cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 12 Documents clear
PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU/EKONOMI SISWA Asnani, Asnani
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3152

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII 2 di SMP Negeri 30 Palembang melalui metode pembelajaran Examples Non Examples. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII 2 yang berjumlah 31 orang siswa yaitu 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan setiap siklus sebanyak 1 kali pertemuan. Pada setiap siklus dilakukan penilaian observasi terhadap aktivitas siswa selama mengikuti Pembelajaran dengan Model Examples Non Examples untuk melihat sejauh mana siswa telah mengikuti pembelajaran ini dengan baik sehingga hasil belajar siswa pun akan mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada tindakan awal (T0) 53,12%; (T1) meningkat menjadi 64,52% (T2) meningkat lagi 70,81%, (T30) meningkat menjadi 100%. Ketuntasan belajar klasikal T0; T1; T2 dengan persentase tersebut di atas dicapai dengan nilai rata-rata kelas 66,56; 70,53; 70,81; 76,56. Dengan demikian pembelajaran melalui model examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII 2 di SMP Negeri 30 Palembang.
ANALISIS LEARNING OBSTACLES SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GEOMETRI MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK Indasari, Miftha; Ratna, Muttia
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3452

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada masalah siswa SD yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal non rutin matematika, maka peneliti ingin mengetahui learning obstacles (hambatan belajar) apa yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal non rutin matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan menggunakan soal tes yang kemudian dianalisis learning obstacles yang dialami oleh siswa. Kemudian agar bisa mendalam mendapatkan informasi mengenai learning obstacles maka peneliti menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian yang didapat adalah: a) Soal nomor 1 terdapat 43% siswa yang mengalami ontogenic obstacle dan 40% siswa yang mengalami epistemological obstacle;. b) Soal nomor 2 terdapat 53% siswa yang mengalami ontogenic obstacle dan 37% siswa yang mengalami epistemological obstacle. Melihat hasil persentase di atas, dapat kita simpulkan bahwa siswa kelas VI masih perlu ditingkatkan kembali pemahaman akan konsep volume bangun ruang. Guru hendaknya membuat Hypothetical Learning Trajectory (HLT) atau desain didaktis dalam pembelajaran matematika dan melakukan pembimbingan (scaffolding) secara individu kepada setiap siswa
PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA Sarah, Ririn Amaliah Putri; Effendi, Z. Mawardi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning berbasis android, mengetahui kualitas produk, serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap aplikasi mobile learning berbasis android. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan (R&D), dengan model pengembangan 4D, yang meliputi empat tahapan, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Data diperoleh melalui validasi produk oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, kemudian diuji cobakan kepada guru mata pelajaran biologi serta diujicoba kepada 30 peserta didik kelas X SMA. Berdasarkan penelitian ini diperoleh penilaian ahli materi sebesar 93,75%, ahli media sebesar 93,75%, ahli bahasa sebesar 84,38%, tanggapan peserta didik sebesar 88,27%; dan tanggapan guru sebesar 81,82%. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile learning berdampak positif terhadap pemahaman peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup, dengan nilai N- Gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Sehingga aplikasi mobile learning dapat dijadikan sebagai media bantu yang layak bagi peserta didik dan guru.
DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK Suryaningsih, Anik
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3752

Abstract

Media Sosial merupakan alat komunikasi atau informasi yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan percakapan, bertukar informasi atau menuangkan ide. Namun media sosial ini malah menjadi momok yang sangat menakutkan bagi beberapa peserta didik, apalagi mereka yang menyalahgunakan media sosial bukan untuk kepentingan belajar. Media sosial sangat berpengaruh sekali bagi peserta didik umtuk menunjang prestasi belajar. Prestasi belajar adalah sebuah hasil belajar dari yang dicapai setelah mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Prestasi belajar pun dapat ditunjukkan dalam bentuk angka atau nilai, untuk memperoleh tercapainya prestasi belajar diperlukannya sebuah usaha yang maksimal. Apalagi di dalam kegiatan belajar mengajar diperlukan suatu proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar peserta didik sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong peserta didik melakukan proses belajar. Peran orang tua dan para guru di sekolah sangat diharapkan untuk membantu peserta didik dalam membatasi diri dalam media sosial. Tujuan penulis menuliskan ini adalah untuk mengetahui pengaruh : (1) prestasi belajar; (2) media sosial; (3) dampak negatif dan dampak positif; (4) peran guru di sekolah terhadap dampak penggunaan media sosial.
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA TOKOH IDOLA DENGAN MEMPERHATIKAN MORFOFONEMIK SISWA Murniviyanti, Liza
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3691

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap kemampuan menuliskan kembali pokok-pokok berita yang didengarkan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol berjumlah 31 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian pada kesimpulan, dinyatakan bahwa menulis pokok berita kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model artikulasi lebih baik dari hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan metode ceramah yang dilihat melalui pengujian hipotesis karena terbukti bahwa nilai lebih besar dari nilai sebesar 6,482,00 atau dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 74,5 lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol 63,1. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis pokok-pokok berita siswa kelas VIII MTs Nurul Himah
PERBANDINGAN KEBUGARAN JASMANI ANTARA SEKOLAH DI PERKOTAAN DAN DI PEDESAAN STUDI KASUS DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG DAN SMA NEGERI 2 BANYUASIN 2 Rizhardi, Rury
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3658

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan kebugaran jasmani peserta didik kelas X yang bersekolah di SMA Negeri 5 Palembang dan SMA Negeri 2 Banyuasin 2. Penelitian ini merupakan penelitian komperatif yang menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data berupa tes. Populasi dari penelitian ini berjumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) usia 16-19 tahun dari Depdiknas. Teknik analisis data menggunakan uji P dengan mempersentasikan hasil tes yang dilakukan. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh rata-rata nilai kebugaran jasmani SMA Negeri 5 Palembang sebesar 12,33, dan SMA Negeri 2 Banyuasin 2 16,8, hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan kebugaran jasmani peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Palembang dan SMA Negeri 2 Banyuasin 2. Tingkat kebugaran SMA Negeri 2 Banyuasin 2 lebih bagus ketimbang SMA Negeri 5 Palembang.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE PERMAINAN Suskawationo, Muhammad
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3516

Abstract

Hasil pengamatan di dalam kelas saat pembelajaran matematika berlangsung, siswa kelas VI cenderung pasif dan aktivitas belajar matematika siswa sangatlah kurang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan selama 2 bulan dengan metode permainan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan melalui tahapan perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan dan nilai ulangan harian dan prestasi belajar matematika siswa siklus 1 dan siklus 2. Hasil yang diperoleh memperlihatkan peningkatan hasil aktivitas siswa terutama pada aktivitas untuk menyiapkan tempat, bahan dan alat sebesar 55,56% aktivitas untuk mengungkapkan gagasan sebesar 66,67% dan untuk aktivitas membaca aturan permainan dan buku–buku mengalami sebesar 74,04%. Berdasarkan data prestasi belajar matematika siswa diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 69,62% meningkat menjadi 73,51% pada siklus II. Presentase jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan juga meningkat pada siklus I sebesar 88,88% (Kategori Baik), meningkat menjadi 100% (Kategori Istimewa) pada Siklus II.
METODE PORTOFOLIO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG PARADIGMA BARU PKn SD Dedy, Adrianus; Ayu, Imelda Ratih
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i3.4105

Abstract

pemahaman mahasiswa tentang paradigma baru PKn SD melalui metode perkuliahan berbasis portofolio. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan terhadap mahasiswa dalam proses perkuliahan di kelas, pemahaman direfleksikan dari respon mahasiswa yang didesain subjek penelitian. Penelitian dilakukan dalam tujuh siklus, yang terdiri dari diskusi (brainstroming), mendesain pelaksanaan metode portofolio,eksekusi, dan refleksi akhir. Hasil penelitian menunjukkan 1) metode berbasis portofolio merupakan sesi yang penting dalam project based learning untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa, 2) setelah implementasi metode berbasis portofolio, pemahaman mahasiswa tentang paradigma baru PKn SD berada pada level transformasi. Penelitian merekomendasikan agar metode berbasis portofolio dapat diterapkan dalam proses perkuliahan untuk mata kuliah PKn SD
PERKEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL Mustofa, Rochman Hadi; Riyanti, Henni
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i3.4343

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisa perkembangan e-learning sebagai sebuah pembelajaran modern yang efektif. Perkembangan teknologi yang serba canggih saat ini telah mendorong berbagai jenis adaptasi dalam kehidupan manusia termasuk e-learning. Pertama akan dibahas pola dari e-learning, contoh penerapan e-learning dalam pembelajaran termasuk pihak yang terlibat, terakhir akan dijabarkan strategi penerapan e-learning untuk mencapai pembelajaran modern yang efektif.
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI MAHASISWA MELALUI LATIHAN GAYA SELF CHECK Akhbar, M Taheri; Imansyah, Farizal; Arvan Junaidi, Ilham
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 17, No 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3362

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterampilan bermain bolavoli mahasiswa melalui latihan gaya self check. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian metode eksperimen dengan dengan jenis the one group pretest-posttest design yang bertujuan melihat peningkatan hasil belajar matakuliah permainan bolavoli setelah diberikan bentuk latihan gaya self check dan melihat mutu hasil belajar mata kuliah tersebut sebelum dan sesudah diberi bentuk latihan gaya self check. Subjek penelitian adalah 30 orang mahasiswa yang ditetapkan dengan pertimbangan kelas yang memiliki masalah keterampilan bermain bolavoli. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes keterampilan bermain bolavoli. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa keterampilan bermain bola voli melalui latihan gaya shelf check mengalami peningkatan, terbukti dengan hasil analisis data yang telah didapatkan berdasarkan nilai rata-rata dari tes awal dan tes akhir, yang pertama terdapat peningkatan keterampilan servis bolavoli didapat rata-rata tes awal 21,66 dan meningkat pada rata-rata tes akhir 31,27.

Page 1 of 2 | Total Record : 12