cover
Contact Name
Abd. Rohman
Contact Email
rohmanch93@yahoo.com
Phone
+6281233992973
Journal Mail Official
jisip.unitri@gmail.com
Editorial Address
Jl. Telaga Warna, Tlogomas, Malang, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
ISSN : -     EISSN : 24426962     DOI : -
Jurnal JISIP adalah Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang memuat hasil penelitian dan kajian di bidang Ilmu Sosial, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Administrasi yang belum pernah dipublikasikan.
Articles 406 Documents
AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PROGRAM E-KTP DI TINGKAT PEMERINTAHAN DAERAH PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MALANG Agitia, Desi
JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.839 KB) | DOI: 10.33366/jisip.v8i2.1743

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the accountability of public services in the E-KTP program at the regional government level at the Malang Regency Population and Civil Registration Service, supporting factors and inhibitors. This study uses qualitative methods, with sampling techniques using purposive sampling. Data collection techniques are: interviews, observation, and documentation. Data analysis through the stages of reduction, presentation, and conclusion. The validity test uses technical triangulation. The results of the study prove that the accountability of public services in the E-KTP program at the Regional Government level at the Malang Regency Population and Civil Registration Service is good because it is in accordance with Service Operational Standards and is associated with public service standards such as procedures, time, costs, products, facilities and infrastructure. In the accountability of public services given to the community has been in line with the expectations of the community. This is supported by good official awareness, clear rules, healthy organizations, and good systems. On the other hand, there are inhibiting factors that must be dealt with, including the public not yet fully aware of the website and lack of knowledge about IT (information and technology) Dispendukcapil Malang Regency.Keywords: Accountability, Public ServicesAbstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui akuntabilitas pelayanan publik dalam program E-KTP di tingkat pemerintahan daerah pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang, faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan tehnik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik.Hasil penelitian membuktikan bahwa akuntabilitas pelayanan publik dalam program E-KTP di tingkat Pemerintahan Daerah pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang sudah baik karena sudah sesuai dengan Standar Operasional Pelayanan dan dikaitkan dengan standar pelayanan publik seperti prosedur, waktu, biaya, produk, sarana dan prasarana. Dalam akuntabilitas pelayanan publik yang diberikan pada masyarakat sudah sesuai harapan dari masyarakat. Hal tersebut didukung oleh kesadaran pejabat yang baik, aturan yang jelas, organisasi yang sehat, serta sistem yang baik. Di sisi lain, terdapat faktor penghambat yang harus ditangani diantaranya masyarakat belum sepenuhnya mengetahui website dan minimnya pengetahuan mengenai IT (informasi dan teknologi) Dispendukcapil Kabupaten Malang.Kata Kunci : Akuntabilitas, Pelayanan Publik 
PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK Deriyanto, Demmy; Qorib, Fathul
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.957 KB)

Abstract

Abstract: Social Media aims to provide convenience in terms of communicating that have an impact on both the perception of the positive or negative perceptions. Tik Tok is one of the new social media where each user can create, share videos and interact directly with the comments column or private chat. The purpose of this study to determine how perceptions of university students in the use of applications Tribhuwana Tunggadewi Tik Tok influenced by internal and external factors in shaping a perception. This research is qualitative research. Determination of informants using purposive sampling and stratified sampling with 19 informants. With the results of perception studies Tribhuwana Tunggadewi Malang University students in the use of application Tik Tok positive perceptions are formed based on the benefits provided and the negative perception of where Tik Tok not provide benefits to the users. Of positive and negative perceptions there are factors that affect the perception that internally and externally of individual users. Keywords: Social Media, Perception, Tik Tok Abstrak: Media sosial bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam hal berkomunikasi sehingga memiliki dampak bagi pengguna baik itu persepsi positif atau persepsi negatif. Tik Tok merupakan  salah media sosial baru dimana setiap pengguna bisa membuat, berbagi video serta berinteraksi secara langsung melalui kolom komentar maupun chat pribadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa universitas tribhuwana tunggadewi dalam penggunaan aplikasi Tik Tok yang dipengaruhi oleh  faktor internal dan eksternal dalam membentuk sebuah persepsi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan stratified sampling dengan 19 orang informan. Dengan hasil penelitian persepsi mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang dalam  penggunaan aplikasi Tik Tok yaitu persepsi positif yang terbentuk berdasarkan manfaat yang diberikan dan persepsi negatif dimana Tik Tok tidak memberikan manfaat bagi pengguna. Dari persepsi positif dan negatif terdapat faktor yang memengaruhi persepsi yaitu secara internal dan eksternal dari individu penggunanya. Kata Kunci : Media Sosial, Persepsi, Tik Tok
ANALISIS PERILAKU WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP MINAT PERILAKU MENGGUNAKAN E-FILING Dyanrosi, Aulia
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.043 KB)

Abstract

Pajak merupakan sumber penerimaan negara, namun angka tax gap yang signifikan dan tax ratio yang masih rendah menunjukkan usaha memungut pajak (tax effort) di Indonesia masih rendah. Hal tersebut terkait dengan administrasi perpajakan yang seringkali menemui kendala apabila dilakukan secara manual. Untuk itu sejak tahun 2014 pemerintah membuat system pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang disebut dengan e-filing. Agar sistem e-filing ini dapat diterima oleh wajib pajak, maka perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat wajib pajak orang pribadi dalam Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis niat perilaku wajib pajak orang pribadi dalam menggunakan e-filing yang diantaranya dipengaruhi oleh faktor kesukarelaan (voluntariness) dalam menggunakan, pengalaman menggunakan (experience), persepsi kegunaan (perceived usefulness), sikap terhadap penggunaan (attitude toward using), kompleksitas (complexity), pengalaman menggunakan (experience), jenis kelamin (gender), tingkat pendidikan (education), usia (age) dan persepsi kemudahan penggunaan (perceived easy of use). Penelitian ini memodifikasi model Technology Acceptance Model untuk memprediksi penerimaan e-filing. Penelitian ini menggunakan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi terdaftar yang pernah menggunakan e-filing di Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengalaman menggunakan (experience), kompleksitas (complexity), usia (age), persepsi kemudahan penggunaan (perceived easy of use) dan sikap terhadap penggunaan (attitude toward using) mempengaruhi minat perilaku wajib pajak dalam menggunakan e-filing sebagai sarana pelaporan pajaknya. Kata Kunci: e-filing, Niat Perilaku, Sikap, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan
PROSES PELAYANAN E-KTP DALAM USAHA TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN BIDANG PENDIDIKAN ( STUDI DI DESA SUMBEREJO KECAMATAN BATU KOTA BATU) Shofi, M.; Rusmiwari, Sugeng
JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.148 KB) | DOI: 10.33366/jisip.v8i1.1554

Abstract

Abstract: The family hope program in the education sector is a social protection program that has the character of providing conditional cash assistance to very poor households in the education sector as a form of social protection by the government to the poor. Currently the number of beneficiaries up to 2018 reaches 10 million program beneficiaries, a number that is very much even though still from a small number of poor people in Indonesia. The general objective of the family program hopes in the education sector is to improve accessibility to education services in supporting the achievement of short-term quality of life and breaking the long-term poverty chain. The family hope program in the education sector is part of the family program component of hope which is the focus of poverty alleviation in the education sector which aims to change the lives of the poor so that they are more qualified in accordance with the abilities they sharpen in school. Actually the family hope program is a form of poverty alleviation, but this model does not involve the participation of the community as a whole, but only people who are classified as poor and have entered verification data that has been determined. Where the government has a big role in providing minimal assistance so that people can achieve a better quality of life than before. Keywords: Family Hope, Education, Poverty Program Abstrak: Program keluarga harapan bidang pendidikan merupakan program perlindungan sosial yang bersifat memberikan bantuan tunai bersyarat pada rumah tangga sangat miskin dalam bidang pendidikan sebagai bentuk perlindungan sosial oleh pemerintah kepada masyarakat miskin. Saat ini jumlah penerima manfaat sampai dengan 2018 mencapai 10 juta penerima manfaat program, jumlah yang sangat banyak walaupun masih dari sebagian kecil jumlah penduduk miskin yang ada di Indonesia. Tujuan umum program keluarga harapan bidang pendidikan adalah untuk meningkatkan aksesibilitas terhadap pelayanan pendidikan dalam mendukung tercapainya kualitas hidup jangka pendek dan memutus rantai kemiskinan jangka panjang. Program keluarga harapan bidang pendidikan merupakan bagian dari komponen program keluarga harapan yang menjadi fokus dalam pengentasan kemiskinan bidang pendidikan yang bertujuan untuk mengubah kehidupan masyarkat miskin agar lebih berkualitas sesuai dengan kemampuan yang mereka asah dalam bersekolah. Sebenarnya Program keluarga harapan adalah bentuk pengentasan kemiskinan namun model seperti ini tidak melibatkan pastisipasi masyarakat secara keseluruhan, namun hanya masyarakat yang memang tergolong miskin dan telah masuk verifikasi data yang telah di tentukan. Dimana pemerintah mempunyai peran besar dalam menyediakan bantuan minimal supaya masyarakat bisa mencapai kualitas hidup yang lebih baik dari sebelumnya.Kata Kunci: Program Keluarga Harapan, Pendidikan, Kemiskinan
PERAN BADAN PENANAMAN MODAL DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PERIJINAN TENTANG INVESTASI PARIWISATA DI KOTA BATU Aminudin, Aminudin
JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.874 KB) | DOI: 10.33366/jisip.v6i2.913

Abstract

Abstract:Investment Board (BPM) is a government agency that has the authority to issue a permit through the procedure of licensing in accordance with the provisions that exist. Improvement of licensing services needs to be improved in order to increase public interest and trust to follow licensing procedures in conducting business related to capital investment especially in tourism sector. Visitors to tourist attractions in Batu increasing, so it is necessary to add new tourist rides to attract tourists both local and foreign that will impact on the increasing of local revenue (PAD) in the long term. This program is in accordance with the Letter of the Secretariat of the Cabinet No. B 652 / seskab / maritim / 2015 November 6, 2015 on the direction of the President of the Republic of Indonesia on tourism and the direction of the President at the cabinet meeting at the beginning of the year on January 4, 2016. This research was conducted to find out the role of Investment Board in improving the licensing service about tourism investment in Batu. The method used a qualitative. With sample determination technique using purposive sampling technique. The validity of the data was tested using the source triangulation technique. The results showed that the improvement of service in the field of tourism investment in Batu has run effectively and efficiently in accordance with the applied laws and regulations. Implementation of duties and functions have been in accordance with the standard operational procedure (SOP) applied in BPM. Keywords: Service, Licensing, Tourism Investment. Abstrak : Badan Penanaman Modal (BPM) merupakan instansi pemerintah yang memiliki wewenang mengeluarkan surat ijin melalui prosedur penyelenggaraan perijinan sesuai dengan ketentuan yang ada. Peningkatan pelayanan perijinan perlu ditingkatkan guna meningkatkan minat dan kepercayaan masyarakat untuk mengikuti prosedur perijinan dalam menjalankan usaha yang berkenaan dengan investasi modal terutama di bidang pariwisata. Pengunjung tempat wisata di Kota Batu semakin hari semakin meningkat, sehingga perlu penambahan wahana wisata yang baru untuk menarik wisatawan baik lokal maupun asing yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dalam jangka panjang. Program ini sesuai dengan Surat Sekretariat Kabinet Nomor B 652/seskab/maritim/2015 Tanggal 6 November 2015 perihal arahan Presiden Republik Indonesia mengenai pariwisata dan arahan Presiden pada sidang kabinet awal tahun pada 4 Januari 2016. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran Badan Penanaman Modal dalam meningkatkan pelayanan perijinan tentang investasi pariwisata di Kota Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. menggunakan teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Keabsahan data diuji menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu peningkatan pelayanan di bidang investasi pariwisata di Kota Batu telah berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pelaksanaan tugas dan fungsi telah sesuai dengan standard operational procedure (SOP) yang berlaku di BPM. Kata Kunci: Pelayanan, Perijinan, Investasi Pariwisata.
UPAYA LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN SEBAGAI PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN KELURAHAN Ranjamandu, Amron Rehi
JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 8, No 4 (2019)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.09 KB) | DOI: 10.33366/jisip.v8i4.2016

Abstract

Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan  dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di kelurahan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat partisipasi masyarakat dalam pembangunan di kelurahan.Penelitian dilaksanakan di Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan fokus penelitian yakni; 1) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Lembaga Kemmasyarakatan yang ditetapkan dengan peraturan desa/kelurahan, yang bertugas membantu pemerintah desa/ kelurahan dan merupakan mitra dalam memberdayakan masyarakat. 2) Partisipasi Masyarakat, Keikut sertaan masyarakat atau keterlibatan aktif  dalam menentukan pilihandan mengontrol lingkungannya . 3) Pembangunan , Proses perubahan dari suatu kondisi tertetu ke kondisi yang lebih baik yang dialami oleh masyarakat.Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Kelurahan Tlogomas sudah cukup baik, hal ini karena upaya yang dilakukan oleh LPMK sebagai salah satu lembaga pemberdayaan masyarakat yang telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, meskipun masih ada beberapa faktor yang menghambat LPMK dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat di Kelurahan Tlogomas. Kata Kunci: Partisipasi, Pemberdayaan, Masyarakat Abstract: The purpose of this study was to determine the efforts of the Village Community Empowerment Institution in increasing community participation in the development in Kelurahan and know the supporting factors and inhibiting community participation in developing Kelurahan. This study was conducted at the Village Community Empowerment Institution (LPMK) in Kelurahan Tlogomas, Malang Lowokwaru District. This study used qualitative research approach, with the focus of research were; 1) Village Community Empowerment Institutions (LPMK), Community Institutions established by village / kelurahan regulations, which are tasked with helpto help the village / kelurahan government and are partners in empowering the community. 2) Community Participation, Community participation or active involvement in determining the choice and controlling the environment. 3) Development, The process of changing from a certain condition to a better condition of the community. The results showed that the community participation in the development of Kelurahan Tlogomas categorized as good enough; this was due to the efforts made by LPMK as one of the community empowerment institutions that had carried out their duties and functions well, although there were still several factors that inhibited LPMK to increase the community participation in Kelurahan Tlogomas. Keywords: Participation, Community, Empowerment
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KINERJA PEGAWAI Putri, Nurdiana Eka; Hakim, Abdul; Makmur, M.
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.028 KB)

Abstract

Masalah utama yang dihadapi oleh rumah sakit adalah kurangnya komitmen sumber daya manusia, inkonsistensi sistem organisasi dan kepemimpinan, perbedaan persepsi mutu layanan, keterbatasan dana, kurangnya semangat wirausaha, kemampuan kerja dan budaya kerja, serta adanya ?stigma negatif? masyarakat tentang citra dan mutu rumah sakit di Indonesia. Dengan kualitas tenaga kesehatan yang meningkat, maka akan tercipta suasana rumah sakit yang kondusif, lingkungan kerja yang nyaman, dan kepuasan kerja pegawai. Hal tersebut kemudian memberi dampak terhadap perkembangan dan kemajuan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh motivasi kerja, kemampuan kerja, dan komitmen organisasional terhadap kinerja pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soegiri Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatoris (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling (teknik sampel proposional) yang besarnya ditetapkan berdasarkan rumus slovin sebesar 242 orang dari populasi sebesar 612 orang. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional (2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai (3) Kemampuan kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap komitmen organisasional (4) Kemampuan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai (5) Komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Kata kunci: Motivasi Kerja, Kemampuan Kerja, Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan
PENGEMBANGAN USAHA BAKSO KAMPUNG MEKAR JAYA DI KELURAHAN TLOGOMAS, KECAMATAN LOWOKWARU, KOTA MALANG Sumarno, .; Supartini, Nonok
JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 5, No 3 (2016)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/jisip.v5i3.297

Abstract

Abstract : The aim of this programme is to develop micro meatball business at Malang which is Malang’s icon. The development programme is directed to applicated science and technology of meat processed and environmental management with economic autonomy and empowerement. This programme used FGD (Focussed Group Discussion), PLA (Participatory Learning Action) and Market Joined as the methods. The target of this programme is optimalization of production and quality product. The result of this programme are (1) the business partner start to applied meatball clean production and meatball partnership cooperation design; (2) development of meatball production by using meat and chicken carcass with appropriate technology. Recommendation from this programme are (1) appropriate technology are needed to develop micro meatball business; (2) material tested need for meatball partnership cooperation design with market penetration as the focus. Keywords : Meatball, Meat, Chicken Carcass and Partnership Design Abstrak : Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah mengembangan usaha ekonomi masyarakat kota Malang berbasis Bakso yang merupakan ikon kota Malang. Upaya pengembangan tersebut diarahkan kepada kegiatan aplikasi IPTEK bidang pengolahan daging dan lingkungan hidup dengan pendekatan kemandirian ekonomi dan pemberdayaan. Pada program ini digunakan metode FGD (Focussed Group Discussion), PLA (Participatory Learning Action) dan Market Joined. Sasaran akhir dari program ini adalah optimalisasi produksi dan kualitas bakso berorientasi lingkungan. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program ini adalah : (1) Masyarakat mitra yang menjadi fokus pemberdayaan program ini mulai mengaplikasikan produksi bersih bakso dan tersusunnya desain kemitraan produksi bakso; (2) Usaha produksi bakso yang berbahan baku daging bakso dan ayam tersebut dikembangkan dengan adanya alat teknologi tepat guna. Dengan demikian dapat disarankan sebagai berikut : (1) Penggunaan alat teknologi tepat guna untuk mengembangkan produksi bakso secara sederhana; (2) Perlunya uji materi desain kemitraan produksi bakso yang mengedepankan penetrasi pasar sebagai fokus pelaksanaan pengembangan produk khas kota Malang. Kata kunci : Bakso, daging sapi, daging ayam dan desain kemitraan
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN Ngongo, Petrus Lende; Rusmiwari, Sugeng
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 6, No 3 (2017)
Publisher : JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.811 KB)

Abstract

Abstract: From the result of the research, it is found that community participation in the development of the village of gunungsari, such as participation in the development of community education has been directly involved in channeling its aspirations and involved in the improvement, while the community participation in the construction of public health facilities directly involved its development and work enthusiasm social service, and community participation in the development of public road facilities have been directly involved in road repairs. Keywords: Community Participation, Development Abstrak: Dari hasil penelitian diperoleh secara keseluruhan bahwa partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa gunungsari, seperti partisipasi dalam pembangunan pendidikan masyarakatnya sudah terlibat langsung dalam menyalurkan aspirasinya dan terlibat dalam perbaikan yang ada, sedangkan pada partisipasi masyarakat dalam pembangunan sarana kesehatan masyarakatnya terlibat langsung pembangunannya dan antusiasi kerja bakti sosial, dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan sarana jalan masyarakatnya sudah ikut langsung terlibat dalam perbaikan jalan. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Pembangunan
ANALISIS SEMIOTIKA KRITIK SOSIAL MASYARAKAT MODERN DALAM VIDEO KLIP “ANTI SOCIAL” OLEH WHILE SHE SLEEPS Anggoro, Alvin Tito; Roosinda, Fitria Widiyani
JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/jisip.v9i2.2228

Abstract

Abstract : Music is used as a medium to convey social, political aspirations, and even becomes one of propaganda media (information / opinions) to launch an ideological movement (ideas / ideas). Song lyrics are one of the verbal communication media that have meaning in them. Research on the video clips and song lyrics of the band while she sleeps "Anti Social" is a study that aims to describe the picture of society in the modern era in the song's lyrics and to explain the meaning of social criticism illustrated. The paradigm used in this study is a critical paradigm. This research method is a qualitative method in which the data are interpreted (views) through the analysis of meaning in the form of written and oral words that are observed. The analysis used in this study is a semiotic analysis by Roland Barthes. Based on research on the video clips of Anti Social, there is a conclusion that people in the modern era have begun to lose their caring for others as evidenced in the pictures and video clips when there are people who are in trouble they just record do not want to help at all.Keywords: Semiotic Analysis, Roland Barthes, Social Criticism, Video Clips While She SleepsAbtrak : Musik1 digunakan1 sebagai media untuk 1menyampaikan aspirasi sosial, 1politik, bahkan menjadi1 salah satu media propaganda (penerangan/ pendapat) untuk melancarkan sebuah gerakan ideologis (ide/ gagasan). 1Lirik lagu merupakan1 salah satu media1 komunikasi verbal 1yang memiliki 1makna 1didalamnya. Penelitian 1terhadap 1video klip 1dan1 lirik lagu grup1 band 1While she 1sleeps “Anti Social” merupakan 1sebuah 1penelitian1 yang bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran tentang masyarakat di era modern dalam lirik lagu tersebut dan untuk menjelaskan makna kritik sosial yang digambarkan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kritis. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dimana data diinterpretasikan (pandangan) melalui analisis pemaknaan berupa kata tertulis maupun lisan yang diamati. Analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis semiotika oleh Roland Barthes. Berdasarkan penelitian terhadap video klip Anti Social, terdapat kesimpulan bahwa masyarakat di era modern sudah mulai hilang rasa peduli pada sesama terbukti di gambar kan dan video klip pada saat ada orang yang sedang kesusahan mereka hanya merekam tidak ingin untuk menolong sama sekali. Kata kunci: Analisis Semiotika, Roland Barthes, Kritik Sosial, Video Klip While She Sleeps

Page 1 of 41 | Total Record : 406