cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 12 Documents clear
HUBUNGAN KELINCAHAN DAN KESEIMBANGAN TERHADAP HASIL DRIBBLE DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA CLUB BOLA BASKET D’BASCOM Riyoko, Endie
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2502

Abstract

AbstrakPermasalahan penelitian ini kurangnya keterampilan dribble pemain klub bola basket D’bascom adalah kelincahan dan keseimbangan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data korelasi, baik tunggal maupun ganda. Populasi penelitian pemain klub bola basket D’bascom, dengan sampel 30 orang. Teknik pengumpulan menggunakan tes Dogging Run, tes Modified bass test dan tes Dribble bola basket, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode liliefors dan uji r. Dari analisis data diperoleh hasil: (1) Variabel kelincahan memberikan kontribusi sebesar 47,47% terhadap hasil keterampilan dribbling bola basket; (2) Variabel keseimbangan memberikan kontribusi 50,83% terhadap hasil keterampilan dribble bola basket; (3) Secara bersama-sama kelincahan dan keseimbangan memberikan hubungan sebesar 60,66% terhadap hasil keterampilan dribble bola basket. Dapat disimpulkan bahwa kelincahan dan keseimbangan memberikan hubungan yang signifikan terhadap hasil dribble bola basket.Kata Kunci : Kelincahan, Keseimbangan, dan Hasil DribbleAbstractThis research problems of lack of skill players dribble a basketball club D'bascom is the agility and balance. The method of this research is quantitative methods with data correlation analysis techniques, either single or double. Population research D'bascom basketball player, with a sample of 30 people. Gathering techniques using the Amp Run tests, test Modified bass test test and Dribble a basketball, while data analysis techniques using the liliefors method and test data analysis Of r. retrieved results: (1) Variable agility contribute of 47.47% against the results of the basketball dribbling skills; (2) the variable balance contributed 50.83% against the results of the basketball dribble skills; (3) together provide agility and balance the relations of 60.66% against the results of the basketball dribble skills. It can be concluded that the agility and balance give a significant relationship towards results dribble basketballs.Key words: agility, balance, and results of the Dribble
PENULISAN MAKALAH MAHASISWA PADA MKU BAHASA INDONESIA DENGAN METODE MIND MAPPING Armariena, Dian Nuzulia
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i2.4147

Abstract

AbstrakKeterampilan menulis adalah kemampuan berbahasa yang kompleks. Kebanyakan orang mengalami kesulitan dalam menguasai keterampilan menulis. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan menulis makalah yang dirancang melalui rencana pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa dengan metode mind mapping. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisis data untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil menunjukkan bahwa thitung = 3,27 dimana thitung lebih besar daripada ttabel = 1,67, maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis makalah pada MKU Bahasa Indonesia. 
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELAUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA PESERTA DIDIK Toibah, Toibah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2655

Abstract

Masalah  penelitian ini adalah ”Bagaimanakah meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot setelah diterapkannya Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing  peserta didik kelas XII IPA 2 SMA Negeri 8 Palembang?”. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks anekdot setelah  diterapkannya Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing peserta didik kelas XII IPA 2 SMA Negeri 8 Palembang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan kemampuan menulis anekdot dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (43,59%,), siklus I (69,23%,), siklus II (97,44%) dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang ditunjukan dengan hasil observasi serta peserta didik tertarik terhadap penggunaan Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.Kata kunci: anekdot, Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing, SMAN 8  Palembang
KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MAHASISWA PGSD PADA IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIA E-EDMODO Kuswidyanarko, Arief; Yetra, Triyana
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i2.3288

Abstract

Isu yang berkembang dalam dunia pendidikan dewasa ini adalah rendahnya mutu pendidikan Indonesia. Dan, kecenderungan siswa yang pesimis dalam pembelajaran matematika karena pandangan siswa terhadap matematika yang masih dianggap mata pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis keefektifan model PBL bermedia E-Edmodo, yang ditandai dengan: (1) kemampuan literasi matematika pada PBL bermedia E-Edmodo telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu minimal 75% mahasiswa mencapai nilai KKM 70; (2) kemampuan literasi matematika pada PBL bermedia E-Edmodo lebih baik daripada kelas kontrol; (3) terdapat peningkatan kemampuan literasi matematika pada PBL bermedia E-Edmodo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek  penelitian kuantitatif dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas 4H (kelas eksperimen) dan kelas 4I (kelas kontrol) PGSD Universitas PGRI Palembang. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data didapatkan kesimpulan bahwa: pembelajaran dengan model PBL bermedia E-Edmodo efektif yang ditandai dengan tercapainya ketuntasan klasikal pada kelas yang menggunakan model PBL bermedia E-Edmodo, rata-rata kemampuan literasi matematika mahasiswa pada pembelajaran model PBL bermedia E-Edmodo lebih tinggi dari kelas dengan model PBL Saintifik, terdapat peningkatan kemampuan literasi matematika pada PBL bermedia E-Edmodo sebesar 62%.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN ACTUAL LEARNING Ratnawati, Nani
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2613

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hasil  belajar Ilmu Pengetahuan Sosial setelah  diterapkan  metode pembelajaran  actual learning pada peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 36 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 36 Palembang. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2018 s.d April 2018 tahun pelajaran 2017/2018. Subjek yang dimaksud dalam tindakan  penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 36 Palembang yang berjumlah 35 peserta didik.  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan, yaitu; pra siklus (51,43%), siklus I (65,71%), dan siklus II (88,57%).  Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran actual learning dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik VIII.1 SMP Negeri 36 Palembang serta metode pembelajaran actual learning ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.Kata Kunci: IPS, Metode Pembelajaran Actual Learning
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS WORKSHEET PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR Fakhrudin, Ali
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i2.3456

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar pada mata kuliah pembelajaran matematika Sekolah Dasar antara mahasiswa yang dikenai  model pembelajaran Flipped Classroom berbasis Worksheet dan  mahasiswa yang dikenai model pembelajaran konvensional pada mahasiswa PGSD semester IV Universitas PGRI Palembang tahun ajaran 2018/2019.  Pada penelitian ini dipilih secara acak dua kelas eksperimen yaitu kelas 4I sebagai kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran Flipped Classroom berbasis Worksheet dan kelas 4J sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis uji hipotesis pertama diperoleh  yaitu 6,6025 > 3,09. Jadi, ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen I dan kontrol.  
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA LAGU YAMKO RAMBE YAMKO DENGAN MENGGUNAKAN ALAT MUSIK REKORDER SOPRAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANYUASIN 1 Heryanto, A
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2840

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara signifikan pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada lagu yamko rambe yamko dengan menggunakan alat musik rekorder sopran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan design eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah data tes. Dalam penelitian ini hanya ada satu kelas sampel yang menjadi kelas eksperimen yang dilakukan tanpa ada kelas pembanding yaitu kelas VIII.3 yang berjumlah 36 orang. Tes yang digunakan kepada siswa adalah pretest dan posstest dalam bentuk tes praktik yang dinilai menggunakan lembar penilaian unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman siswa pada hasil pretest adalah 62 dan nilai rata-rata posttest 84,19 dengan ketuntasan 80 yang diterapkan dari sekolah telah dicapai dengan baik. Hasil uji coba instrument dinyatakan data tersebut valid hal ini dilihat dari hasil pengujian validitas thitung > ttabel (3,20 > 1,66) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga strategi pembelajaran ekspositori berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada lagu yamko rambe yamko dengan menggunakan alat musik rekorder sopran di kelas VIII SMP Negeri 1 Banyuasin 1.Kata Kunci :Strategi pembelajaran Ekspositori, Alat music Rekorder Sopran.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR MATERI KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL DI XII IPS 1 SMA NEGERI 19 PALEMBANG Kalsum, Umi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2612

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar dalam materi kerja sama ekonomi internasional pada peserta didik XII IPS 1 SMA Negeri 19 Palembang. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s.d Oktober 2018. Subjek yang dimaksud tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik XII IPS 1 SMA Negeri 19 Palembang yang berjumlah 39 peserta didik, sedangkan partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah bapak Drs. Mukmin, M.Pd sebagai teman sejawat, pokok bahasan yang disampaikan adalah ”Kerja Sama Ekonomi Internasional”. Penelitian tindakan kelas XII IPS 1 ini telah dikatakan tuntas dengan dibuktikannya peningkatan pemahaman dan hasil belajar Ekonomi materi kerjasama ekonomi Internasional dengan model pembelajaran Quantum Teaching semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, ke siklus II yaitu 69,23% dan 89,74% Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik. Dilihat dari peningkatan aktivitas siswa yang terjadi pada siklus I ke Siklus II yaitu pada aktivitas sikap aktiv sebesar 56,41% siklus I meningkat ke siklus II sebesar 89,74%, kerja sama sebesar 61,54% meningkat ke siklus II sebesar 76,2%, dan sikap toleran siswa sebesar 66,67% meningkat ke siklus II sebesar 87,18. Kata Kunci: Ekonomi, Model Pembelajaran Quantum Teaching, Kerja Sama Ekonomi Internasional.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TERAPAN KELAS X PARIWISATA 4 SMK NEGERI 6 PALEMBANG Rivalena, Rivalena
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i2.3568

Abstract

AbstrakPenelitian ini menggunakan tindakan (classroom action research) dengan 2 siklus dan sebelum siklus dilakukan telah diambil data pra siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a)Seberapa besarkah peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA Terapan kompetensi Sistem periodik unsur, senyawa dan campuran siswa kelas X Pariwisata 4 SMK Negeri 6 Palembang. (b) Seberapa besarkah peningkatan hasil belajar siswa dengan  menerapkan metode pembelajaran kooperatif Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA Terapan kompetensi Sistem periodik unsur, senyawa dan campuran siswa kelas X Pariwisata 4 SMK Negeri 6 Palembang. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus II. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, dan II) yaitu pra siklus, siklus I, ke siklus II yaitu masing-masing 60.00%, 73.00% dan 82.44%. Kata Kunci: IPA Terapan, Metode Snowball Throwing. APPLICATION OF SNOWBALL THROWING COOPERATIVE LEARNING METHOD TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF LEARNED SCIENCE LEARNING CLASS X TOURISM 4 SMK NEGERI 6 PALEMBANG Abstract          This research uses action (Classroom action research) as much as 2 cycles and before cycle has been taken pre cycle data. Each round consists of four stages: design, activity and observation, reflection and revision. This research is based on the problems: (a) How big is the increase of student learning activeness by applying cooperative learning method of Snowball Throwing on science subjects Applied competence of Periodic System of element, compound and mix of grade X students of Tourism 4 SMK Negeri 6 Palembang. (b) How big is the improvement of student learning outcomes by applying cooperative learning method of Snowball Throwing on science subjects Applied competency System periodic element, compound and mix of grade X students Tourism 4 SMK Negeri 6 Palembang? From the analysis results obtained that student learning outcomes have increased from pre cycle to cycle II. This can be seen from the better understanding of the students on the material presented by the teacher (learning completeness increased from the first, and II) that is each from the pre cycle, cycle I, to cycle II that is 60.00%, 73.00% and 82.44 %.Keywords: Applied Science, Snowball Throwing Method.
MENGKAJI KURIKULUM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BAGI PENDIDIKAN VOKASI Verawadina, Unung; Jalinus, Nizwardi; Asnur, Lise
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2834

Abstract

Pendidkan vokasi merupakan pendidikan yang mencetak lulusan yang siap kerja yang seyogyanya memiliki keterampilan sesuai kebutuhan dunia kerja. Numun sejalan memasuki era reovolusi idusri 4.0 menunjukan dampak hibradisasi perubahan di lembaga pendidikan dan kebutuhan kerja di industri. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengkaji memberikan penjelasan kurikulum di era revolusi industri 4.0 bagi pendidikan vokasi. Berdasarkan hasil kajian diperoleh perlunya pengembangan kurikulum menyesuaikan era revolusi industri 4.0 agar lebih relevan seperti adanya keterampilan baru  yakni coding, big data, artificial intelligence,  menerapkan pembelajaran belended learning secara tatap muka dan online, diperlukan juga penguasaan kompetensi 4.0 seperti literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Selain itu dipadukan juga dengan kompetensi di abad XXI. Agar perubahan kurikulum berdampak tinggi maka pemerintah, lembaga pendidikan, industri harus bresinergi merevitalisasi kurikulumyang sesuai, pemilihan pendekatan kurikulum vokasi juga harus diperhatikan. Peranan peserta didik dan pengajar juga harus dapat menampilkan performance yang baik dalam menjalankan proses belajar mengajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 12