cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 12 Documents clear
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PAIRS-CHECKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA Isnaini, Isnaini
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2416

Abstract

AbstrakHasil pengamatan penulis sebagian guru di kelas V.a SD Negeri 162 Palembang bahwa Hasil Belajar IPA Materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda peserta didik  SD Negeri 162 Palembang masih di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan yaitu 65. Untuk itulah saya selaku guru kelas harus membimbing siswa agar memahami pembelajaran tersebut dapat dikuasai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan  Februari sampai dengan April semester genap 2017/2018. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V.a SD Negeri 162 Palembang dengan jumlah 23 peserta didik, pada pokok bahasan menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari hari. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif strategi pembelajaran Pairs-Checks memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar belajar peserta didik kelas V.a SDN 162 Palembang   yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA Materi Pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda  peserta didik  kelas V.a SD Negeri 162 Palembang  dalam setiap siklus, yaitu pra siklus 52,17%, siklus I sebesar 65,22% dan siklus II 86,96%..Kata Kunci: IPA, Pairs-Checks, Perubahan Wujud Benda   IMPLEMENTATION OF PAIRS-CHECKS LEARNING MODELS TO IMPROVE MATERIAL LEARNING OUTCOMES OF MATERIAL CHANGESAbstract                The observations of the authors of some teachers in the Va. 162 Palembang Elementary School class that Science Learning Outcomes The material of heat influence on changes in the temperature and shape of objects of 162 Palembang elementary school students is still below the minimum completeness criterion (65). class must guide students to understand the learning can be mastered. This research was conducted from February to April even semester 2017/2018. The subjects of the study were class V.a students of 162 Palembang State Elementary School with a total of 23 students, on the subject of analyzing the effect of heat on changes in temperature and the appearance of objects in daily life. From the results of the learning activities that have been carried out for two cycles, and based on all the discussions and analyzes that have been carried out it can be concluded that cooperative learning Pairs-Checks learning strategies have a positive impact on improving learning outcomes of class Va SDN 162 Palembang students characterized by increased completeness Science learning outcomes Material Effect of heat on changes in the temperature and shape of objects in class Va 162 Elementary School Palembang Palembang in each cycle, namely pre cycle 52.17%, cycle I was 65.22% and cycle II was 86.96%.. Keywords: Science, Pairs-Checks, Changes in the Shape of Objects
PROFIL TINGKAT KESEGARAN JASMANI MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG TAHUN AKADEMIK 2018-2019 Taheri, M; Hidayad, Fery
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2282

Abstract

AbstrakMasalah penelitian adalah belum diketahuinya tingkat kesegaran jasmani mahasiswa Pendidikan Olahraga FKIP Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2018-2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa Pendidikan Olahraga FKIP Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2018-2019. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester I Pendidikan Olahraga berjumlah 73 orang. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes TKJI. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan dari 73 mahasiswa pendidikan olahraga semester I setelah dianalisis menggunakan rumus presentase terdapat 3 mahasiswa masuk kategori baik sekali sebesar 4,11%, 9 mahasiswa masuk kategori Baik sebesar 12,33%, 50 mahasiswa masuk kategori Sedang sebesar 68,49%, 11 orang mahasiswa masuk kategori kurang sebesar 15,07%, dan kategori kurang sekali 0%. Kesimpulan adalah tingkat kesegaran jasmani mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga semester I Universitas PGRI Palembang rata-rata masuk kedalam kategori Sedang sebesar 68,49%.  Kata kunci: Tingkat Kesegaran Jasmani, Mahasiswa Pendidikan Olahraga PROFILE OF PHYSICAL FITNESS LEVEL OF FKIP UNIVERSITY SPORTS EDUCATION STUDENTS AT PGRI PALEMBANG ACADEMIC YEAR 2018-2019 AbstractThe research problem is the lack of knowledge about the phsycal fitness level of FKIP Sports Education Students in the academic year 2018-2019. This study aims to find out the phsycal fitness level of FKIP Sports Education Students in the academic year OF Palembang 2018-2019. The subjects of this study were 73 first semester students in sport education. This research method uses quantitative descriptive method. Data collection techniques use tests, the instruments used in this study are TKJI tests. Data analysis techniques use a percentage formula. The results of the study showed that from 73 semester 1 sports education students after being analyzed using the percentage formula there werw 3 students in the excellent category 0f 4,11%, 9 students in the good category at 12,33%, 50 students in the moderate category at 68,49%, 11 students in the less category of 15,07% and the category is less than 0%. The conclusion is that the level of phsical fitness of students in the first semester sports education study program at FKIP University of PGRI Palembang is in the medium category of 68,49%. Keywords: Level of Phsical Fitness, Sports Education Students 
PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA CERITA RAKYAT SUMATERA SELATAN DAN CERITA PENDEK TEBITAN KOMPAS Amalia, Falina Noor
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2415

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan kecepatan membaca cerita rakyat Sumatera Selatan dan cerita pendek tebitan Kompas. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Teknik analisis data adalah teknik tes. Teknik penganalisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil tes kecepatan membaca berupa nilai rerata. Teks yang digunakan adalah cerita rakyat Sumatera Selatan yang berjudul Sembesat dan Sembesit, sedangkan cerita pendek terbitan Kompas merupakan karangan Farizal Sikumbang yang berjudul Penagih Hutang Bersepeda Kumbang. Prosedur penganalisisan data adalah mengukur kecepatan membaca (KM), mengukur pemahaman isi (PI), dan mengukur kemampuan membaca (KMP). Teks yang diujikan adalah cerita rakyat Sumatera Selatan dan cerita pendek tebitan Kompas. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kecepatan membaca cerita rakyat Sumatera Selatan adalah 161,71 kpm dengan tingkat pemahaman 34,04%, sedangkan kecepatan membaca cerita pendek tebitan Kompas adalah 203,71 kpm dengan tingkat pemahaman 62,14%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kecepatan membaca mahasiswa dalam membaca cerita rakyat lebih rendah dibandingkan dengan cerita pendek terbitan  Kata Kunci : Kecepatan Membaca, Cerita Rakyat, Cerita Pendek. COMPARISON OF ABILITY TO READ PEOPLE'S STORIESSOUTH SUMATERA AND SHORT TEBITAN COMPASS STORIES AbstractKompasThis research was aimed to find out the comparison of the speed of reading the folklore of South Sumatra and the short story published by Kompas. The sample in this study is the Second Semester Students of Indonesian Language and Literature Education Program, Faculty of Teacher Training and Education Tridinanti University of Palembang.  The technique of data analysis was a test technique. Quantitative data analysis technique was used to analyze the mean of reading comprehension test result. The text used is South Sumatra folklore entitled Sembesat and Sembesit, while the short story published by Kompas is written by Farizal Sikumbang entitled Penagih Hutang Bersepeda Kumbang. The procedures of data analysis consisted of measuring the speed reading (KM), content comprehension (PI), and reading abilitzy (KMP). The texts being tested are South Sumatran folklore and the short story published by Kompas. Based on the result of research, it was found that the reading speed of South Sumatera folklore was 161,71 kpm with the comprehension level 34,04%, while the speed of reading narrative story published by Kompas is 203,71 kpm with understanding level 62,14%. This shows that the reading speed of students in reading folklore is lower than the short story published by Kompas. Keywords: Speed Reading, Folklore, Short Stories
PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS IX.1 SMP NEGERI 11 PALEMBANG MELALUI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK Hiralian, Hiralian
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2422

Abstract

AbstrakMinat belajar dapat timbul dari keinginan seseorang dalam memenuhi rasa ingin tahu seseorang terhadap kegiatan tersebut Minat belajar akan membantu siswa dalam menguasai pelajarannya. Dengan demikian menjadi tanggung jawab lembaga-lembaga pendidikan untuk menyediakan lingkungan yang dapat dipercayai bagi anak-anak dan remaja guna merangsang minat belajar. Rumusan masalah yang diajukan adalah “apakah minat belajar siswa kelas IX.1 SMP Negeri 11 Palembang dapat meningkat dengan layanan bimbingan dan konseling kelompok?” Sedangkan tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut (a) untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 11 Palembang kelas IX.1 melalui layanan bimbingan dan konseling kelompok. (b) untuk meningkatkan nilai ulangan harian siswa kelas IX.1  SMP Negeri 11 Palembang melalui layanan bimbingan dan konseling kelompok. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IX.1 berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data  menggunakan lembar observasi. Dari hasil analis didapatkan bahwa minat belajar belajar  Bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (62,92%) dan siklus II (80.85%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan dan konseling kelompok terhadap minat belajar belajar siswa. Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling Kelompok, minat belajar IMPROVING CLASSIC LANGUAGE LEARNING INTEREST IN CLASS IX.1 SMP 11 STATE 11 PALEMBANG THROUGH GROUP GUIDANCE AND CONSELING SERVICES AbstractLearning interest can arise from someone's desire to fulfill one's curiosity about the activity Learning interest will help students in mastering the lesson. Thus it is the responsibility of educational institutions to provide an environment that can be trusted for children and adolescents to stimulate interest in learning. The formulation of the problem proposed was "whether the interest in learning for students of class IX.1 of SMP Negeri 11 Palembang can be increased by group guidance and counseling services?" While the objectives to be achieved in this study are as follows (a) to increase the learning interest of students of SMP Negeri 11 Palembang class IX.1 through group guidance and counseling services. (b) to increase the daily test score of class IX.1 of SMP Negeri 11 Palembang through group guidance and counseling services. This research was conducted in class IX.1 totaling 40 students. Data collection uses observation sheets. From the results of the analysis it was found that students' interest in learning English had increased from cycle I to cycle II, namely, cycle I (62.92%) and cycle II (80.85%). Based on the results of the study showed that there was an influence of group counseling and guidance services on the interest in student learning. Keywords: Guidance and Group Counseling, interest in learning
PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA Izma, Tri; Kesuma, Vira Yolanda
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini menemukan peran Pendidikan kewarganegaraan dalam membimbing setiap warga negara dalam menjalankan hidupnya. Hal ini menunjukan bahwa adanya Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter pribadi generasi muda. Pembelajaran kita selama ini berjalan dengan verbalistik dan berorientasi semata-mata kepada penguasaan isi dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Pengamatan terhadap praktek pembelajaran sehari-hari menunjukkan bahwa pembelajaran difokuskan agar siswa menguasai informasi yang terkandung dalam materi pelajaran dan kemudian dievaluasi seberapa jauh penguasaan itu dicapai oleh siswa. Seakan-akan pembelajaran bertujuan untuk menguasai isi dari mata pelajaran tersebut. Bagaimana keterkaitan materi ajar dengan kehidupan sehari-hari dan bagaimana materi tersebut dapat digunakan untuk memecahkan problema kehidupan, kurang mendapat perhatian. Pembelajaran seakan terlepas dari kehidupan sehari-hari, oleh karena itu siswa tidak mengetahui manfaat apa yang dipelajari, seringkali tidak tahu bagaimana menggunakan apa yang telah dipelajari dalam kehidupan siswa. Pendidikan Kewarganegaraan diberikan kepada peserta didik supaya dapat menjadikan mereka warga Negara yang baik. Bagaimanakah pendidikan kewarganegaraan berperan dalam pembangunan dan pengembangan karakter dalam diri generasi muda, tentu dapat terjawab jika kontribusi yang diberikan pendidikan kewarganegaraan berhasil mengarahkan generasi muda saat ini untuk berpartisipasi mengusung karakter bangsa. Dalam hal ini pendidikan kewarganegaraan merupakan suatu alat pasif untuk membangun dan memajukan sistem demokrasi suatu bangsa.Kata kunci : Nilai-nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan                                                                                                                              “THE ROLE OF CITIZENSHIP EDUCATION IN BUILDING NATIONAL CHARACTER” ABSTRACTThe aim of this research finds role of citizenship education in guiding for every citizen in carrying out his life. This shows that the existence of Citizenship Education has an important role in shaping the personal character of the younger generation. Our learning so far has been verbalistic and has been oriented solely to mastering the contents of citizenship education subjects. Observation of the practice of daily learning shows that learning is focused so that students master the information contained in the subject matter and then evaluated how far the mastery is achieved by students. As if learning aims to master the contents of these subjects. How is the link between teaching material and everyday life and how can the material be used to solve life's problems, get less attention. Learning seems to be detached from everyday life, therefore students do not know the benefits of what is learned, often do not know how to use what has been learned in the lives of students. Citizenship Education is given to students so that they can make them good citizens. How does civic education play a role in the development and development of character in the younger generation, of course it can be answered if the contribution given by citizenship education successfully directs the young generation today to participate in carrying the nation's character. In this case citizenship education is a passive tool for building and advancing a nation's democratic system.Keyword : Values and Citizenship education
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN Emilia DS BA, Erni
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2380

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk  mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  kelas  X IPA 5 SMA Negeri 19 Palembang tahun pelajaran 2015/2016 setelah diterapkannya Model Pembelajaran Group Investigation sehingga pembelajaran PKn menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas siswa. Rumuskan permasalahnnya yaitu sebagai berikut: Apakah dengan diterapkannya Model Pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 19 Palembang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 19 Palembang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 39 siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Pra siklus (51,28%) siklus I (66,67%), siklus II (87,18%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa Kelas X IPA 5 SMA Negeri 19 Palembang, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn. Kata Kunci: PKn, Group Investigation APPLICATION OF TYPE GROUP INVESTIGATION (GI) COOPERATIVE LEARNING MODEL TO IMPROVE PKN LEARNING OUTCOMES ABSTRACTThis study aims to determine the improvement in learning outcomes of Class X IPA 5 Palembang State Senior High School 19 academic year 2015/2016 after the implementation of the Group Investigation Learning Model so that Civics Learning becomes more enjoyable and raises student creativity. Formulate the problem as follows: Is the implementation of the Group Investigation Learning Model can improve the learning outcomes of Civics Class X IPA 5 SMA Negeri 19 Palembang 2015/2016 Academic Year ?. This study uses two research actions (action research). Each round consists of four stages, namely: design, activities and observation, reflection, and refinement. The target of this study was the tenth grade students of IPA 5 in SMA Negeri 19 Palembang in the 2015/2016 academic year totaling 39 students. From the results of the analysis found that student learning outcomes have increased from Pre cycle (51.28%) cycle I (66.67%), cycle II (87.18%). The conclusions of this study is that the Group Investigation learning model can have a positive effect on the learning outcomes of Class X IPA 5 students of SMA Negeri 19 Palembang, and this learning model can be used as an alternative learning for Civics.  Keywords: Civics, Group Investigation
KONSEP PENARI DAN DESAIN RUANG PADA TARI MERENUNGKU ADALAH GERAK Rochayati, Rully
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2421

Abstract

Abstract— The writing is titled Concept of Dancers and Spatial Design on Dancing My Dream Is Motion. A writing that contains about the study of a work of dance that is discussed from the perspective of the study of the concept of dancers and spatial design. the whole work of dance is discussed in the concept of dancers by dividing the subject among other aspects of the number of dancers, sex and posture aspects, aspects of the unity of the composition of the group again termed the facet of the direction of the dancer, the "distance-between" key dancer ". In the design space can be understood from the symmetry of asymmetry, line design, floor design, top design, three-dimensional design and stage space. The results of the study of the concept of dancers and spatial design in dance Reflect on me Is Movement as a whole the form of this work can be studied through the theory and can be fully explained. In understanding the two concepts can be separated to then assembled intact in understanding it. This means that when reviewing the concept of dancers and spatial designs can be separated according to the sub-focus then in order to be fully understood then the parts of the study are put together so that they can easily understand the dance work Keywords— The concept of dancer, Space Design, My Reflection Is Motion Abstrak— Penulisan ini berjudul Konsep Penari dan Desain Ruang pada Tari Merenungku Adalah Gerak. Sebuah penulisan yang berisi tentang kajian sebuah karya tari yang dibahas dari sudut pandang kajian konsep penari dan desain ruang.  secara utuh karya tari ini dibahas dalam konsep penari dengan membagi pokok bahasan antara lain aspek jumlah penari, aspek jenis kelamin dan postur tubuh, aspek wujud kesatuan komposisi kelompok yang dipilahkan lagi menjadi aspek arah hadap penari, aspek “jarak-antara”, dan aspek “penari kunci”. Pada desain ruang dapat dipahami dari simetri asimetri, desain garis, desain lantai, desain atas, desain tiga dimensi dan ruang pentas. Hasil kajian dari konsep penari dan desain ruang pada tari Merenungku Adalah Gerak  secara keseluruhan bentuk karya ini dapat dikaji melalui teori tersebut dan dapat terjelaskan secara utuh. Dalam memahami kedua konsep tersebut dapat secara terpisah untuk kemudian dirangkai secara utuh dalam memahaminya.  Artinya bahwa pada saat mengkaji konsep penari  dan desain ruang dapat secara terpisah-pisah sesuai dengan sub fokusnya kemudian supaya dapat terpahami secara utuh maka bagian-bagian kajian tersebut disatukan sehingga dapat dengan mudah memahami karya tari tersebut.Kata Kunci— Konsep penari, Desain Ruang, Merenungku Adalah Gerak 
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK DAN MELENGKAPI PARAGRAF DALAM MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (SISWA KELAS XI SMA ADABIAH PADANG) Marta, Redo Andi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2418

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi karena tingkat kemampuan membaca siswa rendah. Salah satu diantaranya penerapan metode pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi. Metode pembelajaran yang sering diterapkan oleh guru yakni metode ceramah yang masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, peneliti memberikan solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa khususnya kemampuan membaca pemahaman dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) siswa kelas XI SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 6 SMA Adabiah Padang yang berjumlah 45 orang. Data penelitian ini dengan pemberian tes objektif untuk mengukur peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dan pemberian angket berupa respon atau tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang akan diisi oleh para siswa pada setiap akhir siklus. Berdasarkan deskripsi dan analisis data dapat disimpulkan kemampuan membaca pemahaman meliputi pertama menentukan ide pokok paragraf pada siklus 1 berada kualifikasi baik menjadi meningkat kualifikasi baik sekali pada siklus 2 dan kedua, melengkapi paragraf pada siklus 1 berada kualifikasi cukup menjadi meningkat baik pada siklus 2. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) membawa pengaruh yang sangat besar dalam menerapkan materi membaca pemahaman khususnya menentukan ide pokok dan melengkapi paragraf.Kata Kunci: Ide pokok, melengkapi paragraf, membaca pemahaman, dan Student Teams Achievement Division (STAD)     MPROVEMENT OF ABILITY TO DETERMINE THE IDEA IDEAS AND COMPLETE PARAGRAPHS IN READING UNDERSTANDING USING THE TYPE OF COOPERATIVE LEARNING METHODS OF ACHIEVEMENT TEAM STUDENTS (CLASS XI SMA ADABIAH PADANG) Abstract               This research is motivated because the level of students' reading ability is low. One of them the application of teaching methods used by teachers has not varied. Teaching methods that are often applied by the teacher is a lecture method that is still centered on the teacher. Therefore, researchers provide solutions to improve students' reading ability, especially reading comprehension with cooperative learning method of Student Teams Achievement Division (STAD) type XI SMA Adabiah Padang. This type of research is a classroom action research with the subjects of students of class XI IPS 6 SMA Adabiah Padang, amounting to 45 people. The date of this study with the provision of objective tests to measure the improvement of students' reading comprehension and questionnaire in the form of responses or responses of students to the learning that will be filled by the students at each end of the cycle. Based on the description and analysis of the data can be concluded the ability of reading comprehension includes first determine the main idea of paragraphs in cycle 1 is well qualified to be improved qualifications both in cycle 2 and second, completing the paragraph in cycle 1 is qualified enough to be improved both in cycle 2. Thus, the use of cooperative learning method of Student Teams Achievement Division (STAD) has great influence in applying comprehension comprehension material especially to determine the main idea and complete the paragraph. Keywords: Key ideas, complete paragraphs, reading comprehension, and Student Teams Achievement Division (STAD)
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI Ermawati, Ermawati
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2379

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode demonstrasi pada peserta didik kelas VII.D di SMP Negeri 36 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.D SMP Negeri 36 Palembang. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis metode pembelajaran Demonstrasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (43,75% ), Siklus 1 (62,50%), dan siklus 2 (87,50%).Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban peserta didik yang menyatakan bahwa peserta didik tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran Demonstrasi sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.Kata Kunci: Hasil Belajar,IPA, Demonstrasi IMPROVEMENT OF IPA LEARNING OUTCOMES THROUGHDEMONSTRATION LEARNING METHODSAbstract                The purpose of this action research is to improve the learning outcomes of science through a demonstration method in class VII.D students in Palembang Public Middle School 36. This study used classroom action research in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely: planning, implementation, observation, reflection. The target of this study was students of class VII.D SMP Negeri 36 Palembang. The data obtained are quantitative and qualitative data. From the results of the analysis of the Demonstration learning method has a positive impact in improving student learning outcomes which is characterized by an increase in mastery learning in each cycle, namely pre cycle (43.75%), Cycle 1 (62.50%), and cycle 2 ( 87.50%) The conclusion of this study is that the demonstration learning method can improve student learning outcomes as indicated by the average answers of the students stating that students are interested and interested in Demonstration learning methods so that they become motivated to learn. Keywords: Learning Outcomes, Science, Demonstrations
HUBUNGAN BESARNYA LINGKAR LENGAN, KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DENGAN HASIL TEMBAKAN BEBAS DALAM PERMAINAN BOLA TANGAN PADA MAHASISWA PUTRA CLUB BOLATANGAN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG TAHUN 2016/2017 Hermansah, Bambang; Mahendra, Agung
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2420

Abstract

Abstrak penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan besarnya lingkar lengan dengan  ketepatan melakukan tembakan bebas (free throw), mengetahui hubungan kekuatan otot lengan dengan ketepatan melakukan tembakan bebas (free throw), mengetahui hubungan kelentukan pergelangan tangan dengan ketepatan melakukan tembakan bebas (free throw), mengetahui hubungan besarnya lingkar lengan, kekuatan otot lengan, dan kelentukan pergelangan tangan dengan ketepatan melakukan tembakan bebas (free throw) dalam permainan bola tangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu meneliti objek secara langsung di lapangan pada saat tes hasil ketepatan tembakan bebas dalam permainan bola tangan berdasarkan besarnya lingkar lengan, kekuatan otot lengan dan kelentukan pergelangan tangan. Populasi penelitian ini adalah anggota UKM bola tangan putra Universitas PGRI Palembang tahun 2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu semua populasi dijadikan sampel, dalam hal ini sampel sebanyak 30 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, meneliti objek secara langsung di lapangan pada saat tes hasil ketepatan tembakan bebas dalam permainan bola tangan berdasarkan besarnya lingkar lengan, kekuatan otot lengan dan kelentukan pergelangan tangan. Hasil penelitian Berdasarkan hasil analisis diperoleh sumbangan efektif besarnya lingkar lengan (X1) terhadap hasil tembakan bebas (Y) sebesar 9,9%, sumbangan efektif kekuatan otot lengan (X2) terhadap hasil tembakan bebas (Y) sebesar 27,0% dan sumbangan efektif kelentukan pergelangan tangan (X3) terhadap hasil tembakan bebas (Y) sebesar 18,9%. Dengan demikian terlihat bahwa kekuatan otot lengan memberikan kontribusi lebih besar terhadap hasil tembakan bebas dibandingkan besarnya lingkar lengan dan kelentukan pergelangan tangan. Kata Kunci :    Besarnya Lingkar Lengan, Kekuatan Otot Lengan,   Kelentukan    Pergelangan   Tangan, Tembakan Bebas.       THE LARGE RELATIONSHIP OF LINGKING ARM, STRENGTH OF MUSCLE ARM AND DETERMINATION OF HANDLING WITH RESULTS OF FREE SHOTS IN HANDBALL GAME IN PUTRA CLUB STUDENTS ASSOCIATING  UNIVERSITY OF PGRI PALEMBANG 2016/2017 Abstract This study aims to determine the relationship between the size of the arm circumference and the accuracy of conducting free throws, knowing the relationship of arm muscle strength with the accuracy of performing free throws, knowing the relationship of wrist flexibility with the accuracy of free throwing, knowing relationship to the amount of arm circumference, arm muscle strength, and wrist flexibility with the accuracy of carrying out free throws in handball games. This research is a quantitative research that is examining objects directly in the field when testing the results of the accuracy of free shots in handball games based on the size of the arm circumference, arm muscle strength and wrist flexibility. The population of this research was members of the University of PGRI Palembang handball son in 2016. The sampling technique in this study used total sampling, that is, all populations were sampled, in this case a sample of 30 students. The data collection method used in this study is the survey method, examining objects directly in the field when testing the results of the accuracy of free shots in handball games based on the size of the arm circumference, arm muscle strength and wrist flexibility. Results of the study Based on the results of the analysis obtained an effective contribution of the size of the arm circumference (X1) to the results of free fire (Y) of 9.9%, the effective contribution of arm muscle strength (X2) to the free shot (Y) of 27.0% and effective contribution wrist flexion (X3) against the results of free shots (Y) of 18.9%. Thus it is seen that arm muscle strength contributes more to the results of free shots than the size of the arm circumference and wrist flexibility.Keywords: Amount of Arm Circumference, Arm Muscle Strength, Flexibility of the Wrist, Free Shots.

Page 1 of 2 | Total Record : 12