cover
Contact Name
Eko Yuliyanto
Contact Email
ekoyuliyanto@unimus.ac.id
Phone
+6285643557497
Journal Mail Official
jps@unimus.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/about/editorialTeam
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JPS Unimus
ISSN : 23390786     EISSN : 25021443     DOI : 10.26714/jps.Vol.No.Tahun.hal
The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and measurement
Articles 132 Documents
ANALISIS MATERI SUBJEK PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI DENGAN PEDAGOGI MATERI SUBJEK (PMS) Ijharudin, Muhammad; kuntadi, Dedi; Agustina, Rena Denya; Chusni, Muhammad Minan
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.2.2018.59-61

Abstract

Materi subjek sebagai salah satu penunjang keberhasilan pembelajaran, yakni aspek konten, substantif, dan sintaktikal lebih di dominasi oleh aspek konten, sehingga kemampuan akan aspek sintaktikal peserta didik kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek konten, substantif, dan sintaktikal pembelajaran usaha dan energi yang dilakukan di kelas X MIA 4 MAN 2 Garut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif metode penelitian analisis wacana. Hasil analisis terhadap data yang didapat di lapangan menghasikan aspek konten sebesar 64.29%, aspek substantif sebesar 28.57% dan aspek sintaktikal sebesar 7.14%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek konten mendominasi aspek-aspek lain. Analisis aspek materi subjek yang terdapat pada pedagogi materi subjek (PMS) dapat digunakan untuk mengukur ketersampaian materi subjek pada kegiatan pembelajaran.
STUDI KASUS: KONSEP PENENTUAN BILANGAN OKSIDASI PADA BUKU PAKET KIMIA SMA/MA DI INDONESIA Basuki, Rahmat
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.5.2.2017.71-79

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai studi kasus konsep penentuan bilangan oksidasi pada buku paket kimia SMA/MA di Indonesia. Objek kajian adalah 9 buku paket yang banyak dipakai di SMA/MA di Indonesia. Metode yang dipakai adalah deskriptif analisis dimana objek kajian akan dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya buku paket di Indonesia menggunakan pendekatan yang sama untuk menentukan bilangan oksidasi atom, yaitu dengan aturan-aturan penentuan bilangan oksidasi. Namun, tidak semua atom dalam senyawa dapat ditentukan bilangan oksidasinya menggunakan aturan-aturan tersebut. Senyawa-senyawa ini muncul pada soal latihan/uji kompetensi. Hal ini hanya dapat diselesaikan menggunakan pendekatan yang lebih fundamental. Konsep bilangan oksidasi sangat berkaitan dengan elektronegatifitas, ikatan kimia dan muatan formal. Keterkaitan antar konsep ini dan perbandingannya dengan objek kajian akan dibahas secara kritis dalam artikel ini
Keterampilan Berpikir Analisis Calon Guru IPA melalui Model 4A (Analisis Fenomena, Analisis Informasi, Analisis Data, Analisis Temuan) Sartika, Septi Budi; Efendi, Nur; Rocmah, Luluk Iffatur
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 8, No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.8.2.2020.165-170

Abstract

The analytical thinking skills is important are mastered in all areas of the work, so it needs to be trained at school. But in fact, only 5% of Indonesian students have analytical competence, the competency of most students at the level of knowledge or memorization. Research is conducted to uncover activities, analytical thinking skills, and pre-service student teachers' of natural science education responses through model 4A (phenomenon Analysis, information Analysis, data Analysis, and findings Analysis). The results of study were obtained that: 1) pre-service student teachers' activities are still relevant to learning; 2) the results of the average test results analytical thinking skills, it can be said high that is 78.9; and 3) pre-service student teachers' response to the fluid lecture with model 4A is categorized positively. These results, need to be encouraged to other courses so that the possibility of analytical thinking skills will increase significantly.
MODUL Q-SETS SEBAGAI REKAYASA BAHAN AJAR KIMIA YANG BERMUATAN QUANTUM LEARNING DAN BERVISI SALINGTEMAS Imaduddin, Muhamad Imaduddin
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.1.1.2013.26-36

Abstract

Melihat cakupan materi mata pelajaran kimia yang luas tersebut, tentu saja diperlukan waktu  pembelajan kimia yang tidak singkat untuk mencapai ketuntasan belajar. Guru dituntut untuk memaksimalkan pembelajaran padahal mata pelajaran kimia seharusnya tidak hanya diajarkan secara eoritis tetapi juga praktis. Untuk mengatasi keterbatasan ruang dan waktu tersebut, maka guru harus dapat menyusun suatu bahan ajar efektif untuk pembelajaran. Modul merupakan salah satu jenis bahan ajar serta sebagai media pembelajaran cetak. Cara dan gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja seseorang termasuk siswa di sekolah. Quantum learning mencakup aspekaspek penting dalam program neurolinguistik (NLP), yaitu suatu penelitian tentang bagaimana otak mengatur informasi. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar modul menggunakan pendekatan quantum learning diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Terkait dengan quantum earning adalah perumusan AMBAK (Apa Manfaatnya Bagiku). Wujud perumusan tersebut diwujudkan dalam bentuk visi salingtemas (sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat). Berdasarkan latar belakang di atas, muncul beberapa masalah antara lain bagaimana menyusun modul Q-SETS sebagai bahan ajar kimia yang bermuatan quantum learning dan bervisi salingtemas, serta dakah pengaruh penggunaan modul Q-SETS pada materi pokok reaksi oksidasi dan reduksi terhadap hasil belajar siswa. Aplikasi quantum learning bervisi salingtemas dalam modul Q-SETS dapat berupa kegiatan pencarian gaya belajar diri sendiri, peta konsep, penemuan AMBAK melalui analisis SETS, dan konsep TANDUR. Hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan desain modul Q-SETS adalah modul sebagai bahan ajar siswa harus mampu melayani kebutuhan siswa dengan modalitas visual, auditorial, maupun kinestetik sehingga informasi dalam modul dapat diserap dengan mudah. Alternatif desain modul dapat berupa penyajian strategi pembelajaran dalam media cetak modul. Penyajian strategi pembelajaran yang bermuatan quantum learning dan visi SETS terdiri dari:pembelajaran pendahuluan, penyampaian materi pembelajaran, memancing penampilan, pemberian umpan balik dan kegiatan tindak lanjut. Pembelajaran menggunakan modul Q-SETS berpengaruh erhadap hasil belajar kimia siswa. Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa sesuai dengan koefisien korelasi sebesar 0,506 dan koefisien determinasi 25,56% dengan kriteria pengaruh adalah sedang.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIKA OPTIK BERBASIS SOFT-SKILLS Ferywidyastuti, Setya
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.7.1.2019.81-87

Abstract

The textbook based on Soft-skills are targeted to create student-centered learning so that they can encourage students to learn more actively in solving problems and finding more independent sources of learning and improving the quality of Soft-skills contained in the process of applying the textbook. This research was conducted in the 1st Semester of Academic Year 2018/2019 in the Study Program DIII Refraction Optician (RO) STIKES HAKLI Semarang with the number of participants of 50 students. The research development (R & D) in this study aims to produce Optical Physics textbooks using the Soft skills. The stages of this research include define, design, develop and disseminate. The research design used in the trial application of this textbook was a quasi-experimental design with the form of pretest-posttest control group-design. The results of the study show that the development of Optical Physics textbook based on Soft-skills has gone through a validation process and has been stated to fulfill the content validity set by the expert, so the developed textbook is declared valid. Increasing student activity with an average score of 3.4 shows very active criteria that have a positive effect on the value of student learning outcomes. The results of the analysis of students’ questionnaire sheets showed that the learning process was fun and easy to understand the material taught with data 87,3% of students were happy and stated practical. The application of textbooks based on Soft-skills can significantly improve student learning outcomes and their Soft-skills.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERPENDEKATAN ETNOSAINS Atmojo, Setyo Eko
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.1.2018.5-13

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berpendekatan etnosains dimulai dengan mengembangkan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, LKS, LDS dan alat evaluasi yang kemudian seluruh perangkat tersebut divalidasikan untuk selanjutnya direvisi dan diimplemantasikan. Selama uji coba, dilakukan pengamatan aktivitas siswa, pemberian angket keterterapan pembelajaran dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA terpadu berpendekatan etnosains terbukti efektif mampu memperbaiki kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran IPA terpadu berpendekatan etnosains yang mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS HSPS DIPADUKAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA XI IPA SMA KRISTEN PETRA MALANG Airlanda, Gamaliel Septian
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS(JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.4.1.2016.1-5

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu tonggak dasar pengendalian pola perkembangan era global. Biologisebagai bagian dari sains harus mengikuti perkembangan zaman tanpa meninggalkan hakikat sains. Namun kenyataannya guru dan siswa cenderung fokus pada pencapaian nilai kognitif yang tinggi dibandingkan keterampilan sains. Solusi pembelajaran dengan mengembangkan modul berbasis Home Science Process Skill (HSPS) yang merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang mengembangkan keterampilan proses sains berbasis kehidupan sehari-hari (daily life) dan dapatdilakukan oleh siswa di rumah dengan bimbingan guru. Pengembangan modul pembelajaran telahmendapatkan respon positif dari ahli dan juga siswa dengan kriteria valid tanpa revisi. Keterampilanproses sains berhasil meningkat dari 71,31% menjadi 78,77%. Keunggulan pembelajaran ini adalah:adanya peran teknologi informasi, peran orang tua, sumber belajar variatif, kontekstual, berbasisproyek, siswa mengembangkan produk nyata.Kata kunci: modul pembelajaran biologi, home science process skill dipadukan blended learning, keterampilan proses sains
KEEFEKTIVAN PEMBELAJARAN BERBASIS POTENSI LOKAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DALAM MENINGKATKAN LIVING VALUES SISWA Sarah, Siti; Maryono, -
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.2.1.2014.36-42

Abstract

Intisari-Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) adakah perbedaan living values (kejujuran, kerja sama,  dan tanggung jawab) antara siswa kelas X yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran berbasis potensi lokal dan tanpa berbasis potensi lokal di SMA N 1 Kretek di Kabupaten Wonosobo; (2) bagaimana keefektivanpeningkatan living values (kejujuran, kerja sama, dan tanggung jawab) melalui pembelajaran berbasis potensi lokal pada siswa kelas X di SMA N 1 Kretek di Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan berupa quasieksperimen, yaitu control-group pre-test post-test design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa: angket dan lembar observasi. Analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan living values kejujuran dan kerjasama siswa kelas X SMA N 1 Kretek yang belajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis potensi lokal dan yang belajar tanpa menggunakan perangkat permbelajaran berbasis potensi lokal. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi (p > 0,05), yaitu 0,156 (kejujuran) dan 0,812 (kerja sama). Sebaliknya, ada perbedaan tanggung jawab antara siswa yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran berbasis potensi lokal dengan siswa yang belajar tanpa perangkattersebut dengan tingkat signifikansi (p < 0,05), yaitu 0,008. (2) Peningkatan living values kejujuran dan kerjasama melalui pembelajaran fisika berbasis potensi lokal lebih efektif diterapkan di SMA N 1 Kretek. Kata kunci: pembelajaran fisika, potensi lokal, living values
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH CS 6 TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA Wamiau, Zusette Ruslinda
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 7, No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.7.2.2019.164-171

Abstract

This study aims to determine the effect of the application of Macromedia Flash CS 6 learning media on students' cognitive learning outcomes in human circulatory system material and to know the implementation of Macromedia Flash CS 6 learning media on students' cognitive learning outcomes in class VIII human circulatory system in Christian Middle School 2 Salatiga. The method used in this study is quasi-experimental research. Based on the results of the study, the posttest results showed an average value of 78.4 which means reaching the KKM value standard of 75. While the ANOVA test shows that the Sig.value.> α which is 0.00> 0.05, which means that there are differences in the macromedia flash CS 6 learning media on students' cognitive learning outcomes in class VIII human circulatory system material in Christian Middle School 2 Salatiga.
METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN MENGAKSES KETERAMPILAN PROSES SAINS Ubaidillah, Mujib
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.1.2018.93-103

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep fisika dan mengakses keterampilan proses sains mahasiswa tadris biologi melalui metode field trip. Metode penelitian menggunakan eksperimen quasi dengan pretest-postest control group. Sampel penelitian ini mahasiswa tadris biologi A dan B semester 1 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Instrumen penelitian berupa soal tes dan lembar penilaian keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep fisika mahasiswa kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol.  Kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kemampuan keterampilan kelas kontol. Metode field trip dapat mengakses keterampilan proses sains.

Page 1 of 14 | Total Record : 132