AbstrakDalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, maka kompetensi personality (kepribadian) guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Karena pada kenyataannya kompetensi ini kurang di jadikan prioritas, artinya bila ada pelatihan guru yang di prioritaskan adalah kompetensi pedagogik, dan profesional atau  segi kognitifnya saja, sedang masalah kepribadian dikembalikan kepada masing-masing personal guru itu sendiri. Pada dasarnya guru juga penentu maju mundurnya pendidikan, kualitas pribadi seorang guru sangat diperlukan agar dapat menjadi guru yang memiliki kepribadian yang baik dan berwibawa. Sebuah gambaran bahwa personality (kepribadian) dan kewibawaan seorang guru dapat menggiring keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar yang akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berangkat dari permasalah tersebut diatas maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui gambaran umum Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Aceh Barat, kedua, untuk mengetahui kompetensi personality (kepribadian) guru PAI pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Aceh Barat, ketiga, untuk mengetahui kewibawaan guru PAI pada  Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Aceh Barat, keempat, untuk mengetahui hasil belajar PAI pada  Sekolah Memengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis penelitian  deskriptif analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Subjek penelitian guru PAI, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta siswa-siswi kelas VIII yang berada di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Meulaboh, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Samatiga, dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Woyla. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Guru PAI Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Aceh Barat memiliki kompetensi personality (kepribadian), dan kewibawaan yang baik. Sehingga hasil belajar siswa-siswi semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dengan nilai diatas rata-rata KKM.Kata Kunci : Kompetensi, Personality.AbstractThe teacherâs personality competence (personality) is the important factor to improve education quality. However, in the fact this competence is not prioritized than pedagogical competence and cognitive competence in a teacher training. Moreover, for personality problems is returned to the teachers individually. Basically, the teachers are also a determinant of reciprocation of education, a teacher personal quality is very necessary to become a good personality and authority. In teaching-learning process, the Success indicator of a teacherâs personality and authority can improve studentsâ achievement. Based on the problems above, the research objectives of this study are 1) to know the general picture of junior high schools (SMP) at west Aceh regency. 2) to know PAI teachersâ personality competence of Junior High Schools (SMP) at west Aceh regency. 3) to know PAI teachersâ authority of Junior High Schools (SMP) at west Aceh regency. 4) to know PAI achievement of Junior High Schools (SMP) at west Aceh regency. This research was a qualitative descriptive analysis research. The instruments which were used to collect the data in this research consist of observation, interview, documentation study, and questionnaire. The subjects of this study are PAI teachers, the principal, the curriculum vice principal and eighth grade students of three Junior High Schools at west Aceh regency. There are: Junior High School (SMP) 3 Meulaboh, Junior High School (SMP) 1 Samatiga, and Junior High School (SMP) 3 Woyla. The result of the research showed that the teachers had Personality Competence, and good authority. Therefore, the first semester studentsâ achievement in 2013/2014 got high average score of school standard score. Ù
Ø³ØªØ®ÙØµØ¥Ù Ø´Ø®ØµÙØ© اÙÙ
درسÙ٠عاÙ
ÙØ© Ù
Ù Ø§ÙØ¹ÙاÙ
٠اÙÙØ§Ù
Ø© Ù٠اÙÙ
ØØ§ÙÙØ© ÙØªØ±ÙÙØ© ÙÙÙÙØ© Ø§ÙØªØ±Ø¨ÙØ©. ÙØ£Ù Ù٠اÙÙØ§Ùع ÙØ§ ÙÙÙÙ ÙØ°Ù Ø§ÙØ¹Ø§Ù
ÙØ© ذات Ø£ÙÙÙØ©. ÙÙØ°Ø§ اÙÙ
راد أ٠اÙÙØ¯Ùات ÙØ§ÙÙ
ؤتÙ
رات ااÙÙ
عÙÙØ¯Ø© ØªØªØ±ÙØ² عÙÙ ÙØ§ØÙØ© Ø§ÙØªØ±Ø¨ÙØ© Ø£Ù Ø§ÙØ§ØØªØ±Ø§Ù أ٠اÙÙ
Ø¹Ø±ÙØ© ÙÙØ·Ø بÙÙÙ
ا تÙÙÙ ÙØ§ØÙØ© اÙÙÙØ§Ø¡Ø© ÙØ§ÙØ´Ø®ØµÙØ© Ù
ÙÙØ¶ØªØ§Ù Ø¥ÙÙ Ø£ÙØ±Ø§Ø¯ اÙÙ
درسÙÙ. ÙÙ Ø§ÙØÙÙÙÙØ© Ø£Ù Ø´Ø®ØµÙØ© اÙÙ
درسÙ٠تعÙ٠عÙÙ ØªÙØ¯Ù
Ø§ÙØªØ±Ø¨ÙØ© ÙØªØ£Ø®Ø±ÙØ§Ø ÙÙØ°Ù Ø§ÙØ´Ø®ØµÙØ© Ø´ÙØ¦ ØªÙØ¨ØºÙ Ù
راعات٠ÙÙÙÙÙÙØ§ ذÙÙ Ø´Ø®ØµÙØ© ØØ³ÙØ© ÙÙ
Ø±ÙØ¡Ø© ÙÙÙØ©. Ø§ÙØ·ÙØ§ÙØ§Ù Ù
Ù ÙØ°Ù اÙÙ
Ø´ÙÙØ©Ø ÙØ±Ù
Ù ÙØ°Ø§ Ø§ÙØ¨ØØ« Ø¥Ù٠عدة اÙÙÙØ· Ø§ÙØªØ§ÙÙØ© Ø Ø§ÙØ£ÙÙÙØ Ø§ÙØªØ¹Ø±Ù عÙÙ Ø§ÙØµÙر Ø§ÙØ¹Ø§Ù
Ø© ÙÙÙ
دارس Ø§ÙØ«Ø§ÙÙÙØ© Ø§ÙØ¹Ø§Ù
Ø© Ø§ÙØÙÙÙ
ÙØ© (SMP) بÙÙØ§ÙØ© أتشÙÙ Ø§ÙØºØ±Ø¨ÙØ©. Ø§ÙØ«Ø§ÙÙØ©Ø Ù
Ø¹Ø±ÙØ© Ø§ÙØ´Ø®ØµÙØ© ÙÙ
درس٠Ù
ادة Ø§ÙØ¯Ø±Ø§Ø³Ø© Ø§ÙØ¥Ø³ÙاÙ
ÙØ© باÙÙ
دارس Ø§ÙØ«Ø§ÙÙÙØ© Ø§ÙØ¹Ø§Ù
Ø© Ø§ÙØÙÙÙ
ÙØ© (SMP) بÙÙØ§ÙØ© أتشÙÙ Ø§ÙØºØ±Ø¨ÙØ©. Ø§ÙØ«Ø§ÙØ«Ø©Ø Ù
Ø¹Ø±ÙØ© Ù
Ø±ÙØ¡Ø© Ù
درس٠Ù
ادة Ø§ÙØ¯Ø±Ø§Ø³Ø© Ø§ÙØ¥Ø³ÙاÙ
ÙØ© باÙÙ
دارس Ø§ÙØ«Ø§ÙÙÙØ© Ø§ÙØ¹Ø§Ù
Ø© Ø§ÙØÙÙÙ
ÙØ© (SMP) بÙÙØ§ÙØ© أتشÙÙ Ø§ÙØºØ±Ø¨ÙØ©. Ø§ÙØ±Ø§Ø¨Ø¹Ø©Ø Ù
Ø¹Ø±ÙØ© اÙÙØªØ§Ø¦Ø¬ اÙÙ
ØØµÙØ© Ù
Ù Ù
ادة Ø§ÙØ¯Ø±Ø§Ø³Ø© Ø§ÙØ¥Ø³ÙاÙ
ÙØ© باÙÙ
دارس Ø§ÙØ«Ø§ÙÙÙØ© Ø§ÙØ¹Ø§Ù
Ø© Ø§ÙØÙÙÙ
ÙØ© (SMP) بÙÙØ§ÙØ© أتشÙÙ Ø§ÙØºØ±Ø¨ÙØ©. ÙØªØµÙ ÙØ°Ø§ Ø§ÙØ¨ØØ« باÙÙ
دخ٠اÙÙÙ
Ù ÙØ¨Ø§ÙÙØµÙ Ø§ÙØªØÙÙÙ٠باÙÙØ³Ø¨Ø© ÙØªØÙÙÙ Ø§ÙØ¨ÙØ§ÙØ§Øª. ÙÙØ¬Ù
ع Ø§ÙØ¨ÙØ§ÙØ§Øª تستخدÙ
عدة Ø£Ø¯ÙØ§Øª ÙØ§ÙÙ
ÙØ§ØØ¸Ø© اÙÙ
باشرة ÙØ§ÙÙ
ÙØ§Ø¨ÙØ© Ø§ÙØ´Ø®ØµÙØ© ÙØ¯Ø±Ø§Ø³Ø© اÙÙØ«Ø§Ø¦Ù اÙÙ
Ø¯Ø±Ø³ÙØ© ÙØ§ÙØ§Ø³ØªÙØªØ§Ø¡. ÙØ£Ù
ا ÙØ§Ø¹ÙÙØ§ Ø§ÙØ¨ØØ« ÙÙ
Ù
Ø¯ÙØ± اÙÙ
درسة ÙÙØ§Ø¦Ø¨ اÙÙ
Ø¯ÙØ± ÙÙÙ
ÙØ§Ùج ÙØ§ÙÙ
ÙØ§Ø¯ Ø§ÙØ¯Ø±Ø§Ø³ÙØ© Ø«Ù
Ø·Ø§ÙØ¨Ø§Øª Ø§ÙØµÙ Ø§ÙØ«Ø§Ù
Ù Ù
٠اÙÙ
درسة Ø§ÙØ«Ø§ÙÙÙØ© Ø§ÙØÙÙÙ
ÙØ© 3 Ù
ÙÙØ§Ø¨ÙÙ ÙØ§ÙÙ
درسة Ø§ÙØ«Ø§ÙÙÙØ© Ø§ÙØÙÙÙ
ÙØ© 1 سÙ
Ø§ØªÙØ¬Ø§ ÙØ§ÙÙ
درسة Ø§ÙØ«Ø§ÙÙÙØ© Ø§ÙØÙÙÙ
ÙØ© 3 ÙØ§ÙÙØ§. Ø¥Ù ÙØªØ§Ø¦Ø¬ Ø§ÙØ¨ØØ« تد٠عÙ٠أ٠Ù
درس٠Ù
ادة Ø§ÙØ¯Ø±Ø§Ø³Ø© Ø§ÙØ¥Ø³ÙاÙ
ÙØ© Ù٠اÙÙ
دارس Ø§ÙØ«Ø§ÙÙÙØ© Ø§ÙØÙÙÙ
ÙØ© بÙÙØ§ÙØ© أتشÙÙ Ø§ÙØºØ±Ø¨ÙØ© ÙÙÙ
ÙÙØ§Ø¡Ø© Ø´Ø®ØµÙØ© ÙØ«ÙÙØ© ÙÙ
Ø±ÙØ¡Ø© ÙÙÙØ©. ÙØ°ÙÙ Ù
Ù
ا ÙØ¤Ø¯Ù Ø¥Ù٠اÙÙØªØ§Ø¦Ø¬ Ø§ÙØ¬Ùدة ÙØ¯Ù Ø§ÙØ·Ø§Ùبات باÙÙØ³Ø¨Ø© ÙÙØ³ÙØ© Ø§ÙØ¯Ø±Ø§Ø³ÙØ© 2013/2014.