cover
Contact Name
Eko Yuliyanto
Contact Email
ekoyuliyanto@unimus.ac.id
Phone
+6285643557497
Journal Mail Official
jps@unimus.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/about/editorialTeam
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JPS Unimus
ISSN : 23390786     EISSN : 25021443     DOI : 10.26714/jps.Vol.No.Tahun.hal
The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and measurement
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)" : 10 Documents clear
PENERAPAN METODE JIGSAW DENGAN APLIKASI PADA MATERI PENGARUHKEPADATAN POPULASI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN KELAS VIIB SMPN 3 SEMARANG Susilowati, Endang
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.3.2.2015.42-50

Abstract

Gerakan peningkatan mutu pendidikan, menuntut pendidik untuk mampu memenuhi tuntutan yang semakin meningkat, baik kualitas maupun beragam cara untuk mencapai tujuanpendidikan. Pembelajaran belum bermakna, kerjasama antar siswa dalam menyelesaikan tugasdi kelompok masih rendah, juga tanggungjawab yang masih kurang. Oleh sebab itu pendidikansaat ini menuntut menggunakan metode pembelajaran yang menarik, menyenangkan, siswatermotivasi aktif, tertantang dan rileks. Maka pembelajaran yang disampaikan menjadibermakna. Hakikat IPA terwujud, kerjasama dan tanggungjawab dalam kelompok meningkat,kualitas pembelajaran meningkat, hasil belajar tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuanuntuk : mengetahui peningkatan hasil belajar, kreatifitas, dan keaktifan siswa melaluipenggunaan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw . Penelitian dimulai dengan pembuatanperangkat pembelajaran, meliputi :silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), daftarpertanyaan untuk tugas pribadi maupun kelompok, tugas pribadi dan kelompok, kemudianpersentase, tugas untuk pribadi dan kelompok dipresentasikan berupa power point , evaluasihasil belajar siklus I dan siklus II. Pelaksanaan pembelajaran, siswa menilai keaktifan dankreativitas teman, ada rekaman video. Hasil penelitian (1) guru bersama teman sejawat berhasil membuat perangkatpembelajaran kemudian diteruskan untuk pengambilan data penelitian. (2) Pengaruhpenggunaan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw .Untuk keaktifan siklus I dari penilai antarteman rata-ratanya 80, 10%, siklus II dari penilaian antar teman rata-ratanya 80, 60%. Keaktifansiklus I dari observasi guru rata-ratanya 81, 57%, siklus II dari observasi guru rata-ratanya 81,60%. Kreatifitas siklus I dari penilaian antar teman rata-ratanya 81, 25%, siklus II dari penilaianantar teman rata-ratanya 85, 25%. Kreatifitas siklus I dari observasi guru rata-ratanya 79, 75%,siklus II dari observasi guru rata-ratanya 86, 75%. Keaktifan siswa siklus I dan siklus IImemiliki ketercapaianya baik karena berada pada 70%-85%. Kreativitas siswa memilikiketercapaianya baik sekali karena berada pada 86%-100%. Hasil belajar siswa siklus I dari hasilrata-rata UK 1 dan LK 1 sebesar 83, 36 ketercapaiannya baik karena berada pada 70% - 85%dan siklus II dari hasil rata-rata UK 2 dan LK 2 sebesar 84, 46 % ketercapaiannya siklus II baikkarena berada pada 70%-85%. Pembelajaran berpusat pada siswa dan terbangun suatukomunitas belajar yang kondusif sebagai upaya membangun kompetensi, sehinggapermasalahan yang dihadapi dapat diminimalkan. Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, keaktifan, kreatifitas, hasil belajar siswa.
PEMANFAATAN MEDIA LIGHT FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 BOJONGSARI Riyanto, Nokman
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.3.2.2015.1-9

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman, aktivitas belajar dan prestasi peserta  didik pada pembelajaran IPA untuk materi cahaya dan sifat-sifatnya peserta didik VIII C di SMP 2 Bojongsari. Penelitian ini merupakan penelitian inovasi pembelajaran. Langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan, bertindak, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Validasi data menggunakan analisis data rasional berdasarkan hasil respon dan hasil ulangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan deskriptif sebagai data analitik. Tindakan penelitian yang terdiri dari dua siklus. Hasil dalam siklus I menjelaskan bahwa secara umum respon peserta didik terhadap media flash card tentang materi cahaya yang digunakan dalam proses pembelajaran didapatkan hasil bahwa media ini menarik dan dapat membantu memudahkan dalam belajar tentang materi cahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam setiap siklusnya yaitu dengan hasil 62,44% pada siklus I, dan 75,12% pada siklus II. Hasil Belajar peserta didik pada siklus I terdapat 22 peserta didik (70,97%) telah memenuhi kualifikasi sama atau diatas KKM, serta rata-rata nilai Tes Harian pada siklus I adalah 73,71. Sedangkan untuk siklus II terdapat 27 peserta didik (87,10%) telahmemenuhi kualifikasi sama atau diatas KKM. Sedangkan rata-rata nilai Tes Harian pada siklus I adalah 79,52. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan media light flash card dapat meningkatkan pemahaman, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik kelas VIII C SMP negeri 2 bojongsari. Kata kunci : cahaya, media pembelajara, flash card
PEMANFAATAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KONSTRUKTIVIS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2013/2014 Arlianty, Widinda Normalia
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.3.2.2015.72-77

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah dapat menjadi referensi pemanfaatan penggunaan model pembelajaran berbasis konstruktivis dalam memperbaiki kualitas belajar mengajar saat ini. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi pemilihan model pembelajaran sebagai alat bantu untuk penyampaian materi sesuai dengan tujuan dan kondisi siswa serta bermanfaat untuk sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian iniadalah siswa kelas XI.IPA 4 SMA Negeri 1 Kartasura. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis konstruktivis cocok digunakan sebagai referensi pemilihan model pembelajaran pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA N 1 Kartasura semester genap Tahun Ajaran 2013/2014.Kata kunci : Pemanfaatan, Model pembelajaran, konstruktivis, hidrolisis garam
“I AM A SURVIVOR” BERVISI SETS UPAYA MENCIPTAKAN KOMUNITAS SADAR BENCANA DI SEKOLAH Astuti, Andari Puji; Yuliyanto, Eko
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.3.2.2015.35-41

Abstract

Sekolah merupakan satu komunitas dengan tingkat kerentanan yang tinggi. Pengurangan resikobencana pada komunitas sekolah menjadi suatu wacana yang penting merujuk data Bank Dunia tahun2010 yang menyebutkan jumlah sekolah di Indonesia termasuk empat yang terbanyak di dunia.Tujuan dari penelitian pengembangan model pembelajaran kebencanaan bervisi SETS  ini adalahsebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam menghadapi bencanayang bisa terjadi di sekolah dan lingkungan sekitar. Pengetahuan dalam hal ini lebih spesifik padakemampuan membedakan jenis bencana, dapat membuat peta jalur evakuasi di masing- masingsekolah, dan membuat peta kerawanan bencana di lingkungan sekitar peserta didik. Tujuan khususyang ingin dicapai dari penelitian yang akan dikembangkan ini adalah meningkatkan pengetahuan,kemampuan dan kewaspadaan (awareness) peserta didik dan komunitas sekolah menengah,khususnya SMA terhadap bencana. Metode Penelitian ini menggunakan model 4D yang dimodifikasiterdiri atas tahapan define, design dan development.  Hasil penelitian menunjukkan terjadinyaperubahan paradigma peserta didik terhadap kemampuanmenghadapi kerentanan dan potensi bencana.  Kata kunci: Bencana, penanggulangan bencana berbasis komunitas,
IDENTIFIKASI PENGGUNAAN BAHAN AJAR PADA SMK KESEHATAN BAKTI INDONESIA MEDIKA Febriana, Beta Wulan; Ashadi, -; M. Masykuri, -
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.3.2.2015.64-76

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang digunakan pada SMK KesehatanBakti Indonesia Medika kelas XI pada materi senyawa hidrokarbon dan turunannya. Komponenkelayakan yang diteliti meliputi, kelayakan isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan serta kegrafisanPenelitian yang dilakukan mengikuti penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupangket kelayakan dan hasil wawancara. Bahan ajar yang digunakan dinilai oleh 10 guru SMK. Hasdari penelitian ini yakni bahan ajar yang digunakan di SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika adalamodul yang terintegrasi dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kelayakan bahaajar yang berupa modul ini diperoleh sebesar 3.39 dengan kriteria “Baik”.   Kata Kunci: PBL (Problem Based Learning), modul kimia, hidrokarbon, motivasi berprestasi.   
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS VIIA SMP NEGERI 10 SEMARANG Rahayuningsih, Endah
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.3.2.2015.28-34

Abstract

Hasil belajar siswa yang belum mencapai Ketuntasan Kelulusan Minimal (KKM) dapat disebabkancara atau metode yang diterapkan dalam pembelajaran tidak tepat. Sehingga di dalam pemahamansuatu materi pembelajran siswa mendapatkan kesulitan. Proses pembelajaran yang masihmenggunakna pendekatan tradisional pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasinyata berpotensi menimbulkan kejenuhan, kebosanan serta menurunkan minat dan motivasi belajarsiswa. Yang akhirnya akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas inibertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tidak membosankan sertameningkatkan mutu pembelajran. Sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalampembelajaran, mengajak siswa untuk turut berpartisipasi serta dapat meningkat hasil belajar siswapada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan modelpembelajaran Make A Match, dimana masing-masing siswa diberikan sebuah kartu/kertas yangberisikan soal serta jawaban dari materi pelajaran yang sedang dipelajari. Setelah kartu diberikanmasing-masing siswa berusaha menemukan pasangan sesuai dengan isi soal atau dilakukan dengan2 siklus. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadaphasil belajar. Persentasi peningkatan rata-rata siklus I 37,67% dan rata-rata nilai siklus II 66,01%.Berdasarkan hasil penelitian ini sangat diharapkan agar para guru menggunakan modelpembelajaran seperti ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dan disarankan untukmenggunakan model pembelajaran lainnya sehingga lebih bervariasi. Kata kunci :  pembelajaran make a match, hasil belajar, teknologi informasi dan komunikasi.
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) Nugraheni, Diah
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.3.2.2015.10-20

Abstract

Penelitian tentang penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan minat belajar Sains (IPA) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa terhadap pelajaran Sains (IPA) dengan menggunakan pendekatan CTL. Pendekatan CTL memiliki tujuh komponen utama pembelajaran efektif yaitu: konstruktivisme, bertanya, inkuiri, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, danpenilaian yang sebenarnya. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedungmundu 01 Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk mengetahui nama siswa dan nilai ulangan siswa, tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa, kuesioner untuk mengetahui peningkatan minat siswa, dan lembar observasi untuk mengetahui hasilbelajar afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Sains (IPA) dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut dan pendekatan CTL inidapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa. Kata kunci: Minat, Belajar, Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning).
INOVASI LAPORAN PRAKTIKUM DENGAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA Sarjini, -; Astuti, Andari Puji
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.3.2.2015.51-55

Abstract

Salah satu hal penting dalam kegiatan praktikum adalah kegiatan mengkomunikasikan hasilpengamatan menjadi sebuah konsep. Kegiatan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang seringdilakukan di sekolah adalah dalam bentuk laporan praktikum. Kelemahan laporan praktikum yang adaselama ini adalah bentuk laporan yang monoton. Akibatnya, salah satu indikator keterampilan prosessains, yaitu mengkomunikasikan data, di SMP Negeri 3 Semarang masih relatih rendah. Selain itu,minat siswa terhadap indikator ini juga rendah. Untuk itu diperlukan adanya inovasi dalam kegiatanmengkomunikasikan hasil pengamatan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiadanya peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran IPA melalui inovasi laporan praktikumdengan media poster. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis action research (PTK) dengantiga kali siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket dan soal evaluasi.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif, kreativtas dan minat siswaterhadap pembelajaran IPA.Kata kunci : Pembelajaran IPA, Minat, Poster.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII F DENGAN MENGGUNAKAN LKPD DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 10 SEMARANG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Wantini, Ani
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.3.2.2015.21-27

Abstract

Peneliti sebagai guru model bersama-sama guru pamong kelas VIII F menganalisis hasil evaluasidan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung, dengan memperhatikan kelemahan/kekurangan siswa kemudian direfleksikan sebagai bahan masukan untuk menentukan langkah-langkahperbaikan pada  tindakan selanjutnya. Ada beberapa materi yang masih dianggap sulit olehbeberapa siswa yaitu menyatakan relasi dengan diagram cartesius, menentukan bayangan suatufungsi dan menentukan banyaknya fungsi yang dapat dibuat dari dua himpunan. Prestasi siswaditunjukkan oleh  hasil dari tes formatif 2 sebagai berikut : nilai rata-rata siswa 83,87, ketuntasanbelajar individual 26 orang siswa. Bagi siswa yang belum tuntas diberikan remedial oleh gurukelas. Dari hasil tes formatif 2  pada siklus 2 terdapat peningkatan prestasi belajar  pada materi KD1.3 Memahami Relasi dan Fungsi, yang terlihat dari kenaikan nilai rata-rata kelas maupunpersentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal, walaupun secara klasikal persentase ketuntasanbelajar siswa masih kurang dari yang diharapkan. Berarti penggunaan alt peraga plus LKPDsebagai alat bantu pembelajaran matematika pada KD 1.2 Menguraikan Bentuk Aljabar ke DalamFaktor-faktornya dan KD 1.3 Memahami Relasi dan Fungsi, dapat meningkatkan prestasi belajarsiswa kelas VIII F SMP Negeri 10 Semarang semester 1 tahun pelajaran 2014/2015.Kata kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran Matematika, LKPD.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INDUSTRI KECIL KIMIA BERORIENTASI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS Diniaty, Artina; Atun, Sri
JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.3.2.2015.56-63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh penggunaan LKPD untuk meningkatkanlifeskills.Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendahuluan.perencanaan, ujicoba. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas XI SMK N 1 Panjatan, yang terdiri dari kelas kontroldan kelas eksperimen. Desain uji coba menggunakan nonequivalent control group design. Instrumenpengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi life skills.Hasil penelitian menunjukkanbahwa penggunaan LKPD industri kecil kimia berorientasi kewirausahaan dapat meningkatkan lifeskills peserta didik.Kata Kunci: LKPD, kewirausahaan, life skills

Page 1 of 1 | Total Record : 10