cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 12 Documents clear
PENGARUH STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (K-W-L) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI HIKAYAT Septyanti, Elvrin
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i2.631

Abstract

AbstrakDalam pelaksanaan pembelajaran, guru hanya memberikan cuplikan teks hikayat yang selanjutnya mengharuskan siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan teks yang disajikan. Secara tidak langsung menjadikan  pembelajaran hikayat tidak begitu mengesankan di kalangan peserta didik. Melalui strategi K-W-L peneliti ingin melihat pengaruh strategi ini terhadap hasil belajar peserta didik.  Strategi K-W-L didesain untuk menolong peserta didik lebih terlibat dalam materi membaca pemahaman. Desain yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMA Islam Az-Zahra Palembang kelas X.1 dan X.3 yang berjumlah 50 orang. Berdasarkan hasil analisis yang menggunakan uji “t” diperoleh rata-rata tes akhir kelompok eksperimen sebesar 58.88 sementara di kelas kontrol sebesar 54.88. Dengan demikian, terlihat bahwa rata-rata tes akhir kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Namun, jika melihat pengaruh kedua kelompok terhadap kemampuan memahami bacaan, maka strategi K-W-L dinyatakan tidak memiliki pengaruh terhadap kemampuan memahami hikayat. Hal ini menunjukkan bahwa strategi K-W-L tidak memiliki kontribusi positif terhadap kemampuan memahami hikayat siswa. Kata Kunci: Strategi Know-Want To Know-Learned (K-W-L), Hikayat
CEDERA PENGHAMBAT PRESTASI ATLET Nasrullah, Nasrullah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i2.640

Abstract

AbstrakArtikel ini berisikan tentang definisi, faktor penyebab, sampai tata laksana penanganan cedera olahraga sekaligus dilengkapi dengan cara pencegahan dan penyembuhan cedera olahraga. Cedera olahraga dapat dialami oleh siapa saja yang melakukan aktivitas olahraga sehari-harinya, cedera yang tidak mengenal siapa dan apa penyebabnya.Cedera olahraga merupakan faktor yang menghantui bagi kalangan pencinta olahraga, baik olahraga prestasi maupun olahraga rekreasi yang menjadikan olahraga sebagai sarana untuk mengembalikan kinerja. Atas dasar itulah penulis menginginkan suatu artikel yang dapat menjadikan sebuah penanganan yang serius dalam bidang penanganan cedera olahraga, sehingga diharapkan dalam penanganan terhadap cedera olahraga ditangani dengan serius dan professional, berdasarkan keilmuan dalam penatalaksanaan cedera olahraga. Kata Kunci: Cedera Olahraga, Definisi, Faktor Penyebab, Pencegahan, dan Penyembuhan Cedera
PENGARUH LATIHAN PLYOMETRICS TERHADAP HASIL TENDANGAN JARAK JAUH PADA SISWA SEKOLAH SEPAK BOLA OGAN ILIR Riyoko, Endie
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i2.635

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh latihan plyometrics terhadap hasil tendangan jarak jauh pada siswa sekolah sepak bola Ogan Ilir? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan plyometrics terhadap hasil tandangan jarak jauh pada siswa siswa sekolah sepak bola Ogan Ilir. Sampel sebanyak 60 orang dibagi menjadi dua kelompok dengan cara ordinal pairing 30 kelompok eksperimen diberikan perlakuan latihan plyometrics dan 30 kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah meteran untuk mengukur jauhnya tendangan. Hasil pretest kelompok eksperimen terbesarnya 45,7 dan terkecilnya 32,1, rata-rata pretest kelompok eksperimen 38,610, sedangkan pretest kelompok kontrol terbesarnya 45,5 dan terkecilnya 32,4, rata-rata pretest kelompok kontrol 38,509. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan plyometrics mempengaruhi hasil kekuatan tendangan jarak jauh siswa setelah diberikan perlakuan selama 6 minggu terdapat kenaikan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 40,421—38,610 =1,81. Nilai rata-rata posttest tendangan jarak jauh kelompok eksperimen 40,421. Kata Kunci:  Plyometrics dan Tendangan Jarak Jauh
PENGARUH METODE AKTIF-REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPENBERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS X DI SMA PGRI GELUMBANG Ludviana, Ludviana; Wardiah, Dessy
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i2.639

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh metode aktif-reflektif dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas X SMA PGRI Gelumbang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah control group pre-test post-test. Sampel penelitian berjumlah 69 siswa kelas X SMA PGRI Gelumbang. Dari pengolahan data diperolehlah nilai rata-rata pre-test kelas kontrol 68,56 dan nilai rata-rata post-test 78,90, sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 69,05 dan nilai rata-rata post-test 85,74. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa to sebesar 5,76, kemudian to dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan d.b. = nx + ny - 2 = 32 + 37-2 = 67, diperoleh taraf signifikan 5% = 1,67. Dengan demikian Ho (hipotesis nol) ditolak, dan Ha (hipotesis alternative) diterima. Sehingga pengujian hipotesis membuktikan bahwa ada pengaruh metode aktif-reflektif dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. Kata Kunci: Metode Aktif-Reflektif, Menulis Cerpen
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI PENDEKATAN MAKNA DI KELAS X MIA SMA IGNATIUS GLOBAL SCHOOL (IGS) PALEMBANG Jaya, Aswadi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i2.634

Abstract

AbstrakAdapun tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas X SMA IGS Palembang  sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Pendekatan makna. Kedua, untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas X SMA IGS Palembang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Pendekatan makna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pretes dan lembar postes. Hasil dari penelitian menunjukan adanya pengaruh terhadap meningkatkan keefektifitasan siswa dalam menulis naskah drama. Terbukti dari hasil pembelajaran dengan diberikannya pretes dan postes dalam menulis naskah drama nilai yang diperoleh siswa semakin meningkat. Nilai yang diperoleh dari pretes adalah minimal 43,25 dan maksimal 81,25 dengan nilai rata-rata adalah 60,7. Nilai yang diperoleh dari hasil postes adalah minimal 62,5 dan maksimal 93,75 dengan nilai rata-rata adalah 80,68. Kata Kunci: Naskah Drama dan Pendekatan Makna
METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Hetilaniar, Hetilaniar
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i2.638

Abstract

AbstrakPeraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab Ketentuan Umum SKL didefinisikan sebagai “kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan”. Proses pembelajaran di kelas akan berhasil dengan maksimal, jika beberapa standar yang dimuat di peraturan pemerintah nomor 19 Tahun 2005, pasal 2 tersebut dipenuhi. Untuk mencapai SKL tersebut, salah satunya dengan cara memilih metode pembelajaran yang cocok dengan materi ajar. Metode bernyanyi merupakan salah satu metode pembelajaran yang dilaksanakan dengan cara berdendang, menggunakan kata-kata yang mudah dipahami, serta lirik lagu yang dekat dengan dunia peserta didik. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia, metode bernyanyi dapat digunakan dalam menyampaikan materi pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: SKL, Metode Bernyanyi, Pembelajaran Bahasa Indonesia
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF (CBSA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 14 PALEMBANG Tanggon, Tanggon; Suriadi, Aan
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i2.633

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran cara belajar siswa aktif (CBSA) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 14 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh cara belajar siswa aktif (CBSA) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 14 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa untuk kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran cara belajar siswa aktif (CBSA) adalah 82,02 dan nilai rata-rata tes siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan cara belajar siswa aktif (CBSA) adalah 72,8. Hal tersebut menunjukkan bahwa cara belajar siswa aktif (CBSA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan dari hasil analisis data didapat bahwa thitung = 5,521 dan ttabel = 1,648. Jadi thitung > ttabel (5,521 > 1,648), maka hipotesis yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran  cara belajar siswa aktif (CBSA) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas X di SMA Negeri 14 Palembang.  Kata Kunci:   Model Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), Hasil Belajar
PERSEPSI PENGGUNA LULUSAN TERHADAP KINERJA LULUSAN PRODI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Hodsay, Zahruddin
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i2.642

Abstract

Abstrak         Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan persepsi pengguna lulusan terhadap kinerja lulusan Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang persepsi pengguna lulusan terhadap kinerja lulusan Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lulusan (alumni) Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang sampai wisuda Agustus 2015 yang berjumlah 1.514 lulusan. Sampel penelitian ini diambil dengan cara sampling insidental. Oleh karena itu sampel dalam penelitian ini sebanyak 283 orang. Persepsi pengguna lulusan terhadap kinerja lulusan pada kelompok integritas,  sebanyak  25,44% menyatakan sangat baik, 69,61 % menyatakan baik, 4,81% menyatakan cukup dan 0,14%menyatakan kurang, sedangkan kinerja lulusan pada kelompok keahlian bidang ilmu,  sebanyak  16,18%pengguna lulusan menyatakan sangat baik,71,24% menyatakan baik, 12,16%menyatakan cukup dan 0,42% menyatakan kurang. Selanjutnya Kinerja lulusan pada kelompok teknologi informasi komunikasi,  sebanyak  20,28% pengguna lulusan menyatakan sangat baik, 61,27% menyatakan baik, 2,40% menyatakan cukup dan 2,40% menyatakan kurang. Kata Kunci: Persepsi, Kinerja, dan Lulusan
PENGGUNAAN TEKNIK MODELLING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DALAM BAHASA INGGRIS MAHASISWA SEMESTER 2B PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Herlina, Herlina
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i2.637

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan teknik modelling pada pembelajaran menulis teks berita terkini dalam bahasa Inggris mahasiswa semester  2B program studi pendidikan bahasa dan sastra  Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan teknik modelling pada pembelajaran menulis teks berita terbaru hari ini dalam bahasa Inggris mahasiswa semester  2B program studi pendidikan bahasa dan sastra  Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu kategori one short case study. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada mahasiswa kelas 2B  pada pembelajaran menulis teks Berita update dalam bahasa Inggris mahasiswa semester  2B program studi pendidikan bahasa dan sastra  Indonesia selama 2 kali pertemuan. Presentase keaktifan mahamahasiswa pada indikator I (Aktivitas Visual) dengan rata-rata (69,61%),. Indikator II (Aktivitas Lisan) dengan rata-rata (75,49%). Indikator III (aktivitas mendengar) dengan rata-rata (74,02%) dan Indikator IV (aktivitas menulis) dengan rata-rata persentase (72,95%). Dengan rata-rata keseluruhan indikator keaktifan mahasiswa selama proses belajar mengajar adalah 72,95% atau dikategorikan aktif.   Kata Kunci: Teknik Modeling dan Menulis Berita
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN SIMPULAN BACAAN DAN GROUP SEQUENCING DALAM MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS XI SMA ADABIAH PADANG Marta, Redo Andi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i2.632

Abstract

Abstrak   Berdasarkan observasi awal dan hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas XI SMA Adabiah Padang, peneliti menemukan beberapa kendala pembelajaran keterampilan membaca khususnya membaca pemahaman. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menentukan simpulan bacaan dan group sequencing dalam membaca pemahaman dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas XI SMA Adabiah Padang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menentukan simpulan bacaan dan group sequencing dalam membaca pemahaman dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas XI SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan  subjek penelitian siswa kelas XI IPS 6 SMA Adabiah Padang yang berjumlah 45 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa membaca pemahaman meliputi dua hal, yaitu 1) menentukan simpulan bacaan pada siklus 1 berada kualifikasi cukup menjadi meningkat kualifikasi baik pada siklus 2 dan kedua, 2) menentukan susunan kalimat atau group sequencing pada siklus pertama berada kualifikasi kurang menjadi meningkat kualifikasi cukup pada siklus kedua. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD membawa pengaruh yang sangat besar dalam menerapkan materi membaca pemahaman khususnya menentukan kesimpulan bacaan dan menentukan susunan kalimat atau group sequencing.  Kata Kunci: Group Sequencing, Membaca Pemahaman, dan STAD

Page 1 of 2 | Total Record : 12