cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 12 Documents clear
PENGARUH METODE AKTIF-REFLEKTIF DALAM MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTS AL-IKHLAS PEMETUNG BASUKI KABUPATEN OKU TIMUR NUFUS, HAYATUN; NOVIA SARI, OKTA
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1121

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh metode aktif-reflektif dalam menulis berita pada siswa kelas VIII MTS Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kabupaten OKU Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Post Test Only Countrol Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kabupaten OKU Timur yang berjumlah 93 orang, dan sampel penelitian berjumlah 62 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan uji homogenitas bahwa sampel berasal dari sampel yang homogen dengan uji F diperoleh hasil Fhitung < Ftabel = 1,04 < 1,84, dan berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa uji t, hasil thitung = 5,03 dengan db = 60 pada taraf signifikan 5% = 2,00. Dengan demikian Ho (hipotesis nol) ditolak, dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Sehingga pengujian hipotesis membuktikan ada pengaruh metode aktif-reflektif dalam pembelajaran menulis berita pada siswa kelas VIII MTS Al-Ikhlas Pemetung Basuki Kabupaten OKU Timur. Kata Kunci : Metode Aktif-Reflektif, Menulis, Berita
PENGARUH TEKNIK CERITA PEMULA DISKUSI (DISCCUSION STARTER STORY ) DALAM MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MAHASISWA NUZULIA ARMARIENA, DIAN
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1116

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh teknik cerita pemula diskusi (disccusion starter story) dalam menulis laporan pengamatan mahasiswa. Metode penelitian mengunakan adalah metode eksprimen one-group pretest-posttes-design. Sampel penelitian adalah kelas VIc yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menulis laporan pengamatan dengan tema “kegiatan di luar kelas“. Simpulan penelitian ini adalah teknik cerita pemula diskusi (disccusion starter story) berpengaruh dalam menulis laporan pengamatan mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan uji “t“ pada kelompok eksperimen menunjukan bahwa , harga t 10,56 > 1,994  (t hitunga n > t tabel). Nilai 10,56 adalah harga thitung  untuk tes pada kelompok eksperimen dan nilai 1,994 adalah harga ttabel  pada taraf  signifikasi 5%. Kelompok eksperimen telah mengalami perubahan dalam keberhasilan untuk menulis laporan pengamatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rerata mahasiswa pada tes akhir (posttes) sebesar 84,81 telah berhasil 75% mencapai lebih dari kreateria ketuntasan minimal ( >70 ).Kata Kunci: Teknik Cerita Pemula Diskusi, Menulis Laporan Pengamatan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA POWERPOINT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK DI KELAS IV SDN 149 PALEMBANG OKTAVERA, SISKA
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui Media Power Point dengan menggunakan model talking stick pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 149 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVF SDN 149 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 50 siswa, dengan rincian 23 perempuan, 27 laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada siklus I diperoleh siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar 33 siswa (66%), rata-rata 17,6 dengan kategori tinggi. Hasil evaluasi pada siklus II yaitu siswa yang tuntas berjumlah 44 siswa (88%), rata-rata 84,5 dengan kategori sangat tinggi. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa melalui media PowerPoint dengan menggunakan model talking stick dapat meningkatkan hasil belajar, oleh karena itu disarankan untuk para guru pada umumnya agar menggunakan media Power Point  sebagai alternatif media yang bermakna dalam pembelajaran IPS.Kata kunci :   Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Media Power Point, Model  Talking Stick.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ SISWA KELAS V SDN 42 PALEMBANG ROTUA MANULLANG, FEBRIANI
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1120

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Team Quiz siswa kelas V SD Negeri 42 Palembang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas tes tertulis dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Vc SD Negeri 42 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 orang siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Team Quiz  mengalami peningkatan pada tiap siklus. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila mencapai ketuntasan minimal >67 atau suatu kelas dinyatakan tuntas belajar jika dikelas tersebut terdapat 85% siswa yang mendapatkan nilai di atas 67. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai pra siklus yaitu 56,8 meningkat saat siklus I menjadi 59,8 dengan persentase ketuntasan dari 23% menjadi 53,8%. Kemudian rata-rata pada siklus II meningkat dari siklus I yaitu dari 56,8 menjadi 78,1 dengan persentase ketuntasan dari 72,5% menjadi 87,5%. Persentase keaktifan rata-rata siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 59% menjadi 70,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Team Quiz hasil belajar siswa dapat meningkat, maka strategi pembelajaran aktif Team Quiz dapat dijadikan alternatif pilihan bagi guru dalam proses belajar mengajar.Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Team Quiz
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DALAM PEMAHAMAN MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS MAHASISWA HERLINA, HERLINA
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1115

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas belajar mahasiswa selama diterapkan metode Question Student Have dan hasil belajar mahasiswa setelah diterapkan metode Question Student Have dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya pemahaman membaca teks bahasa Inggris mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas 2C untuk mata kuliah bahasa Inggris 2 program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian data tes dan data observasi membuktikan bahwa penerapan metode Question Student Have dalam pembelajaran pemahaman membaca mahasiswa teks bahasa Inggris pada mahasiswa semester kedua kelas 2C dikategorikan  baik dengan nilai rata-rata 82,12.Kata Kunci : Question Student Have, Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris,  Mahasiswa
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALY (TAI) PADA SISWA KELAS Vd SD NEGERI 147 PALEMBANG INDRIANI, NUR
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1124

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas Vd dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Team Assisted Individualy (TAI). Subjek penelitian adalah siswa kelas Vd SD Negeri 147 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 41 orang, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan atau dikatakan tuntas jika nilai hasil belajar siswa >65 dan ketuntasan kelas 85%. Pada siklus 1 diperoleh hasil belajar kognitif siswa dengan rata-rata 62,073, sedangkan siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 74,146. Persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 65,84% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,80%. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas dapat di ambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan pada guru kelas untuk menerapkan model TAI dalam pembelajaran IPS.Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Model Team Assisted Individualy
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI GERAK TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI DI SMA NEGERI 9 PADANG NUR RAID, M
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1119

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran dan koordinasi gerak terhadap keterampilan bermain bola voli di SMA Negeri 9 Padang. Koordinasi gerak diukur dengan menggunakan test lempar tangkap bola kasti, dan untuk mengukur keterampilan bermain bola voli yang terdiri dari tiga bentuk tes yaitu passing atas, passing bawah, dan servis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) tidak terjadi perbedaan yang berarti antara pemain yang dilatih dengan metode global dengan pemain yang dilatih dengan n metode elementer, (2) tidak terdapat interaksi antara metode global dengan koordinasi gerak terhadap peningkatkan keterampilan bermain bola voli, (3) pada koordinasi gerak tinggi, tidak terjadi perbedaan yang berarti antara kelompok yang dilatih dengan metode global dengan kelompok yang dilatih dengan metode elementer terhadap peningkatan keterampilan bermain bola voli, (4) pada koordinasi gerak rendah, tidak terjadi perbedaan yang berarti antara kelompok yang dilatih menggunakan metode elementer dengan kelompok yang dilatih menggunakan metode global terhadap peningkatan keterampilan bermain bola voli.Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Bola Voli, Koordinasi Gerak
PENGARUH METODE CTL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 114 PALEMBANG RATNA, MUTTIA; DEDY, ADRIANUS
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode CTL teknik Problem Based Learning dan metode CTL teknik Problem Posing serta kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar IPA. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 114 Palembang, dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang.Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2.Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok yang diberikan metode CTL teknik Problem Based Learning dan kelompok yang diberikan metode CTL teknik Problem Posing (2) Terdapat interaksi antara metode CTL dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar IPA.Kata Kunci: Metode CTL Teknik Problem Based Learning dan Metode CTL Teknik   Problem Posing, Kemampuan Berpikir Logis, Hasil Belajar IPA.
KONTRIBUSI POWER OTOT TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN TUBUH SECARA TERHADAP KEMAMPUAN JUMP SHOOT ATLET BOLA BASKET SMP NEGERI 1 PASAMAN YULPIKO PUTRA, ARDO
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1118

Abstract

Berdasarkan pengamatan kemampuan jump shoot altet bola basket SMP Negeri 1 Pasaman masih jauh yang diharapkan. Hal ini terlihat dari lemahnya hasil jump shoot atlet SMP Negeri 1 Pasaman sehingga bola berpindah ketangan lawan. Hal ini akan menyebabkan atlet bola basket SMP Negeri 1 Pasaman sulit mencapai prestasi yang lebih tinggi dalam olahraga bolabasket. Penelitian membuktikan bahwa teerdapat kontribusi power otot tungkai dan keseimbangan tubuh secara bersama-sama terhadap kemampuan jump shoot dengan tingkat persentase = 44,62%. Artinya variabel power otot tungkai dan keseimbangan tubuh secara bersama-sama berkontribusi terhadap kemampuan jump shoot pada atlet bolabasket SMP Negeri 1 Pasaman. Dapat disimpulkan bahwa unsur power otot tungkai dan keseimbangan tubuh memberikan kontribusi kepada atlet bolabasket SMP Negeri 1 Pasaman, apabila power otot tungkai dan keseimbangan baik maka atlet tersebut mampu untuk melakukan jump shoot dengan lebih baik dan lebih akurat.Kata Kunci: Power Otot Tungkai, Keseimbangan Tubuh, Jump Shoot,Bola basket, SMP Negeri 1 Pasaman
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DRIBBLING ZIGZAG DAN LATIHAN DRIBBLING BOLAK-BALIK TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING PEMAIN SEPAKBOLA SSB PERSIMURA MUSI RAWAS FAJAR, MUTIARA
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i1.1122

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah lambannya peningkatan kemampuan dribbling pemain sepakbola SSB Persimura Musi Rawas, Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat perbedaan hasil latihan dribbling zigzag dan dribbling bolak-balik terhadap kemampuan dribbling pemain sepakbola SSB Persimura Musi Rawas. Populasi yang digunakan adalah pemain sepakbola SSB Persimura Musi Rawas yang ikut aktif dalam latihan, sampel yang diambil kelompok umur U17-U20 tahun karena didasari oleh program latihannya yang sudah mengacu kepada kondisi fisik sepakbola, jadi teknik yang dilakukan dalam pemilihan sampel penelitian adalah purposive sampling. Dari hasil penelitian pengaruhnya dapat dilihat dari uji t beda mean dimana peningkatan kemampuan dribbling kelompok latihan zigzag adalah 2,50 detik yang lebih tinggi di bandingkan dengan kelompok yang menggunakan  latihan dribbling bolak-balik 2,13 detik. Dengan demikian nilai ini mengindikasikan bahwa latihan dribbling zigzag dan latihan dribbling bolak-balik yang diberikan memiliki perbedaan dalam meningkatkan kemampuan dribbling pemain sepakbola SSB Persimura Musi Rawas.Kata Kunci:     Latihan Dribbling Zigzag, Latihan Dribbling Bolak-Balik,  Kemampuan Dribbling

Page 1 of 2 | Total Record : 12