cover
Contact Name
Mohammad Sani Suprayogi
Contact Email
yogie@usm.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
santi@usm.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Transformatika
Published by Universitas Semarang
ISSN : 16933656     EISSN : 24606731     DOI : -
Core Subject : Science,
Transformatika is a peer reviewed Journal in Indonesian and English published two issues per year (January and July). The aim of Transformatika is to publish high-quality articles of the latest developments in the field of Information Technology. We accept the article with the scope of Information Systems, Web Technology, Computer Networks, Artificial Intelligence, and Multimedia.
Arjuna Subject : -
Articles 221 Documents
PENATAAN RUANG KAWASAN AGROPOLITAN DI KABUPATEN SEMARANG DENGAN METODE ARTIFICIAL NEURAL NETWORK priyadi, priyadi; Sediyono, Eko; Prasetyo, Sri Yulianto Joko
Jurnal Transformatika Vol 17, No 2 (2020): January 2020
Publisher : Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/transformatika.v17i2.1615

Abstract

Kecamatan Bandungan dan Sumonowo merupakan wilayah di Kabupaten Semarang yang ditetapkan sebagai kawasan Agropolitan. Dalam beberapa survei dan penelitian di kawasan yang memiliki kesamaan administratif dan geografis tersebut menunjukan tren perubahan produktifitas pertanian akibat pembangunan. Pendekatan sistem informasi geografis digunakan dalam penelitian ini dengan alasan untuk bisa menganalisis objek spasial secara menyeluruh pada kawasan terkait. Penelitian ini berusaha memetakan penataan ruang secara objektif dengan metode Artificial Neural Network. Dimana hubungan antar objek spasial dikalkulasikan potensi perubahannya pada dua data spasial yang berbeda  tempo. Hasilnya didapatkan bahwa simulasi objektif dengan metode ANN terhadap data spasial hasil klasifikasi menggunakan metode minimum distance diperoleh min validation error 0,0656. Hasil validasinya juga cukup baik, yaitu memperoleh prosentasi kebenaran 85,3% dan index kappa 0.80. Peta simulasi dihasilkan sampai pada tempo 2021. Dari peta simulasi didapatkan pengetahuan bahwa sistem pertanian terbuka akan terus mengalami pertumbuhan luasan secara positif dengan kisaran 0,015%. Adapun sistem pertanian tertutup akan terus mengalami penyusutan luasan pada kisaran 0,01%. Pengetahuan ini bisa menjadi alternaif solusi dalam mempertimbangkan implementasi rencana tata ruang dan wilayah pada kawasan terkait.
PEMROSESAN CITRA MENGGUNAKAN IMAGE THINNING Handayani, Maya Rini
Jurnal Transformatika Vol 5, No 2 (2008): January 2008
Publisher : Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/transformatika.v5i2.23

Abstract

Makalah ini membahas tentang proses untuk membuat gambar menjadi lebih tipis, digunakan untuk memanggil gambar menipis.gambar menipis adalah salah satu perubahan gambar lebih algoritma dalam operasi morfologi. itu berarti bahwa operasimengubah gambar ke biner atau gambar grayscale. definisi gambar menipis adalah mengubah bentuk asli citra biner ke dalam sebuah gambar yang muncul batas obyek atau latar depan hanya di satu pixel.
PEMANFAATAN PEMROGRAMAN VISUAL UNTUK APLIKASI SISTEM PEMBAGIAN WARISAN MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE PARADIGMA PADA SISTEM PAKAR Mufadhol, M
Jurnal Transformatika Vol 9, No 1 (2011): July 2011
Publisher : Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/transformatika.v9i1.55

Abstract

Dalam rekayasa perangkat lunak, metode prototype paradigma sangat mungkin digunakan sebagai metode pengembangan sistem. Metode prototype paradigma terdiri dari tiga tahapan yaitu listen to customer, software build, customer test. Tiga tahapan ini menuntut peran aktif pengguna maupun pakar untuk ikut dalam membangun sistem pakar pembagian harta warisan. Kesesuaian atau kesamaan hasil antara pengujian secara manual dan pengujian secara sisem informasi menunjukkan bahwa rancang bangun sistem pakar pembagian harta warisan dengan menggunakan metode prototype paradigma dapat digunakan dengan mudah, cepat dan tepat.
STUDI TERHADAP MAHASISWA USM UNTUK MELIHAT DAMPAK NEGATIF MEROKOK DENGAN MENGGUNAKAN SPSS 12 Vydia, Vensy
Jurnal Transformatika Vol 4, No 1 (2006): July 2006
Publisher : Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/transformatika.v4i1.14

Abstract

Sering kali, apabila pada situasi menuntut kita untuk mengambil tindakan keputusan, kita harus memutuskan untuk memilih satu dari dua atau lebih alternatif tindakan yang dapat diambil. Pilihan akan sederhana jika setiap tindakan hanya memiliki satu konsekuensi dan konsekuensi tersebut diketahui secara pasti, sehingga pengambilan keputusan memilih tindakan yang memiliki konsekuensi paling sesuai dengan keinginan kita. Dengan kata lain, pengambilan keputusan cenderung pada kemungkinan-kemungkinan yang memiliki konsekuensi akan terjadi.Adalah suatu aturan tertentu untuk mengambil keputusan dengan menggambarkan proses yang digunakan untuk memilih suatu tindakan sebagai cara pememcahan masalah yang disebut dengan sistem pendukung pengambilan keputusan atau decision support system. Sedangkan statistik merupakan suatu teknik pengumpulan hasil analisa yang didapat dari observasi dan lain dari sampel yang ada. Jadi pengambilan keputusan jika dilihat dari sudut pandang teori pengambilan keputusan secara statistik, adalah suatu situasi pengambilan keputusan pada kondisi tidak pasti, yang dinyatakan dalam bentuk tabel, diagram, polygon, histogram an lain sebagainya yang mendeskripsikan situasi tersebut. Dimana mereka ( diagram, polygon, histogram ) mengidentifikasikan keuntungan maksimal dan kerugian minimal yang didapat untuk memungkinkan diwujudkan dalam bentuk tindakan, berikut berikut alternatif yang ada. Selain itu hasil dari analisa juga mengidentifikasikan probabilitas untuk setiap kejadian yang saling meniadakan ( utually exclusive )
HUBUNGAN FUZZY LOGIC DENGAN BOSTON CONSULTING GROUP UNTUK EVALUASI PRODUK Winarti, Titin
Tr@nsForMat!ka Vol 8, No 2 (2011)
Publisher : Jurusan Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat ini kebutuhan hari informasi yang benar akurat dan real sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan informasi, kita dapat melakukan apa yang akan kita lakukan ke depan dengan memiliki informasi. Informasi dapat menyediakan data yang relevan, akurat, dapat mengerti, pada jadwal untuk semua orang sehingga dapat dibuat untuk membuat keputusan. Fuzzy Logic dengan Boston Consulting Group digunakan untuk mengevaluasi produk untuk mendapatkan keputusan yang relevanFuzzy Logic adalah metode diterapkan untuk mendukung proses evaluasi. Fuzzy Logic adalah metodologi yang telah ditetapkan dan secara luas digunakan untuk sistem model yang variabelnya bersifat kontinu, tidak pasti, atau ambigu. Ide utama dari Logika Fuzzy adalah bahwa hal-hal dalam dunia realitas yang lebih baik digambarkan dengan memiliki fungsi keanggotaan parsial pada pertemuan yang masing-masing saling melengkapi selain memiliki fungsi keanggotaan yang lengkap dalam sebuah pertemuan eksklusif.Proses evaluasi produk dilakukan sebagai berarti untuk menganalisis performansi produk di lapangan dilihat dari beberapa parameter tertentu. Output dari proses ini adalah mengevaluasi strategi rekomendasi untuk menjadi acuan dalam pengambilan keputusan atau rencana aksi untuk kelanjutan produk. Rencana Aksi ini merupakan strategi ini atau perlakuan yang akan diberlakukan untuk produk dievaluasi.
ANALISIS CEPSTRUM PADA SINYAL UCAPAN VOKAL BAHASA INDONESIA Mutiara KN, Dinar
Jurnal Transformatika Vol 1, No 2 (2004): January 2004
Publisher : Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/transformatika.v1i2.6

Abstract

Metode analisis cepstrum adalah salah satu beberapa metode yang digunakan untuk menentukan parameter sinyal ucapan.analisis cepstrum melibatkan perhitungan dengan metode cepstrum nyata yang cepstrum masing-masing mewakili spektrumbentuk logaritma yang bergerak dalam domain waktu.
KAPASITAS DAN EFISIENSI SPEKTRAL FDMA DAN TDMA Winarti, Titin
Jurnal Transformatika Vol 6, No 2 (2009): January 2009
Publisher : Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/transformatika.v6i2.37

Abstract

GSM merupakan teknologi sistem yang paling populer selular di Indonesia. dalam sistem telekomunikasi seluler ada definisiuntuk alokasi pita frekuensi, sistem alokasi standar GSM Eropa definisi dari frekuensi band untuk kedua arah komunikasi adalah sama dengan 2x25MW MHz. efisiensi semakin tinggi spektral sistem dilakukan dengan dua cara yaitu, dengan frekuensi yang berbeda dari pola akses FDMA dan waktu yang berbeda atau pola akses TDMA.
MEMBANGUN SISTEM INTEROPERASIBILITAS SISTEM OPERASI LINUX DAN WINDOWS DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SAMBA Mufadhol, M
Jurnal Transformatika Vol 10, No 1 (2012): July 2012
Publisher : Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/transformatika.v10i1.69

Abstract

Saat ini banyak digunakan sistem operasi yang berbeda pada sistem komputer, untuk menghubungan kedua sistem operasi yang berbeda ini diperlukan software pembantu. Teknologi Samba sebagai software yang akan membantu sebagai penghubung antara sistem operasi Linux dengan sistem operasi Windows. Sebelum melakukan sharing data dan printer perlu diambil langkah-langkah agar sharing dapat dilakukan dengan sempurna diantaranya : (1) Instalasi Samba, (2) Membuat User Samba, (3) Membuat konfigurasi Samba yaitu : (a) Melalui terminal (shell), (b) Xwindows, (c) Browser (SWAT), (4) Mengaktifkan Samba.File sharing dan Print sharing pada sistem operasi Linux dan sistem operasi Windows pada jaringan komputer dengan menggunakan Samba dapat dilakukan dengan mudah dan teratur.
PERENCANAAN LOCAL AREA NETWORK Susanto, S
Jurnal Transformatika Vol 6, No 1 (2008): July 2008
Publisher : Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/transformatika.v6i1.28

Abstract

Proses perencanaan area lokal jaringan (LAN) dapat dijadikan salah satu pertimbangan dalam membuat desain jaringan LAN.Dimana perencanaan Proses yang baik akan mendapatkan jaringan yang cocok dengan salah satu yang kita harapkan sepertimengklarifikasi kebutuhan akan perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan konfigurasi dalam konteks masalah, solusi, dan juga target bisnis.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS WEB Nugroho, Atmoko
Jurnal Transformatika Vol 9, No 2 (2012): January 2012
Publisher : Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26623/transformatika.v9i2.60

Abstract

Process to learn usually used study concept conventionally, where educative participant and educator earn meeting each other in an certain time and place. But performed within this research non conventional study, study used by this model study of long distance, anywhere its place there is no problem, during study items and evaluation there is still study will be. Target of in this research is to wear media of web as medium study of long distance by wearing concept of elearning. Research method the used is reengineering, while its development method wear ADDIE ( Analysis, Desaign, Development, Implementation And Evaluation) while for the method of desain wear UML ( Unified Modelling of Language). Result of research can be accessed by online, comprising items, assessment and evaluation.

Page 1 of 23 | Total Record : 221