cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 12 Documents clear
ANALISIS UNSUR-UNSUR KELENGKAPAN BERITA DALAM TEKS BERITA SISWA MTS. MUHAMMADIYAH LEBUNG ITAM Karisna, Deksen
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i1.4359

Abstract

Dalam menulis teks berita ada unsur-unsur yang digunakan jika unsur tersebut ada yang tidak digunakan maka teks berita tersebut menjadi tidak sempurna. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII teks berita untuk menganalisis penggunaan afiksasi pembentuk verba dan analisis unsur-usur kelengkapan berita dalam teks berita siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Lebung Itam. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penggunaan afiksasi pembentuk verba dan unsur-unsur kelengkapan berita dalam teks berita siswa. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks berita siswa kelas VIII B MTs. Muhammadiyah Lebung Itam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Berdasarkan analisis data pembahasan tentang afiksasi pembentuk verba dan analisis unsur kelengkapa berita dapat disimpulkan. Pertama ditemukan 73 kata yang berafiks verba. Kedua terdapat siswa yang masih belum lengkap dalam menulis teks berita berdasarkan unsur-unsur berita.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI Ermawati, Ermawati
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3699

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode demonstrasi pada peserta didik kelas VII.D di SMP Negeri 36 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.D SMP Negeri 36 Palembang. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis metode pembelajaran Demonstrasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (43,75% ), Siklus 1 (62,50%), dan siklus 2 (87,50%).Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban peserta didik yang menyatakan bahwa peserta didik tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran Demonstrasi sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar
MINAT MAHASISWI MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL Akhbar, M. Taheri
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3696

Abstract

Masalah penelitian adalah rendahnya minat mahasiswi dalam mengikuti ekstrakurikuler Futsal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswi dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswi angkatan 2019 sebanyak 20 orang sedangkan sampel pada penelitian ini adalah seluruh anggota populasi dijadikan sampel berjumlah 20 orang mahasiswi. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Angket. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian ini adalah yang mendapat nilai Sangat Tinggi berjumlah 3 orang (15%), nilai Tinggi berjumlah 10 (50%), nilai Sedang berjumlah 2 orang (5%), nilai Rendah berjumlah 2 orang (5%), nilai sangat Rendah berjumlah 4 orang (20%), secara keseluruhan dapat di tarik kesimpulan bahwa minat mahasiswi dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal masuk dalam kategori nilai tinggi sebesar 50%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEKS LAPORAN OBSERVASI Zainah, Rika
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3644

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman teks laporan observasi dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 19 Palembang. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 19 Palembang di kelas X MIPA 1. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan yaitu Agustus s/d Oktober 2018 semester ganjil. Dilakukan pada waktu semester ganjil. Sebagai subyek penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang penulis laksanakan ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 19 Palembang yang berjumlah 36 siswa. Materi mengenai menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Discovery Learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (66,67%), siklus II (94,44%).
POTENSI PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERNUANSA ETNOSAINS UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Widayanti, Eni
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i1.4352

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah mengetahui pembelajaran saintifik bernuansa etnosains dapat memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil analisis membuktikan bahwa Sebagian besar siswa atau lebih dari 50 % siswa belum memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis berdasarkan observasi yang telah dilakukan sehingga kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 3 Surakarta masih rendah. Solusi permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan dengan menerapkan pembelajaran saintifik bernuansa etnosains untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis. Sehingga meningkatkan daya kemampuan berpikir kritis siswa.
PENGARUH LATIHAN SHOOTING DENGAN POSISI BOLA DIAM DAN BOLA BERJALAN TERHADAP AKURASI TENDANGAN KE GAWANG Fajar, Mutiara
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3698

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah akurasi tendangan kegawang dimana peserta ekstrakurikuler kurang memahami tentang teknik dasar shooting dan kurangnya latihan melakukan ketepatan akurasi tendangan kegawang. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dasar pengunaan metode eksperimen adalah kegiatan percobaan dengan pre-test (sebelum diberi perlakuan) dan post-test (setelah diberi perlakuan) dengan latihan shooting posisi bola diam dan shooting posisi bola berjalan. Penelitian ini teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Berdasarkan analisa data Adanya pengaruh latihan shooting dengan posisi bola diam dan bola berjalan terhadap akurasi tendangan kegawang pada peserta ekstrakurikuler sepak bola di SMA N 1 sungai pinang. Terdapat perbedaan yang signifikan latihan shooting dengan bola diam dan bola berjalan terhadap kemampuan tendangan ke gawang pada peserta ekstrakurikuler sepak bola SMA Negeri 1 Sungai Pinang karena Thitung > Ttabel yaitu 2,627 > 1,734.
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA PERMAINAN BOLA TANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA Hermansah, Bambang; Riyoko, Endie; Hidayad, Ferry
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3645

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan video tutorial teknik dasar dan komunikasi kosa kata bahasa Inggris pada permainan bola tangan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Subjek uji coba yaitu mahasiswa pendidikan Jasmani Universitas PGRI Palembang angkatan 2016 berjumlah 30 mahasiswa. Pengembangan video tutorial teknik dasar dan kosa kata bahasa Inggris dilakukan melalui 4 tahap, yaitu: (1) tahap awal; (2) tahap desain; (3) tahap pengembangan; dan (4) tahap ujicoba. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi 1 diperoleh persentase sebesar 92% dalam kategori "sangat layak", ahli materi 2 diperoleh persentase sebesar 92% dalam kategori "sangat layak", dan ahli media diperoleh persentase sebesar 86,67% dalam kategori "sangat layak". Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video tutorial teknik dasar bola tangan untuk mahasiswa sangat layak digunakan sebagai pedoman pembelajaran
PEMAHAMAN GURU KELAS DALAM MENJALANKAN PERAN SEBAGAI PEMBIMBING Dedy, Adrianus
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i01.4124

Abstract

Salah satu fungsi guru kelas adalah sebagai pembimbing, fungsi tersebut perlu dipahami dan dimaksimalkan oleh guru kelas, terutama jika melihat semakin beragamnya permaslahan siswa. SD Xaverius 7 Palembang merupakan sekolah yang pernah mendapatkan workshop mengenai implementasi layanan BK di SD, oleh karena itu perlu disurvey bagaimana pemahaman guru kelas dalam menjalankan fungsi sebagai pembimbing. Penelitian survey dilakukan terhadap guru kelas 4, 5, dan 6 SD Xaverius 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas memiliki pemahaman yang tinggi dalam menjalan kan pemahaman terhadap peserta didik, yaitu 70%. Sementara itu guru kelas masih kebingungan dalam merancang rencana operasional yang terintergrasi dengan materi pada RPP, melakukan konseling, dan mengembangkan media. Penelitian merekomendasikan sekolah untuk memaksimalkan kolaborasi dalam pengembangan materi, serta memaksimalkan komunikasi antara guru kelas dengan orang tua melalui perangkat teknologi sebagai bagian dalam pengentasan masalah.
KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SMP DI SUMATERA SELATAN Murniviyanti, Liza
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3692

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam menulis karangan deskripsi siswa Kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 37 orang (18 orang laki-laki dan 19 orang perempuan). Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, dengan nilai 12,19 lebih besar dibandingkan dengan dengan nilai 1,70. Teknik pengumpulan data, yaitu teknik tes dan teknik wawancara, hal ini didukung dengan hasil wawancara guru bahwa guru Bahasa Indonesia sudah mengajarkan materi menulis karangan deskripsi dan menggunakan metode latihan, metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi, selalu memberikan latihan di saat mengajar menulis karangan deskripsi karena dengan latihan dapat mengetahui kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, sehingga ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro.
ANALISIS UNSUR SOSIO-PSIKOLOGIS SASTRA PUISI DOA UNTUK ANAK CUCU KARYA W.S. RENDRA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SASTRA Munawir, Muhamad
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 18, No 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v18i1.4350

Abstract

Puisi adalah salah satu karya sastra yang lahir dari cerminan kehidupan sosial budaya masyarakat pada saat puisi dilahirkan den merupakan bentuk ekspresi curahan hati seorang penyair. Oleh karena itu, kesulitan yang sering muncul dalam menghadapi puisi adalah kesulitan memahami maksud dari puisi itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah unsur sosiopsikologis sastra yang terdapat dalam kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu karya W.S.Rendra. tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan unsur sosiopsikologis sastra yang terdapat dalam kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu karya W.S. Rendra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu karya W.S. Rendra terdapat unsur sosiopsikologis sastra yang meliputi hubungan antara kehidupan sosial masyarakat dengan gagasan salam suatu puisi, unsur kehidupan sosial masyarakat dalam puisi dan sikap penyair terhadap kehidupan sosial masyarakatnya.

Page 1 of 2 | Total Record : 12