i1.571

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 06 Ogan Komering Ulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 06 Ogan Komering Ulu. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian,  diperoleh bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA materi gaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terindikasi dari adanya peningkatan hasil tes belajar siswa yang rendah meningkat ke lebih tinggi, dibuktikan dengan peningkatan nilai KKM pada prasiklus 33,33% siswa yang tuntas dan yang belum tuntas sebanyak 66,67% dengan rata-rata kelasnya adalah 57,50, pada siklus I. Pada siklus II sebanyak 75,00% siswa telah tuntas dan yang belum tuntas sebanyak 25% dengan rata-rata kelasnya adalah 68,54. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
PENGARUH LATIHAN RENANG MENGGUNAKAN PULLBUOY DAN FINS TERHADAP KECEPATAN RENANG 50 METER GAYA CRAWL PADA ATLETPUTRA SPECTRUM Imansyah, Farizal
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i1.566

Abstract

Abstrak          Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan renang menggunakan Pull Buoy dan Fins terhadap kecepatan renang 50 meter gaya Crawl pada atlet putra Spectrum tahun 2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh atlet putra Spectrum Semarang tahun 2015 yang berjumlah 18 atlet. Variabel penelitian ini meliputi latihan Pull Buoy atau tarik pelampung dan latihan Fins atau sirip kaki sebagai variabel bebas serta kecepatan renang gaya crawl 50 meter sebagai variabel terikat. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode eksperimen. Data dianalisis menggunakan rumus t-tes. Hasil penelitian memperoleh rata-rata kecepatan renang 50 meter gaya crawl sebelum diberikan latihan renang menggunakan Pull Buoy dan Fins sebesar 43,58 detik sedangkan rata-rata kecepatan renang 50 meter gaya crawl setelah diberikan latihan renang menggunakan Pull Buoy dan Fins sebesar 41,26 detik. Melalui analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 14,42 > ttabel = 2,11, yang berarti hasil pengujian signifikan. Kata Kunci: Pull Buoy, Fins, Kecepatan Renang dan Renang Gaya Crawl.
PROFIL KONDISI FISIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET KARATE SUMUT PERSIAPAN PRA-PON TAHUN 2015 Purba, Pangondian Hotliber
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i1.561

Abstract

Abstrak          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kondisi fisik dan motivasi berprestasi atlet karate Sumut Persiapan Pra–PON tahun 2015. Adapun kondisi fisik yang diteliti adalah kecepatan, daya tahan anaerobik, daya tahan otot perut, daya tahan lengan dan bahu, daya eksplosive otot tungkai, kelentukan dan daya tahan aerobik sedangkan indikator dari motivasi berprestasi adalah motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Populasi adalah seluruh atlet karate Sumut Persiapan Pra–PON tahun 2015 berjumlah 20 orang. Sampel diperoleh dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menujukkan bahwa kondisi fisik atlet karate Sumut Persiapan Pra–PON tahun 2015 secara keseluruhan berada pada kategori lemah sehingga perlu penanganan yang serius dari pengurus dan pelatih Pra–PON karate agar memberikan bentuk–bentuk latihan kondisi fisik sehingga kemampuan tersebut bisa meningkat dan mencapai target yang telah ditetapkan pada Pra–PON 2015, sedangkan motivasi berprestasi secara keseluruhan berada pada kategori tinggi walaupun demikian agar kondisi tersebut dapat tetap dijaga dan diperhatikan agar semangat atlet pada saat latihan dan bertanding bisa tetap tinggi.  Kata Kunci: Kondisi Fisik, Motivasi Berprestasi
PENERAPAN PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DI SMA KARYA IBU PALEMBANG Jumroh, Jumroh; Winarti, Destri
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i1.570

Abstract

AbstrakModel Joyfull Learning merupakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik sehingga siswa dapat memusatkan perhatian terhadap pembelajaran yang sedang dijalani. Pembelajaran ini didesain sedemikian rupa sehinggga memberikan suasana penuh keceriaan dan tidak membosankan bagi peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil belajar siswa melalui pembelajaran  Joyfull Learning dengan menggunakan Multimedia Interaktif pada mata pelajaran matematika di SMA Karya Ibu Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas X.1. Variabel dalam penelitian ini adalah Hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan nilai kualitatif. Hasil belajar siswa dilihat dari hasil tes akhir siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui pembelajaran Joyfull Learning dengan menggunakan Multimedia Interaktif pada mata pelajaran matematika di SMA Karya Ibu Palembang tergolong baik dengan rata-rata 72,56. Kata Kunci: Model Pembelajaran Joyfull Learning, Hasil Belajar Siswa

Page 1 of 2 | Total Record : 12