cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 12 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KECEPATAN PUKULAN GYAKU TSUKI CHUDAN MELALUI BENTUK LATIHAN VARIATION OF BODY DROPS PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER KARATE SMA SWASTA KRISTEN IMMANUEL MEDAN TAHUN 2016 Purba, Pangondian Hotliber
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1080

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Variation of Body Drops dalam meningkatkan kecepatan pukulan Gyaku Tsuki Chudan pada siswa putera ekstrakurikuler SMA Swasta Kristen Immanuel  Medan Tahun 2016. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan sesuai dengan jurusan kepelatihan Olahraga. Perlakuan diberikan dalam bentuk pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi. Adapun yang menjadi subjek adalah siswa putera ekstrakurikuler SMA Swasta Kristen Immanuel Medan yang berjumlah sebanyak 15 orang, yang diperoleh berdasarkan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan adalah test kecepatan pukulan Gyaku Tsuki Chudan menggunakan Stop watch berdasarkan indikator penilaian yang telah ditentukan. Analisa data yang digunakan adalah dengan perhitungan persentase. Dari hasil analisa data yang diperoleh menunjukkan bahwa pada Siklus I atlet mempunyai nilai rata- rata 0,43 detik dengan persentase 68,18% dan skor aktivitas latihan sebesar 3,00 berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa : Metode latihan Variation of Body Drops dapat meningkatkan kecepatan pukulan Gyaku Tsuki Chudan Pada siswa putera ekstrakurikuler SMA Swasta Kristen Immanuel Medan Tahun 2016. Kata Kunci: Kecepatan, Gyaku Tsuki Chudan, Variation of Body Drops
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) BAGI SISWA TUNANETRA KELAS X SMALB-A PRPCN PALEMBANG Nurjannah, Nurjannah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1089

Abstract

AbstrakRendahnya hasil belajar matematika kelas X SMALB-A PRPCN Palembang dikarenakan penggunaan metode yang tidak tepat, ketersediaan media belajar yang kurang, membuat siswa malas untuk belajar. Untuk mengatasi hal tersebut penulis menerapkan pendekatan problem posing. Tujuan penelitian adalah menganalisis pembelajaran melalui pendekatan problem posing dengan CBI dalam  meningkatkan hasil belajar matematika  siswa tunanetra kelas X  SMALB-A PRPCN Palembang. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X SMALB-A PRPCN Palembang yang berjumlah 4 orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Setelah penelitian berlangsung selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan problem posing dengan CBI dapat meningkatkan hasil belajar yang terlihat dari peningkatan perolehan hasil belajar yang mendapat skor lebih dari 65 atau telah mencapai tuntas secara klasikal. Siklus I, nilai tertinggi adalah 70,56 dan nilai terendah 39,21, sedangkan siklus II, mengalami peningkatan, nilai tertinggi 95,06 dan nilai terendah 65,90. Kata kunci: Problem Posing, Computer Based Instruction (CBI), Tunanetra
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN TEKNIK BRAINSTORM SHEET Thereana, Ana
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1084

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca cerpen dengan teknik brainstorm sheet siswa kelas VII. A SMP Muhamadyah 7 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. A SMP Muhamadyah 7 Palembang  yang terlibat dalam proses pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan teknik brainstorm sheet. Objek penelitian ini adalah proses  pembelajaran membaca cerpen dengan teknik brainstorm sheet. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) teknik tes yang meliputi tes mengidentifikasi unsur intrinsik dan tes menceritakan kembali dan (2) teknik nontes yang meliputi observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kata Kunci: Membaca, Cerpen, Brainstorm Sheet
NILAI-NILAI KARAKTER DI SD IT HARAPAN MULIA Indasari, Miftha
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1088

Abstract

AbstrakPenelitian ini berjudul nilai-nilai karakter di SD IT Harapan Mulia Kota Palembang. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran karakter disiplin dan PHBS siswa kelas 2 di SD IT Harapan Mulia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan dan verifikasi data. Pada tahap reduksi data, peneliti menggunakan triangulasi data yakni data observasi, angket, dan dokumentasi yang kemudian ditampilkan dalam display data. Dari trangulasi ini didapatkan bahwa karakter disiplin dan PHBS dalam diri siswa kelas 2 di SD IT Harapan Mulia telah muncul masing-masing sebanyak 85% dan 91,6%. Dengan demikian disimpulkan bahwa siswa kelas 2 SD IT Harapan Mulia telah memiliki karakter disiplin dan PHBS sejak dini. Kata Kunci: Karakter Disiplin, Karakter PHBS, Siswa kelas 2 SD
MANAJEMEN PEMANFAATAN MAKAM KI RANGGO WIROSENTIKO SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH Zamhari, Ahmad
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1083

Abstract

Abstrak                                                                         Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pemanfaatan makam Ki Ranggo Wirosentiko di kota Palembang, 2) untuk mengetahui tersedianya sumber penelitian sejarah sebagai sumber pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis model interaktif terdiri atas tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, kajian dokumen, observasi langsung, validitas data, teknik analisis. Hasil penelitian menjelaskan bahwa makan Ki Ranggo Wirosentiko merupakan salah satu bangunan peninggalan kesultanan Palembang yang terletak di Talang Keranngo  menggambarkan akulturasi budaya dari Eropa. Secara umum bentuk makam pada  Ki Ranggo Wirosentiko dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu jirat/kijing. Terdapat sembilan makam empat diantaranya masih bagus atau masih terlihat utuh dan lima makam yang lain sudah rusak. Pada dinding bangunan makam telah menggunakan struktur batu alam asli yang dibuat dengan menggunakan teknik pahatan dengan berbentuk persegi panjang dan sebagian makam yang lainya sudah tidak terbentuk utuh lagi. Kata kunci :  Manajemen, Makam Ki Ranggo Wirosentiko, Sumber Pembelajaran Sejarah
ANALISIS KEBIJAKAN KEPENDIDIKAN DALAM ERA GLOBALISASI Yulaini, Erma
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1087

Abstract

AbstrakSistem pendidikan nasional (Sisdiknas) merupakan acuan dalam pembuatan analisis kebijakan dan manejemen pendidikan baik di tingkat nasional, regional, maupun di tingkat sekolah seperti kita ketahui pendidikan nasional bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) mampu berperan sebagai subjek dalam pembangunan nasional. Melalui pendidikan diharapkan dapat lahir SDM yang berkualitas, berkarakter, berkompetensi, dan berdaya saing tinggi baik ditingkat nasional regional maupun internasional. Masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana kebijakan kependidikan dalam era globalisasi mempengaruhi mutu, relevansi dan daya saing dalam era globalisasi. Secara operasional, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kebijakan kependidikan dalam era globalisasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan mutu, relevansi dan daya saing dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang mendasar dan sistematis melalui pengembangan kurikulum, metode pembelajaran dan sistem pemiaian sesuai dengan era globalisasi ini dapat dijadikan bahan referensi untuk menambah wawasan para penentu kebijakan, pelaku kebijakan, analis, dan akademisi sehingga dapat meningkatkan kinerja kebijakan pendidikana nasional. Sehingga mutu pendidikan, pemerataan pendidikan, relevansi pendidikan efektifitas dan efisiensi pendidikan nasinal dapat tercapai. Kata Kunci: Kebijakan Kependidikan, Era Globalisasi
PENGARUH PERMAINAN TERHADAP KEMAMPUAN INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR Rachmi, Titi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1082

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh permainan terhadap kemampuan interpersonal siswa kelas I Sekolah Dasar di Tangerang. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan yaitu bulan Oktober dan November dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan model one group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 36 siswa berasal dari SD Negeri Cikokol IV dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pengisian angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji-t, pada taraf signifikansi a = 0,05. Hasil penelitian data diperoleh thitung = 11,71> ttabel = 2,021 artinya Ho ditolak dan diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang signifikan permainan terhadap kemampuan interpersonal siswa kelas I Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat memberikan stimulasi permainan yang tepat melalui pemberian materi, strategi, serta metode yang akan digunakan dengan melihat karakteristik dan kemampuan yang dimiliki siswa.  Kata Kunci: Permainan, Kemampuan Interpersonal, Siswa Kelas I SD
PENERAPAN TEKNIK QUANTUM SPEED READING DALAM PENGAJARAN PEMAHAMAN MEMBACA Uzer, Yuspar
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1091

Abstract

AbstrakTeknik Speed reading adalah sebuah teknik atau metode pembelajaran. Perlu dijelaskan bahwa teknik adalah cara yang telah teratur dan terpikir secara baik untuk mencapai sesuatu maksud (dalam ilmu pengetahuan), cara menyelidiki (mengajar). Dalam kamus besar bahasa Indonesia disebutkan bahwa metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan atau kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.  Speed reading dalam bahasa inggris berarti membaca cepat. Menurut Nurhadi dalam bukunya bagaiman meningkatkan kemampuan membaca, Speed reading adalah jenis membaca yang mengutamakan kecepatan untuk mengelola serta cepat proses penerimaan informasi dengan tidak  meninggalkan pemahaman terhadap aspek bacaan. Berbeda dengan pendapat-pendapat sebelumnya, Supriyadi mengatakan bahwa “membaca cepat adalah jenis membaca yang mengutamakan kecepatan mata dalam membaca”. Membaca cepat adalah  membaca sekejap mata, selayang pandang. Tujuannya adalah dalam waktu yang singkat pembaca memperoleh info secara cepat dan tepat dalam kemampuan Berbahasa Inggris. Kata Kunci: Kecepatan, Pemahaman Membaca, Kemampuan Membaca
CAMPUR KODE DALAM DISKUSI MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEBAGAI PEMBELAJARAN BAHASA Armariena, Dian Nuzulia
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1086

Abstract

Abstrak          Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan campur kode dalam diskusi mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Akademik 2015/2016 sebagai sumber pembelajaran bahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis padan intralingual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan perekaman. Hasil penelitian bahwa persentase penggunaan campur kode paling tinggi terjadi pada perekaman pertama yang direkam pada tanggal 24 April 2016. Jumlah kata sebanyak 1056 kata dan jumlah campur kode sebanyak 64 kata sebesar 6,1% yang berada pada interval 0,1%--10% masih tergolong rendah. Penggunaan campur kode terendah terjadi pada perekaman kelima tanggal 14 Mei 2016. Jumlah seluruh kata sebanyak 463 kata dan terdapat campur kode 15 kata dengan jumlah persentase sebesar 3,2 % yang berada pada interval 0,1%--10% tergolong rendah. Hasil dari keseluruhan data berupa rekaman yaitu pertemuan pertama 6,1%, kedua 5,9%, ketiga 5,0%, keempat 4,2%, kelima 3,2%, dan keenam 4,7%. Kata Kunci: Campur Kode, Diskusi, Pembelajaran Bahasa
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA YAPIS MANOKWARI Khanasta, Ita; Sinon, Iriwi L.S.; Widyaningsih, Sri Wahyu
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 14, No 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1081

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis fenomena menggunakan metode demonstrasi terhadap berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Yapis Manokwari. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan Time Series Design, hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest sebesar 56,44 dan hasil posttest sebesar 62,88 sedangkan hasil pengolahan data menggunakan Uji Wilcoxon, dengan taraf signifikan α= 5% diperoleh nilai Wilcoxonhitung = 4,50. Wilcoxon table diketahui bernilai 101 maka Wilcoxon hitung < Wilcoxon table sehingga H0ditolak, dengan besar perbedaan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis fenomena menggunakan metode demonstrasi diketahui dari hasil peningkatan dengan menggunakan uji peningkatan (N-Gain) pada setiap pertemuan yaitu pertemuan 1 dengan nilai gain 0,14, pertemuan 2 dengan nilai gain 0,15, pertemuan 3 dengan nilai gain 0,12 serta pertemuan 4 dengan nilai gain 0,19. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran tersebut. Kata Kunci: Fenomena, Metode Demonstrasi, Berpikir Kritis

Page 1 of 2 | Total Record : 12