cover
Contact Name
ENCENG YANA
Contact Email
jurnaledunomci@gmail.com
Phone
+6281220797340
Journal Mail Official
jurnaledunomic@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perjuangan No 1 Kota Cirebon
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
EDUNOMIC : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 2337571X     EISSN : 2541562X     DOI : DOI: http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v8i2
Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal interdisipliner yang mempublikasikan kajian-kajian pustaka, penelitian empiris, review buku terkait dengan pengembangan keilmuan dalam bidang Pendidikan Ekonomi. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Edunomic ini adalah sebagai berikut (1) Model Pembelajaran ekonomi;(2) Model Pembelajaran akuntansi;(3) Media dan multimedia pembelajaran Ekonomi;(4) Kurikulum dalam pengajaran ekonomi;(5) Penilaian dan evaluasi dalam pengajaran ekonomi; (5) Desain dikdaktis dalam pembelajaran ekonomi; (6) Lesson Studi dalam pembelajaran ekonomi;(7) Kewirausahaan;(8) Akuntansi.
Articles 66 Documents
Pengaruh Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing Terhadap Harga Jual pada PT Totum Diba Ciwaringin Cirebon Yana, Enceng; Wuriyani, Indari
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2017): Edisi Maret
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v5i1.928

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi metode full costing terhadap penentuan harga jual pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yaitu salah satu metode pengumpulan data mengenai hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, agenda dan sebagainya. Adapun teknik penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan harga pokok produksi dan harga jual PT Totum Diba Cirebon sedangkan sampelnya adalah laporan harga pokok produksi dan harga jual PT Totum Diba Cirebon. Berdasarkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,990, analisis determinasi 98,1%, yang menunjukan tingkat perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing mempengaruhi penentuan harga jual. Analisis regresi sederhana  Y = 799189,184 + 6107,131X yang menunjukan apabila perhitungan harga pokok produksi bertambah 1, maka penentuan harga jual akan bertambah  6107,131.   Nilai uji t = 10,080 dengan signifikan uji t yaitu sig = 0,010 lebih kecil dari nilai taraf 0,05 maka variabel X (perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing) mempunyai peranan nyata (signifikan) terhadap variabel Y (harga jual). Dengan tingkat signifikansi α = 0,05 dan dk (n-2) = 3 – 2 = 1 dilakukan uji satu pihak, sehingga diperoleh nilai ttabel adalah 0,025. Karena nilai thitung ≥ ttabel atau ( 10,080 ≥ 0,025) maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya koefisien regresi signifikan atau dengan kata lain perhitungn harga pokok produksi dengan metode full costing berpengaruh signifikan terhadap penentuan harga jual.Kata Kunci ; Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing Terhadap Penentuan Harga Jual .
Studi Tentang Pengaruh Latar Belakang Keluarga Terhadap Intensi Kewirausahaan Siswa SMKN Se-Kabupaten Bangka Zulfickar, Rizki; Sobandi, A.
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 8, No 1 (2020): EDISI MARET
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v8i1.2817

Abstract

AbstractThe problem in this study is the increase in unemployment in vocational high schools (SMK) caused by differences between student expertise and corporate culture. This study discusses the family background of influencing entrepreneurial intentions. The research method used was an explanatory survey using a questionnaire as an instrument using a Likert scale of 1-5. The population in this study were all students of class XII SMK in Bangka Regency. The sample in this study consisted of 320 students. Based on the results of the study showed that family background influences the intention of entrepreneurship significantly, both partially and simultaneously. Students who have an entrepreneurial family background have an average score higher than students who have a family background rather than an entrepreneur. The findings on the measurement of the intention of entrepreneurship plan indicators totaled to 4,51, meaning students have a high seriousness of thinking and planning regarding opening a new business. The second highest indicator is the desire of 4.12, meaning students have the desire to be independent and will be in the future. The highest indicator is a preference of 4,00, meaning that students prefer entrepreneurship as a career choice in the future when choosing a career again as a worker. It can be concluded that the intention of entrepreneurship students in vocational schools in Bangka Regency is high in category. Keywords: family background, entrepreneurship intention
DETERMINASI KEPEMILIKAN KELUARGA TERHADAP KINERJA RENTABILITAS PERUSAHAAN Laely, Fi'liyatul; Yana, Enceng
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 6, No 1 (2018): Edisi Maret
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v6i1.963

Abstract

Struktur kepemilikan suatu perusahaan dapat mempengaruhi jalannya perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja perusahaan terutama kinerja rentabilitas perusahaannya dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut yaitu memaksimalkan nilai perusahaan. Struktur kepemilikan perusahaan terdiri dari beberapa jenis salah satunya merupakan kepemilikan keluarga. Secara umum perusahaan keluarga adalah perusahaan yang memiliki struktur kepemilikan keluarga. Hal tersebut dapat menimbulkan beberapa permasalahan dalam manajemen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemilikan keluarga. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja rentabilitas perusahaan yang dicerminkan melalui return on assets (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kepemilikan keluarga terhadap kinerja rentabilitas perusahaan dengan dicerminkan melalui return on assets (ROA).Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2014. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 141 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2014. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu. Maka sampel yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 22 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2014. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif.Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel kepemilikan keluarga memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja rentabilitas perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan keluarga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja rentabilitas perusahaan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil koefisien determinasi yang sangat kecil sekali hanya sebesar 0,02%. Hasil pembahasan menemukan bahwa kepemilikan keluarga hanya berpengaruh sangat kecil terhadap kinerja rentabilitas perusahaan, karena dalam menentukan kinerja rentabilitas perusahaan tidak hanya dipengaruhi oleh kepemilikan keluarga namun dapat dipengaruhi oleh sebab-sebab lainnya yang tidak diteliti oleh penulis.
PERANCANGAN PEMBELAJARAN VIRTUAL OVOP SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN ILMU EKONOMI DI ERA DISRUPSI Puspasari, Emma Yunika
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 8, No 2 (2020): EDISI SEPTEMBER
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v8i2.3999

Abstract

ABSTRACTHegemony classical in economics raises the prisoner’s dilemma related to the ever-changing paradigm of disruption education. Overcoming this dilemma requires a choice of orientation for the Virtual OVOP design, which determines the commitment to resolve the disruption of education polemic. The learning innovation projected was the design of Virtual OVOP learning as a means of developing economics. The affirmation of the concept of economic learning between central and peripheral had been demonstrated by classical economics’, which magnum opus. We should fossilize it in the frame of cultural awareness to exploit the local potential. The idealization of the existence of learning through exploiting the economic potential in the spirit of trying to be together in mainstream education can be realized more clearly with the Virtual OVOP learning design. Learning virtual OVOP using the research and development model approach is a One Village One Product (OVOP) model that was part of learning based on educational videos and animated multimedia on mapping feature products of a rural area and the efficient use of local resources to build a welfare rural.Keywords: Virtual OVOP, Educative Video, Welfare Rural
Potensi Ekonomi Dan Aksesibilitas: Analisis Sektor Yang Potensial Dan Mempunyai Keunggulan Kompetitif Menuju Cirebon Kota Metropolitan Baru Yana, Enceng
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 7, No. 1 (2019): Edisi Maret
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v7i1.1775

Abstract

Penelitian ditujukan untuk menganalisis sektor-sektor ekonomi yang potensial untuk dikembangkan sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi  dan menganalisis kawasan yang menjadi pusat kegiatan ekonomi dan pengembangan UMKM dengan melakukan analisis data literatur dan observasi langsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan alat analisis Location Quotient (LQ), analisis Shift Share (SS), analisis MRP, analisis Overlay, dan analisis Model Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui hasil perhitungan rata-rata LQ tahun 2014-2015 menunjukkan bahwa sektor ekonomi di Kecamatan Plered yang tergolong dalam ketegori sektor basis dengan kriteria hasil nilai perhitungan LQ lebih besar dari 1 (LQ>) ada tujuh sektor, yaitu: sektor industri pengolahan, sektor jasa, sektor jasa perusahaan, sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial, sektor informasi dan, sektor jasa, dan sektor penyediaan akomodasi dan makan minum. Dan berdasarkan hasil analisis keseluruhan sektor yang merupakan sektor  maju dan unggulan serta memiliki spesialisasi dan kompetitif ialah sektor industri pengolahan. Sektor yang berpotensial akan mempengaruhi pengembangan UMKM di Kecamatan Plered karena mayoritas masyarakat berpenghasilan dengan menjalankan usaha perdagangan dan industri batik, meubel, dan sandal. Melalui penelitian ini program pengembangan UMKM yang berpotensi di Kecamatan Plered merupakan langkah yang tepat dan efektif dalam upaya pemerintah daerah  menangani persoalan daerah tertinggal di Kabupaten Cirebon. Selain itu, pentingnya aksesibiltas infrastruktur yang dapat menunjang pengembangan potensi ekonomi.
PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPS Marhayani, Dina Anika
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2017): Edisi September
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v5i2.261

Abstract

Pembelajaran IPS diperlukan untuk membentuk karakter generasi muda. Generasi muda adalah ujung tombak masa depan suatu negara, sehingga mereka harus memiliki karakter dalam kehidupan bermasyarakat. Peranan pembelajaran IPS adalah untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi sosial masyarakat. Pokok permasalahan yakni belum maksimalnya penanaman karakter di sekolah-sekolah di kota Singkawang karena pembelajaran IPS masih bersifat teori. Padahal inti dari pembelajaran ini adalah membentuk peserta didik menjadi warga negara yang baik yang diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini telah meninjau literatur jurnal yng sama dan artikel tentang kaitannya pembelajaran IPS dengan pembentukan karakter. Bagian pertama dalam studi ini akan memperkenalkan tentang hakikat dari pembelajaran IPS. Bagian kedua, akan membahas peranan pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter. Bagian akhir dari tulisan ini akan menjelaskan tentang pembentukan karakter di sekolah-sekolah melalui pembelajaran IPS.
Pengaruh Pendidikan Tinggi, Kepadatan Penduduk, Mortalitas Bayi, dan PDB Per-Kapita Terhadap Tingkat Fertilitas di Indonesia Aprila Severus, Paskasius Kletus
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 7, No 2 (2019): Edisi September
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v7i2.2307

Abstract

The goal of this research is to see whether higher education, population density, infant mortality and GDP per capita has impact on fertility in Indonesia or not. This study used estimates of Vector Error Correction Model (VECM) where the estimated VECM simultaneously contained the analysis of changes in the short term, and also long term. The study also includes granger causality test. Then to estimate the large contribution of independent variables in influencing the dependent variable, variance decomposition test was also included. The results showed there were three independent variables that had a significant influence, including the participation of higher education, population density, and GDP per capita in the long run, while the infant mortality rate did not affect the changes in fertility rates.
Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Active Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Herawan, Endang
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2017): Edisi Maret
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v5i1.935

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara aktif dan menyenangkan di dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang optimal. Maka secara langsung dalam kegiatan pembelajaran di sekolah diperlukan penggunaan model pembelajaran aktif salah satunya adala                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 tipe active debate.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe active debate, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi antara siswa yang menggunakan atau mendapatkan penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate dengan siswa tidak menggunakan atau mendapatkan penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate, untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif tipe active debate terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen quasi dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas dari 4 kelas IIS yaitu XI IIS 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IIS sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pretest, postes dan angket.Hasil penelitian menunjukan bahwa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate pada mata pelajaran ekonomi sangat positif yaitu sebesar 83, 93%. Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan diperoleh perhitungan dari nilai n-gain yaitu nilai thitung = 15,036 dengan derajat kebebasan (df) (n1+n2-2) = 80-2 = 78, diperoleh ttabel= 2,000 dengan α = 0,05 dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel,  maka nilai thitung akan lebih besar dari ttabel (15,036 > 2,000), hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, Penerapan model pembelajaran aktif tipe active debate dapat mempengaruhi hasil belajar siswa bahwa thitung > ttabel,yaitu15,863 > 2,000, hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolakDengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe active debate dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lemahabang.
STRATEGI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP BUSINESS PERFORMANCE DIMEDIASI KEMAMPUAN KREATIVITAS DAN INOVASI PADA USAHA GARMEN DI PASAR TRADISIONAL BANDUNG Zulfickar, Rizki; Machmud, Amir; Sobandi, A.
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 8, No 2 (2020): EDISI SEPTEMBER
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v8i2.3475

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this research is to find out the effect of Entrepreneurship Strategy on Business Performance mediated by the ability of Creativity and Innovation in Garment Business in Bandung Traditional Market. Study population, 280 Bandung garment businesses. Determination of sample size uses the Slovin formula with a sample size of 165 Bandung garment businesses.. Data collection techniques using a questionnaire. Data analysis uses descriptive statistical analysis and Multiple Mediation Regression analysis. Descriptive analysis of results obtained that the Business Performance in the good category, Entrepreneurship Strategy in the good enough category, Creativity in the good enough category, and Innovation in the good enough category. The results showed that the Entrepreneurship Strategy directly involved Business Performance with a coefficient of determination of (57.7%). Mediation effect through creativity with a coefficient of determination of (19.1%), mediation effect through innovation with a coefficient of determination of (16.7%), total mediation effect of Creativity and innovation with a coefficient of determination of (81.5%). The conclusions of the research related to the Entrepreneurship Strategy simultaneously on Business Performance are mediated by Creativity and Innovation in the Garment Business in Bandung Traditional Market.Keywords: Entrepreneurship Strategy, Creativity Ability, and Innovation, Business Performance 
Apakah Transaksi dengan Pihak Berelasi yang Terindikasi Tunneling Mempengaruhi Firm Value? Putri, Nadifa Amalia Gunadi; Pratama, Arie
Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 7, No. 1 (2019): Edisi Maret
Publisher : FKIP Unswagati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/ejpe.v7i1.1879

Abstract

Transaksi dengan pihak berelasi merupakan transaksi umum dalam kegiatan bisnis sehari-hari dan telah menjadi bahan perdebatan mengenai apakah transaksi tersebut memberikan pengaruh positif maupun negatif terhadap perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana nilai perusahaan bereaksi terhadap pinjaman kepada pihak berelasi (atau piutang lain-lain kepada pihak berelasi). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pinjaman yang diberikan kepada pihak berelasi, variabel terikat yaitu nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Sampel ditentukan dengan kriteria sampel dan menghasilkan 417 observasi yang terdiri dari perusahaan terdaftar di seluruh sektor di Bursa Efek Indonesia dengan mengecualikan sektor keuangan. Data diuji dengan analisi regresi data panel untuk menguji hipotesis yang telah dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan dengan nilai pinjaman yang diberikan kepada pihak berelasi lebih kecil memiliki nilai perusahaan yang lebih besar, karena transaksi tersebut merupakan salah satu cara memindahkan kekayaan dari perusahaan. Selain itu, ukuran perusahaan juga mempengaruhi nilai perusahaan dengan cara yang sama. Keywords: firm value, transaksi dengan pihak berelasi, tunneling.