cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 12 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM PENULISAN KEMAMPUAN NARATIF KELAS SEBELAS DI SMA PGRI 2 PALEMBANG Etty, Pratiwi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1434

Abstract

AbstrakPenelitian ini meneliti mengenai pengaruh penggunaan media cerita gambar berseri dalam kemampuan menulis naratif siswa terhadap siswa kelas XI SMA PGRI 2 Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah atau tidak dengan menggunakan seri gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis naratif siswa. Penelitian ini dilakukan pada penelitian eksperimental terhadap 70 siswa kelas XI SMA PGRI 2 Palembang tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar berseri memberikan peningkatan yang signifikan terhadap menulis naratif siswa daripada menulis siswa dengan menggunakan strategi konvensional kepada siswa kelas delapan SMA PGRI 2 Palembang. Kata Kunci: Gambar berseri, Menulis, Naratif THE INFLUNCES OF USING PICTURES SERIES IN STUDENT’S WRITING NARRATIVE SKILL TO THE ELEVENTH OF SMA PGRI 2 PALEMBANG AbstractThis research investigated the influence of using pictures series in student’s writing narrative skill the eleventh grade students of SMA PGRI 2 Palembang. The objective of this study was to identify whether or not by using pictures series can improve the students ‘ writing narrative skill. This study was conducted in experimental research to 70 students from the eighth grade students of SMA PGRI 2 Palembang of the academic year of 2016-2017. This study could be concluded that pictures series strategy gave a significant improvement for the students’ writing narrative skill than the students’ writing narrative skill by using conventional strategy to the eleventh grade students of SMA PGRI 2 Palembang. Keywords: Pictures series, Writing, Narrative
PENINGKATAN KEMAMPUAN BODY IMAGE (CITRA TUBUH) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA MANUSIA Wijayanti, Arwendis
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1429

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan body image melalui penggunaan media boneka manusia di RA Al-Mumtaaz Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B sebanyak 11 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari delapan kali pertemuan dalam setiap siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan body image anak kelompok B di RA Al-Mumtaaz mengalami peningkatan setelah penggunaan media boneka manusia. Skor kemampuan body image anak tercatat sebesar 26 pada tahap pra tindakan. Skor kemampuan body image meningkat menjadi 42 pada akhir siklus I dan terus mengalami peningkatan menjadi 57 pada akhir siklus II. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwa penggunaan media boneka manusia dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan body image pada anak usia dini.  AbstractThis study aims to improve the ability of body image through the use of human puppet media in RA Al-Mumtaaz Karawang. The research method used is the action research model Kemmis and Mc Taggart which includes four stages of planning, action, observation and reflection. The subjects of the study were children of group B of 11 people. The study was conducted in two cycles consisting of eight meetings in each cycle. Technique of data collection is done through observation, interview and documentation study. Data analysis technique in this research is qualitative and quantitative data analysis. The results showed that the body image ability of group B children in RA Al-Mumtaaz increased after the use of human doll media. The child's body image capability score was 26 at the pre-action stage. Body image capability score increased to 42 at the end of cycle I and continues to increase to 57 at the end of cycle II. The results of the study imply that the use of human doll media can be used as one way to improve the ability of body image in early childhood. 
PENINGKATAN ARAH PERENCANAAN KARIR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI Putri, Ramtia Darma
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1438

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada arah perencanaan karir siswa sebelum dan sesudah diberi layanan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang menggunakan desain Quasi Experimental. Bentuk Quasi Experimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest Posttest One Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Nasional Padang kelas X. Pelaksanaan perlakuan layanan informasi dilakukan pada siswa kelas X Akuntansi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Instrumen Arah Perencanaan Karier Siswa dengan model Skala Likert dengan nilai validitas 0.436 dan reliabilitas 0.935. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dan diuji dengan teknik Paired Samples t-test dengan bantuan SPSS versi 17.00. Temuan dalam penelitian ini mengungkapkan terdapat perbedaan yang signifikan pada arah perencanaan karier siswa sebelum dan sesudah diberi layanan informasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi bagi pihak terkait terutama personil sekolah dalam meningkatkan arah perencanaan karir siswa di sekolah. Kata Kunci: Arah Perencanaan Karir Siswa, Layanan Informasi AbstractThis study aims to determine the significant differences in the direction of career planning students before and after being given information services. This research is a quantitative research with experimental research method using Quasi Experimental design. The Quasi Experimental form used in this research is Pretest Posttest One Group Design. Subjects in this study were students of SMK National Padang class X. Implementation of information service treatment conducted on students of class X Akuntansi. The research instrument used an Instrumen Arah Perencanaan Karier Siswa with Likert Scale model with validity value 0.436 and reliability of 0.935. The data were then analyzed and tested by Paired Samples t-test with SPSS version 17.00. The findings in this study revealed that there was a significant difference in the direction of career planning students before and after being given information services. The results of this study are expected to contribute to related parties, especially school personnel in improving direction of career planning student in schools. 
GURU DAN TEKNOLOGI: SINERGI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PEMIMPIN MASA DEPAN Dwi, Maharrani
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1433

Abstract

Penggunaan teknologi di Indonesia, khususnya dalam hal teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology/ICT) berkembang dengan pesat dari waktu ke waktu. Kondisi tersebut juga berdampak dalam hal pemelajaran bahasa dan cenderung mengubah  proses belajar mengajar yang ada. Isu ini menjadi yang penting karena dalam era digital saat ini kemampuan teknologi siswa dan karakter yang unggul menjadi kebutuhan yang sangat berpengaruh agar dapat bersaing dan berkolaborasi dengan negara-negara lain. Sayangnya, data UNDP menunjukkan bahwa pada tahun 2011 human development index (HDI) Indonesia hanya sebesar 0.617 sehingga membawa Indonesia pada peringkat 124 dari 187 negara. Peringkat tersebut berada jauh di bawah nilai rata-rata untuk kawasan Asia Tenggara dan Pasifik yang sebesar 0.628. Meski demikian, beberapa ahli memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara pemimpin dunia dalam 20 tahun ke depan. Artikel ini mendiskusikan wawasan-wawasan penting yang harus dimiliki oleh guru dalam mengintegrasikan dan menginternalisasikan pengguna teknologi dan pembentukan karakter dalam pemelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Kata Kunci: ICT, Wawasan, Karakter, Bahasa Inggris AbstractThe use of the technology, especially the communication and information technology is increasing in Indonesia from time to time. As a result, Information  and Communication Technologies (ICT) have infused in language learning purposely to change the way of learning and teaching. This issue has crucial role since in this digital era, students’ ICT and good characters become the influential requirements to compete and collaborate with others from various countries. In fact, data from UNDP shows that in 2011 Indonesia’s human development index (HDI) is 0.617 which makes Indonesia at 124 rank out of 187 countries. It brings Indonesia below the East Asia and the Pacific average which is 0.682.  However, there is a prediction from some experts that Indonesia will be one of the new emerging leading countries in the world in the next 20 years. This paper is aimed to discuss the important insights that should be provided by the teachers in integrating and internalizing ICT and characters building in the EFL classrooms.  Keywords: ICT, Teachers’Insights, Character Building, EFLClassroom
PROFIL TINGKAT VO2 MAX PADA SISWA SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) PALEMBANG MUDA I Made, Bayu Andika
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1437

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui profil tingkat VO2 Max pada siswa sekolah sepakbola Palembang Muda. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes bleep test atau lari multi tahap (multy stage running tes). Subjek penelitian ini adalah Siswa sekolah sepakbola Palembang muda usia 14-15 tahun berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh profil tingkat VO2 Max siswa sekolah sepakbola Palembang muda pada kategori istimewa sebesar 0%, pada kategori baik sekali sebesar 0%, pada kategori baik sebesar 15%, pada kategori sedang sebesar 40%, kategori kurang sebesar 35%, dan kategori kurang sekali sebesar 10%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa profil VO2 Max pada siswa sekolah sepakbola Palembang muda adalah sedang. Kata Kunci: VO2 Max, Siswa Sekolah Sepakbola,Usia 14-15 Tahun  Abstract          The objective of this research are to investigate the profile of VO2 Max level at the students of Sekolah Sepakbola Palembang Muda. This research used the descriptive quantitative method with survey approach. The data of research were collected through bleep test  or multy stage running test. The subjects of research was all students of  Sekolah Sepakbola  Palembang Muda as many as 20 in age 14-15 years old. The data were analyzed by using percentage. Based on the research show that the level of VO2 Max students of Sekolah Sepakbola  Palembang Muda in the special category are 0%, in the excellent category are 0%, the good category are 15%, the medium category are 40%, the less category are 35%, and very less category are 10%. It can be concluded that the profile of VO2 Max students of Sekolah Sepakbola Palembang Muda the medium category. Keywords : VO2 Max, students of Sekolah Sepakbolain age 14-15 years old 
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG Dewi, Kartikasari
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1432

Abstract

Tujuan yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode kerja kelompok di SMP Negeri 3 Palembang. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode kerja kelompok di SMP Negeri 3 palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikannya tindakan melalui metode kerja kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 yang terdiri dari 16 orang laki-laki 20 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa  ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode kerja kelompok di SMP Negeri 3 Palembang, hal ini terbukti dari  tingkat ketuntasan belajar siswa maka  siklus 1 (72%) < Siklus 2 (92%), maka peningkatan ini terlihat bahwa peningkatan dari siklus pertama sebesar 20%.   The expected goal of this research is to know the improvement of student learning outcomes after the implementation of group working method in SMP Negeri 3 Palembang. The hypothesis of action in this study is that there is an increase in student learning outcomes after the implementation of group working methods in SMP Negeri 3 palembang. The variable in this study is the improvement of student learning outcomes after the given action through group work method. Subjects in this study were students of class VII.3 consisting of 16 men male 20 women. The method used in this research is Classroom Action Research method (PTK). Data collection techniques used in this study is a test. This research uses deductive analysis technique. Based on the results of research and discussion it can be concluded that there is an increase in student learning outcomes after the application of group work methods in SMP Negeri 3 Palembang, this is evident from the level of student learning completeness then cycle 1 (72%) <Cycle 2 (92%), then this increase seen that the increase from the first cycle of 20%
PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL DALAM MATERI PEMBELAJARAN TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALEMBANG Liza, Murniviyanti
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1436

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran cooperative learning tipe berkirim salam dan soal dalam pembelajaran teks ulasan bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 61 orang dengan rincian 31 orang siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji t. Hasil dalam penelitian ini adalah pembelajaran teks ulasan dengan menggunakan teknik pembelajaran cooperative learning tipe berkirim salam dan soal lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam materi pembelajaran teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang. Hal ini terbukti dari adanya perbedaan skor rata-rata kelas eksperimen dan skor rata-rata kelas kontrol. Setelah dilakukan perhitungan hipotesis maka didapatkan = 12,93 dan = 2,000 berarti sehingga Ha dapat diterima Ho ditolak.  Kata Kunci: Cooperative Learning, Berkirim Salam dan Soal, Teks Ulasan  AbstractThis study aims to determine the influence of cooperative learning techniques of send greetings and question type in learning text reviews for students of class VIII SMP Negeri 8 Palembang. The method used in this research is experiment. The sample in this study amounted to 61 students divided by 31 students of class VIII.1 as experimental class and 30 students of class VIII.2 as a control class. Technique for collecting data was using test, while technique of data analysis used statistic with t test. The result of this research is the learning of the text of the review by using cooperative type technique of send greeting and question type and more effective compared with conventional learning model in the learning material of the text of the students of class VIII SMPN 8 Palembang. This is evident from the difference in mean score of the experimental class and the average score of the control class. After hypothesis calculation that t count =12.93 and t obtained =2.000 means that t count> t table so that Ha acceptable Ho rejected
ANALISIS PEMBELAJARAN GERAK KETERAMPILAN TEKNIK DRIBBLING SSB IMAM BONJOL PADANG Okilanda, Ardo
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1431

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui presentase tingkat kemampuan teknik pemain SSB Imam Bonjol Padang baik secara keseluruhan maupun perindikator. Penelitian ini dilakukan pada seluruh pemain SSB Imam Bonjol memenangkan 23 orang U-17 tahun , sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik statistik presentatif dan diolah melalui program microsoft excel dan SPSS (Statistik Parcel Ilmu Sosial) versi 12 . Dari analisis data yang diperoleh hasil pada indikator keterampilan teknik dasar dribbling (rata-rata) = 2 , 7 ( 8 6%) tergolong kategori baik Hasil penelitian diperoleh: 1) kemampuan teknik dasar dribbling, dari analisis yang dilakukan terhadap 23 orang sampel diperoleh rerata indikator dari 7 item yang disetujui yaitu (rata-rata) = 2 , 7 ( 86%) tergolong kategori baik. Dengan demikian dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan mengenai kemampuan dasar yang diminta oleh pemain SSB Imam Bonjol Padang termasuk baik . AbstrakThe purpose of this study to determine the percentage of the level of basic technical skills of players SSB Imam Bonjol Padang both whole and perindikator. This research was conducted on all players SSB Imam Bonjol amounted to 23 people U-17 years, while the sampling technique is done by purposive sampling technique. Analysis of this research data using presentative statistical techniques and processed through microsoft excel program and SPSS (Parcs Social Sciences Statistics) version 12. From the data analysis obtained results on the basic skills technique indicators dribbling (mean) = 2.7 (86%) belonging to good category . The result of this research are: 1) basic dribbling technique capability, from the analysis of 23 samples obtained indicator indicator of 7 statement items (mean) = 2.7 (86%) belong to good category. Thus from the analysis results can be drawn the conclusion that the basic technical skills possessed by SSB players Imam Bonjol Padang including good
MENUMBUHKAN PEMEROLEHAN BAHASA DI DALAM KELAS Sri, Indrawati Wahyu
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1440

Abstract

AbstrakBanyak metode yang telah diperkenalkan untuk mengajarkan bahasa asing. Beberapa pendekatan yang menggunakan berbagai teori psikologis dan linguistik atau pandangan-pandangan perorangan yang berbeda-beda muncul kemudian redup. Telah diajukan saran untuk menggunakan pendekatan elektik (campuran dari beberapa pendekatan sekaligus) tetapi sampai saat ini tidak ada landasan yang jelas untuk membuat keputusan tentang aspek mana dari metode mana yang harus digunakan dalam situasi tertentu. Keberadaan dari berbagai macam metodologi untuk pengajaran bahasa ini telah mengalami tingkat keberhasilan yang berbeda-beda pula. Masalah dalam kajian ini adalah bagaimanakah menumbuhkan pemerolehan bahasa di dalam kelas. Tujuan kajian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemerolehan bahasa di dalam kelas. Prinsip pembelajaran adalah kerangka teoretis sebuah metode pembelajaran. Kerangka teoretis adalah teori-teori yang mengarahkan sebuah metode dilihat berdasarkan bahan yang akan dibelajarkan, prosedur pembelajaran (bagaimana siswa belajar dan bagaimana guru mengajarkan bahan), gurunya, siswanya. Agar kita dapat melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar dengan baik, seyogyanya kita menguasai prinsip dan metode pengajaran B2 dengan baik. Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa, Metode Pengajaran Bahasa AbstractMany methods have been introduced to teach foreign languages. Some approaches that use different psychological and linguistic theories or different personal views emerged and then dim. There have been suggestions for using an eclectic approach (a mixture of several approaches at once) but to date there is no clear basis for deciding which aspects of the method should be used in a given situation. The existence of various methodologies for the teaching of this language has experienced different degrees of success as well. The problem in this study is how to grow the acquisition of language in the classroom. The purpose of this study is to know and describe the acquisition of language in the classroom. The principle of learning is the theoretical framework of a learning method. The theoretical framework is theories that guide a method based on the material to be learned, the learning procedure (how the student learns and how the teacher taught the material), his teacher, his students. In order for us to carry out the process of teaching and learning activities well, we should master the principles and methods of teaching B2 well. Keyword : Language Acquisition, Language Teaching Method
MENGAJAR BERBICARA MENGGUNAKAN METODE WAWANCARA TIGA LANGKAH DI SEMESTER TIGA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Herlina, Herlina
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 15, No 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v15i3.1435

Abstract

Abstrak          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh metode mengajar berbicara bahasa Inggris menggunakan metode wawancara tiga langkah di semester tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris-Universitas PGRI Palembang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode pembelajaran wawancara tiga langkah merupakan salah satu bentuk metode pembelajaran yang dirancang ntuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar mahasiswa dalam berbicara. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester ketiga kelas IIIb yang berjumlah 23 orang mahasiswa.  Simpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh mahasiswa setelah diterapkan metode pembelajaran metode wawancara tiga langkah pada pembelajaran berbicara bahasa Inggris di semester ketiga program studi pendidikan bahasa Inggris –Universitas PGRI Palembang secara signifikan efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata prestasi belajar mahasiswa pada tes akhir (post-test) adalah 71.6 lebih tinggi daripada hasil rata-rata prestasi belajar mahasiswa pada tes awal (pretest) yaitu 61.4, dan berdasarkan hasil data analisis penelitian diperoleh nilai dari t-hitung (t-obtained) adalah 8.34 dimana nilai t-table adalah 1.7171 pada taraf signifikansi 5% dengan df 22. Kata Kunci: Metode Wawancara Tiga Langkah, Mengajar Berbicara TEACHING SPEAKING BY USING THREE STEP INTERVIEW METHOD  AT THIRD SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM - PGRI UNIVERSITY PALEMBANG Abstract            The aims of this study to determine and describe the influence of three step interview method in teaching speaking at the third semester of English study program-PGRI University Palembang.  The method of this research used experiment method. The method three step interview which is a form of learning method designed as an alternative way to increase the creativity and students achievement in speaking skill in learning speaking.  The sample of this research was the students of third semester of IIIb class with the total of students was 23 students.  The conclusion from this research was teaching speaking by using three step interview at the third semester of English Education study program-University PGRI Palembang was effective.  This is evidenced by the result of the average score in the pre-test was 61.4 and the average score in the post-test was 71.6. with significance level 5% and degree of freedom (df) was 22.  The critical value of t-table was 1.7171 and the t-obtained was 8,34. It means that null hypothesis (Ho) was rejected and the alternative hypothesis (Ha) was accepted. Keywords: Three Steps interview Method, Teaching Speaking

Page 1 of 2 | Total Record : 12