cover
Contact Name
Bayu Saputra
Contact Email
bayudesmonn@gmail.com
Phone
+628992290175
Journal Mail Official
mp@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jmmp/about/editorialTeam
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23383178     EISSN : 27164616     DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jmmp
Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended learning
Articles 155 Documents
PENGARUH SERTIFIKASI IKLIM KERJA MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD LAMPUNG SELATAN Arismunandar, Yulistian; Sudjarwo, Sudjarwo; Rini, Riswanti
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.546 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine, and analyze the influence of certification, work climate, and work motivation on the performance of teachers either partially or simultaneously. This research was a quantitative approach using associative type, by taking a sample of 46 teachers. Data were collected using questionnaire. Data were analysed using path analysis, and hypothesis testing. The results indicated that certification has direct influence on the performance of teachers. Work climate directly affects the performance of teachers. Work motivation directly influences the performance of teachers. Certification, work climate, and work motivation simultaneously have significant impact on the performance of teachers. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, dan menganalisis pengaruh sertifikasi, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis asosiatif, dengan mengambil sampel 46 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis), dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi berpengaruh langsung terhadap kinerja guru. Iklim kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru. Motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru.Sertifikasi, iklim kerja, dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja guru.Kata kunci: sertifikasi, motivasi kerja, iklim kerja.
Implementasi Manajemen Pendidik di SMK Gajah Mada Bandar Lampung Riyon, Riyon; Suntoro, Irawan; Ambarita, Alben
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 5, No 1 (2017): JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
Publisher : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.839 KB)

Abstract

This research is conducted to explain teacher management in SMK Gajah Mada Bandar Lampung focused on: Recruitment and placement of teacher; Salary of teacher; Development of teacher; Discharge of teacher. This research uses descriptive qualitative approach. The source of research is gotten from informant through interview toward head of Gajah Mada foundation, the principle, the vice principle, and teacher. The researcher is using data collecting technique such as; observation, documentation, and interview. The next, the researcher analyzes the data and facts using triangulation data through the process of reduction of data, display of data, and verification since before and after collecting the data. The result of research show the implementation of teacher management in SMK Gajah Mada doing good process of teacher managements. This school is applying and evaluating implementation of teacher management.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidik di SMK Gajah Mada Bandar Lampung.terkait: Proses perekrutan dan penempatan pendidik;Pemberian kompensasi terhadap pendidik;Pembinaan dan pengembangan pendidik; Pelepasan/pemberhentian pendidik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.Sumber data dalam penelitian diperoleh dari informan yaitu wawancara.Pengumpulan data menerapkan tehnik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data-data serta fakta yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan metode triangulasi data melaui proses reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi yang dilakukan selama dan setelah pengumpula data. Hasil penelitianSMK Gajah Mada dalam melaksanakan proses manajemen pendidik secara umum cukup baik terhadap para pendidik. Sekolah menerapkan implementasi manajemen pendidik dan mengevaluasinya.Namun perlu adanya peningkatan terkait prosedur perekrutan, serta penempatan pendidik.Kata Kunci: implementasi, manajemen, pendidik.
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI, DISIPLIN KERJA, DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN KINERJA GURU Minarni, Ani; Ambarita, Alben; Djasmi, Sulton
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.423 KB)

Abstract

The purpose of this research is to describe and analyze the relation between: 1) achievement motivation with teachers performance, 2) work discipline with teachers performance, 3) pedagogic competence with teachers performance also 4) achievement motivation, work discipline, pedagogic competence simultaneously with teachers performance. The kind of this research is quantitative by using method of ex post facto. Data are obtained from questionnaire and documentation, then analyzed by used correlational technique and regression both simple and double. The results of this research are: 1) there is positive relation between achievement motivation with teachers performance, 2) there is positive relation between work discipline with teachers performance, 3) there is positive relation between pedagogic competence with teachers performance, also 4) there is positive relation between achievement motivation, work discipline and pedagogic competence with teachers performance, it means that getting better achievement motivation, work discipline and pedagogic competence of teachers, the teachers performance will be better too.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan antara: 1) motivasi berprestasi dengan kinerja guru, 2) disiplin kerja dengan kinerja guru, 3) kompetensi pedagogik dengan kinerja guru juga 4) motivasi berprestasi, disiplin kerja, kompetensi pedagogik bersamaan dengan kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Data diperoleh dari kuesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasional dan regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru, 2) ada hubungan positif antara disiplin kerja dengan kinerja guru, 3) ada hubungan positif antara kompetensi pedagogik dengan kinerja guru, 4) ada hubungan positif antara motivasi berprestasi, disiplin kerja dan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru, berarti mendapatkan motivasi berprestasi yang baik, disiplin kerja dan kompetensi pedagogik guru, kinerja guru akan lebih baik.Kata kunci: disiplin kerja, kinerja guru, kompetensi pedagogik, motivasi berprestasi
HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, DAN SUMBER BELAJAR DENGAN MUTU PEMBELAJARAN Anggun, Anggun; Suntoro, Irawan; Sumadi, Sumadi
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.029 KB)

Abstract

This study aimed to determine the relationship between: (1) Principals leadership with the quality of teaching, (2) the school culture with the quality of learning, (3) Learning resources with the quality of learning, (4) the school culture, principals leadership and learning resources together with quality of learning. This is a quantitative research. The method used ex post facto. Collecting data use questionnaires and data analysis. Based on the study, it concluded that: (1) Principals leadership was positively and significantly related to the quality of teacher learning at 5.34, (2) school culture positively and significantly related to the quality of teacher learning at 5.34, (3) Learning resources were positively related and significantly to the quality of learning for teachers 7,37 and (4) Leadership principals, school culture and learning resources were related positively and significantly with the quality of teaching large double correlation values obtained 0.058.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) kepemimpinan kepala sekolah dengan kualitas pengajaran, (2) budaya sekolah dengan kualitas pembelajaran, (3) sumber belajar dengan kualitas pembelajaran, (4) budaya sekolah, kepemimpinan kepala sekolah dan sumber belajar bersama-sama dengan kualitas pembelajaran. Ini adalah Penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan ex post facto. Mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan analisis data. Berdasarkan penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kepala sekolah Kepemimpinan positif dan signifikan terkait dengan kualitas guru belajar di 5,34; (2) budaya sekolah positif dan signifikan terkait dengan kualitas guru belajar di 5,34; (3) sumber belajar yang positif terkait dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran bagi guru dan 7,37; (4) kepala sekolah Kepemimpinan, budaya sekolah dan sumber belajar yang terkait positif dan signifikan dengan kualitas pengajaran besar nilai korelasi ganda diperoleh 0.058.Kata kunci: budaya sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, mutu pembelajaran, sumber belajar.
MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI SMP ISLAM TERPADU AR RAIHAN BANDAR LAMPUNG Zulham, Ashepi; Ambarita, Alben; Sowiyah, Sowiyah
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 4, No 4 (2016): JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
Publisher : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.515 KB)

Abstract

The research was aims to analyze and describe the teacher professionalism development management comprised of; planning, controlling, actuating and controlling. The focus of this research are planning, organizing, actuating, and controlling of teacher professionalism development. Qualitativemethod with a case study design has been used in the research, adopting data collecting technique through observation, documentation and interviews. Source of the data used are The Head of Foundation, Principal, vice Principals and teachers. Triangulation was used to analyze the data. The result of the resource are: 1) Planningwas conducted as the reference in determining the programs in the future. 2) Organizingwasgood enough just Its not so optimal because Its need optimize in subject teacher discussion internal or external 3) Actuatingalready run well only still needs to be improved because the training that implemented is still per clump lesson. assessment system and applying teaching using media is given more of the meeting. 4) Controlling is conducted as the programs evaluation were. Penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen pengembangan profesionalisme guru di SMP Islam terpadu Ar Raihan Bandar Lampung.Fokus penelitian ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif dengan rancangan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data adalah Ketua Yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, orang tua dan komite. Analisis data yang digunakan dengan tringulasi, Hasil penelitian adalah: 1)perencanaan melihat dari analisis program yang telah dilakukan sebagai acuan dalam menentukan perencanaan program dimasa yang akan datang 2)pengorganisasian masih perlu dimaksimalkannya MGMP baik internal maupun eksternal 3) pelaksanaan berjalan dengan baik, perlu peningkatan dalam hal pelatihan yang selama ini pelaksanaanya baru bersifat perumpun pelajaran 4) pengawasan profesionalisme guru dilakukan sebagai evaluasi program yang telah dilakukan.Kata kunci: manajemen pengembangan, profesionalisme guru
Kinerja Guru Pendamping Khusus SD Inklusi Wardani, Egi Septa; Sowiyah, Sowiyah; Ambarita, Alben
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2018): JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
Publisher : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.419 KB)

Abstract

Research purpose is to know and analyze the positive and significant influence of the principal managerial, organizational culture and achievement motivation on the performance of special assistant teacher inclusion elementary School in Metro City. The research used ex post facto approach. Research population was Special Assistant Teacher at elementary School Inclusion in Metro City. Data collection using questionnaire and analysis using regression. The results of this study indicate the existence of cohesiveness of school principal, organizational culture and achievement motivation for the performance of special assistant teacher of elementary school inclusion in Metro City either partially or simultaneously. This can be done with the principal's managerial skills, organizational culture and achievement motivation increases, so the performance of special assistant teacher will also increase.Penelitian  bertujuan  untuk mengetahui  dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan keterampilan manajerial kepala sekolah, budaya organisasi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja Guru Pendamping Khusus di SD Inklusi di Kota Metro. Penelitian menggunakan pendekatan ex post factor. Populasi penelitian adalah Guru Pendamping Khusus pada SD Inklusi di Kota Metro. Alat pengumpul data  menggunakan  kuesioner dan analisis data menggunakan regresi. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  keterampilan manajerial kepala sekolah, budaya organisasi dan motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Guru Pendamping Khusus SD Inklusi di Kota Metro baik secara parsial maupun simultan. Hal ini bermakna jika keterampilan manajerial kepala sekolah, budaya organisasi dan motivasi berprestasi meningkat, maka kinerja Guru Pendamping Khusus juga akan meningkat.Kata Kunci:   manajerial kepala sekolah, budaya organisasi, motivasi berprestasi, kinerja guru pendamping khusus
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU Enni, Enni; Djasmi, Sultan; Sowiyah, Sowiyah
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.241 KB)

Abstract

The purpose of this research is to analyze and describe the influence between: 1) work discipline toward teacher performance, 2) leadership of headmaster toward teacher performance, and 3) work discipline and leadership of headmaster simultaneously toward teacher performance. The kind of this research is quantitative by using method of ex post facto. Data are obtained from questionnaire and documentation. After research and obtained the results, there is positive and significant relation between: 1) work discipline with teachers performance, it means getting better work discipline of teachers, it will increase the teachers performance, 2) leadership of headmaster with teachers performance, it means getting better teacher perception about leadership of headmaster, it will increase the teachers performance, 3) work discipline and leadership of headmaster with teachers performance, it means getting better work discipline of teacher and teacher perception about leadership of headmaster, it will increase the teacher performance.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh antara: 1) disiplin kerja terhadap kinerja guru, 2) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, dan 3) disiplin kerja dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Data diperoleh dari kuesioner dan dokumentasi. Setelah penelitian dan diperoleh hasil, ada hubungan positif dan signifikan antara: 1) disiplin kerja dengan kinerja guru, itu berarti mendapatkan disiplin kerja yang lebih baik dari guru, maka akan meningkatkan kinerja guru, 2) kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, berarti mendapatkan persepsi guru yang lebih baik tentang kepemimpinan kepala sekolah, maka akan meningkatkan kinerja guru, 3) disiplin kerja dan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, itu berarti mendapatkan disiplin kerja yang lebih baik dari guru dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, maka akan meningkatkan kinerja guru .Kata kunci: disiplin kerja, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru
PROFIL KINERJA PENGAWAS MADRASAH Maqdisiana, Aisya; Sumadi, Sumadi; Sowiyah, Sowiyah
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 1, No 3 (2013)
Publisher : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.583 KB)

Abstract

The aim of research is to describe and analyze the recruitment madrassas supervisor, organization, competence and performance of madrassas supervisors. The research method is descriptive qualitative that is based on the theory of phenomenology. The results were: (1) Recruitment of supervisor at the Ministry of religious Madrasah Bandarlampung based on the formation of the Regional Office of the Ministry of Lampung Province, the ministry's executive committee religion that city, in the groove recruitment was also clear. 2) Madrassas supervisors organization has had a clear coordination between the members; 3) Madrassas supervisors have competence which includes personality, managerial supervision, academic supervision, evaluation of educational, social and supervisors. 4) Supervisory Performance Madrassas already running duties and functions in accordance with applicable regulations, Total supervisors in terms of the amount need to be added; 5) Human Resources supervisor madrasas need to be improved in terms of quantity and quality should receive training appropriate to the duties of a madrassas supervisor.Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis rekrutmen pengawas madrasah, organisasi pengawas madrasah, kompetensi pengawas madrasah dan kinerja pengawas madrasah. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif yang didasari teori fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Rekrutmen Pengawas Madrasah pada Kementerian Kota Bandarlampung berdasar pada formasi pemetaan Kantor Wilayah Kementerian Provinsi Lampung, sebagai pelaksana yaitu panitia kemenag kota, alur rekrutmen juga sudah jelas.  2) Organisasi Pengawas Madrasah telah mempunyai koordinasi yang jelas di antara anggota pengawas berjalan baik; 3) Kompetensi pengawas madrasah yang meliputi kepribadian, manajerial, akademik, evaluasi pendidikan, dan sosial telah dimiliki pengawas; 4) Kinerja Pengawas Madrasah sudah menjalankan tupoksinya sesuai dengan peraturan yang berlaku, Jumlah pengawas dari segi jumlah perlu ditambah; 5) Sumber Daya Manusia pengawas madrasah dalam hal kuantitas perlu ditingkatkan dan kualitas perlu mendapat pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan tupoksi seorang pengawas madrasah.Kata kunci: kinerja, kompetensi, pengawas madrasah, profil
Teacher Mentoring: Problems and Solutions Ridwan, Ridwan; Karwan, Dedy H.; Hariri, Hasan
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 8, No 2 (2020): JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
Publisher : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.112 KB)

Abstract

Abstrak: Pendampingan guru: masalah dan solusi. Tujuan: Paper ini bertujuan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan penelitian, 1) Masalah apa yang dihadapi guru? 2) Bagaimana pendampingan mengatasi masalah ini? Metode: Penulis menerapkan penelitian tindakan model Margaret Riel yang terdiri dari mempelajari dan merencanakan, mengambil tindakan, mengumpulkan dan menganalisis bukti dan refleksi. Penulis menggunakan instrumen a) lembar format pengamatan, b) format flanders, c) kamera, dan 4) format lima langkah pendampingan. Terdapat empat guru terlibat dalam penelitian ini. Temuan: 1) Masalah guru meliputi masalah kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional, 2) Pendampingan mampu menyelesaikan masalah ini melalui kemampuan mentor dalam memainkan peran pendamping untuk menghasilkan hubungan yang baik antara mentor dan dampingan (mentoran).Kata kunci: hubungan, pendampingan, guru yang efektif DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jmmp.v8.i2.202003
IMPLEMENTASI MANAJEMEN ENGLISH AS SECOND LANGUAGE SEKOLAH TUNAS MEKAR INDONESIA LAMPUNG Pratama, Aries; Kandar, Supomo; Djasmi, Sulton
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 4, No 4 (2016): JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
Publisher : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.781 KB)

Abstract

The aim of the research was to describe the implementation of English as Second Language (ESL) Management in Sekolah Tunas Mekar Indonesia. This reasearch focused on some points, which were: 1) The Planning of ESL Management, 2) The Implementation of ESL Management, and 3) The Controlling of ESL Management. Qualitative research method which involved data collection techniques through observation, documentation and interviews. The data sources were the leader of ESL Division and all executives. Data analysis is done by interactive method. The results of research were: 1) The Planning of ESL Management was involving all leaders of divisions. 2) The Implementation of ESL Management ran based on the plan formulated. The actuating process performed thoroughly in all divisions, as expected in Kindergarten and Elementary School Level. 3) The Controlling of ESL Management in Sekolah TMI involved all layers of school in supervising, assessing, and giving feedback to the school.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Manajemen ESL di Sekolah Tunas Mekar Indonesia. Fokus penelitian ini adalah Perencanaan Manajemen ESL, Implementasi Manajemen ESL, dan Pengendalian Manajemen ESL. Metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data adalah Kepala Divisi ESL dan para eksekutif. Analisis data dilakukan secara interaktif. Hasil Penelitian adalah: 1) Perencanaan Manajemen ESL melibatkan seluruh pimpinan, 2) Implementasi Manajemen ESL berjalan sesuai dengan formulasi perencanaan. Proses pelaksanaan berjalan berjalan secara menyeluruh dan sesuai dengan harapan pada Divisi TK dan SD. 3) Pengendalian manajemen ESL di Sekolah TMI melibatkan seluruh unsur Sekolah TMI dalam proses pengawasan, penilaian dan penciptaan umpan balik. Kata kunci : manajemen inglish as second language

Page 1 of 16 | Total Record : 155