cover
Contact Name
rudi salam
Contact Email
rudisalam@unm.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rudisalam@unm.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ad'ministrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran
ISSN : 24071765     EISSN : 25411306     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Administratre focuses on the research of a study on Guidance Administration science, Management Science, Public Policy, Administration Educational and Public Administration. Jurnal Administrare is published twice a year, every June and December, containing papers/articles about the ideas and the research written by experts, educator, scientist, practitioners, and reviewers in the guidance Administration discipline/study.
Arjuna Subject : -
Articles 169 Documents
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANANIZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (Studi pada Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Gowa) ., Akhmad; Akib, Haedar
Jurnal Ad'ministrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.671 KB) | DOI: 10.26858/ja.v1i1.880

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada upaya untuk meneliti dan mengungkapkan secara deskriptif analitis berbagai Implementasi Kebijakan terkait dengan izin mendirikan bangunan yang ada di kantor Pelayanan terpadu Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan pada kantor pelayanan terpadu Kabupaten Gowa dengan menggunakan metode penelitian kualitatif  dengan pendekatan penomenologi. Data penelitian ini diperoleh dari dokumen, penelitian relevan, dan informan, buku-buku yang relevan dengan konteks penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumen. Teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan: (1) data reduksi, (2) data display, (3) data conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Daerah No. 18 Tahun 2001 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Gowa diterapkan melalui pelaksanaan pelayanan IMB dan penerbitan sertifikat IMB yang mengacu pada unsur-unsur pelayanan publik berupa kesederhanaan, ketepatan waktu, keterbukaan, tidak diskriminatif, efisien, dan ekonomis. Pelaksanaan pelayanan IMB yang sederhana diterapkan melalui kegiatan pelayanan yang sesuai prosedur untuk mewujudkan pelayanan yang memuaskan. Ketepatan waktu dalam penyelesaian IMB minimal 3 hari kerja sesuai mekanisme pelayanan IMB. Keterbukaan diterapkan melalui pengenaan biaya untuk menciptakan transparansi pemberian data dan informasi. Tidak diskriminatif dengan pemberian pelayanan IMB yang adil dan merata. Efisiensi pelayanan yaitu melaksanakan pelayanan sesuai jam kerja berdasarkan komitmen pelayanan yang berlaku. Ekonomis dalam hal ini pengenaan biaya yang terjangkau yang tidak membebani masyarakat. Kata Kunci: Implementasi Peraturan Daerah, Izin Mendirikan Bangunan, Pelayanan Terpadu
PENEGAKAN DISIPLIN (Suatu Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai) Saleh, Sirajuddin
Jurnal Ad'ministrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.247 KB) | DOI: 10.26858/ja.v1i1.876

Abstract

Kinerja pegawai merupakan salah satu tolak ukur yang sangat vital dalam mencapai tujuan organisasi publik maupun profit.Salah satu upaya meningkatkan kinerja adalah dengan jalan memberikan peraturan kedisiplinan pegawai.Akan tetapi dalam realitas terjadi meskipun kedisiplinan pegawai telah diatur dalam undang-undang belum terlaksana secara maksimal. Hal tersebut, dilator belakangi oleh faktor pejabat yang Berwenang dalam Menerapkan Peraturan Disiplin belum terlaksana maksimal,  dan kesadaran pegawai akan pentingnya disiplin kerja masih rendah. Oleh karena itu, dbutuhkan kebijakan lebih lanjut yang sifatnya mengikat agar terciptanya kinerja pegawai yang berkualitas. Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Penegakan Kedisiplinan
RESPON MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN PINOGALUMAN Gani, Ferdi S
Jurnal Ad'ministrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.635 KB) | DOI: 10.26858/ja.v1i1.881

Abstract

Mutu pelayanan dari Pemerintah Kecamatan sangat rendah sehingga banyak menimbulkan keluhan dari masyarakat. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa persoalan camat tersebut tidak terlepas dari perubahan fungsi dan peran camat dari Kepala Wilayah menjadi Perangkat Daerah. Aparat kecamatan memperlakukan masyarakat yang dilayani dengan ramah, sopan santun dengan tetap memperhatikan peraturan serta standar operasional dan prosedur pelayanan. Aparat dalam memberikan pelayanan masih dalam koridor yang normatif dan wajar. Aspek responsivitas yang ditunjukkan oleh sikap aparat yang tanggap cepat dan tepat dalam melayani masyarakat. Kinerja pelayanan publik sudah maksimal dimana segala persyaratan administrasi dan proses pelayanan sudah sesuai dengan standarisasi pelayanan. Aparat kecamatan selalu bertanggung jawab dan lebih mementingkan kepentingan umum disbanding kepentingan pribadi atau golongan. Kata Kunci : Respon, Perilaku, Pelayanan Publik
PELAYANAN FUNGSI ADMINISTRASI PERKANTORAN MODERN Saggaf, Said; Salam, Rudi; Kahar, Fakhri; Akib, Haedar
Jurnal Administrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.846 KB)

Abstract

Pelayanan administrasi merupakan pekerjaan yang dipandang sebelah mata tetapi mampu memberikan efek yang signifikan bagi suatu Negara.Hancurnya suatu organisasi bukan karena tidak mampu menghadapi persaingan yang ketat tetapi data yang dimiliki belum mampu untuk jadi informasi yang akurat yang demi keberlangsungan suatu organisasi. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisisis pelaksanaan fungsi administrasi perkantoran modern menyangkut 5 (lima) fungsi seperti: 1) Fungsi Manajerial, 2) Interpersonal, 3) Teknis, 4) Rutin, dan Analisis atau dengan kata lain Fungsi MITRA. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Analisis (kualitatif) yang didukung oleh data kuantitatif.Responden pada penelitian ini adalah Pegawai pada Kantor Kecamatan Barombong yang terdiri dari 14 orang.Sedangkan informannya adalah camat, sekretaris camat, staf / pegawai dan masyarakat.Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan fungsi administrasi perkantoran modern di Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa mencakup fungsi manajerial, interpersonal, rutin dan analisis termasuk dalam kategori tinggi sedangkan fungsi teknis termasuk dalam kategori rendah.Aspek tersebut memberikan gambaran bahwa fungsi teknis menjadi perhatian penting dalam pelaksanaan fungsi MITRA terlebih dalam penyediaan teknologi seperti software, akses internet dan ketersediaan sumber daya manusia masih rendah.Keywords: Function Modern Office Administration, administrative services, Government, Public Service.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR LEMBAGA PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN PROVINSI SULAWESI SELATAN Sanjaya, Arwin; Baharuddin, Aris
Jurnal Administrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.663 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran gaya kepemimpinan transformasional pada kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, 2) Gambaran motivasi pegawai pada kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, 3) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja pegawai pada kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan populasi  seluruh jumlah pegawai pada Kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah 147 0rang. Penentuan jumlah sampel sebesar 25 persen dari jumlah populasi sehingga diperoleh 37 orang. Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis infferensial dengan uji normalitas data, analisis korelasi product moment dan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis deskriptif menggambarkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan pimpinan pada kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan adalah baik, motivasi pegawai pada kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan tergolong tinggi. Sedangkan hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja pegawai pada kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan . Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi kerja
KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN GOWA ., Ferayanti; H, Nasaruddin
Jurnal Ad'ministrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.043 KB) | DOI: 10.26858/ja.v1i1.878

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai: kualitas pelayanan kesehatan pusat kesehatan masyarakat Pattallassang kabupaten Gowa, dengan fokus penelitian (1) kualitas pelayanan yang dilihat dari 5 dimensi RATER yaitu Releability, Assurance, Tangebles, Empathi, Responsiveness pelayanan pasien di Pusat Kesehatan MasyarakatKecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa, (2) faktor-faktor yang mendukung terwujudnya kualitas pelayanan di pusat kesehatan kabupaten Gowa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi langsung. Teknik analisis data meliputi tahap-tahap reduksi data, penyajian data, pemeriksaan data dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan ini dilaksanakan pada (1) pemimpin pusat kesehatan masyarakat Pattallassang (2) pegawai di lingkungan pusat kesehatan masyarakat (3) pasien/keluarga pasien yang berobat di pusat kesehatan masyarakat Pattallassang sebagai unsur penting dalam menunjang langkah-langkah atau teknis pengelolaan pusat kesehatan masyarakat Pattallassang sebagai upaya perbaikan kualitas pelayanan. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) kualitas pelayanan kesehatan di pusat kesehatatan masyarakat Pattallassang yang tergambar pada sikap dan kepedulian pemimpin dalam memberikan perhatian, memotivasi dan menilai kinerja pegawai yang berdampak pada kualitas pelayanan yang dinilai cukup baik, (2) faktor-faktor yang mendukung terwujudnya kualitas pelayanan kesehatan meliputi: faktor komunikasi, faktor struktur birokrasi dan faktor sumber daya yang menentukan keberhasilan pelaksanaan program pusat kesehatan masyarakat.Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Pusat Kesehatan Masyarakat
PENGARUH MOTIVASI SOSIAL TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DI KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BANTAENG Idzhar, Ahmad; Mansyur, Arifin
Jurnal Ad'ministrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.855 KB) | DOI: 10.26858/ja.v1i1.879

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi prestasi terhadap prestasi kerja pegawai, pengaruh motivasi afiliasi terhadap prestasi kerja pegawai, pengaruh motivasi kekuasaan terhadap prestasi kerja pegawai, dan pengaruh motivasi sosial (motivasi prestasi, afiliasi dan kekuasaan) secara bersama-sama terhadap prestasi kerja Pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Bantaeng.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, pembagian kuesioner/angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik regresi linier berganda dan perhitungannya menggunakan aplikasi SPSS 16 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi prestasi secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi kerja pegawai. Pegawai akan berusaha mencapai prestasi tertingginya sebagai upaya untuk memiliki tanggung jawab pribadi yang tinggi, berani mengambil risiko, memanfaatkan umpan balik dalam setiap pekerjaan yang dilakukan, dan bekerja secara kreatif dan inovatif. 2) Motivasi afiliasi secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi kerja pegawai. Hubungan sosial antar pegawai yang terjalin dari interaksi sosial yang tinggi hal ini merupakan salah satu upaya dalam menghidupkan suasana kerja yang kondusif, senang bergaul dengan sesama pegawai, dan senang menolong pegawai lain meskipun tidak diminta. 3) Motivasi kekuasaan secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi kerja pegawai. Adanya keinginan untuk mengatur suasana kerja, menjadi bagian yang berpengaruh, dapat mengontrol dan menggerakkan pegawai lain, aktif menjalankan kebijakan di lingkungan kerja serta menjaga reputasi dan kedudukannya dalam pekerjaan merupakan motivasi kekuasaan yang dimiliki pegawai sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi kerja.4) Motivasi Sosial (motivasi prestasi, motivasi afiliasi dan motivasi kekuasaan) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja pegawai.Semakin tinggi motivasi prestasi, motivasi afiliasi dan motivasi kekuasaan yang dimiliki oleh seorang pegawai, semakin tinggi pula prestasi kerja yang dihasilkan oleh pegawai tersebut. Kata Kunci:Motivasi Sosial, Motivasi Prestasi, Motivasi Afiliasi, Motivasi Kekuasaan, Prestasi Kerja. 
PENYELENGGARAAN PEMILIHAN UMUM DI INDONESIA: (Eksplorasi Konstruksi Model Normatif Prosedur Demokrasi) Niswaty, Risma
Jurnal Ad'ministrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.558 KB) | DOI: 10.26858/ja.v1i1.875

Abstract

Konstruksi model normatif ini berusaha menjelaskan kondisi-kondisi yang melemahkan efektifitas dan efisiensi organisasional lembaga penyelenggara prosedur demokrasi (KPU-KPUD) dan mengeksplorasi seberapa jauh institusi tersebut (baik dalam arti yang khusus dan umum) menerima pengaruh dari kondisi-kondisi ini. Kata Kunci:PemilihanUmum, Prosedur Demokrasi.
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PELAYANAN KEARSIPAN PADA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SULAWESI SELATAN Husain, Lismayani; Amirullah, Abd. Hafid; Saleh, Sirajuddin
Jurnal Ad'ministrare Vol. 2, No. 1, Januari - Juni 2015
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.718 KB) | DOI: 10.26858/ja.v2i1.1235

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan arsip pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan efektivitas pelaksanaan kearsipan pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah keseluruhan 372 orang. Peneliti mengambil sampel sebanyak 74 orang dan penarikan sampel dilakukan secara Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik persentase dalam bentuk tabel frekuensi.Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pelaksanaan kearsipan pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan berada pada kategori efektif, Pelaksanaan kearsipan diukur melalui Indikator penciptaan arsip, penggunaan arsip, penyimpanan arsip, pemeliharaan arsip, dan penyusutan dan pemusnahan arsip. Kata Kunci: Efektivitas, Kearsipan
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN BERORIENTASI TUGAS DAN BERORIENTASI BAWAHAN TERHADAP KEDISIPLINAN PEGAWAI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN PROVINSI MALUKU Taribuka, Anatje; Sunaryo, Joko
Jurnal Ad'ministrare Vol. 2, No. 1, Januari - Juni 2015
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.677 KB) | DOI: 10.26858/ja.v2i1.1234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan gaya kepemimpinan berorientasi tugas dan berorientasi bawahan dan pengaruhnya terhadap kedisiplinan pegawai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan provinsi Maluku. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Maluku. Variabel yang diteliti adalah gaya kepemimpinan berorientasi tugas (X1), gaya kepemimpinan berorientasi bawahan (X2), dan kedisiplinan pegawai (Y).  Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Maluku sebanyak 112 orang pegawai. Sampel adalah sebanyak 84 orang pegawai yang ditentukan secara stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hipotesis diuji dan dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan berorientasi tugas terhadap kedisiplinan pegawai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan provinsi Maluku, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan berorientasi bawahan terhadap kedisiplinan pegawai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Maluku, dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan berorientasi tugas dan gaya kepemimpinan berorientasi bawahan secara bersama-sama terhadap kedisiplinan pegawai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan provinsi Maluku.Kata Kunci: gaya kepemimpinan, kedisiplinan pegawai

Page 1 of 17 | Total Record : 169